3 Contoh CV Teknik Informatika Profesional dan Cara Membuatnya!

Memasuki era digital, era dimana seluruh aspek kehidupan dipermudah dengan teknologi, membuat seluruh perusahaan di berbagai bidang bertransformasi.

Hal ini membuat beberapa posisi seperti pemrograman komputer, pengembangan software, analisis keamanan informasi, data analisis, perancangan dan pemeliharaan database, hingga konsultan IT ditawarkan oleh hampir semua perusahaan swasta maupun pemerintah. 

Bagi kamu lulusan teknik informatika, tentu akan memiliki peluang lebih banyak untuk bisa bekerja di perusahaan impian. Langkah pertama untuk memulai melamar pekerjaan adalah dengan memiliki CV lamaran kerja teknik informatika yang baik. 

Lalu, bagaimana cara dan contoh CV teknik informatika yang baik? Hal apa saja yang perlu dicantumkan sehingga dapat menarik para perekrut perusahaan untuk membaca? Mari kita membahasnya secara tuntas.

contoh cv teknik informatika
Contoh CV Mahasiswa Teknik Informatika - Dibuat di CakeResume

📚 Baca juga:  5 Contoh CV Programmer Terbaik! [Web Developer, Software Engineer, Dll.]

Cara Membuat CV Teknik Informatika

1. Gunakan Format CV Lamaran Kerja Teknik Informatika yang tepat

Pada dasarnya, ada 3 contoh format CV yang digunakan para pelamar kerja. Namun, untuk contoh CV jurusan teknik informatika, akan lebih baik menggunakan format CV kronologi terbalik

CV dengan format kronologi terbalik ini akan menempatkan bagian pengalaman kerja dan keahlian di tempat pertama, setelah itu diikuti dengan riwayat pendidikan. Perlu diingat bahwa pengalaman kerja menjadi poin paling penting untuk CV anak IT.

2. Buatlah Deskripsi Diri yang Mudah Diingat

Deskripsi diri biasanya berupa paragraf pendek dibawah informasi pribadi yang menjelaskan keterampilan dan tujuan karir secara singkat. Bagian ini merupakan bagian penting yang akan dibaca para perekrut pekerja.

Perlu diingat bahwa para perekrut kerja dapat menerima resume Teknik Informatika puluhan atau bahkan ratusan per harinya. Sehingga memiliki rangkuman yang singkat, menarik, dan mudah diingat tentang diri pribadi akan sangat membantu proses perekrutan. 

Contoh deskripsi diri untuk CV lulusan Teknik Informatika:

Fresh-graduate Teknik Informatika, Universitas Diponegoro memiliki pengalaman magang selama 6 bulan sebagai data analyst di PT. Shopee Indonesia. Terlatih menggunakan Oracle dan SQL Database. Memiliki pengetahuan menggunakan Python, R, dan Tableau. Dapat bekerjasama dalam tim dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

3. Menjelaskan Pengalaman di Bidang Terkait

Pengalaman kerja dan prestasi terkait menjadi poin sangat penting untuk ditulis di resume Teknik Informatika. Kamu bisa menulisnya dengan format kronologi terbaik, dengan begitu perekrut kerja akan lebih mudah melihat perkembangan karir dan keahlian kamu. Selain itu, akan lebih menarik jika kamu menulisnya dengan format angka atau simbol. 

Kamu dapat menjabarkan pengalaman kerja kamu dengan mencantumkan nama perusahaan/penyelenggara, posisi, tahun, tanggung jawab pekerjaan, beserta pencapaian yang kamu peroleh. 

Untuk CV anak IT, perlu diingat bahwa pencapaian menjadi poin lebih penting dibandingkan detail tanggung jawab pekerjaan. Perekrut kerja biasanya telah menjabarkan job desc yang mereka butuhkan, sehingga pastikan kamu lebih menonjolkan pencapaian yang kamu miliki di bidang terkait.

Contoh pengalaman kerja CV bidang IT:

Web Developer (Magang) | PT. Global Sukses, Yogyakarta (2020 - 2021)

  • Memperbaiki 300+ bugs pada website perusahaan
  • Membantu tim mengembangkan situs web untuk meningkatkan kepuasaan penggunaan konsumen menjadi 10%.
  • Menggunakan HTML, CSS, dan Java untuk mengoptimalkan homepage website, sehingga berhasil menaikkan 25% rasio klik konsumen. 
  • Monitor halaman web secara berkala di WordPress

4. Riwayat Pendidikan Anak IT

Riwayat pendidikan juga menjadi hal penting untuk dicantumkan. Namun, bagi CV anak IT, poin ini tidak lebih penting dibandingkan pengalaman kerja dan keahlian yang kamu miliki. 

Pada bagian ini, kamu dapat mencantumkan nama universitas, sarjana pendidikan, dan tahun belajar. Kamu juga dapat menambahkan informasi seperti IPK (jika memuaskan), proyek, pencapaian bidang akademik, ataupun kelas yang berhubungan dengan Teknik Informatika.

5. Mencantumkan Keahlian Terkait

Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam CV lamaran kerja teknik informatika. Bagian ini juga menjadi bagian yang paling diperhatikan perekrut kerja untuk melihat apakah kamu memiliki keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

Mencantumkan 15-20 keahlian terkait di CV anak IT, dirasa dapat menaikkan peluang diterima di sebuah perusahaan.

Keahlian dapat dibagi menjadi hardskill dan softskill. Berikut CakeResume merangkumkan keahlian apa saja untuk CV Teknik Informatika.

💻 Hard Skill CV Teknik Informatika

  • Matematika
  • Pengembangan website/aplikasi
  • Desain website/aplikasi
  • Coding
  • Machine learning
  • Analisa data
  • Jaringan komputer
  • Bahasa pemrograman (SQL, Java, Javascript, C#, Python, C++, PHP, IOS, Ruby/Rails, Linux, Wordpress)

🤵🏻‍♂️ Soft Skill CV Teknik Informatika

  • Komunikasi
  • Pemikiran kritis
  • Kreatif 
  • Kemampuan problem solving
  • Manajemen waktu
  • Bekerja dalam tim
  • Memperhatikan detail
  • Terstruktur
  • Pekerja keras

📚 Baca juga:  12 Bahasa Pemrograman Paling Relevan di 2022

6. Memasukkan Informasi Tambahan yang Relevan

Dalam menulis CV anak IT, menambahkan informasi relevan akan menjadi poin plus dimata perekrut kerja. Lalu, hal-hal relevan apa saja yang bisa ditambahkan untuk CV computer science?

  • Penghargaan dan sertifikat: Jika kamu pernah mengikuti kompetisi atau kelas tambahan yang memberikan sertifikat, kamu bisa menambahkan informasi terkait di bagian ini. 

    Contoh: Sertifikasi Junior Web Developer dari Badan Sertifikasi Profesi (BNSP) tahun 2018 di Yogyakarta. 
  • Proyek: Bagian ini juga menjadi poin penting khususnya bagi kamu yang membuat CV fresh graduate. Kamu bisa menambahkan proyek-proyek di sekolah ataupun proyek pribadi yang pernah kamu lakukan. Kamu juga bisa mencantumkan proyek-proyek ini di website GitHub, dan mencantumkan linknya di CV Teknik Informatika.

    Contoh: Bersama tim (3 orang) membuat aplikasi Android marketplace event sebagai tugas akhir kuliah di Universitas Indonesia.
  • Hobi dan Minat: Mencantumkan minat atau hobi dalam CV yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar juga bisa menjadi nilai plus dimata perekrut kerja. Di curriculum vitae Teknik Informatika, kamu bisa menuliskan jika kamu memiliki minat untuk membuat video game berbasis Python dan C++. Namun, perlu diperhatikan hobi lain yang tidak berkaitan, seperti menonton film tidak perlu dicantumkan ya. 

Contoh CV Lulusan Teknik Informatika

1. Contoh CV Teknik Informatika untuk Fresh Graduate

contoh cv teknik informatika, cv computer science
Contoh CV Lulusan Teknik Informatika - Dibuat di CakeResume

2.  Contoh CV Mahasiswa Teknik Informatika

contoh cv teknik informatika
Contoh CV Mahasiswa Teknik Informatika - Dibuat di CakeResume

3. Contoh CV/Resume Teknik Informatika Bahasa Inggris

computer science resume, contoh cv teknik informatika, cv teknik informatika
Contoh Resume Teknik Informatika - Dibuat di CakeResume

Mau CV Teknik Informatika kamu menarik seperti contoh diatas? Buat CV pakai CakeResume! Tersedia 12+ template yang bisa kamu gunakan secara gratis! Download PDF untuk lamar kerja! 🎉

Tips CV Teknik Informatika

Selain cara membuat CV teknik informatika di atas. CakeResume akan membagikan tips-tips untuk membuat CV lamaran kerja teknik informatika kamu menjadi lebih menonjol dan menarik. 

✅ Tips 1: Menambahkan Sertifikasi dalam CV

Jika kamu pernah mengambil kelas online, seminar, atau menang dalam sebuah kompetisi yang berhubungan dengan bahasa pemrograman, analisa data, machine learning, dll ada baiknya jika kamu menambahkannya dalam CV teknik informatika. Hal ini akan menjadi nilai plus dan membuktikan kemampuan yang dimiliki. 

📚 Baca juga:  3 Cara Menulis Sertifikat Dalam CV Agar Menarik!

✅ Tips 2: Menulis CV Teknik Informatika Tanpa Pengalaman Kerja

Para perekrut kerja tidak berharap fresh graduate akan memiliki pengalaman kerja. So, jangan khawatir jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja. 

Kamu masih bisa menunjukkan portofolio terbaik kamu. Kamu bisa mencantumkan hal-hal seperti, pengalaman magang, pekerjaan freelance, kompetisi, proyek kampus/pribadi, ataupun prestasi lain yang tidak berkaitan namun sangat mempengaruhi hidupmu, kamu juga dapat memasukkannya di resume Teknik Informatika. 

✅ Tips 3: Menambahkan Cover Letter di CV Teknik Informatika

Dengan menambahkan cover letter di CV lamaran kerja teknik informatika, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan hal-hal yang tidak bisa kamu cantumkan dalam CV teknik informatika. Selain itu, beberapa perekrut kerja akan lebih menganggap serius pelamar kerja ketika CV dan cover letter dicantumkan bersama. 

Cover letter biasanya terdiri dari informasi diri, salam pembuka, alasan kamu melamar, kualifikasi yang dimiliki sehingga perekrut kerja merasa tertarik, dan salam penutup.

Untuk lebih jelas melihat cara dan contoh cover letter, kamu bisa cek di 7 Contoh Cover Letter (Surat Lamaran Kerja) Bahasa Inggris Terbaik! I CakeResume

Key Takeaways

Sekarang, kamu sudah siap untuk menulis CV computer science terbaik! Kamu hanya perlu mengingat cara dan tips membuat CV Teknik Informatika yang CakeResume berikan.

  • Menggunakan format CV lamaran kerja Teknik Informatika yang tepat - format kronologi terbalik
  • Buatlah deskripsi diri yang mudah diingat - buatlah para perekrut kerja mendapatkan gambaran terbaik tentang dirimu 
  • Fokus terhadap pengalaman kerja dan keahlian - tonjolkan lebih banyak keahlian, dan pencapaian bukan pada job desc pekerjaan.
  • Mencantumkan informasi yang relevan - ingatlah untuk hanya memasukkan riwayat pendidikan, keahlian, pengalaman kerja, dan informasi tambahan yang berkaitan dengan IT. 
  • Menambahkan cover letter - Jangan lupa untuk menambahkan cover letter yang bisa membuat diri kamu lebih menonjol dibandingkan pelamar kerja lainnya. 

--- Ditulis oleh: Fiorency Santoso ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.