5 Contoh CV Marketing Menarik Perhatian Rekruter [+Tips dan Trik]

Menurut Business Insider, Marketing Executive dan Marketing Manager adalah 2 dari 30 pekerjaan dengan bayaran tertinggi di masa depan. 

Untuk melamar pekerjaan, CV marketing haruslah menarik. Bagaimana tidak; sebelum memasarkan produk perusahaan, seorang Marketing Executive harus bisa memasarkan dirinya sendiri dulu. Dan Curriculum Vitae marketing adalah “iklan” pertama dari seorang kandidat kepada perusahaan tempatnya melamar. Karena itu, tuntutan bagi cv untuk marketing sangatlah tinggi.

Untuk itu, CakeResume sudah merangkumkan tips sukses membuat CV marketing. Selain itu, ada juga contoh CV marketing untuk job hunter sekalian. 

Contoh CV Marketing
Contoh CV Marketing Menarik - Dibuat di CakeResume

6 Hal Wajib CV Marketing/CV Advertising

1. Profile

Ingat, CV marketing adalah “iklan” tentang diri kandidat kepada perusahaan. Karena itu, pastikan ada informasi dasar agar perusahaan dapat mengenal kandidat. 

📝 Informasi yang harus dicantumkan antara lain:

✔️ nama,
✔️ email,
✔️ nomor telepon

Selain beberapa hal wajib di atas, poin lain yang tidak wajib tapi boleh dicantumkan dalam CV Marketing Manager/Marketing Executive adalah kewarganegaraan, terutama bila melamar ke perusahaan luar negeri.

2. Deskripsi Diri / Summary

Summary merangkumkan keunggulan utama seorang kandidat. Bagian deskripsi diri ini sangatlah penting karena merupakan salah satu hal pertama yang dilihat seorang perekrut kerja sebelum menentukan apakah akan lanjut membaca CV marketing milik kandidat. 

Perlu diingat, bagian summary CV marketing bukan biografi singkat, oleh karena itu jangan hanya menuliskan fakta. 

Simak contoh CV Digital Marketing pada bagian Summary ini. Kandidat menyoroti beberapa hal seperti klien-klien besar sebelumnya, pencapaian, juga hal-hal yang dilakukan untuk memperbaiki diri. 

✅  Baik: 

Serena adalah seorang Digital Marketing Specialist yang berpengalaman dalam proyek-proyek untuk klien perusahaan besar seperti Unilever, Astra, dan Sinar Mas. Keahliannya menginisiasi konten dan mengeksekusi program selalu berhasil membantu pelanggan untuk mencapai target exposure. Serena aktif dalam mempelajari software-software Omnichannel demi terus memenuhi kebutuhan dunia Digital Marketing yang terus berubah.

➡️ Sebaliknya, pada bagian summary contoh CV sales marketing dibawah, kandidat hanya mencantumkan fakta-fakta yang tidak terlalu berkaitan dengan posisi Sales Marketing.

❌  Buruk:

Putra adalah seorang tamatan Jurusan Manajemen Universitas Binus. Sebelum kuliah di Binus, Putra bersekolah di SMAN 27 Jakarta. Ia mempunyai hobi bermain basket. Pada waktu luangnya, Putra juga aktif untuk belajar memasak.

➡️ Meskipun diawali dengan baik karena mencantumkan jurusan terkait posisi Sales Marketing, bagian summary contoh CV sales marketing di atas sangat lemah karena hanya mencantumkan riwayat sekolah, hobi, dan pembelajaran yang tidak terkait lowongan. 

Contoh Deskripsi Diri di CV Marketing

3. Pengalaman

Bagian pengalaman CV Marketing Assistant/Marketing Executive adalah lanjutan dari summary. Pada bagian ini, gunakan bullet point untuk menuliskan deskripsi dan pencapaian pekerjaan sebelumnya. Mulailah bagian pengalaman CV Marketing dengan pekerjaan terakhir. 

Sebagai fresh graduates yang belum punya pengalaman kerja, tambahkan saja pengalaman organisasi, magang, atau volunteer semasa kuliah. Untuk para job seekers yang ingin career switch, tetap tuliskan pengalaman kerja sebelumnya dan tonjolkan hal-hal yang relevan dengan pekerjaan marketing di deskripsi pengalaman kerja.

✅ Contoh pengalaman pada CV marketing yang baik:

  • Marketing Associate - PT. Mayora
    - Meningkatkan brand recognition produk baru melalui spanduk, baliho, dan harian cetak.
    - Optimalisasi kampanye Sosial Media melalui pemilihan Youtuber dan TikToker yang efisien; menghemat 25% budget kampanye dengan penambahan organic reach sebesar 45%.

💡 Tips: Jangan hanya menuliskan jobdesc kamu dalam bagian pengalaman kerja. Kekuatan deskripsi pengalaman atas terletak pada penyampaian pekerjaan yang jelas dan didukung oleh data pencapaian atau prestasi.

 Contoh pengalaman pada CV marketing kurang baik:

  • Sales Executive - PT. Tirto Anugerah
    - Melakukan manajemen terhadap rekan dagang.
    - Melakukan promosi produk.

