Memang tidak ada aturan yang pasti saat membuat daftar riwayat hidup, namun ternyata ada 3 format daftar riwayat hidup yang paling umum digunakan oleh para pencari kerja, yaitu format cv kronologi terbalik, kombinasi, dan juga fungsional.

Tentunya setiap tipe format CV lamaran kerja memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kamu harus melihat mana format yang paling sesuai dengan pengalaman yang kamu miliki dan juga keperluan perusahaan.

Artikel dibawah ini akan membahas secara detil mengenai setiap format CV beserta dengan keunggulan, kelemahan dan fungsinya masing-masing. Dengan memilih format CV yang baik, kamu akan bisa membuat CV yang menarik perhatian perusahaan.

3 Format Lamaran CV Paling Sering Digunakan

Ada 3 format lamaran CV yang sering digunakan oleh pelamar kerja, format tersebut adalah:

1. Format CV Kronologi Terbalik

tipe format cv lamaran : kronologi terbalik yang paling umum
Tipe Format CV Lamaran : Kronologi Terbalik

Contoh format daftar riwayat hidup sederhana yang satu ini adalah format standar yang paling sering digunakan. CV dengan menggunakan format kronologi biasanya menuliskan pengalaman kerja terlebih dahulu, diikuti pendidikan dengan susunan kronologi terbalik, yang terbaru dituliskan paling atas diikuti dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya.

✅ Keunggulan Format CV Kronologi Terbalik:

  • Para rekruter dan juga Mesin ATS ( Applicant Tracking System ) dapat melihat dengan mudah informasi yang ingin disampaikan
  • Menekankan skill dan pengalaman kerja. Dengan menghighlight pengalaman kerja, rekruter dapat melihat perkembangan karir kandidat dan skill relevan dari pengalaman kerja tersebut

⛔ Kelemahan Format CV Kronologi Terbalik:

  • Karena format daftar riwayat hidup standar ini paling banyak digunakan oleh pelamar kerja, bisa jadi CV kamu jadi susah untuk stand out dimata rekruter
  • Kurang cocok untuk yang belum memiliki pengalaman kerja seperti fresh graduates ataupun mereka yang pernah menganggur / gap lama dalam sejarah kerja.

✍🏻  Format CV Kronologi Terbalik cocok untuk siapa?

Untuk kamu yang sudah senior/ berpengalaman ataupun pernah bekerja di perusahaan top yang ingin menunjukkan kemampuan yang dimiliki dari pengalaman kerjamu.

2. Format Resume Fungsional

Jika kamu tidak termasuk kategori di atas, masih ada alternatif format CV menarik untuk kamu!

Tipe Format CV Lamaran: Format Resume Fungsional
Tipe Format CV Lamaran: Format Resume Fungsional

Contoh Format CV kreatif yang satu ini merupakan format yang menonjolkan skill atau keterampilan yang dimiliki. Hal pertama yang dituliskan setelah informasi pribadi adalah bagian keterampilan. Karena tujuan dari format ini adalah menunjukkan keterampilan, pelamar kerja bisa menghilangkan tahun, jabatan, dan peran saat bekerja.

💡 Tahukah kamu?
Format CV lamaran kerja ini juga sering dibuat menjadi portofolio untuk menampilkan desain ataupun projek yang dimiliki.

✅ Keunggulan Format Resume Fungsional:

  • Menonjolkan kemampuan. Dengan menggunakan tipe resume ini, rekruter dapat melihat kualifikasi seseorang dari skill dan penjelasan yang diberikan. Format ini juga mempermudah proses scanning yang dilakukan oleh rekruter saat mencari skill tertentu dari kandidat.
  • Gak pengalaman kerja, gak masalah. Jika kamu memiliki projek sendiri, kamu tetap bisa membuat CV yang menarik dan tetap menunjukkan kualifikasi yang dimiliki.

⛔ Kelemahan Format Resume Fungsional:

  • Tidak menyertakan bukti. Karena biasanya CV dituliskan tidak ada tangalnya ataupun nama perusahaan, rekruter biasanya akan tetap meminta CV Kronologis untuk mengetahui pengalaman kerja dan daftar riwayat hidup kandidat. Untuk itu, sertakan bukti seperti sertifikat untuk meyakini rekruter.

✍🏻  Siapa yang paling cocok menggunakan Format Resume Fungsional?

Format CV ini cocok untuk para fresh graduates yang belum memiliki pengalaman kerja/magang, pelamar kerja yang punya gap lama dalam sejarah kerja ataupun terlalu sering ganti pekerjaan dalam waktu yang singkat.

📚  Bacaan Lanjutan: Cara Membuat CV Fresh Graduate | 5 Contoh Curriculum Vitae yang Menarik

3. Format Daftar Riwayat Hidup Kombinasi

Tipe Format CV Lamaran: Format Daftar Riwayat Hidup Kombinasi
Tipe Format CV Lamaran: Format Daftar Riwayat Hidup Kombinasi

Seperti namanya, Format CV kombinasi berarti gabungan dari format CV kronologis dan format CV fungsional. Dapat dilihat di atas, contoh format CV ini memungkinkan untuk menuliskan pengalaman kerja dan juga menonjolkan skill atau kemampuan yang dimiliki.

✅ Keuntungan Format CV Kombinasi:

  • Tetap bisa menunjukkan skill sekaligus menonjolkan kemajuan perkembangan karir kepada rekruter
  • Memudahkan rekruter untuk saat scanning CV

⛔ Kelemahan Format CV Kombinasi:

  • Tidak bisa memasukkan semua skill. Karena mengusahakan tidak membuat CV lebih dari satu halaman, maka harus memilih skil yang paling relevan dan penting.

✍🏻  Format Daftar Riwayat Hidup Kombinasi paling cocok untuk siapa?

Format lamaran ini cocok untuk profesional yang sudah memiliki banyak pengalaman dan skill juga untuk fresh graduates yang memiliki pengalaman magang/ bekerja part time.

Format CV apa yang TERBAIK?

Apa format CV yang paling menarik dan bagus?
Tidak ada format CV yang paling baik.

Lah kok begitu? Kenapa?

Karena CV dapat digunakan untuk berbagai tujuan, agak kurang pas rasanya kalau menyebutkan salah satu format adalah yang terbaik.

  • Format CV Kronologi Terbalik adalah format CV yang paling umum dan sering digunakan oleh pelamar kerja.
  • Format CV Fungsional adalah format CV yang menghighlight skill dan kualifikasi yang dimiliki. Cocok untuk para freelancers atau yang pernah memiliki sejarah gap lama bekerja dan ingin kembali bekerja.
  • Format CV Kombinasi adalah format CV paling lengkap yang menggabungkan pengalaman kerja dan skill yang paling relevan. 

➡️  Kesimpulan

Tidak ada format CV yang paling baik, namun ada format CV yang paling sesuai dengan yang kamu perlu dan paling cocok dengan kepribadianmu.

Download Format CV Lamaran Kerja

Membuat CV memang susah-susah gampang! Meskipun hanya menuliskan daftar riwayat hidup kita dalam selembar kertas, namun memerlukan strategi dan trik tertentu untuk membuat CV menarik. Nah ini dia contoh format CV lamaran kerja yang dapat kamu download pdf.

📚 Bacaan Lanjutan
Setelah memilih format CV yang mana yang cocok dan sesuai kebutuhan, langkah besar selanjutnya adalah menulis CV profesional! Jika kamu kebingungan dan tidak tahu bagaimana cara menulisnya, kalian dapat melihat artikel di bawah :

CakeResume menyediakan 50+ template CV menarik gratis dengan berbagai pilihan format CV profesional, format CV portofolio dan format daftar riwayat hidup sederhana yang bisa digunakan secara GRATIS! 🎉


Jane Setiady
contributor

Jane Setiady

Creative and energetic person who likes to share her life-experience on her Podcast.

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume