6 Contoh CV Mahasiswa: Masih Kuliah, Magang, Organisasi

contoh cv atau daftar riwayat hidup dan resume mahasiswa kreatif

Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisi tentang daftar riwayat hidup. CV merupakan dokumen penting yang harus dipersiapkan dalam proses melamar kerja yang bisa menjadi tiket untuk mendapatkan interview atau wawancara kerja.

Lah kalo begitu, curriculum vitae untuk mahasiswa perlu gak sih? Perlu dong!

Seorang mahasiswa membutuhkan daftar riwayat hidup mahasiswa untuk magang ataupun kegiatan organisasi mahasiswa. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan rencana setelah lulus kuliah. Kalau mau melanjutkan studi, mungkin kamu harus mempersiapkan CV Beasiswa. Kalau tidak, kamu harus mempersiapkan CV Fresh Graduates.

Nah di artikel ini, kamu akan belajar tentang cara membuat curriculum vitae untuk mahasiswa dan juga contoh curriculum vitae mahasiswa mulai dari CV untuk organisasi kampus, sampai CV lamaran kerja untuk mahasiswa yang masih kuliah.

📚 Surat Lamaran Kerja untuk Magang:  Contoh Surat Lamaran Magang Terbaik dan Cara Membuatnya!

Bagian Penting yang Harus Ditulis pada CV Mahasiswa

Selain CV yang dibutuhkan untuk magang, CV juga dibutuhkan untuk kegiatan organisasi, melamar beasiswa, ataupun untuk mendaftar pertukaran pelajar.

CV atau daftar riwayat hidup dibutuhkan untuk melihat kemampuan yang dimiliki seseorang. Biasanya Informasi pada Curriculum Vitae adalah data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan-keterampilan. Isi CV Mahasiswa yang belum lulus kuliah sudah pasti berbeda dengan Isi CV Profesional yang sudah memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun.

Untuk isi CV Mahasiswa/ CV Pelajar, dibawah adalah bagian-bagian penting yang harus ada di curriculum vitae mahasiswa :

1. Data diri

2. Deskripsi Diri

3. Riwayat Pendidikan

4. Pengalaman Bekerja/ Magang pada CV Mahasiswa

5. Pengalaman Organisasi

6. Keterampilan

7. Projek/ Paper

Tips Membuat CV Mahasiswa yang Menarik

1. Tambahkan deskripsi diri dan karir objektif

Deskripsi diri adalah bagian tentang saya dalam CV Pelajar, berupa satu paragraf yang menggambarkan seseorang. Biasanya bagian ini merupakan bagian pertama yang dilihat rekruter, jadi harus dibuat semenarik mungkin.

Pada deskripsi diri di CV, kamu bisa menuliskan:

  • skill yang paling menonjol dan relevan
  • kontribusi apa yang kamu bisa berikan di organisasi/ perusahaan magang
  • tujuan karir/ karir objektif yang ingin kamu capai

Dengan menuliskan deskripsi diri yang jelas pada CV mahasiswa, pembaca CV, baik rektuter maupun kakak pembina saat seleksi CV masuk organisasi kampus akan lebih mudah untuk mengenal kepribadianmu. Tentunya akan menjadi nilai plus loh.

📚 Baca Juga: 10 Contoh Deskripsi Diri Menarik yang Disukai HRD

2. Fokus pada skill atau kemampuan yang dimiliki

Pada umumnya, mahasiswa belum memiliki pengalaman kerja yang banyak. Namun, jangan khawatir, kalian tetap bisa membuat CV yang menarik.

✅ Pengalaman Magang / Kerja Part Time

Jika memiliki pengalaman magang, menjadi freelancer atau bekerja part time, tambahkan informasi tersebut saat membuat CV magang mahasiswa ataupun CV part time. Saat rekruter membacanya, mereka bisa membayangkan bahwa kamu adalah orang yang kompeten dan memiliki pengalaman.

✅ Pengalaman Organisasi

Jika pernah tergabung dalam organisasi, tuliskan saat membuat CV organisasi mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah mahasiswa aktif sekaligus membuktikan kemampuanmu didalam kepemimpinan, bekerja sama dalam tim dan juga skill komunikasi.

✅ CV Tanpa Pengalaman Magang / Organisasi

Jika CV kamu tidak mengandung pengalaman magang atau kamu tidak tergabung dalam organisasi mahasiswa apapun, kamu juga masih bisa membuat CV mahasiswa yang menarik! Fokuskan pada hard skill yang dimiliki seperti kemampuan bahasa, menggunakan suatu software dan juga soft skill kalian.