Deskripsi pengalaman contoh CV Sales Executive memiliki penjabaran yang kurang jelas. Tidak disebutkan rekan dagang apakah yang dihadapi (misal: General Trade atau Modern Trade). Juga tidak ada pencapaian yang disebutkan dalam deskripsi tersebut.

4. Latar Belakang Pendidikan

Pada sebuah CV marketing, latar belakang pendidikan akan memberikan kekuatan tambahan bila terkait dengan pekerjaan yang dilamar. Khususnya bagi fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman, riwayat pendidikan CV Marketing umumnya akan menjadi salah satu bahan utama pertimbangan tim HRD.

 📚 Baca juga:  Karir Fresh Graduate: 5 Contoh CV Fresh Graduate Menarik (Tanpa Pengalaman) & Cara Membuatnya

5. Kemampuan/Skill

Seorang Marketing Specialist yang komplit mempunyai banyak keahlian, baik  hard skills maupun soft skills. Berikut contoh keahlian marketing dalam CV yang bisa job seekers  cantumkan.

✍️ Hard Skill

  1. Riset Keyword
  2. Analisis Data
  3. WordPress
  4. Google Ads
  5. SEO Blogging
  6. Instagram/Facebook Ads
  7. Email Marketing
  8. Design UX

✍️ Soft Skill

  1. Kreativitas
  2. Kuriositas
  3. Komunikasi
  4. Perhatian terhadap detil
  5. Bekerja dalam tim
  6. Problem solving

6. Sertifikasi

Bagian ini job seekers bisa menambahkan sertifikasi terkait marketing/branding. Tujuannya adalah untuk menunjukan kredibilitas job seekers dalam bidang marketing, sehingga ini akan meyakinkan HRD akan kemampuannya.

✍️ Beberapa sertifikasi marketing yang paling umum di antaranya:

  1. Google Ads Search Certificate
  2. Google Analytics Individual Qualification
  3. Infinite Skills Excel
  4. Python for Marketer
  5. Canva Design School 
  6. YouTube Creator Academy
  7. Financial Revolution oleh Tung Desem Waringin (24)
  8. Selling With Empathy oleh James Gwee
  9. Full Stack Digital Marketing oleh Belajar Lagi

7. Informasi Tambahan CV Marketing 

Bagian ini cukup bebas dan job seekers bisa mencantumkan apapun yang bisa memperkuat Curriculum Vitae Marketing. Detil tambahan yang biasanya ada di CV untuk marketing adalah:

  • Kemampuan bahasa
  • Proyek
  • Prestasi atau penghargaan, dll.

Pada bagian ini, hanya tambahkan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Misalnya, jika lowongan kerja sedang mencari seorang digital marketer yang mampu menggunakan Google Analytics, maka job seekers tidak perlu menambahkan penghargaannya ketika menang lomba masak juara 1.

Tips Membuat CV Marketing

Selain unsur-unsur wajib yang harus ada di CV untuk Marketing, job seekers juga bisa memoles Curriculum Vitae untuk marketing dengan tips-tips di bawah ini.  

Tips 1: Menuliskan Marketing Skills

Sama dengan banyak pekerjaan lainnya, pekerjaan di dunia marketing juga menuntut banyak keahlian. Dalam kolom kemampuan CV untuk marketing, pastikan untuk menuliskan setidaknya 6 kemampuan dunia marketing. Kalian bisa melihat daftar contoh keahlian marketing dalam CV pada bagian 6 Hal Wajib CV Marketing/CV Advertising.   

Tips 2: Menggunakan Keywords yang Tepat

Kebanyakan perusahaan besar hari ini sudah menggunakan sistem ATS untuk melakukan pemeriksaan awal CV dan Cover Letter. Karena itu, gunakanlah kata kunci yang tepat dalam Curriculum Vitae marketing. Kata kunci yang tepat misalnya kemampuan-kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar.  

📚 Bacaan lanjutan: Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Screening

Tips 3: Menuliskan Highlight Pencapaian di Pekerjaan Sebelumnya

Ingat selalu untuk menuliskan pencapaian di CV marketing. Jangan hanya menuliskan deskripsi pekerjaan karena perusahaan umumnya mencari karyawan yang bisa berdampak secara langsung bagi Departemen Marketing mereka.

Tips 4: Sertakan Portfolio

Memberi bukti, bukan hanya kata-kata. Melalui portfolio marketing, seorang kandidat bisa menunjukkan hasil pekerjaan sebelumnya pada rekruter. Portfolio ini bisa berupa SEO articles yang dipublikasi di website perusahaan, konten Social Media, video hasil editan, atau brosur hasil desain. Dengan menyertakan portfolio bersama CV marketing dalam melamar, seorang kandidat akan terlihat lebih menonjol.

