Chief Financial Officer (CFO): Tugas, Skill, dan Gajinya!

CFO merupakan salah satu posisi eksekutif perusahaan, sama seperti COO (Chief Operation Officer, dan CEO (Chief Executive Officer). CFO adalah singkatan dari Chief Financial Officer. Posisi ini juga bisa disebut sebagai direktur keuangan. Tentunya, kamu sering mendengar posisi CEO, karena biasanya mereka sering muncul dan berhadapan dengan publik. Namun, seorang CFO lebih banyak bekerja di belakang layar. 

Lalu, seberapa penting posisi CFO dalam perusahaan? Yuk pahami lebih lanjut apa itu CFO, tugas-tugas CFO, hingga gaji seorang CFO di Indonesia!

Apa itu CFO?

cfo-adalah, apa-itu-cfo

Chief financial officer adalah pimpinan tertinggi di bidang keuangan. Di dalam beberapa perusahaan, seorang CFO biasanya akan bertanggung jawab kepada CEO. Tugas utama CFO adalah bertanggung jawab terhadap kesehatan dan pertumbuhan keuangan perusahaan. Hal ini mencakup perencanaan keuangan, administrasi, cash flow perusahaan, hingga forecast dan analisa bisnis. 

Sesuai namanya, posisi level eksekutif ini juga bertanggung jawab terhadap pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pengaturan keuangan perusahaan. Sehingga, tugas CFO sangat berkaitan erat dengan fungsi akuntansi. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak tugas-tugas CFO dibawah ini.

📚Baca Juga:  Mengenal CEO (Chief Executive Officer) dan Tugasnya dalam Perusahaan

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang CFO

Walaupun tugas CFO terbilang banyak, namun berikut merupakan tugas utama CFO secara garis besar:

1. Fungsi pengawasan

  • Mengawasi dan mengelola rencana keuangan, kas internal, dan perpajakan untuk jangka pendek dan jangka panjang. 
  • Melaporkan keuangan secara detail dan akurat kepada para stakeholders.
  • Mematuhi prinsip akuntansi yang berlaku (GAAP : Generally Accepted Accounting Principles), serta peraturan seperti Sarbanes-Oxley Act (proteksi informasi keuangan dan pencegahan penipuan).

2. Fungsi kebendaharaan

  • Menentukan kebijakan keuangan perusahaan.
  • Memberi masukan untuk masalah investasi, hutang, serta pengelolaan pendapatan dan pengeluaran. 
  • Bekerja dengan manajer departemen lain untuk meningkatkan penjualan dan profit.
  • Membantu meningkatkan modal perusahaan.

3. Fungsi forecasting 

  • Memahami kondisi keuangan perusahaan serta menghitung risiko keuangan.
  • Berkoordinasi dengan penasihat keuangan untuk membuat strategi jangka pendek dan jangka panjang.
  • Terlibat dalam tugas-tugas serta proyek keuangan. 

Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume!. CakeResume adalah situs lowongan kerja terpercaya dan transparan. Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan berkualitas dan ternama. Tunggu apalagi 🎉

Skill Penting CFO

Nah, setelah memahami tugas-tugas CFO, tentunya kamu paham bahwa pemahaman akan keuangan dan akuntansi merupakan hal yang sangat penting. Lulusan Akuntansi atau Manajemen Bisnis biasanya merupakan syarat utama pekerjaan CFO. Selain itu, skill yang perlu dimiliki chief financial officer adalah:

1. Orientasi Detail yang Baik

Salah satu tugas CFO adalah membuat laporan keuangan, ataupun melakukan analisa keuangan yang baik. Masalah keuangan menjadi masalah yang sangat sensitif di dalam perusahaan. Penulisan angka yang salah tentunya akan berdampak besar terhadap keseluruhan jalannya bisnis perusahaan.

Maka, kamu harus memiliki sifat detail dan berhati-hati untuk menjalankan profesi sebagai CFO. 

2. Tingkat Penasaran dan Keinginan Belajar yang Tinggi

Sebagai posisi level teratas perusahaan, kamu tentunya tidak hanya berurusan dengan keuangan saja. Seorang CFO diharapkan juga bisa memahami teknis pekerjaan, serta mengatasi klien. Maka, skill yang diperlukan sebagai chief financial officer adalah keinginan untuk terus belajar. 

3. Pemahaman Terhadap Trend Terkini

Salah satu tugas dan tanggung jawab CFO adalah membuat kebijakan ataupun membantu departemen lain dalam meningkatkan profit. Untuk membantu tugas ini, seorang CFO diharapkan untuk terus memahami tren bisnis dan menganalisa apakah konsep bisnis yang dijalankan masih relevan dengan masa sekarang. Kebijakan yang dibuat pun harus selalu mengikuti perkembangan zaman yang ada. 

4. Memiliki Kemampuan Analisis yang Baik

Skill berikut sangat penting dalam tugas CFO. Skil analisa yang baik akan membantu dalam mengerjakan banyaknya data, serta risiko keuangan perusahaan. 

Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume!. CakeResume adalah situs lowongan kerja terpercaya dan transparan. Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan berkualitas dan ternama. Tunggu apalagi 🎉

Peran Dari Seorang CFO

Pada prakteknya, seorang CFO tidak hanya berfokus pada pengaturan keuangan perusahaan. Namun, mereka juga berperan dalam keberlangsungan dinamika bisnis yang ada. Chief financial officer juga merupakan wajah perusahaan untuk stakeholder, bankir, vendor, hingga pelanggan. 

Menurut laporan Deloitte, peran-peran CFO dalam perusahaan adalah:

1. Administrator

Di dalam peran ini, tugas CFO adalah mengetahui, mencatat, serta menjaga seluruh aset perusahaan. Yang artinya, CFO harus mampu memilah dan memastikan aset-aset perusahaan mana yang akan memberikan hasil. Jika ada aset yang dirasa kurang menguntungkan, maka CFO berhak membuat keputusan atas tindakan yang perlu dilakukan. 

2. Memberi Strategi

Pembuatan strategi berkaitan dengan keuangan tentunya menjadi tanggung jawab CFO. Tidak hanya itu, CFO juga dapat terlibat dengan pembuatan strategi lainnya, dengan memberikan data-data atau informasi hasil analisis atas kondisi keuangan perusahaan. Perumusan strategi biasanya dilakukan bersama-sama dengan jajaran pemimpin lainnya. 

3. Peran Katalis

Katalis berarti pendorong terjadinya sesuatu. Arti peran katalis untuk chief financial officer adalah, mampu merangsang pertumbuhan bisnis. Dengan menganalisa keuangan perusahaan, CFO diharapkan mampu membuat strategi efektif dalam pengelolaan pengeluaran dan peningkatan profitabilitas. 

4. Operator

Peran terakhir chief financial officer adalah menjalankan tugas-tugas operasional di bidang keuangan. Contohnya, membuat laporan keuangan, forecasting, hingga membantu urusan pajak. 

Itulah peran-peran CFO dalam perusahaan, mengartikan bahwa posisi CFO juga merupakan posisi penting, tidak sekedar mengurus masalah keuangan perusahaan saja. Namun, ke empat peran di atas juga bergantung dari skala masing-masing perusahaan ya.

Gaji CFO

Setelah membaca penjelasan di atas mengenai apa itu CFO, apakah kamu tertarik memulai karir sebagai CFO? Gaji seorang CFO merupakan salah satu gaji terbesar di Indonesia, lho, yakni berkisar antara 150 juta hingga 250 juta rupiah per bulannya. Gaji yang fantastis ini tentunya juga seimbang dengan tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan.

Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume!. CakeResume adalah situs lowongan kerja terpercaya dan transparan. Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan berkualitas dan ternama. Tunggu apalagi 🎉

Conclusion

  • Kepanjangan CFO adalah Chief Financial Officer.
  • Chief Financial Officer adalah posisi eksekutif yang bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan.
  • Secara garis besar, tugas CFO meliputi pengawasan, kebendaharaan, serta forecasting.
  • Peran CFO dalam perusahaan adalah administrator, pembuat strategi, katalis, serta operator. 
  • Seorang CFO wajib memiliki pengetahuan dasar mengenai akuntansi, detail, keinginan belajar tinggi, kemampuan analisa yang baik, pemahaman terhadap tren terkini.

CakeResume adalah website bikin CV ATS-friendly gratis dengan tampilan menarik dan profesional. Cocok untuk para mahasiswa, fresh graduates hingga para professional. Buat juga portofolio online kamu dengan CakeResume dan cari lowongan di website cari kerja atau aplikasi cari kerja kami. Yuk, cobain CakeResume sekarang juga untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu!

--- Ditulis Oleh Fiorency Santoso ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.