Soft skills pada CV Mahasiswa:

  • Kreativitas
  • Komunikasi
  • Adaptasi

Hard skills pada CV Mahasiswa:

  • Adobe Photoshop, Illustrator
  • Microsoft Office
  • Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang

3. Menambahkan projek atau research paper

Jika kalian memiliki projek diluar kuliah yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, tuliskan dalam CV mahasiswamu kamu untuk menjadi pertimbangan rekruter. Membuat karya ilmiah, paper ataupun publikasi sangat bisa menambah nilai plus untukmu.

Dos and Don'ts Membuat CV Mahasiswa

Dos: Tips Membuat CV Mahasiswa yang Menarik

✅  Membuat CV Mahasiswa yang ATS Friendly

Jika ingin magang di perusaaan besar, biasanya mereka menggunakan mesin ATS untuk memfilter CV mana yang lolos ke tangan rekruter. Format CV sangat mempengaruhi kemampuan ATS untuk membaca CV.

🔎   Tips agar CV bisa lolos ATS :
- Simpan CV dalam format PDF
- Usahakan perbanyak teks di CV dan jangan terlalu mengutamakan visual pada CV

✅   Memasukkan Data yang Relevan

Jika kamu ingin melamar magang, tulis pengalaman organisasi dan keterampilan kamu yang berhubungan dengan bidang kerja atau perusahaan. Jangan menulis atau menyertakan sertifikat yang tidak ada hubungannya sama sekali.

✅   Isi CV Mahasiswa Harus Jelas

Ceritakan pengalaman kerja dan organisasi kamu yang relevan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele. Hal ini bisa mempermudah rekruter mengerti apa yang ingin kamu sampaikan kepadanya.

✅   Gunakan Angka

Saat menuliskan deskripsi diri ataupun deskripsi pekerjaan di CV Mahasiswa, gunakan angka pada pencapaian yang kamu miliki sehingga lebih menarik perhatian dan juga bisa diukur secara kuantitas.

Contoh penggunaan angka pada CV: "Memiliki 2 tahun pengalaman dalam content writting"

✅   Membuat CV Mahasiswa dengan Rapih

Kalau CV kamu berantakan, terlalu banyak tulisan dan tidak terstruktur, sudah pasti rekruter akan meluangkan waktunya untuk melihat CV orang lain yang lebih rapih dan menarik. Buat CV kamu dengan format yang jelas, bersih dan simpel.

Don'ts: JANGAN Melakukan Ini Saat Membuat CV Mahasiswa

❌  Memasukkan informasi pribadi yang tidak perlu

Contohnya: agama, suku, tanggal lahir atau status pernikahan.

Memang di masa lalu informasi seperti ini lazim dicantumkan di pada daftar riwayat hidup. Namun, di jaman digital ini, data tersebut dipandang privasi oleh kebanyakan orang. Pengecualian jika masih ada beberapa perusahaan yang mewajibkan untuk menyertakan satus pernikanah. Jika tidak minta, disarankan untuk tidak menuliskannya.

❌  Berbohong

CV adalah daftar riwayat hidup kamu, apa yang sudah kamu lewati dan alami. Saat kamu berbohong, kamu akan kesusahan di tahap selanjutnya, yaitu tahap interview. Saat interview, biasanya kamu akan digali lebih dalam lagi mengenai hal-hal yang kamu tulis di CV Mahasiswa. Jika kamu tidak bisa membuktikannya, maka pupuslah harapan untuk diterima di perusahaan itu ataupun mendapatkan beasiswa.

❌  Menggunakan warna norak/ Font yang jadul

Betul adanya diperlukan kreatfifitas pada curriculum vitae mahasiswa.

Sebagai generasi milenial yang tech savvy, memang kita sudah sangat handal dalam menggunakan program editor dan juga berbagai program komputer lainnya. Namun, saat membuat resume untuk mahasiswa, bagian terpenting adalah rekruter dapat menerima informasi daftar riwayat hidup kita dengan cepat dan mudah. Jangan menggunakan font ataupun warna yang menyusahkan untuk menerima informasi tersebut, seperti warna yang terlalu cerah maupun font yang jadul.

Contoh Curriculum Vitae Mahasiswa

Setelah membaca artikel di atas mengenai cara membuat daftar riwayat hidup mahasiswa, pastinya sekarang kamu sudah ada gambaran dong bagaimana cara membuat CV mahasiswa. Nah untuk makin membuat kamu mengerti, ini dia beberapa contoh dan template riwayat hidup mahasiswa/ CV Pelajar yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1. Contoh CV Kreatif Mahasiswa untuk Organisasi

Contoh CV Mahasiswa berikut cocok untuk mendaftar organisasi karena fokus pada skill yang ia miliki. Contoh resume mahasiswa berikut juga menunjukkan kreatifitas yang baik.

contoh cv organisasi
Contoh CV untuk Melamar Organisasi Mahasiswa - Dibuat di CakeResume

2. Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah

Contoh CV Mahasiswa Aktif berikut memfokuskan pada keterampilan, skill, serta pengalaman yang pernah ia lakukan. Cocok untuk mahasiswa yang ingin mendaftar pekerjaan setelah lulus, maupun dipakai sebagai CV part time.

contoh cv mahasiswa aktif masih kuliah
Contoh CV Mahasiswa Aktif - Dibuat di CakeResume

3. Contoh CV Magang Mahasiswa

contoh cv mahasiswa aktif magang dan organisasi
Dibuat di CakeResume

4. Contoh CV Mahasiswa Beasiswa

Pada contoh CV mahasiswa beasiswa berikut, kandidat memfokuskan CV pada prestasi dan penghargaan yang pernah diraih. Projek sampingan juga bisa menjadi plus poin untuk kandidat.

contoh cv beasiswa untuk mahasiswa
Contoh CV Beasiswa - Dibuat di CakeResume

5. Contoh CV Mahasiswa Magang dalam Bahasa Inggris

Contoh CV Mahasiswa untuk mendaftar magang yang ditulis dalam Bahasa Inggris akan menarik perhatian HRD. Namun, ingat untuk membuat resume dengan Bahasa Inggris yang baik dan benar ya!

contoh cv mahasiswa bahasa Inggris baik dan benar
Contoh CV Mahasiswa  untuk Magang - Dibuat di Cakeresume

 📚 Bacaan lanjutan: Contoh CV Magang Mahasiswa (Tanpa Pengalaman) dan Cara Membuatnya!

6. Contoh CV untuk Pertukaran Pelajar

Kamu ingin melakukan pertukaran pelajar / student exchange ke luar negeri? Contoh CV student exchange dibawah merupakan CV yang unggul karena terdpa

contoh cv mahasiswa untuk student exchange pertukaran pelajar
Contoh CV untuk Student Exchange - Dibuat di CakeResume

📚 Bacaan lanjutan: Contoh CV Bahasa Inggris Lengkap dan Menarik

Membuat CV Mahasiswa Gratis

Setelah mengerti bagaimana cara membuata CV mahasiswa yang baik dan benar, juga telah melihat contoh CV mahasiswa yang menarik dan juga keren, pasti kalian sudah tidak sabar untuk membuat CV mahasiswa kalian sendiri.

Sekarang membuat CV Mahasiswa sudah sangat mudah loh! Dibawah adalah beberapa cara membuat CV yang kamu bisa dapatkan secara GRATIS. Ya, bayar Rp 0 untuk bikin CV.

1️⃣  Microsoft Word/ Google Docs

Di Microsoft Word ataupun Google Docs kalian bisa membuat CV dengan desain yang simpel dan mudah. Selain langsung mengetik curriculum vitae, terkadang juga disediakan beberapa template dengan pilihan terbatas dan sulit untuk dimodifikasi.

2️⃣  Online CV Maker

Jika ingin membuat CV yang lebih menarik dengan puluhan pilihan template elegan kalian bisa membuat CV di CakeResume! Pilihan template yang beragam, bisa memodifikasi CV sesuai dengan kebutuhan dan gaya mu!

Gimana caranya membuat CV Mahasiswa di CakeResume?

  1. Login di cakeresume.com
  2. Kalian bisa mengisi data diri pada kolom yang tersedia lalu mengekspor data menjadi CV, ataupun memilih "membuat CV dari awal"
  3. Optimasi dan edit CV sesuai keinginan (tarik dan taruh template yang kamu mau, modifikasi sesuai gayamu!)
  4. Kalian bisa menerbitkan CV yang dibuat dan mendapatkan link untuk CV online, ataupun langsung download CV gratis sebagai PDF.

Buat CV Mahasiswa yang menarik dengan cara yang super mudah. Gunakan 50+ template CV mahasiswa kreatif gratis! Tunggu apa lagi, ayo buat CV mu sekarang! 🎉

Resume Builder

Build your resume only in minutes!