Yuk mulai buat portofolio pertama kamu dengan portofolio maker CakeResume! 100% Gratis dan kamu bisa membuat portofolio tanpa batas 🎉

Tips 5: Tuliskan Software yang Pernah Digunakan

Di era Digital Marketing, banyak pekerjaan marketing sangat bergantung pada aplikasi/software yang digunakan. Mengelola platform-platform social media misalnya, umumnya memerlukan satu social media management platform agar bisa memanajemen semua platform dari satu tempat. Bila job seekers pernah menggunakan HootSuite, Sendible, Agorapulse, Sprout Social atau aplikasi lainnya, pastikan untuk dicantumkan di CV untuk marketing.

Tips 6: Sertakan Surat Lamaran Kerja

Mengirim surat lamaran kerja melalui email atau pun secara fisik merupakan langkah yang tidak boleh terlewatkan karena disinilah HRD dapat melihat karakter dan sisi job seekers yang tidak ditulis dalam CV Marketing. Oleh karena itu, informasi yang sudah disertakan dalam CV Marketing tidak perlu ditulis ulang dalam cover letter.

Menulis surat lamaran kerja adalah kesempatan job seekers untuk menjelaskan latar belakang, alasan ingin career switch, dan lainnya. Berikut adalah beberapa informasi yang bisa kamu tulis dalam sebuah cover letter:

  • Latar belakang dan bagaimana latar belakang kamu sesuai dengan posisi yang dilamar
  • Skill utama dan darimana kamu mempelajarinya
  • Penjelasan apa yang bisa kamu lakukan untuk perusahaan
  • Motivasi dan alasan melamar pekerjaan
  • Pencapaian

📚 Bacaan lanjutan:  23 Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik yang Dilirik HRD [+Template]

Contoh CV Lamaran Kerja Marketing

Yuk, lihat contoh CV lamaran kerja marketing kumpulan tim CakeResume!

Contoh CV Sales Manager

Seorang Sales Marketing Manager bukan hanya harus bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli barang. Sebagai seorang kandidat manajer, kepemimpinan untuk mengetuai tim sangatlah penting. Karena itu, dalam CV Marketing sebagai Sales Marketing Manager, tuliskan pengalaman leadership sebelumnya, seperti contoh CV Sales Manager di bawah ini.

Contoh CV Sales Manager
CV Sales manager + Dibuat di CakeResume

Contoh CV Marketing Manager

Bekerja menjadi Marketing Manager adalah impian banyak orang. Marketing Manager haruslah mempunyai pengetahuan yang menyeluruh tentang keseluruhan Marketing Funnel mulai dari brand exposure hingga conversion. Pengalaman di tiap bidang Marketing yang ditulis di Curriculum Vitae Marketing dapat menjadi modal berharga melamar posisi ini.

Contoh CV Marketing
CV  Marketing Manager + Dibuat di CakeResume

Ingin membuat CV Marketing menarik seperti contoh diatas? Yuk buat CV di CakeResume. Tersedia +50 template gratis serta bisa download sebagai PDF! 🎉

Contoh CV Marketing Bahasa Inggris untuk Digital Marketing

Digital Marketing adalah posisi yang sangat dibutuhkan belakangan ini. Berhubung banyak agensi marketing mengerjakan proyek untuk klien-klien mancanegara, kemampuan berbahasa Inggris sangatlah dibutuhkan. Karena itu, tak jarang agensi marketing meminta CV Marketing dalam Bahasa Inggris untuk posisi ini.

Contoh CV Digital Marketing
CV Digital Marketing + Dibuat di CakeResume

Contoh CV Marketing Bahasa Indonesia Fresh Graduate

Bagi lulusan baru, umumnya belum ada pengalaman pekerjaan formal yang bisa ditempatkan di CV untuk marketing. Karena itu, CV marketing bagi lulusan baru bisa fokus pada pengalaman magang dan berorganisasi. Selain itu, kelas-kelas online yang diambil bisa juga dicantumkan di bagian informasi tambahan CV marketing.

Contoh CV marketing
CV Marketing Manager + Dibuat di CakeResuem

Contoh CV Manajemen Pemasaran Jabatan Brand Manager

Serupa dengan CV Marketing untuk Sales Marketing Manager, Curriculum Vitae marketing seorang Brand Manager juga harus menunjukkan keahlian kepemimpinan, selain keahlian marketing dalam CV. Perbedaanya, CV marketing Brand Manager lebih fokus pada pengalaman kandidat dalam merancang, mengeksekusi, dan memelihara citra dari sebuah merek.

Contoh CV Marketing Brand Manager
CV Brand Manager + Dibuat di CakeResume

CakeResume adalah website untuk membuat CV terbaik yang bisa menunjukan professional branding kamu di mata HRD. Kamu bisa langsung menggunakan template CV ATS-friendly dari CakeResume dan download dalam bentuk PDF, 100% gratis! Selain bikin CV gratis, kamu juga bisa buat portofolio dan cari kerja dengan job portal atau aplikasi cari kerja CakeResume.

👉 Ketahui 9 pekerjaan marketing yang lagi naik daun!

Sudah siap membuat CV Marketing sendiri? Yuk buat CV untuk Marketing gratis, bisa download PDF hanya di CakeResume! 🎉

--- Ditulis Oleh Stephen Antonius ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.