10 Font CV Terbaik, Buat Rekruter Terpesona!

Gaya menulis sebuah Curriculum Vitae (CV) bisa menjadi penentu penilaian seorang rekruter. Salah satu penilaian yang akan diperhatikan rekruter adalah kerapian tulisan pada CV kamu.

Nah, biasanya tulisan yang rapih dan mudah dibaca ini juga dipengaruhi oleh jenis serta ukuran font CV yang digunakan. Kenapa demikian? Karena pada umumnya, HRD hanya memerlukan waktu yang cukup singkat untuk melihat isi CV kamu, sehingga jenis font CV yang kamu gunakan akan mempengaruhi penilaian HRD terhadap kamu.

Agar kamu tidak salah memilih jenis font CV, coba perhatikan beberapa tips di bawah ini sebelum kamu mengirim CV kamu. Di artikel ini, CakeResume akan membahas jenis huruf untuk CV yang terbaik untuk CV kerja kamu.

📚 Baca juga: 20 Contoh CV Lamaran Kerja Menarik yang Disukai HRD!

Font CV yang Dianjurkan

Dari berbagai macam jenis font CV yang tersedia, setidaknya ada 5 font yang bagus untuk CV yang direkomendasikan untuk kamu. Yuk, simak penjelasannya!

1. Arial

Jenis font CV yang baik ini didesain pertama kali pada tahun 1982 oleh Robin Nicholas dan Patricia Saunders. Huruf Arial salah satu jenis font untuk CV yang direkomendasikan karena memiliki bentuk tulisan yang semi formal dan terlihat jelas dimata rekruter jika digunakan dalam CV kerja. Font CV Arial juga merupakan salah satu jenis tulisan yang populer untuk dipakai pada CV.

arial
Contoh Font Arial - Sumber: Wikipedia

2. Calibri 

Calibri merupakan salah jenis font untuk membuat CV yang direkomendasi buat kamu serta cocok juga sebagai font untuk melamar kerja. Saat ini Calibri sudah menjadi jenis font default di Microsoft Word sejak 2007. Penggunaannya masih relatif sedikit pada pembuatan dokumen-dokumen kantor. Tapi, kalau diamati, jenis huruf Calibri adalah salah satu font yang cocok untuk CV karena bentuk hurufnya yang menarik untuk mata, termasuk untuk mata rekruter.

contoh font calibri -- sumber: wikipedia
Contoh Font Calibri - Sumber: Wikipedia

3. Garamond

Garamond adalah salah jenis huruf klasik yang sudah lama muncul. Jika dilihat, jenis ini sekilas mirip dengan font Times New Roman karena bentuk tulisannya yang formal dan kaku. Tetapi, huruf Garamond memiliki keunikan tersendiri dibandingkan lainnya. Misalnya, huruf ‘e’ memiliki mata kecil dan huruf ‘a’ memiliki belokan tajam di sebelah kiri atas. Sehingga, jenis font ini terlihat jelas jika dibaca dan sangat direkomendasikan untuk menjadi font Curriculum Vitae.


contoh font garamond -- sumber: wikipedia
Contoh Font Garamond - Sumber: Wikipedia

4. Georgia

Jenis huruf ini terbilang kurang pasaran bagi kebanyakan orang. Meskipun terlihat hampir mirip dengan jenis huruf Times New Roman sebagai font formal untuk CV, Georgia memiliki ciri khas tersendiri juga, yakni terlihat elegan dan tidak terlalu formal. Jadi, Georgia merupakan salah satu font untuk CV yang baik untuk digunakan.

contoh font georgia -- sumber: wikipedia
Contoh Font Georgia - Sumber: Wikipedia

5. Helvetica

Jenis terakhir font untuk CV lamaran kerja adalah Helvetica. Huruf Helvetica cocok dijadikan font Curriculum Vitae. Pasalnya, font jenis ini memiliki karakter yang tidak terlalu kaku dan terkesan rapi jika dipakai font untuk resume. Jadi, jenis huruf Helvetica juga merupakan font terbaik untuk CV kamu.

contoh font helvetica -- sumber: wikipedia
Contoh Font Helvetica - Sumber: Wikipedia

Font CV Alternatif

Selain beberapa jenis font CV yang direkomendasikan di atas, ada juga beberapa jenis font yang cocok untuk CV sebagai alternatif buat kamu, yakni jenis huruf:

Font alternatif:

✅ Carlito

✅ Caladea

✅ Futura

Kalau kamu ingin membuat CV dengan font yang profesional dan elegan, kamu dapat membuatnya dengan bebas lewat CakeResume. Disini kamu bisa menggunakan beberapa jenis font CV yang dapat membuat rekruter terpesona dengan CV kamu. Misalnya, dengan menggunakan font CV Noto. 

Variasi huruf Noto juga terbagi atas beberapa jenis seperti Noto Sans HK, Noto Sans JP, Noto Sans KR, dan sebagainya. Ada juga beberapa jenis huruf lainnya yang tak kalah bagus, contohnya Archivo, Lora, Roboto, dan lain-lain. 

