Contoh CV Perhotelan Lengkap dengan Tips & Cara Membuatnya

Situasi pandemi yang telah selesai membuat banyak orang mulai kembali berlibur. Hal ini tentunya juga membuat industri perhotelan menjadi menguntungkan kembali. Pekerjaan di bidang perhotelan juga kembali banyak dicari, lho.

Tahukah kamu apa saja profesi di bidang perhotelan? Ada banyak jenis pekerjaan menarik di bidang perhotelan yang bisa kamu coba, diantaranya, resepsionis, porter, concierge, housekeeping, room service, waiter, staff dapur, sales manager, purchasing, akuntan, event planner, hingga hotel manager.

Tapi, sebelum memulai pekerjaan di atas, tentunya hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah memiliki CV perhotelan yang baik dan menarik. Hal ini sangat penting supaya kamu dapat bersaing dengan pelamar kerja lainnya. 

Bagaimana ya cara membuat CV perhotelan yang baik dan menarik? Kali ini, CakeResume akan berikan tips-tips cara membuat CV perhotelan, beserta beragam contoh CV lamaran kerja perhotelan hingga contoh CV perhotelan bahasa inggris!

Yuk, kita simak!

Contoh CV PKL SMK Perhotelan

Cara Membuat CV Perhotelan yang Menarik

1. Menuliskan Biodata Diri yang Penting

Tips pertama cara membuat CV perhotelan adalah memilah informasi apa yang perlu dan tidak perlu dicantumkan untuk menjelaskan biodata diri kamu.

✅ Hal yang perlu dicantumkan:

  • Nama lengkap
  • Kota
  • No Telepon
  • Alamat Email
  • Linked-In atau website profesional lain (opsional)

❌ Hal yang tidak perlu dicantumkan:

  • Agama dan suku
  • Tanggal lahir atau usia
  • Status pernikahan
  • Tinggi dan berat badan

2. Menuliskan Deskripsi Diri yang Kuat

Pastikan kamu menuliskan deskripsi diri yang kuat dalam contoh CV perhotelan menarik. Perkenalan singkat ini akan menjadi penentu HRD apakah ingin melanjutkan proses rekrutmen. Dalam bagian ini, kamu bisa mencantumkan keahlian ataupun pencapaian kamu di pekerjaan sebelumnya. 

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, mari kita lihat contoh header CV untuk perhotelan berikut

Contoh salah:

Staff perhotelan berpengalaman dengan pengalaman kerja di berbagai hotel. Membantu hotel memperoleh penghargaan berkat kemampuan manajerial dan servis yang baik. 

✅Contoh benar:

Staff perhotelan profesional bagian front desk management dan valet management dengan pengalaman 5 tahun kerja di hotel bintang 4. Menguasai 3 bahasa serta memiliki motivasi dan dedikasi tinggi dalam bekerja, sehingga telah berhasil memperoleh titel Best Employee 2021.

3. Sertakan Pengalaman Kerja

Tonjolkan pengalaman kerja yang kamu miliki dimulai dari pengalaman terbaru kamu ditulis di paling atas. Dalam penulisannya, kamu bisa cantumkan nama posisi pekerjaan kamu, nama perusahaan, tanggal, dan juga deskripsi lebih detail tentang pengalaman kamu di pekerjaan tersebut. Ingat, jangan hanya menuliskan job desk kamu saja, melainkan tambahkan juga pencapaian yang terukur di deskripsinya pekerjaan kamu.

Namun, jika kamu adalah fresh graduates dan belum memiliki pengalaman profesional, kamu tetap bisa mencantumkan pengalaman magang ataupun pengalaman organisasi dan sukarelawan yang relevan.

4. Menuliskan Keahlian yang Relevan di Bidang Perhotelan

Kamu bisa mencantumkan soft skill dan hard skill untuk contoh curriculum vitae perhotelan kamu. Walaupun dalam profesi bidang perhotelan, soft skill lebih dibutuhkan namun mencantumkan hard skill lewat pengalaman pelatihan atau sertifikasi tentunya akan menambahkan nilai plus.

Berikut beberapa keahlian untuk contoh CV perhotelan menarik

Soft skill:

  • Kemampuan komunikasi
  • Pemecahan masalah
  • Multi-tasking
  • Detail
  • Fleksibel dan adaptasi
  • Teamwork
  • Negosiasi
  • Pendengar yang baik
  • Customer service

Hard skill:

  • Pengoperasian komputer
  • Pengetahuan vendor
  • Front desk management
  • Pemasaran
  • Event planning
  • Pengetahuan industri perhotelan
  • Sistem POS (point of sale)
  • Kemampuan bahasa
  • Networking 
  • Manajemen sosial media

5. Menuliskan Informasi Pendidikan

Dalam menulis jenjang pendidikan, pastikan kamu mengurutkannya dari jenjang pendidikan terakhir yang kamu dapatkan. Jangan lupa, cantumkan juga nama sekolah dan tahun kelulusan.

Contoh penulisan: 

Sarjana Terapan Perhotelan dan Pariwisata
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (2011-2016)
IPK 3.63/4.00

6. Mencantumkan informasi tambahan

Informasi tambahan ini bisa berupa sertifikasi, penghargaan, atau pelatihan. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi tambahan yang relevan ya sehingga CV perhotelan kamu menjadi lebih kuat dibandingkan pelamar kerja lainnya.

Berikut cara penulisan informasi tambahan:

  • Sertifikasi Profesi Perhotelan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (2020)
  • Penghargaan Karyawan Housekeeping yang Jujur oleh Batiqa Hotel (2019)

Tips untuk Menulis CV Perhotelan yang Menarik

✅ Memilih Struktur CV Perhotelan yang Tepat

Dalam dunia perhotelan, pengalaman kerja dan pencapaian dianggap menjadi kunci penting dalam proses perekrutan, maka dalam hal ini format CV kronologi terbalik menjadi yang paling cocok untuk contoh CV lamaran kerja perhotelan.

CV kronologi terbalik biasanya menuliskan pengalaman kerja yang relevan dengan menempatkan pengalaman paling terbaru di bagian atas. Selanjutnya menempatkan pendidikan di bagian berikutnya.

Namun, bagi kamu fresh graduate, kamu juga bisa menuliskan contoh CV perhotelan dengan metode CV fungsional. Dalam contoh format CV fungsional ini, kamu bisa menuliskan kemampuan di bagian paling atas. 

✅ Hindari Penggunaan Desain yang Mencolok dan Berlebihan

Seperti halnya lobi hotel yang selalu dibuat elegan dan berkelas, begitu juga dengan contoh CV perhotelan menarik. Jadi, warna atau desain yang terlalu mencolok tidak dibutuhkan, ya. 

Contoh curriculum vitae perhotelan yang dibuat rapi dan desain elegan akan membuat manajer HR lebih mudah menemukan informasi yang mereka perlukan. Perlu diingat untuk memilih jenis font dan ukuran yang profesional. 

✅ Gunakan Angka untuk Menonjolkan Kemampuan Kamu

Seperti yang kamu ketahui, bahwa menuliskan kemampuan dan pencapaian sangatlah penting dalam contoh curriculum vitae perhotelan. Maka, pastikan juga kamu mencantumkan angka yang spesifik untuk lebih menonjolkan pencapaian kamu.

Misalnya, seperti contoh berikut:

  • Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sebagai front-desk dan memperoleh 5 surat pujian dari pelanggan dalam waktu 3 bulan.
  • Membantu 300+ pelanggan dalam check-in kamar hotel dengan sistem POS (Point of Sale)

✅ Sertakan Surat Lamaran Kerja dengan CV Perhotelan

Tips berikutnya cara membuat CV perhotelan yang penting adalah mencantumkan surat lamaran kerja. Walaupun membutuhkan sedikit lebih effort, tapi dengan mencantumkan surat lamaran kerja akan membantu contoh CV perhotelan kamu lebih unggul dari pelamar kerja lainnya, lho!

Yuk, kita simak contoh surat lamaran kerja untuk perhotelan!

Surat lamaran kerja perhotelan
Surat Lamaran Kerja Perhotelan

Contoh CV untuk Perhotelan

1. Contoh CV Perhotelan Bahasa Inggris (Executive Pastry Chef)

Contoh CV executive pastry chef bahasa Inggris
Contoh CV Bahasa Inggris Perhotelan -- Dibuat di CakeResume

2. Contoh CV Lamaran Kerja Perhotelan (Hotel General Manager)

Contoh cv lamaran kerja untuk perhotelan, contoh cv general manager
Contoh CV untuk Perhotelan -- Dibuat di CakeResume

3. Contoh CV PKL SMK Perhotelan (Resepsionis)

Contoh CV PKL SMK Perhotelan Resepsionis
Contoh CV PKL SMK Perhotelan -- Dibuat di CakeResume

Ingin mempunyai contoh CV perhotelan menarik seperti contoh di atas? CakeResume menyediakan 50+ template CV gratis yang bisa diunduh sebagai PDF. Yuk coba sekarang! 🎉

Kesimpulan

Itulah beragam tips mengenai cara membuat CV perhotelan yang baik dan menarik. Kamu bisa mulai membuat CV perhotelan kamu berdasarkan poin-poin penting di atas ya.

Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa cek beragam contoh CV untuk perhotelan, mulai dari contoh CV bahasa inggris perhotelan hingga contoh CV PKL SMK perhotelan.

Selamat berjuang ya untuk menemukan pekerjaan perhotelan impian kamu!

📚 Baca juga: Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Screening! [Terbaru 2023]

--- Ditulis oleh Fiorency Santoso ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Feb 7th 2023

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...