15+ Contoh Deskripsi Diri Profesional yang Disukai Rekruter!

Maka itu, apa isi deskripsi diri yang menarik? 

Dewasa ini, persaingan mencari kerja menjadi semakin ketat. Kamu harus memastikan bahwa CV kamu stand out dibandingkan kandidat yang lain.

Untuk itu, deskripsi diri yang menarik sangatlah penting. Deskripsi diri lah yang menentukan apakah rekruter akan membaca seluruh CV kamu atau tidak.

Jadi pastikan kamu bisa mendeskripsikan diri sendiri dan menjelaskan pengalaman juga keterampilan dengan tepat pada CV.

Apa itu deskripsi diri?

Salah satu bagian paling penting pada CV adalah deskripsi diri. Deskripsi diri adalah satu sampai dua kalimat "tentang saya" atau profil diri singkat dalam CV yang menggambarkan kamu secara profesional.

Karena bagian ini adalah ringkasan profil diri, jadi harus dibuat dengan menghighlight fitur terbaikmu.

Pada bagian deskripsi diri, sangat penting untuk menuliskan keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, sehingga memudahkan juga dapat menarik perhatian rekruter untuk membaca seluruh CVmu, dan melihat apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan.

🔍 Faktanya dalam sehari, rekruter bisa mendapat ratusan CV yang masuk yang harus diperiksa. 

📚 Baca juga:  Top 10 CV Maker Membuat CV Online Gratis dengan Desain CV Menarik

Cara Membuat Deskripsi Diri yang Baik

Bagaimana cara menulis bagian about me di CV (tentang saya pada CV)?

Bagian tetang saya pada CV bukan hanya berisi kelebihan yang dimiliki seseorang, namun ada masih banyak hal yang dapat ditulis. Yuk kita ikuti 4 langkah dibawah untuk membuat bagian tentang saya pada CV:

1. Baca dan Mengerti Deskripsi Pekerjaan

Cara pertama saat menulis deskripsi diri adalah membaca dan mengerti deskripsi pekerjaan atau job description dari lowongan tersebut. Ketahui tipe pekerja apa yang mereka sedang cari dan jika kamu memiliki kualifikasinya, tambahkan saat mendeskripsikan diri.

Contohnya jika perusahaan sedang mencari seorang digital marketer yang bisa menggunakan Google Ads, maka jika kamu memiliki kemampuan itu, tulislah pada deskripsi diri kamu.

Dengan mengerti deskripsi pekerjaan pada lowongan yang kamu lamar, kamu bisa menuliskan profil singkat pada CV dengan lebih mudah. Di saat yang sama, hal ini akan mempermudah rekruter mencari kandidat karena bisa dengan cepat membaca lewat deskripsi diri.

2. Pilih Pengalaman Kerja dan Skil yang Relevan

Bagaimana memilih skill untuk ditulis pada deskripsi diri dalam CV jika saya memiliki puluhan skill?

Nah inilah hal yang membingungkan saat menulis deskripsi diri. Kamu tidak bisa menuliskan semua skill yang kamu miliki saat menulis bagian tentang saya di cv.

Dari semua skil dan pengalaman kerja yang kamu miliki, tentunya tidak semuanya penting dan relevan dengan pekerjaan baru yang kamu lamar. Cobalah lihat keseluruhan CV dan pilih beberapa poin yang paling penting dan cocok dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar, lalu tulislah pada deskripsi diri pada CV.

Contoh ringkasan profil diri dengan pengalaman kerja yang relevan:

Berpengalaman lebih dari 5 tahun bekerja dalam industri FMCG sebagai Brand Manager. Memiliki pemahaman yang kuat tentang pasar produk konsumen dan strategi positioning. Pencapaian terbesar termasuk meningkatkan sales sebesar 50% dan memenangkan penghargaan “Product of the Year”.

3. Gunakan Angka Saat Mendeskripsikan Pekerjaan

Saat menjelaskan pencapaian dan tanggung jawab dari pekerjaan atau pengalaman organisasi sebelumnya, gunakanlah angka untuk membuat deskripsi diri lebih menarik.

Angka yang bisa menjadi standar atau ukuran pencapaian kerja seseorang, sehingga akan lebih menarik perhatian rekruter saat membaca deskripsi diri pada CV kamu.

Contoh profil diri untuk melamar pekerjaan sebagai customer service:

Daripada menulis "mengangkat telepon dan menjawab pertanyaan pelanggan" pada profil singkat di CV, lebih baik menuliskan "meningkatkan kepuasan pelanggan sebanyak 20% dengan menggunakan 3S".

Contoh deskripsi diri yang menarik lainnya :

Daripada menulis "merencanakan anggaran bulanan organisasi" pada bagian tentang saya dalam cv, lebih baik menulis "meningkatkan keefektivitas organisasi dan mengurangi biaya pengeluaran organisasi sebesar 35%".

📌 Saat membuat CV dan deskripsi diri dalam CV, angka dapat digunakan saat menulis:

  • Tingkat kepuasan pelanggan
  • Penghematan biaya
  • Peningkatan user engagement, followers, traffic website
  • Peningkatan penjualan
  • Jumlah klien

4. Tujuan Karir / Karir Objektif dalam CV

Tak lupa, di kalimat terakhir deskripsi diri dalam CV, kamu juga bisa memberi pernyataan tentang tujuan atau target karir yang kamu inginkan dan bagaimana tujuan tersebut berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.

Karir objektif dalam CV seperti apa sih?
Jangan khawatir, CakeResume akan kasih contoh supaya profil diri untuk cv kamu semakin menarik:

Contoh Karir Objektif dalam CV:

  • Sedang mencari posisi akuntan untuk pemanfaatan keahilan saya di bidang pembukuan dan perpajakkan.
  • Mencari posisi UI / UX designer sebagai wadah saya untuk menciptakan website yang user friendly dan responsive.
  • Mencari pembiayaan untuk melanjutkan studi S2 di bidang Pengelolaan Limbah Pabrik di Universitas XXX untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan tidak membahayakan.

📚 Baca juga:  Ketahui Cara Menulis Objektif dalam CV [+10 Contoh]

Setelah mengetahui cara menulis tentang saya di CV, selanjutnya, CakeResume akan memberikan contoh tentang saya di CV yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

15+ Contoh Deskripsi Diri dalam CV

Dibawah adalah beberapa contoh ringkasan profil diri singkat di CV seperti deskripsi diri sendiri mahasiswa baru lulus, contoh deskripsi diri untuk melamar pekerjaan sampai deskripsi diri menarik. Agar mempermudah kamu membuatnya, berikut adalah beberapa contoh tentang saya di CV yang bisa kamu lihat.

Contoh Deskripsi Diri Fresh Graduate

Contoh Personal Profile CV Fresh Graduate #1

Lulusan S1 Ekonomi Universitas Indonesia. Memiliki pengalaman magang di salah satu digital agency di Jakarta selama setahun. (Nama) adalah orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Mencari kerja untuk semakin berkembang dan bertumbuh bersama (nama perusahaan).

Contoh Summary CV Fresh Graduate #2

Lulusan S2 Programming Universitas Binus dengan pengalaman magang di salah satu Fintech Indonesia. Memiliki beberapa projek pembuatan software untuk bisnis pengiriman uang. (Nama) adalah seorang yang dapat diandalkan, suka bekerja sama dengan tim dan selalu tepat waktu.

Contoh Tentang Saya dalam CV Fresh Graduate #3

(Nama) adalah lulusan S1 Universitas Atma Jaya jurusan Sastra Inggris. Selama kuliah, (nama) aktif dalam organisasi English Club sebagai ketua organisasi serta pernah memenangkan lomba National Championship English Debate in Malaysia. Memiliki passion dalam translating dan interpreting. 

Contoh Profil Singkat pada CV Project Manager :

Projek Manajer Senior dengan 15+ tahun pengalaman di bidang (bidang). Telah mengajukan projek dan solusi baru yang meningkatkan 20% pendapatan tahunan. Sedang mencari posisi projek manajer untuk meningkatkan keuntungan dan pendapatan perusahaan (nama perusahaan).

Contoh Deksripsi Diri pada CV Guru:

Guru yang telah mengajar lebih dari 10 tahun. Selalu menggunakan hati dan empati untuk mengajar. Mendengar keluh-kesah dari murid untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan sesuai dengan setiap kebutuhan dan kemampuan anak-anak.

Contoh CV Tentang Saya untuk Data Analis:

Data analyst yang dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Berpengalaman dalam menafsirkan dan menganalisis data untuk mendorong pertumbuhan perusahaan e-commerce ternama di Indonesia. Dapat memberikan wawasan, analitik, dan kecerdasan bisnis yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

Contoh Profil CV seorang Akuntan:

Accounting manager dengan 5 tahun pengalaman akuntasi di industri real estate dan marketing. Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi.

Contoh Deskripsi Diri di CV Digital Marketer:

Digital Marketing Specialis yang telah memiliki pengalaman meningkatkan laba perusahaan sebesar 40% dalam 6 bulan. Selalu mengambil keputusan berdasarkan data dan mengalokasikan dana marketing dengan tepat.

Contoh Ringkasan Profile Resume Customer Service:

Customer Service Specialis dengan pengalaman kerja lebih dari 3 tahun. Mampu menghandle volume telpon yang tinggi dan memiliki skil interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang meningkatkan kesetian pelanggan hingga 25%.

Contoh bagian Tentang Saya dalam CV Teknik Mesin:

Lulusan Magister dari Universitas Indonesia dengan gelar termodinamika. Memiliki lisensi profesiona dengan pengalaman 8 tahun di bidang pemeliharaan mesin. Sedang mencari kesempatan bekerja di (nama perusahaan) untuk membantu operasi perusahaan lebih efektif.

Contoh Profil Diri Singkat untuk Kasir:

Lulusan ASMI Akuntansi yang berorientasi padadetail. Memiliki pengalaman luas di bidang perbankan, keuangan dan manajemen. Punya logika tajam dan naluri angka yang tepat. Sedang mencari posisi bekerja sebagai kasir dan siap berkembang bersama perusahaan.

Contoh Profil Resume seorang HRD/Rekruter:

Sedang mencari perusahaan untuk mengaplikasikan pengalaman 9 tahun sebagai HRD. Berpengalaman dalam pemecahan masalah, penempatan karyawan, kolaborasi dan kemampuan evaluasi yang mendetail. Punya kemampuan berkomunikasi dan empati yang tinggi.

Contoh Deskripsi Diri Sendiri Mahasiswa

Contoh deskripsi diri untuk melamar kerja sebagai mahasiswa #1

Mahasiswa bisnis tingkat akhir di Universitas Prasetya Mulya yang energetik dan pantang menyerah. Aktif dalam keanggotaan organisasi kampus dan pernah menjadi tutor. Memiliki ketertarikan tinggi di bidang finansial dan investasi saham. Pernah magang satu tahun di sebuah perusahaan asuransi di Indonesia.

Contoh about me di CV Mahasiswa #2

Memiliki kepribadian ESFJ, (nama) adalah seorang yang selalu termotivasi untuk mencoba hal baru, berpikir kritis dan kreatif. (Nama) memiliki kemampuan untuk berkomunikasi yang baik dan memiliki ketertarikan besar dalam dunia digital. Mempunyai pengalaman magang di (nama perusahaan) selama 6 bulan.

Contoh tentang saya untuk CV Mahasiswa #3

Saya adalah mahasiswa semester 7 jurusan Teknik Industri Universitas Gajah Mada. Memiliki menaglaman magang di salah satu perusahaan manufaktur ternama Indonesia dimana saya menaikan performa teknik manufaktur LEAN. Mahir menggunakan AutoCAD, VBA, dan SolidWorks.

📚 Baca juga:  5 Contoh CV Mahasiswa: Masih Kuliah, Kreatif dan Magang

Contoh Deskripsi Diri di CV Bahasa Inggris sebagai Desainer Grafis #1

Highly creative and experienced graphic designer with more than 2 years of experience in managing design campaigns and projects by creating Facebook ad creatives, social media conceptualization, and more. I am passionate about working in a digital marketing agency where I can be involved in a team to deliver the best result for clients in all fields.

Contoh Deskrpisi Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris

Contoh About Me Menarik Bahasa Inggris Software Engineer #3

3+ years of experience in software development and in creating innovative solutions to system issues. I am a team player with strong programming experience to build and operate secure systems. Committed to developing software engineering expertise to help ABC company grow more efficiently.

Contoh Profil CV Menarik Bahasa Inggris Marketing Manager #2

(Name) is a multi-talented influencer marketing manager who has worked in the F&B industry for over 3 years. (Name) is able to communicate effectively with a result-driven approach to marketing strategies. (Name) also has proven leadership record focused on achieving success through collaboration.

Nah itu dia contoh deskripsi diri singkat di CV yang super lengkap  mulai dari contoh deskripsi diri untuk mahasiswa, contoh tentang saya di CV fresh graduate, sampai contoh deskripsi diri profesional di CV untuk melamar kerja.

Tips Menulis Deskripsi Diri atau Bagian Tentang Saya di CV

contoh deskripsi diri, tentang saya di cv
Cara Membuat CV yang Menarik - 5 Tips

Pastikan jangan ada typo atau salah grammar dalam penulisan deskripsi diri pada CV kamu. Kamu akan memberikan kesan pertama yang buruk jika ada salah penulisan dalam deskripsi diri untuk lamaran kerja kamu.

Nah setelah mengetahui bagaimana cara mengisi bagian tentang saya dalam CV, yuk kita lihat 5 tips agar bisa menuliskan deskripsi diri yang menarik!

1. Ringkas

Saat menulis cv bagian tentang saya, ingat, jangan bertele-tele! Dalam sehari perekrut harus membaca ratusan CV, bukan hanya CV kamu. 

Deskripsi Diri yang ideal untuk melamar pekerjaan biasanya berisi 30-50 kata. Ingat, jangan sampai melebihi 100 kata. Karena singkat, kamu perlu mengambil poin-poin paling penting dari CV kamu dan menaruh di dalamnya. 

2. Struktur yang Rapih

Sebenarnya struktur deskripsi diri itu bebas, tapi jangan loncat-loncat dan membuat rekruter yang membaca jadi bingung. Contohnya mulailah dengan profesi kamu, lanjut ke pengalaman kerja dan skil mu. 

3. Identifikasi Diri Secara Profesional

Saat menulis jabatan di deskripsi diri, pilihlah jabatan profesional yang menggambarkan dirimu. Contohnya kamu adalah seorang marketer, desainer, programmer dan lain lain.

4. Tonjolkan Poin Penting

Kalau kamu pernah kerja di suatu perusahaan besar yang ternama, jangan lupa ditulis ya saat mendeskripsikan diri sendiri! Hal ini tentunya bisa menambah kredibilitas kamu sebagai kandidat.

5. Jangan Typo atau Salah Grammar

Hal yang HARUS ada dalam deskripsi diri CV:

  • Penghargaan
  • Soft Skills/ Keterampilan Akademik
  • Hard Skills/ Keterampilan Non Akademik
  • Pencapaian yang Relevan
  • Pendidikan/ Lulusan Instusi Pendidikan

Yang DIHINDARI saat menulis deskripsi diri:

  • Memuji diri terlalu berlebihan
  • Deskripsi diri yang sama untuk semua pekerjaan
  • Tidak spesifik
  • Terlalu panjang
  • Terlalu pendek

Cara Mendeskripsikan Diri saat Interview

Selain dituliskan dalam CV deskripsi diri juga sangat umum ditanyakan pada saat interview. Bagaimana cara menjawab deskripsi diri saat interview? Yuk persiapkan dirimu dengan tips berikut:

  1. Jelaskan kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Hindari mengulang keseluruhan isi CV kamu.
  2. Berikan contoh yang berhubungan dengan pekerjaanmu agar jawabanmu meyakinkan bagi rekruter.
  3. Hindari penggunaan kata-kata yang terkesan menyombongkan diri.

📚 Informasi lebih lengkap:  Efektif! 5 Cara Perkenalan Diri Saat Interview dan Contohnya

CakeResume adalah pembuat cv online yang menyediakan 50+ template cv menarik yang bisa digunakan secara gratis! Ayo buat cv lamaran kerja kamu! 🎉

Semoga dengan membaca artikel cara membuat deskripsi diri pada CV di atas, kamu bisa mendeskripsikan diri sendiri dalam CV dengan baik dan profesional sehingga bisa menarik perhatian rekruter hingga mendapatkan kesempatan interview! Yuk buat CV sekarang!

Resume Builder

Build your resume only in minutes!