5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Dalam dunia pekerjaan, menyebutkan topik pembicaraan yang berkaitan dengan gaji yang diinginkan terkesan cukup sensitif.

Kalau menyebut angka gaji terlalu tinggi saat interview kerja, takut dikira sombong. Kalau menyebut terlalu rendah, malah merugikan diri sendiri.

Namun, pertanyaan mengenai besar gaji yang diharapkan rupanya merupakan salah satu pertanyaan interview kerja favorit bagi para HRD

✏️ Pertanyaan mengenai gaji yang diharapkan saat interview bertujuan untuk:

  • Mengetahui seberapa besar kamu mengenali dan menghargai kemampuan diri serta kinerja yang kamu miliki. 
  • Mengetahui apakah perusahaan mampu untuk menjangkau keterampilan yang kamu miliki untuk bekerja dengan perusahaan tersebut. 

Meskipun kamu mungkin sudah memiliki estimasi gaji yang diharapkan, kamu juga harus mengetahui cara menjawab gaji yang diharapkan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang akan menjatuhkan kesempatanmu untuk mendapatkan posisi kerja dengan gaji yang diharapkan di perusahaan tersebut.

Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

📚 Baca juga: 20+ Pertanyaan Interview Kerja Paling Sering Muncul [+Jawaban]

Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Gaji yang Diharapkan?

1. Cari tahu pasaran yang ada terlebih dahulu 

Sebelum memiliki estimasi gaji yang diharapkan, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai gaji dengan tanggung jawab yang kamu miliki di kota tempat kamu akan bekerja. 

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan:

  • Mengunjungi website lowongan kerja seperti Jobstreet atau Glassdoor untuk mengetahahui standar gaji untuk posisi atau jabatan tertentu
  • Membaca Salary Guide tahunan yang dikeluarkan lembaga-lembaga seperti Michael Page atau PersolKelly untuk mengetahui rata-rata gaji yang ditawarkan untuk setiap industri.

Tujuannya untuk membandingkan apakah estimasi gaji yang diharapkan sesuai dengan pasaran yang ada atau tidak. Hal ini bukan berarti gaji yang kamu tawar hanya bisa sebatas itu. Kamu tetap bisa mendapatkan gaji yang sesuai dengan harapan kamu dengan menyelaraskan hasil riset kamu dengan kemampuan, pengalaman, dan kualitas yang kamu miliki.

Tetapi ingat untuk tetap menawar dengan angka yang masih masuk akal, ya!

📚 Baca juga: 14 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

2. Sesuaikan dengan skill dan job desc posisi yang sedang di interview

Setelah melakukan research tentang estimasi gaji yang ada di pasaran, maka kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai berapa besar gaji dan tunjangan yang dapat diharapkan. 

Selanjutnya, kamu dapat menyesuaikannya lagi dengan skill dan pengalaman yang kamu miliki serta tanggung jawab atau job desc apa saja yang akan kamu pegang nantinya. 

Contohnya: Jika kamu melamar pekerjaan dengan posisi yang sama di perusahaan yang berbeda dengan job desc yang lebih banyak, kamu dapat menjawab pertanyaan gaji yang diharapkan dengan estimasi gaji yang lebih besar daripada perusahaan sebelumnya karena kamu sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak dan tanggung jawab yang lebih besar di perusahaan baru nanti. 

3. Punya estimasi gaji yang diharapkan

Jika ditanya “Berapa gaji yang Anda inginkan?” atau “Berapa gaji minimal yang Anda inginkan?“, kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji yang kamu inginkan. Dengan ini, rekruter dapat melakukan pertimbangan yang lebih baik serta mengetahui gambaran yang lebih dalam tentang kemampuan yang kamu miliki. 

Saat menentukan estimasi gaji, perhatikan pula biaya pengeluaran bulanan kamu. Hitung biaya pengeluaran transportasi, belanja bulanan, makanan, tempat tinggal dan lainnya agar gajimu dapat mencukupi. Estimasi pengeluaran bulanan kamu juga bisa dijadikan alasan yang sangat mendukung ketika ditanyakan gaji yang diinginkan.

💡Tips: Hindari menyebutkan angka pasti karena sangat tidak fleksibel dan akan memperkecil peluang kamu untuk mendapatkan gaji lebih tinggi yang diharapkan.

4. Sebutkan gaji di perusahaan sebelumnya

Cara menjawab pertanyaan gaji yang diharapkan selanjutnya yaitu dengan menyebutkan gaji di perusahaan sebelumnya. Bagi kamu yang sudah pernah bekerja sebelumnya, cara ini bisa menjadi cara yang lebih mudah untuk menyampaikan jawaban gaji yang diharapkan saat interview. 

Dengan cara ini, rekruter akan lebih yakin dengan jawaban interview gaji yang diharapkan milik kamu. Selain itu, rekruter juga dapat mengetahui tolak ukur yang lebih tepat untuk mematok gaji yang sesuai untuk kamu.

💡 Tips: Saat kamu menyebutkan gaji di perusahaan sebelumnya, tambahkan juga tunjangan (uang makan, uang transportasi, THR) apa saja yang kamu dapatkan di perusahaan sebelumnya. Dengan ini, perusahaan mungkin akan memberikan gaji dengan tunjangan yang lebih baik daripada perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya.

5. Siapkan diri untuk bernegosiasi 

Meskipun sudah memiliki estimasi gaji yang diharapkan, namun bukan berarti harapan tersebut dapat dengan mudah dikabulkan. Kamu juga perlu menyiapkan diri untuk bernegosiasi dengan rekruter ketika ditanya gaji yang diharapkan saat interview nanti. 

Ingat untuk tetap berusaha bernegosiasi se-sopan dan dengan pemikiran yang se-terbuka mungkin. Hal ini akan membuat rekruter merasa bahwa kamu merupakan orang yang fleksibel dan matang untuk bekerja bersama. Sehingga akan membuka peluang kamu untuk diterima dan mendapatkan gaji yang diharapkan. 

Namun, pastikan pula bahwa kesepakatan gaji yang kamu terima tetap dalam standar umum yang ada dan kamu dapat menerimanya. Jangan sampai, lupa dengan kualitas diri karena keinginan untuk diterima yang terlalu besar.

Tetap rendah hati, berpikiran terbuka, dan cermat dalam mengambil keputusan. 

📚 Baca juga: Apa yang Harus Ditanyakan Kepada HRD Saat Interview? Simak 30 Pertanyaan untuk HRD

Contoh Jawaban Berapa Gaji yang Anda Inginkan

1. Contoh Jawaban Interview Gaji yang Diharapkan 

“Saya percaya bahwa pengalaman serta pencapaian saya selama 5 tahun bekerja di industri ini dapat memberikan kontribusi tinggi bagi perusahaan. Untuk saat ini, saya mengetahui rata rata gaji yang ditawarkan di perusahaan lain berkisaran pada angka X juta sampai X juta untuk posisi dengan rata-rata pengalaman kerja yang sama dengan saya. 

Namun, saya tetap terbuka untuk berbagai macam kondisi lainnya yang dapat disesuaikan dengan anggaran perusahaan, tanggung jawab dari job desc yang akan saya miliki, dll. Sehingga saya rasa baik saya maupun perusahaan, dapat menerima titik tengah yang memuaskan setelah didiskusikan lebih lanjut lagi.”

✅ Alasan jawaban di atas baik:

Contoh jawaban untuk gaji yang diharapkan di atas menunjukkan bahwa, pelamar kerja mengetahui kualitas dirinya dengan baik serta ingin mengenali pekerjaan tersebut lebih lanjut sebelum melakukan keputusan. 

Selain itu, pelamar kerja juga memberikan estimasi gaji yang diharapkan dengan pasaran yang ada dan menunjukkan fleksibilitas untuk gaji yang diharapkan. Sehingga, dapat mempermudah rekruter untuk memberikan keputusan dan pelamar kerja juga tidak akan dibayar di bawah rata-rata karena telah melakukan riset sebelumnya. 

2. Contoh Jawaban Jika Ditanya Berapa Gaji yang Anda Inginkan

“Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga tahun terakhir saya bekerja di sana dengan tunjangan karyawan yang tetap seperti tunjangan makan, transportasi, kesehatan, dan lembur. Saya yakin bahwa keputusan yang terbaik adalah keputusan yang tidak membebankan pihak manapun, sehingga saya percaya melalui diskusi yang baik saya dapat menerima gaji yang sesuai dengan keterampilan dan pengalaman yang saya miliki.”

✅ Alasan jawaban di atas baik:

Contoh jawaban gaji yang diharapkan dalam interview di atas sangat menjelaskan seberapa besar nilai yang pelamar kerja miliki di pekerjaan sebelumnya.

Dengan ini, rekruter akan mendapatkan gambaran yang sangat jelas saat mematok harga yang tepat untuk gaji sang pelamar. Selain itu, pelamar kerja juga menunjukkan keterbukaannya untuk bernegosiasi tanpa merendahkan nilai yang dimilikinya. 

3. Contoh Jawaban Berapa Gaji yang Anda Inginkan untuk Fresh Graduate

“Saya yakin dengan kemampuan dan pengalaman saya selama di kampus sebagai pemegang beasiswa yang aktif dalam acara kepanitiaan, saya dapat memberikan kontribusi besar sebagai pekerja fresh graduate. Sebelumnya, saya mengetahui bahwa rata rata gaji untuk posisi ini dengan level kemampuan, pengalaman, dan tanggung jawab yang sama yaitu berkisar X juta sampai X juta. Saya percaya dengan diskusi yang lebih lanjut, baik perusahaan maupun saya bisa mendapatkan keputusan gaji yang sesuai dan adil.”

✅ Alasan jawaban di atas baik:

Contoh cara menjawab gaji yang diharapkan untuk fresh graduate di atas menunjukkan bagaimana pelamar kerja mengetahui kualitas yang dimilikinya serta menyebutkan estimasi yang diharapkan dengan rata-rata standar yang ada di pasaran. Dengan ini, fresh graduate yang melamar kerja tidak akan diberi gaji dibawah UMR meskipun belum memiliki pengalaman kerja. 

📚 Baca juga: Walk In Interview: Arti, Persiapan dan Pertanyaan

Tips Jawaban untuk Gaji yang Diharapkan

1. Beri estimasi gaji yang bisa kamu terima 

Meskipun memasang estimasi gaji yang diharapkan lebih tinggi dari pasaran dapat memperkecil peluang kamu diterima bekerja, jangan sampai sengaja memberi jawaban gaji yang diharapkan dengan estimasi gaji yang tidak membuatmu ikhlas. 

Mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tidak membuat kamu puas hanya akan menimbulkan perasaan negatif seiring jalannya waktu. Pastikan estimasi gaji yang kamu pasang sesuai dengan kemampuan, pengalaman, tanggung jawab, serta baik range atas maupun range bawahnya tetap sesuai dengan gaji yang kamu harapkan.

2. Hindari jumlah yang pas

Ketika ditanya berapa gaji yang diharapkan, sebaiknya berikan jawaban dengan estimasi dan bukan angka pasti. Selain memperbesar peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi, memberikan estimasi gaji yang diharapkan tidak akan membuat kamu merasa kecewa jika mendapatkan range terbawah. 

Disisi lain, menyebutkan angka pasti tidak memberikan kejelasan apapun untuk perusahaan membuat keputusan. Hal ini sangat beresiko bagi kamu karena perusahaan bisa saja membuat keputusan dengan range bawah yang mungkin kurang bisa kamu terima. 

3. Ungkapkan rasa kecewa 

Jika kamu mengetahui bahwa gaji yang dapat ditawarkan oleh perusahaan untuk posisi tersebut tidak sesuai dengan gaji yang diharapkan, tunjukkan bahwa hal ini diluar dari ekspektasi kamu dan kamu merasa bahwa kamu kurang cocok dengan tawaran ini. 

Tetap berikan respon dengan pemikiran yang terbuka serta berterima kasih atas kesempatan interview yang telah diberikan. Berikan pula kesan yang baik kepada rekruter karena tidak akan ada yang tahu kapan dan di mana kesempatan lain akan datang menghampirimu. Siapa tahu tawaran pekerjaan lain dengan gaji yang diharapkan akan datang dari perusahaan yang sama. 

cara menjawab cerapa gaji yang anda harapkan, berapa gaji yang anda inginkan
Cara Menjawab "Berapa Gaji yang Anda Inginkan?"

📚 Baca juga: 20 Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya!



Mencari pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang diharapkan memang tidak mudah. Namun, bukan berarti tidak mungkin.

Sekarang, kamu sudah mengetahui jawaban yang efektif kalau kalau ditanya "berapa gaji yang Anda inginkan?". Kamu bisa berlatih terlebih dahulu sebelum interview supaya dapat menjawab pertanyaan gaji yang diharapkan saat interview dengan lebih percaya diri tanpa keraguan. 

Supaya makin percaya diri ketika ditanya gaji yang diharapkan, Yuk! Percantik CV kamu dengan CakeResume. Ada berbagai macam template CV menarik yang bisa kamu gunakan. 100% Gratis! 🎉

--- Ditulis Oleh Devi Intan Gunawan  ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles

Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Screening, Ada Template Gratis!

ATS (Applicant Tracking System) adalah sistem yang membantu HRD dalam menyeleksi CV kandidat yang masuk. Maka itu, CV yang kamu gunakan harus CV ATS Friendly.