Database Administrator: Arti, Tugas, Skill, Gaji dan Prospek Karirnya!

Kebutuhan akan keahlian database semakin meningkat, apakah kamu tertarik dengan pekerjaan yang berhubungan dengan data?

Pekerjaan seperti Database Administrator tidak terlalu mengharuskan kamu memiliki gelar sarjana yang berhubungan dengan IT atau data. 

Database Administrator tidak memerlukan keahlian pemrograman seperti Data Scientist sehingga banyak yang memiliki latar belakang pendidikan non-teknis.

Jika kamu menginginkan pekerjaan di bidang teknologi dengan perpaduan keterampilan hardskill data dan interaksi manusia, Database Administrator bisa menjadi peluang karir yang menarik karena pertumbuhan yang diproyeksikan hingga potensi penghasilan saat ini. 

📚 Baca juga:  10 Pekerjaan Bidang IT yang Paling Dicari dan Gajinya!

Apa itu Database Administrator?

Pengertian Database Administrator

Melansir Workable, pengertian Database Administrator adalah profesi yang berperan untuk memastikan bahwa database berjalan secara efisien dan aman. Profesi ini akan membuat dan mengatur sistem untuk menyimpan tipe data yang berbeda, contohnya data finansial atau data customer

Database Administrator membangun, mengatur, melindungi, dan memelihara sistem yang menyimpan data. Mereka memastikan data dapat diakses, aman, dan diurutkan ke dalam sistem yang dapat digunakan orang untuk mengumpulkan informasi dan membuat keputusan. 

Jenis Database Administrator

Database Administrator terdapat beberapa spesialisasi dan lingkup, berikut adalah contoh Database Administrator:

  • System Database Administrator: Job desk System Database Administrator meliputi aspek fisik dari manajemen database.

    Contohnya adalah menginstal dan memelihara sistem manajemen basis data, membuat cadangan basis data dan pemulihan bencana. Tugas Database Administrator pada umumnya memiliki latar belakang dalam arsitektur sistem dan memastikan bahwa database dalam sistem komputer perusahaan berfungsi dengan baik. 
  • Application Database Administrator: Tugas Application Database Administrator termasuk mengelola aplikasi dan perangkat lunak pihak ketiga yang berinteraksi dengan sistem database.

    Contohnya adalah perangkat lunak otomatisasi.  Pekerjaan Database Administrator meliputi menginstal aplikasi perangkat lunak baru, memastikan integrasi sistem, dan mengelola peningkatan. 
  • Development Database Administrator: Pekerjaan Development Database Administrator adalah menangani aspek pengembangan administrasi database. Job desk Database Administrator meliputi pembuatan data definition language (DDL) dan menulis bahasa kueri terstruktur (SQL).

Prospek Karier Database Administrator di Indonesia

Pada umumnya, perusahaan lebih memilih database administrator dengan gelar sarjana dalam Ilmu Komputer atau bidang terkait. 

Contoh jurusan yang relevan adalah:

  • Sistem Informasi, 
  • Teknik Komputer, 
  • Matematika,
  • Statistika,
  • Administrasi Bisnis dengan konsentrasi Sistem Informasi. 

Namun dalam beberapa kasus, gelar master tetap diperlukan untuk posisi database administrator yang lebih tinggi. 

Jenjang Karir

Jenjang karir database administrator biasanya tidak dimulai dari posisi database administrator. Pada awalnya, entry level database administrator akan memulai karir sebagai pengembang database atau data analyst.

Karir database administrator bisa progress ke level DBA senior, manajer proyek TI, dan manajer program TI.

Berapa Gaji Database Administrator?

Gaji database administrator secara rata-rata untuk entry level atau setara fresh graduate adalah 4 - 6 juta rupiah. Setelah 2 tahun, gaji database administrator secara rata-rata untuk early professional atau senior level adalah 8 - 10 juta rupiah.

Gaji database administrator juga bervariasi menurut industri, perusahaan, dan tingkat pendidikan.

Dimana Database Administrator Bekerja? (Industri)

Kesempatan kerja database administrator dan gaji juga sangat bervariasi berdasarkan industri maupun domisili. Misalnya, desain sistem komputer dan industri jasa mempekerjakan hampir dua kali lebih banyak administrator basis data dibandingkan industri lainnya. 

Selain itu, industri konstruksi, manufaktur, dan minyak & gas mempekerjakan database administrator dengan gaji tertinggi, diikuti oleh industri manufaktur mobil dan industri keuangan.

Tugas Database Administrator

Tugas Database Administrator adalah menjaga kepatuhan terhadap kebijakan manajemen data dan memastikan bahwa tools penting ini berfungsi dengan baik. Mereka juga memastikan pengguna yang berwenang dapat mengakses informasi ini saat dibutuhkan.

1. Mengatur dan mengelola data

Tugas database administrator adalah menganalisis data untuk menemukan tren dan membuat prediksi yang tepat sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan perusahaan. Jenis data yang termasuk dalam lingkup tugas DBA mencakup riwayat pembelian, catatan keuangan, dan detail pelanggan.

Mempersiapkan database dan memastikan mereka beroperasi secara efisien merupakan tugas DBA dari sisi pengaturan data. Ini melibatkan pengumpulan persyaratan pengguna untuk data model yang akan digunakan.

Tugas database administrator juga membantu memastikan keamanan data dan pengolahan data. Contohnya, akses ke informasi sensitif hanya boleh dilihat oleh pengguna tertentu dalam perusahaan.

2. Memperbarui data

Pekerjaan database administrator adalah memperbarui izin untuk mengakses database untuk mengikuti perubahan personel atau perubahan peran dalam perusahaan. 

Selain itu, database administrator juga memeriksa pembaruan perangkat lunak, atau menulis kode SQL baru untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

3. Desain dan pengembangan database

Desain dan pengembangan database meliputi beberapa elemen, termasuk perencanaan metode input dan akumulasi data, protokol data, izin akses, backup, dan pembaruan.

Tugas database administrator adalah mempertimbangkan kebutuhan database pengguna dan membangun model data yang dapat menyelesaikannya.

4. Mengarsipkan data

Database Administrator menemukan data yang tidak lagi digunakan secara aktif dan mentransfernya keluar dari sistem produksi operasional dan ke penyimpanan arsip jangka panjang. 

Tugas DBA mengarsipkan data untuk menjaga kapasitas operasional aktif agar tidak terbuang, memastikan bahwa informasi dicadangkan, dan membuat semua operasi lebih produktif dan efisien.

Selain itu,  mereka juga memastikan penggunaan sumber daya cloud secara maksimal dan memastikan pemakaian infrastruktur dan sistem manajemen data yang optimal.

5. Pemeliharaan and troubleshooting

Pekerjaan database administrator adalah melakukan tes rutin dan membuat modifikasi untuk memastikan database bekerja dengan benar dan berkinerja baik.

Pemeliharaan database meliputi pekerjaan seperti backup berkala, memantau elemen operasional seperti ruang disk dan pelanggaran batasan sistem.

Database administrator juga memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman SQL. Mereka dapat menyelesaikan masalah dengan memperbaiki kesalahan atau masalah dalam kode SQL.

Skill Apa yang Harus Dimiliki Database Administrator?

Berikut adalah beberapa skills yang perlu dikuasai oleh database administrator:

1. Bahasa Pemrograman Database 

Skill database administrator yang utama yaitu bahasa pemrograman database contohnya SQL, SAP, Oracle, dll akan digunakan untuk mengelola data.

📚 Baca juga:  12 Bahasa Pemrograman Paling Relevan 2022 [Jenis, Contoh, Dll.]

2. Data Analysis

Data analysis mencakup aktivitas memeriksa, menyusun, dan menafsirkan kumpulan data, dan menerjemahkan sejumlah besar informasi menjadi materi yang berguna dan untuk perusahaan. 

3. Sistem Operasi Server

Sistem operasi server contohnya Windows, Linux, Unix, dll akan menjadi basis dari pertukaran data antara server dan klien pada aplikasi database.

4. Sistem Operasi Desktop

Sistem operasi server contohnya Windows, MacOS, dll akan menjadi basis pengoperasian aplikasi database.

5. Analytical thinking

Kemampuan untuk menganalisis data atau statistik dapat mendukung database administrator mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manajemen data perusahaan mereka.

6. Pemecahan Masalah

Skill database administrator ini diperlukan untuk mengidentifikasi, menguji, dan menghilangkan potensi masalah dan penyebabnya sangat berharga, sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memecahkan masalah.

7. Komunikasi

Skill komunikasi ini diperlukan untuk mengawasi staf TI, dan bekerja dalam tim hingga kepemimpinan TI. Database administrator akan berkomunikasi dengan manajemen eksekutif dan profesional teknologi di organisasi. 

8. Attention to detail

Skill ini diperlukan untuk mengatur data dalam organisasi untuk membuat keputusan berbasis data dan membuat laporan. Tingkat ketelitian yang tinggi akan mendukung kinerja yang baik.

Cara Menjadi Database Administrator

Apakah kamu sudah tertarik untuk memulai karir sebagai database administrator? CakeResume akan membantu kamu selangkah demi selangkah untuk mendapatkan pekerjaannya!

Beberapa hal yang dibutuhkan untuk menjadi database administrator:

1. Dapatkan gelar sarjana

Gelar sarjana menjadi salah satu fondasi untuk memulai karir di dunia teknologi. Jurusan yang berkaitan dengan TI akan mengembangkan landasan dalam ilmu teknologi komputer. Kamu bisa memilih jurusan seperti ilmu komputer atau teknologi informasi.

2. Dapatkan pengalaman bekerja

Setelah berhasil mendapatkan gelar sarjana, kamu bisa mencari pengalaman kerja entry level di bidang IT. Kamu bisa memulai dari IT support, junior developer, atau sistem administrator.

3. Belajar bahasa pemrograman komputer 

Bahasa pemrograman data seperti SQL sangat penting untuk dikuasai. Kamu juga bisa memperdalam skills kamu sebelum melamar pekerjaan database administrator. Dengan mengikuti kursus-kursus online, tentunya kamu dapat membangun portofolio professional hingga mendapatkan sertifikat.

4. Kuasai program dan platform komputer

Selain bahasa pemrograman data, kamu dapat mempelajari program dan platform komputer seperti Microsoft Access, Oracle, Linux, dan UNIX. Ini akan membuatmu lebih menguasai environmentnya untuk pengembangan.

5. Buat CV yang menarik

Setelah menyelesaikan semua persyaratan penting untuk posisi database administrator, ini saatnya untuk membuat Curriculum Vitae dan mulai melamar pekerjaan. Sertakan pendidikan formal, keterampilan teknis, dan pengalaman kerja yang relevan.

Jangan lupa untuk menyertakan informasi yang akan mendukung pendidikan dan pengalaman kerjamu seperti kompetisi data yang kamu menangi, sertifikasi data professional, hingga mengikuti kursus online yang akan menonjolkan keterampilanmu.

📚 Baca juga: 3 Contoh CV Lulusan Sistem Informasi Menarik dan Cara Membuatnya

contoh cv database administrator
Contoh CV Database Administrator - Dibuat oleh CakeResume

CakeResume menyediakan 12+ template CV yang bisa kamu gunakan, 100% GRATIS. Download sebagai PDF dan lamar kerja! 🎉

Dengan persiapan yang sedetail ini, seharusnya kamu sudah siap untuk melamar kerja sebagai database administrator. Jika kedepannya pun kamu ingin berpindah pekerjaan, pekerjaan database administrator memiliki lingkup karir yang fleksibel. 

Keterampilan data kamu dapat menjadi fondasi yang kuat dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan manapun apabila terus dikembangkan.

--- Ditulis oleh Priscilia Octaviani ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!