Mau tahu cara membuat CV profesional dengan font CV yang mempesona? Kunjungi CakeResume! Platform yang menyediakan template untuk membuat CV ATS friendly, tersedia berbagai style dan 100% GRATIS! 🎉

Hindari Pemakaian Font CV Ini 

Kalau di awal sudah dijelaskan beberapa rekomendasi font untuk CV kamu, selanjutnya kita akan membahas beberapa font CV yang perlu dihindari ketika kamu menulis CV.

❌ Comic Sans

Jenis font ini pada dasarnya digunakan untuk penulisan sebuah naskah. Kalau dilihat dari bentuknya, jenis huruf Comic Sans itu tidak formal dan hanya cocok untuk digunakan anak-anak sekolah dasar. Oleh karena itu, Comic Sans adalah jenis font yang tidak direkomendasi sebagai jenis font untuk CV.

contoh font comic sans -- sumber: wikipedia
Contoh Font Comic Sans - Sumber: Wikipedia

❌ Font yang Bersambung

Selanjutnya font CV yang perlu dihindari adalah jenis huruf yang bersambung. 

1. Blackadder ITC

Sumber: Microsoft Blakadder ITC

2. Brush Script MT

contoh font comic sans - sumber: Wikipedia

3. Bradley Hand ITC

Sumber: Microsoft Bradley Hand ITC

Mengingat penulisan CV harus profesional, ketiga jenis huruf ini tidak direkomendasikan karena kurang jelas untuk dipandang dengan mata, terutama untuk rekruter. Alasan lainnya adalah karena jenis-jenis font tersebut terkesan untuk kesenian atau untuk pembuatan sebuah naskah. Dan ada juga jenis huruf bersambung yang terlihat terlalu tipis, sehingga tidak cocok menjadi font CV yang baik.

❌ Font Typewriter

Jenis yang terakhir adalah font yang berkarakter typewriter.

1. Courier New

contoh font courier new - sumber: Wikipedia

2. Lucida Console

Sumber: Wikipedia (Jenis huruf Lucida Console)

Kedua jenis huruf ini sekilas hampir sama. Tetapi, bedanya terletak pada ketebalan huruf. Jenis font Courier New itu lebih tipis dan merupakan jenis huruf pada mesin ketik jadul. Jenis huruf Lucida Console itu lebih tebal dibandingkan dengan Courier New. Hanya saja jenis font ini terlihat kaku dan kurang cocok jadi font untuk Curriculum Vitae kamu. Dengan kata lain, kedua jenis huruf ini tidak pas jadi font untuk cv kreatifmu.

Tips dalam Memilih Font CV yang Baik

font cv yang baik
tips memilih font yang baik untuk CV 

💡 Gunakan Jenis Font CV yang Konsisten 

Saran yang pertama ini cukup sederhana tetapi jika tidak diperhatikan dengan baik berdampak baik pada penilaian rekruter. Jadi, disarankan untuk membuat isi CV kamu menggunakan jenis font untuk CV lamaran kerja yang sama dari awal sampai akhir.

💡 Hindari Jenis Font CV yang Tipis atau Terang

Selanjutnya, pilihlah jenis font CV yang relatif tebal agar tulisan CV dapat dibaca dengan jelas. Lalu, disarankan juga untuk tidak memilih jenis warna font untuk CV yang terlalu terang karena hal ini dapat membuat mata rekruter sakit dan tidak tertarik untuk menilai CV kamu. Biasanya warna yang pas untuk CV kerja adalah jenis warna hitam.

💡 Pilihlah Ukuran Font CV yang Pas

Tips yang ketiga adalah tentukan secara tepat ukuran font untuk CV kamu. 

  • Gunakan ukuran font CV 14 untuk tulisan “Deskripsi Diri, Pengalaman Kerja, Pendidikan, Soft Skills, Penghargaan”
  • Gunakan ukuran font CV sekitar 11-12 untuk bagian isi 

Hindari penggunaan font size yang jaraknya terlalu beda antara sub-judul dengan isi. Tujuannya agar isi CV buatanmu terlihat simetris.

Nah, sudah tahukan jenis-jenis rekomendasi font untuk CV, beberapa jenis huruf yang patut dihindari, serta tips bagaimana cara memilih jenis font CV yang pas untuk kamu? Satu kunci lagi agar CV kamu menjadi pilihan rekruter adalah apapun jenis font yang kamu gunakan, pastikan bahwa tulisan di CV kamu dapat terlihat dengan baik, sederhana, dan tersusun rapi. Tetap semangat!

CakeResume adalah sebuah online CV builder yang praktis. Ada banyak template yang menarik dan yang mudah untuk digunakan. Kamu juga bisa unduh CV dalam format PDF, 100% gratis! Yuk, buat CV kamu dengan CakeResume sekarang! 🎉

--- Desman Perdamaian Gulo ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Mar 6th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...