contoh cv menarik
Dibuat di CakeResume

Salah satu dokumen yang paling dibutuhkan dalam proses melamar pekerjaan ataupun mendaftar pendidikan lanjut adalah curriculum vitae. Dokumen yang panjangnya 1-2 lembar ini berisi tentang daftar riwayat seseorang harus disusun sedemikian rupa sehingga dapat menunjukkan kualifikasi seseorang dengan jelas dan desain CV yang menarik perhatian untuk HRD.

Cara untuk menulis isi CV Lamaran Kerja sudah pernah CakeResume bahas di artikel sebelumnya, Cara Membuat CV. Pada artikel ini, CakeResume akan lebih berfokus tentang bagaimana cara mendesain CV yang menarik dengan menggunakan template CV yang profesional. Setelah mempelajari tentang bagaimana membuat CV online dan memodifikasinya, pastinya CV lamaran kerja kalian akan berbeda dengan pelamar kerja lainnya dan mendapatkan perhatian rekruter.

⚠️ PERHATIAN

Hanya dengan membuat akun di CakeResume kalian bisa membuat satu curriculum vitae gratis. 100% bisa download template CV PDF gratis.

Pilih Template CV Gratis

template CV online bahasa indonesia

Bikin CV dimana?

Di CakeResume CV Online tersedia 12 contoh template CV yang bisa dipilih. Kebanyakan dari desain CV template memiliki desain sederhana yang elegan. Namun juga tersedia desain CV menarik yang bisa digunakan dengan menambahkan elemen multimedia seperti foto, video dan juga link tautan ke sosial media ataupun website portfolio online.

Bagaimana cara membuat CV menarik?

Menggunakan template CV online dari CakeResume bisa membuat CV yang tadinya polos dan tradisional menjadi menarik. Untuk membuat CV tampil berbeda dari yang lainnya, modifikasi dan mengedit CV sesuai dengan gaya personal.

Yuk lihat bagian selanjutnya untuk memodifikasi CV dan menggunakan seluruh tools dari CakeResume CV online gratis.

Mengedit dan Modifikasi CV

Kebanyakan dari CV online atau CV maker yang tersedia di Internet sudah menyediakan template CV yang tidak dapat dimodifikasi. Pengguna harus memilih template CV yang paling sesuai dan mencocokkan data diri dan dartar riwayat hidup mereka. Padahal kenyataanya data diri setiap orang adalah unik dan tidak mungkin sama.

Untuk itu, CakeResume memudahkan para pembuat CV untuk memodifikasi CV sesuai dengan gaya dan informasi yang mereka miliki. Editor CV CakeResume memudahkan untuk melakukan pergantian warna latar belakang CV, ukuran dan jenis font, susunan format CV dan masih banyak hal lainnya. Yuk langsung aja kita lihat cara mengedit CV yang menarik di CakeResume

🛠 Tools umum di CakeResume CV Online

Keempat tools di atas pastinya akan sering digunakan saat mengedit CV online di CakeResume. Klik bagian CV yang mau diedit, di sebelah kanan akan munculgambar tools seperti di atas. Pilih tools yang sesuai untuk memindahkan, duplikasi dan juga menghapus objek. 

🎨 Mengganti Background atau Warna Dasar CV

Membuat CV online di CakeResume memungkinkan kalian untuk mengganti warna background. Tersedia 35 pilihan warna background yang berbeda, namun jika ingin menggunakan warna lain juga bisa loh. 

Bagaimana cara mengganti warna background?

  1. Klik bagian CV yang ingin diganti warnanya
  2. Pilih gambar pensil ✏️ lalu klik latar belakang
  3. Pilih warna yang disediakan atau masukan kode HEX dari warna yang kalian pilih
    Coba masukkan #748BA9

📚 Bacaan lanjutan: Warna yang bagus untuk CV Menarik

🖋 Mengedit Font (warna, jenis font dan ukuran)

Seperti peralatan di Microsoft Word yang sangat lengkap, di CakeResume juga menyediakan 35 jenis font berbeda yang dapat digunakan untuk membedakan judul CV dan juga isi CV. Ukuran, warna font dan juga warna latar belakang tulisan dapat diatur melalui pengaturan di atas. Caranya sangat mudah dan seperti mengedit di Microsoft Word!

💡 Bingung mau menggunakan font jenis apa?
Lihat rekomendasi jenis font yang cocok untuk CV.

📝 Mengganti Susunan Format CV

Pada bagian sebelah kanan, ada panah ▶️ yang jika dibuka akan menampilkan potongan bagian template CV. Bagian ini bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Ada bagian tentang data diri, pengalaman kerja pada CV, riwayat pendidikan, skill dan juga portfolio foto-foto.

Cara menggunakan potongan template CV adalah :

  1. Klik panah di bagian sebelah kanan
  2. Pilih bagian template CV yang diinginkan, tarik dan taruh pada tempat sesuai keinginan
  3. Jika masih ingin memindahkan template CV ke bagian lain, dapat menggunakan tools pertama yang berbentuk ❇️ untuk memindahkan template CV.

📚 Bacaan lanjutan: Susunan Format CV yang tepat untuk CV Lamaran Kerja

📷 Menambahkan Foto atau Video pada CV

Jika kalian adalah seorang desainer, photographer, videographer atau seorang content creator yang membutuhkan portofolio, kalian bisa menambahkan elemen multimedia pada curriculum vitae kalian. 

Tambahkan juga deskripsi di sampingnya untuk menjelaskan apa arti dari gambar atau video jika diperlukan. Dibawah adalah contoh CV seorang guru les piano yang memasukkan portfolio video mengajar ke dalam curriculum vitae nya.

contoh template cv menarik

Nah hal lain yang spesial dari CakeResume CV Online editor adalah dapat memasukkan logo pada CV dan juga link. Hal ini sangat menarik perhatian dan juga memudahkan rekruter untuk langsung mengklik link yang diberikan pada CV (jika mengirimkan dalam bentuk PDF).

Rekomendasi saat menggunakan link dan logo:

  1. Pilih logo yang sesuai dengan informasi yang diberikan
    C
    ontohnya :
    - pilih icon ✉️ untuk email
    - pilih icon 📍 untuk lokasi 
  2. Masukkan link seperti akun sosial media dan juga portofolio online yang kalian miliki
    Contoh akun sosial media dalam CV adalah Linkedin, Instagram, Behance, dll.

Download & Bagikan CV

Setelah selesai mengedit CV dan memeriksa semua tulisan di dalamnya, kamu sudah dapat mendownload CV dalam bentuk PDF. Mengirim lamaran kerja dalam bentuk PDF adalah format yang paling disarankan karena bentuknya yang tidak berubah jika dibuka dari segala perangkat.

💡 Tips: Selain dapat mendownload dalam bentuk PDF, curriculum vitae online juga dapat dibagikan dalam bentuk link. Link CV ini dapat ditaruh di bio sosial media seperti Linkedin, Instagram, dan Twitter.

Akhir-akhir ini sosial media menjadi salah satu platform yang membantu perekrutan online. Sosial media seperti Linkedin sudah menjadi salah satu platform yang paling sering digunakan oleh rekruter untuk mencari kandidat potensial dan unggul. Lengkapi profile Linkedin kalian dengan menaruh link curriculum vitae atau portfolio online untuk memudahkan proses rekrutmen dan meningkatkan potensi kamu untuk dicari atau di head hunt!

Mudah kan membuat CV atau portfolio online yang berbeda dan menarik di mata rekruter? Tunggu apa lagi ayo buat CV lamaran kerja sekarang!


Jane Setiady
contributor

Jane Setiady

Creative and energetic person who likes to share her life-experience on her Podcast.

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume