Kehadiran Canva di zaman teknologi telah membantu banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Canva adalah software desain gratis yang sudah tidak asing lagi namanya di telinga orang Indonesia. 

Pastinya kebanyakan dari kalian juga sudah pernah menggunakan Canva untuk berbagai keperluan sehari-hari. Seperti membuat presentasi sekolah maupun bisnis, untuk membuat kartu nama, ataupun untuk keperluan postingan untuk sosial media sampai mendesain banner. Apakah bisa membuat CV di Canva? Jelas bisa dong, untuk itu artikel ini akan membahas tentang cara membuat CV online di canva untuk mencari kerja.

Canva dapat diakses melalui aplikasi di HP maupun lewat website Canva.com. Canva menawarkan cara yang mudah bagi para jobseeker untuk membuat CV untuk melamar pekerjaan secara online. Beragam template dan desain cv online gratis disediakan Canva untuk membuat curriculum vitae. 

Nah, buat kamu yang belum tau bagaimana cara edit CV di Canva, yuk simak artikel di bawah. Setelah membaca cara di bawah pastinya kamu bisa membuat CV menarik di Canva.

Cara Membuat CV di Canva

Untuk memulai mengedit CV lamaran kerja gratis di Canva, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan. Di bawah adalah tutorial membuat CV di Canva:

1. Kunjungi situs Canva

Jika buat CV dari HP, download aplikasi Canva. Namun jika membuat cv lamaran kerja lewat laptop/komputer, kunjungi situs canva.com.

2. Buat akun

Cara Membuat CV di Canva 

Untuk mulai mengedit CV di Canva, kalian harus membuat akun terlebih dahulu di Canva. Untuk menghemat waktu bisa login dengan akun Facebook atau Google.

3. Pilih template CV online

Cara Membuat CV di Canva 

Setelah berhasil membuat akun di Canva, tap menu template di bagian kiri atas lalu cari pilihan “Resume” untuk membuat CV lamaran kerja.

Pada kategori “Resume” di Canva, terdapat banyak pilihan template dan desain CV. Kamu juga dapat memilih desain CV di Canva sesuai kebutuhanmu, apakah desain CV modern, curriculum vitae sederhana atau CV yang menarik. 

📚 Bacaan lanjutan:  Siapa saja yang cocok menggunakan desain CV menarik?

Kebanyakan ukuran CV di Canva adalah A4 atau 21 x 29.7cm, namun kalian juga bisa mengubah ukuran khusus seperti ukuran video, presentasi, poster dengan menggunakan Canva premium.

4. Mengisi data diri

Cara Membuat CV di Canva 

Setelah memilih template CV online di Canva yang paling cocok untuk kebutuhanmu, edit isi CV sesuai dengan data dirimu. Tuliskan nama, data pribadi, dan pengalaman hidupmu. Tambahkan header di bawah nama agar mempermudah HR mengenal posisi yang kamu incar saat melamar pekerjaan.

5. Upload foto

Upload foto kamu agar membuat CV makin menarik dan mempermudah HRD mengenalmu. Kamu bisa menambahkan foto di Canva dengan cara tap kolom unggahan, dan pilih perangkat untuk mengunggah foto dari hp atau laptop.

Cara Membuat CV di Canva 

6. Kreasikan CV

Upload foto kamu agar membuat CV makin menarik dan mempermudah HRD mengenalmu. Kamu bisa menambahkan foto di Canva dengan cara tap kolom unggahan, dan pilih perangkat untuk mengunggah foto dari hp atau laptop.

Cara Membuat CV di Canva

Bebas untuk menambahkan elemen lain seperti video, gambar maupun link ke sosial media kamu pada CV. Cara menambahkan elemen di Canva adalah dengan tap kolom elemen, cari gambar yang sesuai dengan keperluanmu. Selain itu, kamu juga bisa mengganti warna background, mengganti jenis dan ukuran font. Tersedia banyak pilihan yang bisa kamu pilih.

7. Download CV Canva

Cara Membuat CV di Canva

Setelah selesai bikin CV di Canva, kamu dapat mendownload CV menjadi beberapa format. Cara mendownload CV di Canva sangat mudah, yaitu dengan mengetuk tombol ⬇ dan unduh. Kalian dapat download CV dalam format jpg, png ataupun PDF. 

💡 Tips: Download CV canva dengan format PDF, format paling umum untuk melamar pekerjaan.

Di atas merupakan langkah-langkah cara membuat CV menggunakan Canva, mudah kan? Eits, tapi belum selesai, yuk kita lihat bagian selanjutnya untuk makin kenal dengan editor CV yang satu ini.

Keunggulan dan Keterbatasan CV Canva

Dari sekian banyak platform CV online gratis di internet, Canva menjadi salah satu platform favorit orang Indonesia. Namun, Canva sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan untuk kategori editor CV. Yuk kita lihat agar lebih memahami keuntungan buat CV online di Canva.

Kelebihan membuat CV dengan Canva:

  • Gratis:
    Menyediakan beragam template CV online secara gratis yang dapat diakses melalui website ataupun aplikasi Canva.
  • Mudah:
    Tinggal memilih template yang sesuai dengan kebutuhan dan isi data diri, bikin CV di Canva hanya memerlukan waktu yang singkat.
  • Praktis:
    Ada banyak contoh CV yang disediakan Canva memungkinkan setiap orang membuat CV yang menarik.

Kekurangan membuat CV dari Canva:

  • Hanya bisa 1 halaman:
    Template CV di Canva mayoritas hanya 1 halaman, jika informasi pengalaman kerja maupun riwayat pendidikan kamu terlalu banyak, maka kamu harus memilih yang paling penting saja.
  • Tidak memasukkan informasi penting:
    Karena mementingkan desain dan layout yang bagus, seringkali membuat CV di Canva harus membuang informasi penting demi menjaga keindahan visual.
  • Tidak ATS-friendly:
    Jaman sekarang ini, untuk menghemat waktu perekrutan, banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem ATS untuk screening CV lamaran kerja pada tahap awal. Meskipun template CV yang ditawarkan Canva sangat menarik, namun mesin ATS tidak bisa membaca gambar ataupun elemen. Alih-alih mendapatkan interview, CV kamu justru malah tidak lolos mesin ATS.

Takut CV tidak lolos screening ATS? Gak usah takut, CV CakeResume dijamin ATS-friendly!

Contoh CV dari Canva

Pastinya sekarang kalian sudah lebih mengenal bagaimana cara membuat CV menarik di Canva dan menggunakan seluruh tools yang disediakan. Di bawah adalah 3 pilihan contoh CV dari Canva yang bisa kalian jadikan referensi.

1. Contoh CV Canva Modern

Contoh CV Canva Modern

Contoh CV dari Canva di atas memiliki layout yang simple, bersih dan mudah untuk dibaca. Perpaduan antara 2 warna biru dan putih menambah keindahan visual dan mempermudah rekruter untuk melihat informasi penting. Contoh desain CV seperti ini bisa dibilang netral dan cocok untuk cv fresh graduates dan melamar pekerjaan di berbagai industri dan perusahaan.

2. Contoh CV Canva Kreatif

Contoh CV Canva Kreatif

Contoh CV di Canva yang berikutnya lebih unik. Perpaduan warna orange dan kuning yang lebih mencolok dengan elemen kotak-kotak di setiap pergantian bagian. Contoh desain CV Canva di atas tergolong CV kreatif dan cocok untuk digunakan melamar pekerjaan ke perusahaan start-up, melamar menjadi desain grafis ataupun marketing. 

3. Contoh CV Canva Sederhana

Contoh CV Canva Sederhana

Contoh CV terakhir dari Canva di artikel ini adalah contoh CV sederhana. Meskipun hanya berwana hitam-putih, namun dengan pengaturan layout yang baik bisa membuat CV ini tetap terlihat bersih, jelas dan menarik.

Contoh CV di atas cocok untuk melamar kerja di perusahaan besar, industri keuangan dan juga PNS.Namun ingat untuk menggunakan  foto yang formal dan sesuai dengan jenis pekerjaanya ya. 

Itu dia cara membuat CV di Canva secara gratis. Siapa saja yang tersambung dengan internet pasti bisa membuat CV. Yuk buruan buat CV agar bisa cepat-cepat dilirik rekruter dan mendapatkan interview kerja! 

Apakah kamu masih bingung bagaimana mengisi bagian pada CV? Nih ada artikel yang pas untukmu!

📚 Bacaan lanjutan: Simak Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Menarik

--- Ditulis oleh Jane Setiady ---


CakeResume
contributor

CakeResume

With the intention of helping job seekers to fully display their value, CakeResume creates an accessible free resume/CV/biodata builder, for users to build highly-customized resumes. Having a compelling resume is just like a piece of cake!

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume