Contoh CV Barista Menarik Lengkap dengan Surat Lamaran Kerja

Kenikmatan kopi dan suasana nyaman yang ditawarkan kedai kopi tidak hanya mampu memikat konsumen. Nuansa kedai kopi juga mampu menarik orang-orang untuk bekerja di kedai kopi. Terutama sebagai peracik minuman, atau barista.

Untuk menjadi seorang barista, kamu tidak hanya perlu menguasai keterampilan menyeduh kopi. Kamu juga harus paham cara melayani pelanggan, cara pengelolaan kafe dan menjaga kebersihan kedai kopi. 

Saat ini, bisnis kedai kopi adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah kedai kopi yang sangat signifikan. Tentu, dengan bertambahnya jumlah kedai kopi, lowongan pekerjaan barista juga semakin banyak.

Maka dari itu, sekarang adalah waktu yang tepat jika kamu berminat untuk menjadi seorang barista. Tahapan pertama yang dapat kamu lakukan adalah membuat Curriculum Vitae untuk barista, atau CV barista.

Sedikit bocoran rahasia, sebenarnya beberapa kedai kopi tidak mengharuskan pelamar untuk memiliki pengalaman bekerja. Lantas, salah satu faktor yang menjadi pertimbangan utama adalah CV lamaran kerja barista.

Informasi yang Harus dimuat dalam CV Barista

Berikut adalah penjelasan informasi-informasi yang harus dimuat pada CV untuk barista, yaitu:

Informasi dalam CV Barista - Dibuat oleh CakeResume

1. Data Diri

Secara mendasar, bagian ini berisikan informasi pribadi yang dapat membuat perekrut lebih mengenal, serta dapat menghubungi kita.

📝 Informasi yang sebaiknya dicantumkan adalah:

  • Nama Lengkap
  • Kawasan Kediaman
  • Nomor HP
  • Email
  • Media Sosial

Meski sederhana, pastikanlah informasi yang kamu tulis dapat diuji kredibilitasnya. Untuk menjaga privasi, cukup cantumkan kota atau kawasan tempat tinggal kamu. Pastikan juga email dan media sosial yang dicantumkan adalah akun profesional kamu.

2. Deskripsi Diri

Buatlah satu paragraf singkat introduksi diri yang berisi kepribadian, jabatan pekerjaan, durasi pengalaman kerja, spesialisasi, pencapaian pribadi, dll. Intinya kolom ini adalah kesempatan untuk membuat CV lamaran kerja barista kamu terlihat istimewa. Berikut adalah contoh deskripsi diri CV untuk melamar barista.

Contoh deskripsi diri CV untuk barista:

Barista senior dengan pengalaman 7+ tahun. Memiliki lisensi Q grader, dan berpengalaman membuat 12 menu coffee cocktail. Sedang mencari kesempatan bekerja sebagai kepala barista di (nama kedai kopi) untuk membantu meningkatkan kualitas minuman, serta efisiensi produksi.

Contoh deskripsi diri CV barista pemula:

Lulusan S1 Perhotelan Universitas Pelita Harapan. Memiliki pengalaman magang di salah satu kedai kopi ibukota selama 2 tahun. (Nama) adalah orang yang disiplin, tekun dan suka bekerja sama dengan tim. Mencari kerja posisi barista untuk meningkatkan keterampilan dan bertumbuh bersama (nama kedai kopi).

Contoh deskripsi diri CV barista non pengalaman:

Mahasiswa Perhotelan tingkat pertama di Universitas Borobudur yang memiliki antusias tinggi pada dunia kuliner dan minuman. Aktif dalam kegiatan organisasi bidang desain grafis. Mencari kerja barista untuk melatih keterampilan pribadi dan meningkatkan kepuasaan pelanggan pada kedai.

📚 Bacaan lanjutan:  10 Contoh Deskripsi Diri Menarik yang Disukai Rekruter

3. Riwayat Pengalaman

Memasukan pengalaman tentu dapat menunjang pencari kerja sebagai kandidat yang menonjol. Masukkanlah pengalaman-pengalaman kamu dengan metode reverse chronological, yang berarti pengalaman terbaru ditulis paling atas. Cantumkan tugas kerja secara lengkap. Seperti menjelaskan posisi kerja, tugas pekerjaan, lama bekerja dan prestasi selama bekerja.

Contoh pengalaman kerja CV barista kopi:

Kepala Barista - Six Ounces Coffee
Juni 2016 - Sekarang

  • Mendengarkan saran dan keluhan konsumen.
  • Meningkatkan laba kedai sebanyak 20%.
  • Mengatur pergerakan persediaan bahan dasar.

4. Riwayat Pendidikan

Pendidikan formal juga bisa menambah nilai jual kamu sebagai kandidat ideal. Tulislah riwayat pendidikan secara lengkap. Perhatikan juga relevansi pendidikan dengan kriteria yang diminta. kamu juga dapat mencantumkan nilai atau prestasi semasa studi.

Contoh riwayat pendidikan CV barista:

Universitas Pelita Bangsa - Perhotelan
Sep 2014 - Juli 2018

Cum Laude dengan IPK 3.9

Contoh riwayat pendidikan CV barista pemula:

SMA Penuai Jakarta 
Agustus 2017 - Juli 2020

Ketua OSIS periode 2018-2019.

📚 Baca juga:  Cara Menulis Riwayat Pendidikan pada Curriculum Vitae (CV) | + Contoh & Tips

5. Keterampilan

Seorang barista bertugas untuk menyeduh kopi dan melayani pelanggan. Oleh karena itu, cantumkanlah keahlian yang mampu menjadi faktor pertimbangan pada CV barista kamu. Ada dua jenis keterampilan yang dapat ditulis, teknis dan non-teknis. Keterampilan teknis adalah keahlian yang bisa diukur secara akademis, dan keterampilan non teknis adalah kepiawaian kognitif maupun sosial.

Contoh CV barista bagian keterampilan.

✏️ Keterampilan teknis pada CV barista:

  • Kemampuan bahasa: Inggris, Jerman.
  • Kemampuan menyeduh kopi gaya italia. (espresso, latte, dll.)
  • Kemampuan menyeduh kopi manual. (pour over, aeropress, dll.)
  • Kemampuan proses roasting dan cupping kopi.
  • Kemampuan manajemen bahan dasar dan alat kopi.

✏️ Keterampilan non-teknis CV untuk barista:



  • Komunikasi.
  • Pemecahan masalah.
  • Pelayanan pelanggan.
  • Menjaga kebersihan tempat kerja.
  • Kerjasama tim.

📚 Baca juga:  100+ Contoh Soft Skill & Hard Skill dalam CV (untuk 15 Pekerjaan)

6. Informasi Tambahan

Selain poin-poin diatas, kamu juga dapat menambahkan informasi lain untuk menunjang CV barista kamu.

✏️ Contoh informasi tambahan:

  • Pengalaman pekerjaan sukarela.
  • Pengalaman berorganisasi.
  • Sertifikat kursus barista.
  • Sertifikat seminar bisnis kedai kopi/kafe.
  • Minat dan hobi pribadi.

Tips untuk Menulis CV Barista yang Menarik

Setelah menulis isi sesuai dengan contoh CV lamaran kerja barista diatas, langkah selanjutnya adalah pengemasan. Kemasan yang pas akan membuat konten CV barista kamu lebih atraktif. Berikut adalah tiga tips utama menyusun CV untuk barista:

✅ Sesuaikan objektif CV barista dengan deskripsi pekerjaan.

Pahami terlebih dahulu kriteria yang dicari perekrut sebelum membuat CV untuk melamar barista. Setelah riset, sesuaikanlah keterangan yang akan ditulis pada CV lamaran kerja barista dengan kriteria yang dicari perekrut.

📚 Baca juga:  Ketahui Cara Menulis Objektif dalam CV [+10 Contoh]

✅ Hindarilah desain CV lamaran kerja barista yang berlebihan.

Satu catatan penting ketika mendesain CV untuk barista adalah, less is more. Gunakan contoh CV barista yang sederhana tapi menarik sebagai panduan membuat CV barista kamu.


✅ Kirim Surat Lamaran Kerja Barista bersamaan dengan CV

Berbeda dengan CV barista, surat lamaran kerja barista merupakan karangan singkat untuk memperkenalkan diri. Biasanya, surat lamaran kerja barista berisi satu halaman penuh. Contoh surat lamaran kerja barista akan terdapat di bagian selanjutnya.

✨ Extra Tips untuk CV barista pemula

Kalau kamu adalah seorang pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam pembuatan kopi, ada trik lain yang juga dapat mempercantik konten CV barista kamu. Daftarkan diri kamu untuk mengikuti kursus dan sebutkan kursus atau seminar seputar kopi maupun bisnis kedai kopi yang pernah diikuti. Kamu bisa masukkan informasi ini pada bagian informasi tambahan CV barista kamu.

Contohnya:

  • Mengikuti geisha cupping session oleh Beangasm.
  • Mengikuti seminar roasting kopi oleh SMITH Indonesia.
  • Mengikuti latte art workshop oleh Robby Firlian.
  • Rutin menyeduh kopi manual proses untuk konsumsi pribadi.

Seperti itulah pembahasan mengenai CV untuk melamar barista. Selanjutnya, kita akan mendalami beberapa contoh CV barista seperti, contoh CV barista coffee shop, contoh CV barista pemula, dll.

 Contoh CV Barista

1. Contoh CV Barista Coffee Shop

Contoh CV Barista - Dibuat oleh CakeResume

2. Contoh CV Barista Non Pengalaman / Contoh CV Barista Starbucks

Contoh CV Barista - Dibuat oleh CakeResume

3. Contoh CV Barista Bahasa Inggris

Contoh CV Barista - Dibuat oleh CakeResume

Mau tampilan CV barista kamu menarik seperti CV diatas? Langsung aja bikin CV di CakeResume! Mudah, praktis, 100% Gratis! 🎉

Contoh Surat Lamaran Kerja Barista

Langkah terakhir sebelum mengirim CV lamaran kerja barista, adalah membuat surat lamaran kerja barista. Mengingat CV untuk barista hanya berisi informasi singkat saja, surat lamaran kerja barista perlu disertakan untuk memberi gambaran yang lebih jelas kepada staff HRD.

Sama seperti CV barista, surat lamaran kerja barista juga memiliki kategori yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya surat lamaran kerja barista memiliki format yang sama.

📝 Informasi dalam Surat Lamaran Kerja Barista

  1. Data diri
  2. Salam pembuka
  3. Motivasi
  4. Kualifikasi pribadi
  5. Salam penutup

Anggaplah surat lamaran kerja sebagai sebuah CV barista yang diceritakan. Pada surat ini, pelamar memiliki kesempatan untuk menjelaskan lebih detail tentang motivasi dan kualifikasi dirinya. Meski begitu, pelamar harus tetap memperhatikan panjang tulisan dan relevansi konten.

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja di kedai kopi:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Barista Starbucks.

Jakarta, 20 Agustus 2021

Hal: lamaran pekerjaan barista

Kepada
HRD Kopi Kenangan
Jl. Matraman 2 No. 3, Jakarta Pusat
di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan barista yang diunggah di Instagram Kopi Kenangan cabang Matraman pada 19 Agustus 2021, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di kedai Kopi Kenangan Matraman. Berikut data pribadi saya:

Nama
Tempat/Tanggal Lahir
Kawasan Kediaman
Pendidikan Terakhir
Telepon
Email
Linkedin

: Frida Jesika
: Bandung, 18 Februari 2000
: Jakarta Pusat
: S1 Komunikasi, Universitas Ciputra
: 0812342343
: [email protected]
: Frida Jesika

Saya adalah seorang pecinta kopi yang memiliki pengalaman magang di beberapa kedai kopi ibu kota. Selain keterampilan menyeduh kopi, saya juga memiliki kemampuan organisasi dan komunikasi yang baik. Dengan pengalaman magang maupun berorganisasi yang pernah saya lalui, saya yakin bahwa saya adalah kandidat yang tepat untuk posisi barista di kedai Kopi Kenangan Matraman.

Hormat saya,

Jesika Frida

2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Kedai Kopi Non Pengalaman.

Jakarta, 20 Juli 2021

Hal: lamaran pekerjaan barista

Kepada
HRD Skywalker Coffee
Jl. Pegangsaan 2 No. 3, Jakarta Utara
di tempat

Dengan hormat,

Saya mendapat informasi atas lowongan kerja barista di kedai Skywalker melalui kerabat saya yang merupakan seorang barista Skywalker coffee. Sebagai pelanggan setia, saya sudah mengenal cara pengelolaan suasana kedai, pelayanan konsumen dan menu minuman kopi yang dijunjung tinggi oleh Skywalker Coffee. Berikut data pribadi saya:

Nama
Tempat/Tanggal Lahir
Kawasan Kediaman
Pendidikan Terakhir
Telepon
Email
Linkedin

: Bryan James
: Bandung, 12 Februari 2000
: Jakarta Utara
: SMA Santo Yoseph, IPA
: 0812342343
: [email protected]
: Bryan James

Skywalker adalah tempat yang membuat saya memiliki apresiasi tinggi pada kopi dan mendorong saya untuk mengambil kursus barista di ABC Coffee Academy. Sekalipun saya belum memiliki pengalaman bekerja sebagai barista, saya memiliki kemauan belajar, serta ketekunan yang tinggi. Saya juga pkamui dalam skill komunikasi dan pelayanan konsumen.

Demikianlah surat permohonan kerja ini. Saya berharap untuk diberi kesempatan lolos ke tahapan berikutnya dan dapat mengembangkan keterampilan saya di kedai kamu. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Bryan James

3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Coffee Shop Bahasa Inggris.

Dear Sir/Madam,

My name is Jessica Chen, a third-year student of Communication in Prasetya Mulya University. Being a full-time barista has always been my dream job. When I was 14, I taught myself how to brew manual process coffee. Then a year later, my parents decided to give me a formal barista education in Old Town Coffee. Until now, I never stopped my study in coffee brewing. Besides, I have gained  1.5 year experience as a part-time barista.

I could not be more excited when I heard that there is an opening for a barista position at Ruins Coffee Roaster. I really appreciate what this place brings to the community. I believe I am a good fit for this position. I have rich knowledge about coffee, an experience dealing with customers and a formal study that taught me how to boost customer satisfaction.

I look forward to hearing from you soon about more details on this position. I hope to continue my coffee journey in your wonderful shop and help Ruins Coffee Roaster to grow more. Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

Jessica chen

Demikianlah pembahasan lengkap contoh CV barista dan contoh surat lamaran kerja barista. Selamat menulis!

--- Ditulis Oleh Elrico Davin ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!