Di Indonesia tampaknya memiliki karir di bank merupakan salah satu pekerjaan yang masih diminati banyak orang karena jam kantor yang teratur, tunjangan yang menarik, dan juga banyaknya posisi yang ditawarkan seperti teller, customer service, analis kredit, marketing, dll. 

Walaupun posisi untuk kerja di bank bermacam-macam, namun pada umumnya seseorang yang bekerja di bank memiliki tanggung jawab yang sama yaitu melayani nasabah untuk memenuhi kebutuhan perbankan mereka, mendiskusikan kebutuhan keuangan mereka, dan berkolaborasi dengan perbankan lainnya untuk memberikan layanan berkualitas kepada nasabah. 

Sebelum memiliki jejak karir di bank, sebaiknya kamu mempersiapkan CV yang profesional ya.

Mengapa CV harus profesional untuk melamar kerja di bank?

CV yang kamu kirimkan merupakan kesan pertama yang kamu berikan kepada perusahaan. Bank merupakan salah satu perusahaan sektor formal yang berarti, sebaiknya kamu menggunakan CV profesional / formal supaya dapat memberikan kesan yang lebih rapi, bersih, dan resmi.

Tips Cara Membuat CV Lamaran Kerja di Bank

1. Lihat persyaratan kerja di bank dengan cermat

Sebelum membuat CV melamar kerja di bank, ada baiknya jika kamu memastikan beberapa persyaratan menjadi pegawai bank sesuai dengan posisi yang diharapkan seperti pendidikan, penampilan, sampai persyaratan fisik untuk menjadi pegawai bank. Karena posisi yang ditawarkan sangat bervariasi, syarat bekerja di bank pun juga bervariasi.

Berikut beberapa persyaratan umum menjadi pegawai bank yang CakeResume sudah rangkum: 

  • Berpenampilan menarik dan rapi
  • Mempraktikkan 3S (Senyum, Salam, Sapa)
  • Sabar dan memprioritaskan pelayanan
  • Teliti dan cermat
  • Tinggi badan
  • Sehat jasmani dan rohani

2. Gunakan format dan desain CV yang sesuai

Format CV yang digunakan dapat menjadi strategi dalam melamar kerja di bank. Pemilihan format CV yang tepat akan membuat “pesona” diri kamu lebih menonjol dan lebih tepat sasaran dalam melamar pekerjaan di posisi tertentu. Karena posisi dan jabatan yang ditawarkan di bank sangat beragam, kamu dapat menyesuaikan format CV lamaran kerja bank kamu sesuai dengan posisi dan jabatan yang kamu daftar.

Umumnya ada 4 macam format struktur CV yaitu:

1. Format Struktur CV Kronologis

CV yang mengurutkan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja dari yang terakhir ke terdahulu. 

✅ Cocok untuk pelamar kerja bank yang memiliki banyak pengalaman pekerjaan, organisasi ataupun pendidikan. Biasanya dipakai dalam CV manajer bank, CV asisten cabang manajer, CV analis investasi, dsb.

2. Format Struktur CV Fungsional

CV yang ditulis dengan memfokuskan pada kemampuan/keahlian di bidang tertentu daripada riwayat pendidikan atau pengalaman kerja pemiliknya.

✅ Cocok untuk pelamar kerja bank yang baru lulus pendidikan akhir, pergantian karir, atau melamar pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus di bidang tertentu seperti CV customer service, CV admin kredit, CV auditor, dsb.

3. Format Struktur CV Kombinasi

Kombinasi dari CV kronologis dan fungsional yang meng-highlight baik riwayat pendidikan, pengalaman kerja, ataupun keahlian pemiliknya.

✅ Cocok untuk menulis CV bagi posisi jabatan awal-menengah seperti CV bagian umum, CV teller, CV sales officer, dsb.

🌟 Format CV paling efektif versi CakeResume:

4. Format Struktur CV yang di Targetkan

CV yang dibuat khusus untuk menargetkan posisi pekerjaan tertentu. Berisikan keahlian dan pengalaman pemiliknya yang berpatokan dari persyaratan kerja.

 ✅ Cocok untuk semua jenis pekerjaan 

Selain format struktur CV, desain yang kamu gunakan juga berperan penting dalam melamar kerja di bank. Kamu bisa menggunakan desain CV yang simple, minimalis dan elegan agar terlihat lebih profesional dan serius. Hindari penggunaan CV non-formal yang memiliki variasi desain yang rumit karena tidak sesuai untuk digunakan ketika melamar kerja di bank.

Bacaan lanjutan: 5 Contoh Desain CV Simple & CV Minimalis yang Elegan

3. Tambahkan CV summary untuk menjadi pegawai bank

Salah satu bagian terpenting dalam membuat CV lamaran kerja di bank adalah CV summary. Apa itu CV summary? CV summary adalah pernyataan profesional yang terletak pada bagian awal  CV. Biasanya bisa kita sebut juga sebagai deskripsi diri. Tujuan dari CV summary sendiri adalah untuk memberikan penjelasan tentang kemampuan diri dalam 3-5 kalimat . Dengan ini, kamu bisa meyakinkan perusahaan untuk memilih kamu. 

Contoh summary lamaran kerja di bank: 

Memiliki pengalaman selama 2 tahun sebagai customer service di perusahaan e-commerce yang memfokuskan kepuasan customer. Berhasil meningkatkan tingkat kepuasan customer dari 78% ke 85% dengan meninjau kembali feedback customer.

4. Syarat pendidikan untuk menjadi pegawai bank

Salah satu syarat menjadi pegawai bank yang sering menjadi pertanyaan bagi kita yang ingin melamar kerja di bank adalah pendidikan. Berbagai macam pertanyaan bermunculan karena identitas bank yang sangat melekat dengan keuangan membuat banyaknya peminat berfikir apakah latar belakang pendidikan yang dimilikinya sudah sesuai untuk bekerja di bank.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya meliputi:

🔍 Apakah tamatan SMA bisa bekerja di bank?

Lulusan SMA tetap memiliki kesempatan kerja di bank loh! Saat ini masih banyak badan usaha bank yang membuka lowongan dengan persyaratan minimal pendidikan SMA sederajat. Namun, posisi yang ditawarkan mungkin tidak banyak pilihannya.

🔍 Apakah bisa lulusan SMK kerja di bank?

Tamatan SMK pada umumnya sudah memiliki keterampilan pada bidang tertentu. Beberapa jurusan SMK yang sesuai untuk menjadi pegawai di bank yakni:

  • Jurusan bisnis dan pemasaran
  • Jurusan akuntansi dan keuangan
  • Jurusan administrasi perkantoran

🔍 Apa saja jurusan yang bisa kerja di bank?

Memiliki gelar S1 ke atas tentunya akan membuka prospek pekerjaan menjadi lebih banyak pilihan. Lantas, lulusan apa saja yang bisa kerja di bank?

  • Jurusan bisnis manajemen 
  • Jurusan akuntansi
  • Jurusan administrasi perkantoran 
  • Jurusan hukum 
  • Jurusan sistem informatika
  • Jurusan perbankan 
  • Jurusan keuangan 
  • Jurusan statistika 
  • Jurusan ilmu ekonomi

5. Skill yang harus dimiliki untuk bekerja di bank

Menjadi pekerja bank memang memiliki gaji dan tunjangan yang cenderung besar. Namun perlu diketahui bahwa memiliki karir di bank tidaklah mudah karena harus terus memberikan layanan terbaik dengan senyuman dan kesabaran yang tinggi. Skill yang dibutuhkan untuk menjadi pegawai bank tidak sekedar skill teller bank saja karena posisi di bank sangat bervariasi.

Untuk menjadi pekerja bank, ada baiknya jika kamu memulai mengasah beberapa skill di bawah ini:

  • Kesabaran yang tinggi 
  • Komunikasi yang baik 
  • Kemampuan analitik yang kuat 
  • Percaya diri
  • Teliti terhadap detail
  • Tahan stress dan tekanan 
  • Multitasking
  • Mempunyai determinasi yang tinggi 
  • Memiliki jiwa leadership 

5 Contoh CV untuk Melamar Kerja di Bank

1. Contoh CV Lamaran Kerja di Bank bagian Akuntansi

Contoh curriculum vitae pegawai bank akuntansi

2. Contoh CV Lamaran Kerja Teller Bank

cv
Contoh CV untuk teller bank

3. Contoh CV Lamaran Kerja Marketing di Bank

Contoh CV pegawai bank bagian marketing

4. Contoh CV Lamaran Kerja Pegawai Bank Bagian IT Engineer

Contoh CV bagian teknik IT

5. Contoh CV Customer Service Bank

Contoh CV pegawai bank bagian customer service

CakeResume menyediakan 30+ template CV gratis yang cocok bagi kamu yang mau melamar kerja di bank nih. Yuk mulai bikin CV kamu sekarang juga!

--- Ditulis oleh Devi Intan Gunawan --


CakeResume
contributor

CakeResume

With the intention of helping job seekers to fully display their value, CakeResume creates an accessible free resume/CV/biodata builder, for users to build highly-customized resumes. Having a compelling resume is just like a piece of cake!

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume