Seorang pelaut adalah seseorang yang berlayar di laut. Selain memberikan petualangan yang baru, bekerja sebagai pelaut juga menjanjikan gaji yang besar dan jenjang karir yang jelas. Pilihan karir yang beragam bagi pelaut; tidak hanya bekerja di kapal-kapal milik negara Indonesia saja, namun juga dapat bekerja di kapal-kapal asing milik negara lain.

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin mendaftar menjadi pelaut adalah membuat CV pelaut. CV merupakan dokumen yang berisi tentang daftar riwayat hidup pelaut, pengalaman berlayar pelaut dan juga sertifikasi yang telah diambil oleh pelaut. CV Pelaut sangat dibutuhkan untuk melamar lowongan pekerjaan pelaut.

Ini dia cara untuk membuat CV pelaut online di HP yang menarik bererta contoh CV pelaut paling lengkap, simak yuk!

Cara Membuat CV Pelaut

Format CV pelaut memiliki sedikit perbedaan dengan CV yang biasa digunakan untuk melamar pekerjaan lainnya. Jika dilihat lebih dalam, format cv pelaut yang baik dan benar biasanya terdapat banyak tabel dan data-data seperti nomor dokumen, tanggal, dan juga keterangan lainnya.

Bagian apa saja sih yang ada harus ada pada CV pelaut ?
Bagaimana cara membuat CV pelaut pemula?

1. Informasi Pribadi / Personal Details

Contoh Personal details pada CV pelaut/pelayaran:

  • Nama lengkap
  • Jabatan
  • Nasionalitas
  • Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Jenis Kelamin
  • Email
  • No. Telpon
  • Universitas
  • Status Pernikahan
  • Agama

📝 Catatan: Jika kamu ingin membuat CV pelaut untuk perusahaan luar negri, maka tidak perlu mencantumkan hal pribadi seperti agama dan status pernikahan.

2. Dokumen Pribadi / Personal Documents

Seorang pelaut diwajibkan untuk memberikan data-data travek document seperti passport, seaman’s book atau buku pelaut serta data kesehatan cek kesehatan, dan vaksinasi.

3. Sertifikat / Certifications

Selain menempuh pendidikan di akademi pelayaran swasta atau SPM Pelayaran, penting juga untuk menuliskan keahlian pelaut yang dimiliki.

Pada CV, ada kolom khusus untuk tempat mengisi data dari sertifikat kompetensi yang dimiliki setelah mengambil ujian keahlian pelaut. Sertifikat kepelautan apa saja yang harus dimiliki pada cv pelaut?

Ada dua jenis sertifikat kepelautan:

  • Sertifikat Keahlian Pelaut atau Certificate of Competency (COC)

    Membuktikan pelaut telah memiliki pengetahuan dan keahlian untuk berlayar.
    ➡️  Contoh Certificate of Competency (COC) adalah Sertifikat Keahlian Nautika, Sertifikat Keahlian Teknik Permesinan, Sertifikat Keahlian Pelaut Radio Elektronika, dll.
  • Sertifikat Keterampilan atau Certificate of Proficiency (COP)
    
    Membuktikan pelaut telah memiliki keterampilan dalam bidang tertentu seperti penyelamatan, pelatihan dasar dan kebakaran.
    ➡️  Contoh Certificate of Proficiency adalah Basic Safety Training (BST), Advance Fire Fighting (AFF), Medical First Aid (MFA), Security Awareness Training (SAT), ARPA Simulator, dll.

💡 Jika ingin mengambil sertifikasi online untuk keahlian pelaut, dapat mengecek website pelaut seperti pelaut.dephub.go.id ataupun infopelaut.com

4. Pengalaman Berlayar / Service Records

Kolom terakhir adalah tempat dimana Anda menuliskan pengalaman bekerja di laut beserta dengan jabatan pekerjaan sebelumnya, tipe kapal, nama kapal, nama perusahaan pelayaran dan tanggal bekerja.

Rank/ jabatan pelaut di atas kapal dibagi menjadi perwira dan supporting roles.

  • Perwira mencakup nakhoda, perwira deck (mualim) dan juga perwira mesin (masinis). Contoh rank dari perwira adalah deck cadet, Mualim 1, Mualim 2.
  • Support roles atau jabatan pendukung biasa disebut sebagai Anak Buah Kapal (ABK) terdiri dari rating deck, rating engine dan juga rating catering. A/B, Servant dan Kelasi merupakan contoh rank dari jabatan pendukung.

Contoh pengalaman pada CV pelaut perwira

pengalaman kerja pada cv pelaut / pelayaran perwira
Contoh pengalaman pada CV pelaut rating
pengalaman kerja pada cv pelaut / pelayaran pemula

5. Tipe Kapal/ Type of Vessel

Cantumkan tipe kapal pada CV pelaut, hal ini akan menjadikan nilai plus untuk Anda. Dengan menuliskan tipe kapal, tim rekrutmen bisa lebih mudah untuk menilai dan mencocokkan posisi dan lowongan yang ada.

Contoh tipe kapal pelarayan pada CV pelaut:

  • Kapal Barang (Cargo)
  • Kapal Fery Ro-Ro ( roll-on/roll-off)
  • Kapal Tunda (Tug Boat)
  • Kapal Keruk (Dreger)
  • Kapal Pengangkut Minyak (Oil Tanker)
  • Kapal Pasokan (Supply)

Cara Membuat CV Pelaut Online di HP

Pekerjaan seorang pelaut yang bekerja di atas kapal membuat mereka ribet jika harus membuat CV di komputer dan seringkali untuk membuat CV, para pelaut rela menggunakan jasa membuat CV pelaut yang berbayar.

Namun Di jaman sekarang, membuat CV pelaut sangat mudah! Kalian bisa membuat CV pelaut yang menarik secara online di HP loh! Gimana caranya?

Cara Buat CV Pelaut Online dan Download Gratis di HP:

1. Kunjungi cakeresume.com

2. Buat akun dengan cara mendaftar menggunakan email

3. Isi data diri dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan job pelaut

4. Download CV Pelaut secara PDF

Hanya dengan 4 langkah mudah di atas, kalian bisa membuat CV Pelaut Online di HP secara mudah dan praktis! Tinggal bermodalkan HP dan internet saja, CV pelaut jadi dehh. Jika masih bingung tentang cara membuat CV Online, bisa membaca artikel di samping.  Membuat CV Online di HP Gratis [+ 3 Aplikasi Pembuat CV]

Yuk buat CV pelaut/pelayaran online dengan sangat mudah dan gratis di CakeResume! 👍

Tips Membuat CV Pelaut
(Pemula & Perwira)

Tips untuk membuat CV Pelaut yang baik dan benar:

✅  Mudah Dibaca

Karena data-data yang dimasukkan pada curriculum vitae pelaut terbilang banyak, tuliskan menggunakan tabel atau buat di Microsoft Excel atau buat di tabel sehingga tidak berantakan dan mudah dibaca.


✅  Menggunakan Bahasa Inggris

Saat mengisi format CV pelaut, sebaiknya gunakan bahasa Inggris Jika membuat CV pelaut dengan menggunakan bahasa Inggris, pasti akan mendapat kesempatan kerja yang lebih luas seperti bekerja di perusahaan pelayaran luar negri. Namun, jika ingin menggunakan bahasa Indonesia, pastinya juga boleh tapi gunakan bahasa Indonesia yang baku ya!


✅  Pastikan Informasi Benar

Setelah mengisi semua data-data yang diperlukan, jangan lupa untuk mengecek kembali nomor dokumen, nomor buku pelaut, nama dokumen dan sertifikat pelaut yang diberikan. Pastikan tidak ada salah ketik pada CV pelaut untuk mempermudah proses lamaran kerja.

📍 Masih bingung bagaimana cara membuat CV yang menarik? Cari tahu disini.

Contoh CV Pelaut

1. Contoh CV Pelaut Perwira

contoh cv pelaut perwira yang baik dan benar
CV diatas dibuat di CakeResume

2. Contoh CV Pelaut Rating/ Cadet

contoh cv pelaut rating terbaru
CV diatas dibuat di CakeResume

3. Contoh CV Pelaut Able Bodied Terbaru

download cv pelaut word gratis rating
Dibuat oleh CakeResume

📚 Ingin lihat contoh CV yang lebih banyak?
Baca artikel ini Contoh CV Paling Lengkap: Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan, CV PDF sampai CV Doc!

Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut

Di bawah adalah 3 contoh surat lamaran kerja untuk melamar lowongan kerja pelaut, ada surat lamaran kerja pelaut Bahasa Inggris untuk melamar di perusahaan pelayaran luar negri maupun Bahasa Indonesia untuk melamar di dalam negri.

Perlu diperhatikan, surat lamaran kerja pelaut itu sangat penting sebagai kata pengantar para rektuter untuk membuka CV Pelaut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut untuk rating AB

Dear Mr. Supratman,
I am writing this letter to apply for the position of Able Bodied Seaman that you have available. I believe with my 10 years of experience above the sea, I could be a great asset to you and your crew. Please review my enclosed curriculum vitae, and consider me for this position.

If given the chance I am confident that I can fulfill all of the duties that this position requires. I look forward to discussing this matter further and will be available anytime you would like to talk or meet. Thank you for your time and consideration.

Regards,
Panji Wiranto

Contoh Surat Lamaran Kerja Pelaut Terbaru

Dear Sir,
I intend to apply for a job in your company for the position of "name_of_the_job" and I’m ready to join on board with the route of voyage determined by the company.

My completed data as follow :

Curriculum Vitae


Regards,

Budi Mahmud

Contoh Surat Lamaran Kerja ke Perusahaan Pelayaran Bahasa Indonesia

Dengan hormat, 
Bersama surat lamaran kerja ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di di PT. Pelayaran Abadi sebagai posisi AB.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : M. Ahmad Boni
Tempat, Tanggal Lahir : Sumedang, 2 Februari 1996
Umur : 25 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan : S1 Pendidikan
No. Telepon : 08521000003
Email : [email protected]
Alamat : Jl. KH. Hasyim No. 32, Sumedang, Jawa Barat

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:
1. Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
2. Fotokopi Ijazah SMK dilegalisir
3. Fotokopi Daftar Nilai dilegalisir
4. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian dilegalisir
5. Fotokopi Kartu Kuning
6. Fotokopi KTP
7. Pas Photo 4×6
8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat kesempatan ke tahap selanjutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapakan banyak terima kasih.

Hormat saya,

M. Ahmad Boni

Jika sudah mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk mendaftar ke perusahaan pelayaran seperti CV pelaut, surat lamaran kerja untuk pelaut, saatnya untuk mengirim lamaran pekerjaanmu. Yuk cari tau bagaimana cara mengirim lamaran lewat email.

Semoga artikel di atas bisa membantumu membuat CV pelaut yaa, bermodalkan HP dan internet sudah bisa membuat CV di HP. Selamat mencari kerja para pelaut!


Jane Setiady
contributor

Jane Setiady

Creative and energetic person who likes to share her life-experience on her Podcast.

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume