9 Contoh Portofolio Programmer Menarik untuk Inspirasi Kamu!

Jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan impian kamu sebagai web developer, software engineer, atau junior developer, membuat CV programmer saja tidak cukup, apalagi jika kamu ingin melamar ke perusahaan teknologi yang terbaik. 

Jika kamu ingin terlihat lebih unggul dari pelamar kerja lainnya, maka kamu perlu membuat portofolio programmer yang baik dan menarik.

Nah, membuat portofolio programmer pun ada beberapa cara yang berbeda. Di artikel CakeResume kali ini akan dibahas pengertian portofolio programmer, isi dan cara membuat portofolio programmer, serta berbagai contoh asli portofolio programmer yang menarik untuk inspirasi kamu!

portofolio developer, portofolio programmer, contoh portofolio coding

Apa itu Portofolio Programmer

Apa itu Coding Portofolio?

Coding portofolio adalah portofolio yang dibuat oleh programmer yang menunjukan proyek koding mereka melalui situs web online yang interaktif ataupun dengan membuat portofolio programmer digital yang mirip seperti online resume.

Contoh proyek koding yang dicantumkan tidak harus dari pengalaman profesional kamu sebelumnya, kamu juga bisa mencantumkan proyek coding personal yang pernah kamu buat. 

Biasanya programmer dapat mencantumkan screenshots atau tautan link ke proyek sebelumnya dalam portofolio programmer mereka, ada juga yang mencantumkan testimoni dari pemberi kerja sebelumnya, kolega, atau profesor mengenai etos kerja dan kemampuan mereka. Coding portofolio juga berisikan informasi yang relevan untuk rekruter seperti riwayat pendidikan, sertifikasi, dan pengalaman kerja.

Mengapa Butuh Coding Portofolio?

Umumnya, manajer HRD akan mengharapkan pelamar kerja untuk memberikan portofolio programmer supaya HRD dapat mengetahui kemampuan dan potensial kandidat lebih jelas. 

Misalnya, jika kamu sedang melamar ke pekerjaan yang memerlukan keahlian dalam bahasa pemrograman Python, maka rekruter akan melihat proyek dari portofolio programmer kamu yang dapat membuktikan keterampilan kamu dalam bahasa pemrograman Python. 

Daripada hanya menulis dan memberi tahu tentang keahlian bahasa pemrograman kamu, portofolio programmer dapat menunjukan secara jelas seberapa mahirnya dan kreatifnya kamu dalam pengkodean.

💡 Pro tips: 

Perbaruilah portofolio programmer kamu sesering mungkin untuk membuktikan etos kerja dan semangat kamu dalam industri ini. Manajer HRD pastnya juga ingin melihat proyek coding yang terbaru.

Isi Portofolio Programmer

1. Bagian “Tentang Saya”

Entah itu kamu sedang membuat portofolio programmer online dalam bentuk PDF maupun dalam bentuk situs web, awali portofolio programmer kamu dengan satu halaman atau bagian “Tentang Saya”. 

Pada bagian ini kamu tidak perlu hanya fokus dalam menulis tentang pengalaman kerja profesional kamu saja. Melainkan, kamu bisa menggunakan bagian ini untuk memperkenalkan diri kamu sebagai seorang individu. Anggap saja bagian “Tentang Saya” merupakan personal brand story kamu dimana rekruter bisa mengenalmu lebih dalam.

Hal-hal yang bisa kamu cantumkan sebagai berikut:

  • Nama
  • Foto profesional
  • Biografi singkat
  • Nilai-nilai (values)
  • Keunggulan kamu dalam dunia profesional
  • Pengalaman pribadi yang relevan
  • Harapan untuk jalur karir kamu kedepannya

📚 Baca juga: Apa itu Personal Branding: Pengertian, Manfaat, Strategi

2. Bagian “Proyek”

Bagian ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Disinilah kesempatan kamu untuk memperlihatkan proyek-proyek unggulan kamu. Pastikan agar bagian “Proyek” terlihat semenarik mungkin, karena rekruter akan menilai kemampuan programming kamu dari bagian ini.

Biasanya, coding portofolio meliputi 4-10 proyek yang memperlihatkan seberapa luas dan dalamnya pengetahuan kamu tentang coding.

Cantumkan elemen multimedia agar portofolio programmer kamu lebih menarik:

  • Video
  • GIF
  • Copy dan desain web

Selain menaruh screenshot proyek kamu, disarankan untuk cantumkan juga link proyek agar rekruter dapat melihat proyek kamu lebih jelas lagi. Banyak programmer yang menyertakan tautan proyek mereka yang ditempatkan di GitHub atau platform development lainnya. GitHub dapat memamerkan proyek kamu yang sedang berlangsung, bahkan rekruter juga dapat melihat perbaruan coding secara real-time.

3. Bagian “Kontak”

Tanpa bagian ini, kamu bisa saja melewatkan kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu.

Informasi yang bisa kamu sertakan dalam portofolio programmer:

  • Alamat email (wajib)
  • Profil LinkedIn
  • Profil GitHub
  • Sosial media

Ingat bahwa kamu mencantumkan informasi ini untuk rekruter, oleh karena itu pastikan bahwa alamat email atau profil sosial media kamu terlihat profesional.

Langkah-langkah dibawah ini juga merupakan cara membuat portofolio web developer, portofolio software engineer, dan untuk portofolio programmer lainnya.

Cara Membuat Portofolio Programmer

1. Pilih Platform 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu dapat membuat portofolio programmer dalam dua bentuk:

  • Membuat situs web sendiri untuk dijadikan portofolio programmer
  • Membuat portofolio programmer digital

Jika kamu membuat portofolio programmer dalam bentuk situs web, maka disarankan agar kamu membayar domain agar bisa membuat URL situs web kamu terlihat lebih profesional. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan aspek-aspek teknis dalam membuat dan memelihara situs web (performa web, aksesibilitas, UI/UX, dll.)

Selain membuat situs web, kamu juga bisa membuat portofolio programmer kamu menggunakan portofolio maker online seperti CakeResume.

✅ Ketika membuat portofolio programmer kamu dengan CakeResume kamu bisa:

  • Menyertakan foto, video, audio, situs web, dll.
  • Menulis teks dengan berbagai pilihan font style, numbering, bullets, dll.
  • Membuat portofolio digital yang mendukung Responsive Web Design (RWD), sehingga dapat dilihat dengan mudah dan baik di perangkat apapun seperti smartphone, tablet, desktop, dll.
  • Membagikan tautan portofolio programmer kamu ke rekruter atau sosial media
  • Menautkan portofolio programmer digital kamu ke CV programmer online
  • Membuat beberapa portofolio dalam sekaligus
portofolio maker, contoh portofolio
CakeResume

Buat portofolio programmer kamu dengan CakeResume portofolio builder 🎉

2. Pamerkan Pekerjaan dan Keterampilan Terbaik Kamu

Ingat, CV programmer dan Portofolio programmer itu berbeda. CV programmer adalah tempat dimana kamu membuat daftar tentang riwayat pendidikan dan pengalaman kerja kamu. Sedangkan Portofolio programmer adalah wadah kamu untuk menyajikan hasil kerja dan pencapaian kamu. Dibawah ini merupakan hal-hal yang bisa kamu perlihatkan dalam portofolio programmer:

  • Kode atau hasil akhir proyek: ketika memperlihatkan hasil pekerjaan kamu, kamu bisa memilih antara menunjukan hasil kodenya saja atau produk akhir dari coding. Tetapi, kamu juga bisa menampilkan keduanya tergantung tujuan portofolio kamu. Jika portofolio programmer kamu dimaksudkan sebagai perpanjangan CV programmer, maka disarankan untuk menyertakan tautan ke kode dan hasil akhir produk. Jika portofolio programmer dimaksudkan sebagai portofolio untuk klien, maka kamu hanya perlu memamerkan hasil karyamu saja.
  • Contoh kode dan GIF: jika kamu sedang mengerjakan proyek yang bersifat konfidensial atau proyek swasta, maka kamu bisa menyertakan contoh coding jika diperbolehkan oleh klien kamu atau pemberi kerja. Kamu dapat menyertakan contoh kode dengan: menyertakan tautan ke editor kode dengan live preview. Menyertakan tautan ke GitHub repos dan berikan GIF. Mengunggah video screencast untuk menjelaskan bagaimana cara dan proses kamu bekerja
  • Proyek freelance dan proyek personal: menyertakan proyek freelance dapat menyoroti keterampilan lain kamu yang tidak dituliskan pada CV atau bagian sebelumnya. Jika kamu kesusahan untuk mendapatkan proyek freelance, kamu bisa membuat proyek personal untuk disertakan pada portofolio programmer kamu. Contohnya, kamu bisa saja membuat landing page versi kamu untuk perusahaan impian kamu.

✅ Untuk mengetahui proyek manakah yang baik untuk disertakan di portofolio programmer, tanyakan pertanyaan berikut:

  • Apa yang membuat aku sangat bangga akan proyek ini?
  • Apakah proyek ini dapat membuktikan keterampilan, pengetahuan, dan bakat yang tidak ditunjukan dalam proyek lain?
  • Apakah ada proyek serupa dalam portofolio ini? Jika ya, apakah aku bersedia untuk menggantikannya dengan proyek ini ?

3. Sertakan Deskripsi Proyek

Setelah mencantumkan hasil karya terbaik kamu, berikan deskripsi proyek. Berikan penjelasan tentang peran kamu dalam setiap proyek yang kamu cantumkan dalam portofolio programmer, terutama pada proyek kelompok. Dengan ini, kamu bisa mengarahkan perhatian rekruter ke detail-detail proyek yang ingin kamu perlihatkan dan alur kerja kamu.

4. Terus Perbarui Portofolio Programmer Kamu

Klien/HRD  tentunya ingin mengetahui kompetensi kamu yang sekarang ini. Ditambah dengan cepatnya perkembangan teknologi, mereka tidak akan tertarik ketika hasil karya kamu meruapakan hasil dari tiga sampai empat tahun yang lalu.

Usahakanlah untuk tetap membuat portofolio programmer kamu up-to-date, bahkan ketika kamu sedang tidak mencari pekerjaan. Perbarui portofolio programmer kamu setiap kamu menyelesaikan suatu proyek, memberikan seminar, membuat podcast tentang teknologi, atau apapun yang mendorong kamu dan yang relevan dengan portofolio programmer.

📚 Baca juga:  7 Cara Menjadi Freelancer Pemula Untuk Cari Untung!

Contoh Portofolio Programmer

1. Contoh Portofolio Web Programmer Menarik (Situs Web)

 Contoh Portofolio Web Programmer
 Contoh Portofolio Web Programmer

Portofolio web programmer ini dibuat oleh Sean Halpin dalam bentuk situs web yang minimalis. Situs webnya lengkap dengan hasil proyek, biografi singkat, informasi kontak, dan halaman work in progress dimana Sean Halpin memberikan update terbarunya tentang proyek yang sedang berlangsung, inspirasi desain, dan proyek personal lainnya yang menyoroti keunikan dan karakternya. Lihat portofolio web programmer Sean Halpin.

2. Contoh Portofolio Web Programmer Interaktif (Website)

Contoh Portofolio Lamaran Kerja Programmer, contoh portofolio
Contoh Portofolio Lamaran Kerja Programmer

Portofolio web programmer yang dibuat oleh Robby Leonardi untuk berinteraksi dengan audiensnya seperti video game. Lihat portofolio web programmer Robby Leonardi.

3. Contoh Portofolio Front-End Developer

contoh-portofolio-programmer
Contoh Portofolio Front-End Developer

Portofolio front-end developer ini dibuat oleh Muhammad Yusuf di CakeResume.

4. Contoh Portofolio Programmer Magang

contoh-portofolio-programmer
Contoh Portofolio Programmer Magang

Portofolio magang ini dibuat oleh Dinar Wahyu Rahman di CakeResume.

5. Contoh Portofolio Mahasiswa IT

contoh-portofolio-programmer
Contoh Portofolio Mahasiswa IT

Portofolio mahasiswa IT ini dibuat oleh Mario di CakeResume.

6. Contoh Portofolio Junior Wordpress Developer

Contoh Portofolio Junior Wordpress Developer

Portofolio mahasiswa IT ini dibuat oleh Aria Dwi Pramudya di CakeResume.

7. Contoh Portofolio Programmer (Digital Portofolio)

Contoh Portofolio Web Programmer, portofolio programmer, contoh portofolio
Contoh Portofolio Web Programmer

Contoh portofolio programmer mengenai resep dibuat oleh 呂俞瑩 LILY LU (Dibuat di CakeResume). Lihat portofolio programmer 呂俞瑩 LILY LU.

Buat portofolio programmer kamu dengan CakeResume portofolio builder 🎉

8. Contoh Portofolio Programmer untuk Front End (Digital Portofolio)

Contoh Portofolio Lamaran Kerja Programmer Front End, portofolio developer, contoh portofolio
Contoh Portofolio Lamaran Kerja Programmer Front End

Contoh portofolio programmer frontend dibuat oleh James Cheng (Dibuat di CakeResume). Lihat portofolio programmer James Cheng.

9. Contoh Portofolio Programmer Minimalis (Digital Portofolio)

Contoh Portofolio Lamaran Kerja Programmer yang Minimalis
Contoh Portofolio Lamaran Kerja Programmer yang Minimalis

Contoh portofolio programmer minimalis dibuat oleh Liwei Chen (Dibuat di CakeResume). Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berkreasilah dengan elemen lainnya selain gambar seperti menyertakan video. Lihat portofolio programmer Liwei Chen.

Demikianlah artikel ini tentang cara dan contoh portofolio programmer. Kamu sudah buat portofolio programmer kamu, belum? Yuk, buat sekarang juga dengan CakeResume!

CakeResume adalah website untuk membuat CV terbaik yang bisa menunjukan professional branding kamu di mata HRD. Kamu bisa langsung menggunakan template CV ATS-friendly dari CakeResume dan download dalam bentuk PDF, 100% gratis! Selain bikin CV gratis, kamu juga bisa buat portofolio dan cari kerja dengan job portal atau aplikasi cari kerja CakeResume.

Buat portofolio digital programmer kamu dengan CakeResume portofolio builder, 100% gratis! Fiturnya memberikan kamu kebebasan untuk berkreasi dan menyertakan video, gambar, maupun audio untuk membuatnya lebih menarik dan interaktif 🎉

--- Ditulis Oleh Cindy Graciella ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.