contoh cv menarik

Contoh CV Menarik -- Di saat melamar pekerjaan, tentunya pelamar kerja akan bersaing dengan ratusan pelamar kerja lainnya. Tentunya setiap pelamar kerja berusaha untuk membuat CV semenarik mungkin untuk menarik perhatian rekruter.

Di artikel ini, kalian akan mengetahui cara untuk membuat CV menarik, contoh-contoh CV menarik dengan desain yang kreatif untu fresh graduates maupun melamar pekerjaan beserta dengan tips membuat CV yang menarik. Di bawah juga akan dilengkapi dengan contoh cv menarik bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita lihat ke bagian pertama.

Pentingnya CV Menarik/ Kenapa CV harus menarik

Perlu gak sih bikin CV yang menarik? 
Haruskah membuat CV kreatif? 
Apa yang salah dengan CV yang biasa saja?

Untuk menjawab pertanyaan di atas tentang CV menarik, kalian harus mengetahui fakta ini terlebih dahulu. 

🔍  Fakta

Karena banyaknya jumlah CV yang masuk per hari, rekruter hanya menghabiskan kira-kira 6 detik untuk melihat satu CV. Rekruter ingin secara cepat melihat fakta-fakta kunci, dan membuat keputusan sepersekian detik yang dapat menentukan masa depan Anda. 

Untuk itu, sangat diperlukan CV yang menarik perhatian rekruter. Namun, haruskah membuat CV kreatif dengan desain berlebih?

Dalam hal membuat desain CV, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu mengenal industri pekerjaan yang dituju. Perusahaan industri kreatif seperti digital marketing agency, e-commerce, startup, broadcasting dan industri film memang tidak terlalu kaku dalam format CV.  CV kreatif akan sangat cocok dan menarik perhatian rekruter.

Namun, jika kamu mau melamar ke industri seperti perbankan, BUMN, ikut seleksi CPNS, ataupun perusahaan besar, disarankan untuk membuat CV sederhana yang modern. Jangan terlalu banyak memasukkan elemen-elemen tidak perlu yang ujung-ujungnya malah membuat rekruter ilfeel karena tidak terkesan profesional. 

Cara Membuat CV yang Menarik

Cara membuat CV menarik, kamu harus membuat CV yang terfokus, relevan dan mencuri perhatian kalian harus :


  1. Mengenal diri dan mengerti industri tujuan
  2. Font yang bagus untuk CV menarik
  3. Warna yang bagus untuk CV menarik
  4. Gunakan Ikon dan Gambar
  5. Bedakan ukuran Font pada Judul, Isi

1. Mengenal Diri dan Mengerti Industri Tujuan

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup memang berisi tentang pengalaman hidup seseorang. Namun, jangan lupa, CV harus mempresentasikan kombinasi yang pas dan informasi penting yang relevan dengan tujuan karirmu.

Jika kamu belum mengetahui tujuan karir, sama saja seperti berlayar tanpa arah. Saat menulis CV, pastinya akan mengalami kebingungan mau dibawa kemana arahnya. Tanpa tujuan akhir, kamu akan kebingungan informasi apa yang perlu ditambahkan, skill yang harus ditulis ataupun hal-hal lain yang tidak usah dimasukkan. Bukannya membuat CV menarik atau kreatif, alhasil kamu malah menulis semua informasi dan menjadikan CV kamu tidak terfokus dan tidak mencuri perhatian, apalagi relevan.

Jika kamu sudah menemukan tujuan karirmu, sekarang saatnya kamu menentukan membuat CV menarik dengan format sederhana atau kreatif.

⚠️  PENTING!

Kamu harus mencari tahu apa yang industri yang kamu tuju. Dengan mengetahui kebutuhan pekerjaan dan budaya industri, kamu bisa melihat tipe CV apa yang cocok.

  • Apakah lowongan pekerjaan itu memerlukan kreativitas dan kemampuan dalam desain?
  • Ataukah pekerjaan tersebut lebih mementingkan skill lain seperti coding, excel dan lebih memerlukan CV yang sederhana namun formal?

CV Kreatif 

  • Startup
  • E-commerce
  • Industri Kreatif
  • Fashion
  • Media
  • Komunikasi
  • Marketing

CV Sederhana

  • Perusahaan Besar/ Corporate
  • BUMN
  • CPNS
  • Teknik
  • Industri Perbankan / Keuangan
  • Pendidikan
  • Layanan Kesehatan

2. Font yang Bagus untuk CV Menarik

Langkah pertama untuk membuat curriculum vitae yang menarik adalah pemilihan font. Karena sebagian besar dari isi CV merupakan tulisan, pastikan rekruter dapat membaca CV yang kamu tulis dengan jelas. Ada beberapa font yang direkomendasikan untuk bikin CV menarik:

Dikutip dari canva.com, ini dia daftar font yang direkomendasikan untuk membuat CV menarik. Baik CV sederhana maupun CV kreatif.

5 Font yang direkomendasikan : 

  • Helvetica
  • Georgia
  • Avenir
  • Didot
  • Gill Sans

5 Font yang SULIT dibaca :

  • Brush Script
  • Papyrus
  • Trajan Pro
  • Impact
  • Courier

3. Warna yang Bagus untuk CV Menarik

Saat memilih warna untuk membuat CV menarik, sesuaikan dengan perusahaan dan pekerjaan. Misalnya jika kamu ingin bekerja di perusahaan besar salah satu industri finansial, maka CV yang lebih cocok adalah berwarna dasar putih. Namun, jika kamu melamar untuk bekerja di industri kreatif, maka CV kreatif yang memiliki kombinasi warna menarik akan mendapat nilai unggul.

Lebih baik untuk menghindari penggunaan warna-warna terlalu mencolok karena dapat mengganggu dan terlihat tidak profesional. Warna pada CV menarik seharusnya mendukung konten, memperjelas pembagian segmen, bukan malah mencuri perhatian dan fokus kepada warna tersebut. Untuk memilih kombinasi warna yang tepat, kamu bisa mencarinya di Pinterest, atau website seperti Trianglify dan Coolors.

kombinasi warna untuk membuat curriculum vitae menarik
Kombinasi Warna CV Menarik

4. Penggunaan Ikon dan Gambar

Selain menggunakan warna, penggunaan gambar juga sangat penting untuk membuat CV menarik.

💡 Studi mengatakan bahwa otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks dan kebanyakan orang hanya membaca 20-28% kata di halaman. Hal ini jelas membuktikan bahwa penggunaan gambar dan ikon sangat mendukung untuk pembuatan CV menarik.

Untuk menambah sisi kreativitas pada CV Kreatif, kalian bisa menambahkan gambar seperti foto profil, foto-foto projek ataupun ikon/ logo sebuah instansi sehingga saat rekruter membaca bisa memroses lebih cepat, juga di saat yang bersamaan meninggalkan kesan mendalam pada rekruter. Tapi ingat ya, masukkan gambar atau ikon secukupnya! Jangan berlebihan.

contoh template cv menarik dari cv online gratis
Contoh cv menarik, penggunaan elemen dan template dapat membuat CV menjadi kreatif dan tidak membosankan. Contoh cv menarik diatas dibuat di cakeresume.com

5. Bedakan Ukuran Font pada Judul dan Isi

Saat membuat CV menarik, kamu harus menghighlight bagian penting agar bisa menarik perhatian rekruter. Untuk memperjelas dan menghighlight bagian penting dari CV kamu, sebaiknya kamu menggunakan ukuran font yang berbeda untuk judul ( bagian-bagian CV ), isi dan juga informasi tambahan (despripsi pekerjaan, penjelasan lanjutan) sehingga memperjelas rekruter yang membaca. Hal ini tentunya membuat CV kamu mudah dibaca dan menarikperhatian.

Untuk mengetahui bagian-bagian apa saja pada CV menarik, paragraf selanjutnya akan menjelaskan tentang bagian penting pada CV menarik dan bagaimana untuk mengatur tata letaknya.

Format CV Menarik

Setelah mengetahui diri dan tujuan karirmu, hal ini akan memudahkan kamu untuk meletakkan bagian-bagian penting di dalam CV. Bagian-bagian pada CV umumnya berisi :

Format CV Menarik :

  1. Data Diri
    
    Nama, Nomor Telpon, Email, Alamat, Pilihan: Sosial Media, Linkedin 
  2. Deskripsi Diri
    
    Satu paragraf yang mendeskripsikan diri, biasanya berada di bawah data diri. Singkat, jelas dan menghighlight pengalamanmu.
  3. Pengalaman Kerja
    Tuliskan pengalaman kerja yang paling relevan dan juga deskripsi pekerjaan atau pencapaian yang telah diraih.
  4. Pendidikan
    
    Pendidikan formal yang ditempuh seperti Kuliah(S1,S2,S3), SMA, SMP, maupun SD.
  5. Skill atau Keterampilan
    
    Tambahkan keterampilan yang relevan pada CVmu. Bisa menambahkan soft skill atau keterampilan non akademis dan juga hard skill atau keterampilan akademis.
  6. Informasi Tambahan, bersifat pilihan ( Kepribadian, Projek, Hobi, Sertifikat )
    
    Jika pernah mengambil kursus online yang relevan juga bisa menambahkan pada CV.

Seperti yang sudah diketahui, CV menarik adalah CV yang terfokus, mencuri perhatian dan relevan. Selain informasi umumnya pada CV seperti data diri, deskripsi diri, pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan, ada cara lain untuk membuat CV lebih menarik atau CV Kreatif, yaitu dengan menambahkan projek yang sedang kamu kerjakan.

💡 Projek juga bisa menunjukkan kepribadianmu dan kemampuanmu dalam suatu bidang yang spesifik. Sertakan foto, penjelasan singkat sehingga rekruter memiliki gambaran tentang apa yang kamu kerjakan. Hal ini pastinya akan membuat kamu diingat oleh rekruter dalam waktu 6 detik yang sangat singkat tersebut.

Contoh CV Menarik

Nah, setelah mengetahui hal hal yang penting untuk membuat CV menarik, mari kita lihat contoh cv yang menarik untuk segala bidang dengan desain CV yang menarik seperti contoh cv menarik fresh graduates, contoh cv lamaran kerja menarik. Contoh-contoh CV di bawah juga merupakan gabungan dari contoh CV menarik bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Paling lengkap deh pokoknya!

Contoh CV Lamaran Kerja Menarik - CakeResume

contoh cv menarik sekaligus portofolio lamaran kerja
Dibuat di CakeResume

Contoh CV Menarik disamping sangat cocok untuk para pencari kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja di bidang tertentu. Dengan menunjukkan keterampilan dan menampilkan logo perusahaan tempat bekerja dulu semakin bisa mencuri perhatian. Ditambah dengan warna background yang menjelaskan pergantian bagian. Kamu bisa download CV menarik seperti di samping di sini.

Contoh CV Lamaran Kerja Menarik untuk Fresh Graduate - CakeResume

contoh cv menarik fresh graduates bahasa inggris
Dibuat di CakeResume

Bagi para fresh graduate atau mahasiswa yang masih bersekolah, membuat CV terkadang menjadi membingungkan karena belum ada pengalaman bekerja. Namun tidak perlu takut, template CV menarik di CakeResume yang satu ini sangat cocok untuk kamu. 

Kamu bisa menunjukkan pengalaman dan projek yang telah kamu jalankan. Hal ini juga bisa membantu rekruter mengenalmu. Bagi para fresh graduate yang mau membuat CV menarik dan portofolio, bisa klik di sini.

📚 Baca lebih lanjut : Contoh CV Paling Lengkap: Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan, CV PDF sampai CV Doc!

Contoh CV Menarik - Canva

contoh desain cv menarik canva

Contoh CV Menarikdi samping dipadukan dengan warna-warna netral dan juga ukuran font yang berbeda untuk setiap bagian, sehingga memperjelas pergantian bagian dan mempermudah rekruter memahami isi CV.

Jangan lupa tambahkan profil diri yang menarik pada CV, profil diri merupakan bagian tentang saya dalam CV yang berisi tentang deskripsi hidup seseorang. Hal ini tentunya menjadi poin plus dan membuat CV lebih menarik.

Bacaan Lanjutan:  10 Contoh Deskripsi Diri Menarik yang Disukai Rekruter

Contoh Desain CV Kreatif

contoh cv desain grafis menarik dan kreatif
Sumber: behance.net

Contoh Desain CV menarik di atas juga sangat menunjukkan bakat yang kamu miliki. Teruntuk para desainer, dengan bakat desain dan program Adobe yang kamu kuasai, kamu dapat membuat CV menarik sekaligus menjadi portofoliomu. Kamu bisa melihat Contoh CV kreatif untuk desainer di sini.

Contoh CV Kreatif 2

contoh portofolio dan curriculum vitae menarik desain grafis
Sumber: behance.net

Seperti yang ditampilkan di atas, CV tidak melulu harus berbentuk kaku dan kebanyakan tulisan. CV juga bisa menjadi salah satu portofolio dan menunjukkan keahlian atau keterampilanmu di bidang yang kamu geluti. Teruntuk para desainer, CV bisa menjadi sarana kamu memamerkan bakat desainmu. 

CV keren di atas dibuat dengan format berbeda yang lebih memforkuskan kepada kepribadian, keahlian. Meski tidak menyertakan pengalaman bekerja, CV di atas sangatlah menarik untuk perusahaan yang membutuhkan desainer . Kamu bisa download CV menarik disamping pada link ini di sini.

Download CV Menarik

template cv dan desain cv menarik
Template CV Menarik dari CakeResume

Di jaman yang serba canggih ini, banyak sekali website untuk membuat CV online menarik yang gratis. Di bawah adalah 2 website untuk membuat CV menarik:

1. CakeResume

Dengan UI/UX yang super friendly, bikin CV menarik di CakeResume menjadi pengalaman yang menyenangkan. Terdapat 50+ template CV dengan desain menarik yang dapat digunakan dengan cara drag & drop. Cara bikin CV di CakeResume terasa mudah dan dapat merasakan pengalaman baru dalam membuat CV menarik.

Ayo buat CV menarik yang kreatif secara gratis sekarang! Download CV PDF secara gratis.

2. Canva

Terkenal sebagai situs website design untuk membuat presentasi menarik, undangan ataupun desain lainnya, Canva juga menyediakan berbagai template untuk membuat CV profesional dan menarik. Jika sudah sering menggunakan Canva untuk mengedit, pastinya sudah tidak asing dengan website yang satu ini.

Kalau masih penasaran tentang opsi website CV online gratis lainnya, yuk baca "Top 10 Website untuk Membuat CV Online Gratis yang Menarik"


Jane Setiady
contributor

Jane Setiady

Creative and energetic person who likes to share her life-experience on her Podcast.

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume