Apa itu HRBP? Kenali Tugas, Peran dan Skill yang Dibutuhkan!

apa itu hrbp?

Pernahkah kamu mendengar HRBP? Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan HRBP?

Belakangan ini, posisi HRBP supervisor semakin banyak dicari perusahaan, lho. HRBP atau singkatan dari Human Resource Business Partner merupakan peran baru di departemen human resource yang menghubungkan konteks bisnis dan SDM.

Konsep HRBP tidak hanya berfokus pada proses birokrasi perusahaan ataupun bagian administrasi. HRBP memiliki peran khusus dalam pengelolaan SDM serta berpartisipasi aktif dalam memajukan bisnis perusahaan. 

Kali ini Cake akan bahas lebih detail mengenai HR business partner. Kira-kira apa saja, ya, tugas HRBP, apa perbedaan HRBP dan HR manager, bagaimana proyeksi karir HRBP, dan yang tidak kalah penting berapa, sih, gaji HRBP di Indonesia. 

Mari kita simak!

Apa itu HRBP?

Arti HRBP

Human Resource Business Partner atau HRBP adalah seorang HR senior atau berpengalaman yang akan bekerja langsung dengan manajer departemen lain ataupun pimpinan perusahaan.

Job desk utama HRBP adalah membantu mengembangkan bisnis perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan bakat karyawan, memperbarui strategi manajemen HR, serta dapat bertindak sebagai konsultan perusahaan dengan memberikan ide dan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. 

4 Peran HRBP

Pada tahun 1995, seorang profesor di bidang manajemen, Dave Ulrich memperkenalkan model Human Resource Ulrich. Model HR Ulrich ini membahas betapa pentingnya pembagian peran seorang HR dalam sebuah perusahaan. Setelahnya, model HR Ulrich ini diterapkan di hampir seluruh perusahaan di dunia. 

Secara spesifik, model HR Ulrich ini berfokus pada pembagian fungsi HRBP ke dalam 4 poin penting, yaitu:

  • Functional Expert: membantu perusahaan dalam mengembangkan bakat karyawan sehingga dapat menunjang kemajuan bisnis perusahaan
  • Employee Champion: membantu perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif, mengelola kebutuhan karyawan sehingga setiap karyawan yang bekerja dapat merasa dihargai dan bahagia.
  • Change Agent: bersama manajer departemen lain dan pimpinan perusahaan untuk mengembangkan organisasi yang dapat beradaptasi dengan perubahan zaman.
  • Business Partner: membantu perusahaan dalam meningkatkan reputasi perusahaan dan mencapai target bisnis. 

📚 Baca juga: Mengenal Apa itu Employer Branding dan Strategi Membangunnya!

Perbedaan HRBP dan HR manager

Untuk memahami lebih jelas apa itu HRBP, mari kita analisa lebih detail perbedaan tugas HRBP dan HR manager

HRD
HRBP
HR manager berfokus pada proses administrasi karyawan, seperti sistem penggajian karyawan, absensi, sanksi, dan hal lainnya yang bersifat untuk mengevaluasi kinerja karyawan. 
HRBP lebih berfokus kepada pengembangan skill karyawan yang dibutuhkan dalam kemajuan bisnis perusahaan. Selain itu, HRBP juga ikut andil dalam pengembangan bisnis perusahaan dengan bekerja sama langsung dengan pimpinan perusahaan.

Walaupun sama-sama berkaitan dengan pengelolaan SDM, namun tugas HRBP dan HR manager sangatlah berbeda. Maka, tidak heran jika semakin banyak perusahaan yang membutuhkan fungsi kedua posisi ini demi berjalannya bisnis yang lebih baik. 

📚 Baca juga: Apa itu Talent Acquisition? Kenali Tugas, Job Desk, Skill, Dll. [+Contoh CV]

Apa Saja Tugas HRBP?

Berikut beberapa job desk utama HRBP:

➡️ Membuat Rencana Strategis untuk Pengelolaan SDM

Karyawan memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan. Oleh sebab itu, tugas HRBP adalah:

  • