6 Cara Meminta Reschedule Interview yang Profesional beserta Contohnya!

Lolos seleksi dan lanjut ke tahap interview adalah momen yang membahagiakan bagi para interviewee, bukan? Tahap wawancara adalah kunci di mana kamu dapat menunjukkan value yang dapat ditawarkan ke perusahaan untuk mendapatkan posisi yang kamu lamar.

Namun, terkadang, situasi tak terduga dapat membuat kamu berhalangan menghadiri wawancara yang telah dijadwalkan oleh HRD. Jika ini terjadi, penting bagi kamu untuk mengajukan reschedule interview melalui email dengan prosedur yang benar. Ini dapat menunjukkan profesionalisme dan minat kamu pada pekerjaan yang dilamar. Tak hanya itu saja, kamu pun tidak akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu.

Namun, bagaimana cara meminta reschedule interview dengan profesional? Yuk, simak artikel CakeResume dibawah ini!

Contoh Email Reschedule Interview
Contoh E-mail Reschedule Interview

Contoh Alasan yang Tepat untuk Reschedule Interview

Hal terpenting saat reschedule interview adalah memberi alasan yang masuk akal dan tepat. Jika kamu memiliki alasan yang sah, HRD kemungkinan akan memahami dan memaklumi kamu untuk reschedule interview. 

Berikut adalah 5 contoh alasan yang tepat untuk reschedule interview:

1. Sakit

Ketika kamu sakit, ada kemungkinan kamu dapat menyebarkan penyakit kamu kepada orang lain di sekitarmu dan tentunya kamu tidak merasa fit untuk menghadiri wawancara kerja. Menghindari pertemuan seperti wawancara kerja merupakan hal terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit dan juga memberikan kamu waktu untuk pulih kembali.

HRD akan senang hati untuk menjadwalkan ulang interview setelah kondisi kesehatanmu membaik. Jika memungkinkan, sebaiknya kamu mengabarkan email reschedule interview 12 jam sebelum jadwal interview untuk menunjukkan rasa hormat kepada jadwal HRD.

2. Masalah Darurat Keluarga

Adapun keperluan keluarga mendadak seperti mengurus anak yang sedang sakit atau sedang berduka. Hal ini umumnya dimaklumi dan dimengerti oleh HRD. 

Hal lain seperti acara keluarga yang sudah ditetapkan dari jauh-jauh hari juga cukup sulit untuk diubah secara tiba-tiba. Kamu dapat memberitahu pihak HRD kalau kamu berhalangan dan meminta untuk reschedule interview.

Kembali lagi kepada prioritas mana yang kamu pilih. Jika menurutmu menghadiri interview lebih penting daripada acara keluarga, kamu dapat memilih untuk melanjutkan jadwal interview yang sudah ditetapkan.

3. Jadwal Bentrok Yang Tidak Terduga

Jika kamu masih bekerja selama mencari pekerjaan baru dan jadwal pekerjaan kamu tiba-tiba berubah, kamu dapat memberikan email reschedule interview dengan menyesuaikan waktu pekerjaan kamu saat ini.

Hal ini dapat menguntungkan diri kamu sendiri, lho! Dengan begitu, kamu menunjukkan rasa hormat terhadap pekerjaan kamu saat ini dan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu juga akan menghormati saat bekerja dengan mereka

4. Masalah Kendaraan atau Kecelakaan

Jika kamu mengalami masalah kendaraan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari alternatif lain untuk datang ke wawancara. Jika tidak memungkinkan, kamu dapat menghubungi HRD sesegera mungkin dan jelaskan masalahnya.

Hal diluar kendali kita adalah kecelakaan. Jika kamu mengalami kecelakaan yang parah, segera hubungi HRD dan jelaskan dengan tenang. Umumnya HRD akan memahami bahwa kandidat harus ditangani dengan baik terlebih dahulu dan selanjutnya melakukan interview reschedule.

Cara Meminta Reschedule Interview dengan Sopan

cara membalas email panggilan interview untuk reschedule
Cara Meminta Reschedule Interview Email

Setelah mengetahui alasan reschedule interview, selanjutnya penting untuk menangani reschedule seprofesional mungkin untuk menjaga hubungan positif dan tidak menyinggung HRD.

Berikut adalah cara meminta reschedule interview dengan penuh pertimbangan dan hormat:

1. Hubungi HRD Sesegera Mungkin

Jika kamu sudah memutuskan untuk melakukan interview reschedule, sesegera mungkin berikan email reschedule interview kepada HRD. Semakin cepat kamu menghubungi HRD untuk reschedule interview, maka image kamu akan tetap baik di mata mereka. Jangan menunda untuk mengabarkan kepada HRD, ya! Minimal beberapa hari sebelum interview, kamu sudah dapat kirim email reschedule interview. 

2. Ungkapkan Rasa Terima Kasih dan Antusiasme

Saat kamu mengirim email reschedule interview, ucapkan rasa terima kasih karena kamu telah diberi kesempatan untuk melakukan wawancara. Ini merupakan tanda bahwa kamu tidak bermain-main dengan interview yang diberikan. Kamu dapat mengekspresikan rasa antusias untuk melakukan interview untuk menunjukkan rasa hormat.

3. Jelaskan Alasanmu Dengan Jelas dan Singkat

Membuat pesan yang jelas dan singkat akan membantu pembaca langsung memahami inti pesan dan dapat mencari waktu pengganti lebih cepat. Ingat! Jangan menulis alasan bertele-tele tapi mulailah menjelaskan dengan cepat dan singkat mengapa kamu perlu interview reschedule.

4. Tawarkan Alternatif Tanggal dan Waktu

Akan lebih baik jika kamu menawarkan tanggal dan waktu yang berbeda. Ini dapat memudahkan HRD untuk menyesuaikan slot pada jadwal mereka sekaligus memberi solusi atas masalah yang terjadi.

5. Ucapkan Permintaan Maaf

Kesopanan adalah hal yang penting saat meminta interview reschedule. Tunjukkan dan ucapkan permintaan maaf karena tidak dapat hadir pada waktu yang telah ditentukan. 

6. Terima Kasih Atas Waktunya

Meskipun kamu tidak dapat melakukan wawancara di waktu yang telah ditentukan, kamu tetap harus berterima kasih kepada HRD atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan. Hal ini menunjukkan rasa hormat untuk meningkatkan peluang kamu agar bisa diberi kesempatan lain untuk wawancara.

Template Cara Menulis Email Reschedule Interview

Dalam menulis email reschedule interview, tentu ada prosedur dan cara penulisan yang baik dan benar. Kamu dapat menggunakan template ini sebagai panduan saat kamu menulis email reschedule interview kepada HRD:

Template Email Reschedule Interview Bahasa Indonesia

Yth, Ibu/Bapak/Kak [nama pengirim]

Saya ingin berterima kasih atas undangan interview yang dikirimkan Bapak/Ibu untuk saya. Saya sangat antusias melakukan interview untuk posisi [sebutkan posisi yang dilamar] di PT [sebutkan nama perusahaan].

Melalui email ini saya ingin mengabarkan bahwa saya tidak bisa menghadiri wawancara yang telah dijadwalkan pada tanggal 23 November 2022. Sebelumnya saya minta maaf atas ketidaknyamanan Bapak/Ibu.

Hal tersebut karena masalah kesehatan, saya masih dalam perawatan di rumah sakit sampai tanggal 26 November 2022. Jika berkenan saya ingin menjadwalkan kembali di waktu lain sesuai dengan kesediaan Bapak/Ibu. Jika memungkinan untuk menjadwalkan kembali pada tanggal 28 atau 29 November 2022, apakah cocok dengan kesediaan Bapak/Ibu?

Saya bersedia untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai pergantian jadwal wawancara. Besar harapan saya dapat bergabung dalam tim [sebutkan posisi yang dilamar] 

Hormat saya, 

[nama kamu]

 Template Email Reschedule Interview Bahasa Indonesia

Template Email Reschedule Interview Bahasa Inggris

Dear [nama pengirim],

Thank you for the opportunity to interview with you on Tuesday, November 28 to talk about the [sebutkan posisi yang dilamar] at [sebutkan nama perusahaan].

Due to [sebutkan alasan kamu], however, I will no longer be able to make it to the interview we had scheduled. Would it be possible to reschedule our meeting? I’m available at [hari dan waktu baru]. 

I’m apologize for having to reschedule and I look forward to the opportunity to meet you to talk about the position.

Thank you for your consideration, Mr./Ms. [nama HRD]

Sincerely, 

[nama kamu]

Template Email Reschedule Interview Bahasa Inggris

Contoh Email Reschedule Interview

Berikut adalah contoh email reschedule interview yang bisa kamu pakai sebagai panduan jika kamu ingin reschedule interview.

Contoh Reschedule Interview Bahasa Indonesia

Berikut adalah contoh email jadwal ulang interview yang bisa kamu ikuti dalam bahasa Indonesia.

Yth. Bapak Yanto Sriwibowo

Saya ingin berterima kasih atas undangan interview yang dikirimkan Bapak/Ibu untuk saya. Saya sangat antusias melakukan interview untuk posisi social media manager di PT. Anak Kreatif Bangsa.

Dengan berat hati saya ingin mengabarkan bahwa saya tidak bisa menghadiri wawancara yang telah dijadwalkan pada tanggal 30 September 2022. Sebelumnya saya minta maaf atas ketidaknyamanan Bapak/Ibu.

Hal tersebut karena saya harus menghadiri pernikahan kakak saya. Jika berkenan saya ingin menjadwalkan kembali di waktu lain sesuai dengan kesediaan Bapak/Ibu. Jika memungkinan untuk menjadwalkan kembali pada tanggal 3 atau 4 Oktober 2022, apakah cocok dengan kesediaan Bapak/Ibu?

Saya bersedia untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai pergantian jadwal wawancara. Besar harapan saya dapat bergabung dalam tim social media manager.

Hormat saya, 

Kristina Candra

Contoh Email Reschedule Interview Bahasa Indonesia

Contoh Reschedule Interview Bahasa Inggris

Perhatikan surat reschedule interview dalam bahasa Inggris ini.

Hi Ms. Winney,

I am excited about the opportunity to interview for the Stylist Manager position at Majestic Cloth Company. Unfortunately, an unexpected situation came up and I won’t be able to meet with you on that day and would like to reschedule. 

I apologize for any inconvenience. Would you be available on Friday, May 25th? If there is another date and time that is more suitable for you, please let me know. 

Looking forward to the opportunity to meet with you to interview about the position.

Sincerely, 

Jack Rey

Contoh Email Reschedule Interview Bahasa Inggris

Contoh Reschedule Interview Lewat WA (WhatsApp)

Selamat siang Ibu Ani,

Sebelumnya saya ingin berterima kasih atas undangan interview yang ibu kirimkan beberapa hari lalu. Saya sangat antusias melakukan wawancara untuk posisi sales manager di PT. Pura Jaya.

Namun dengan berat hati saya ingin menyampaikan bahwa saya tidak bisa menghadiri wawancara pada tanggal yang telah ditentukan. Dikarenakan saya harus menemani Ibu saya berobat ke rumah sakit. 

Jika Ibu tidak keberatan, saya ingin mengajukan pergantian jadwal interview. Saya yakin tiga hari kedepan saya memiliki waktu luang untuk melakukan interview.

Saya minta maaf atas ketidaknyamanannya karena harus merepotkan Ibu mengganti jadwal interview saya. Saya bersedia untuk berdiskusi mengenai pergantian jadwal baru. 

Besar harapan saya bisa bergabung dengan tim sales manager.

Contoh Email Reschedule Interview Lewat WA

Kesimpulan

  • Jika memungkinkan, hindari interview reschedule.
  • Lakukan email reschedule interview minimal 2-3 hari sebelum jadwal yang telah ditentukan.
  • Berikan alasan yang jelas, kuat dan jujur kepada HRD.
  • Email reschedule interview harus ditulis dengan sopan santun untuk menunjukkan rasa hormat kepada pihak perusahaan.

Sedang cari kerja? Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume! Job Portal terbaik dan terpercaya di Indonesia. 🎉

--- Ditulis Oleh Phoebe Charissa ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Feb 7th 2023

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...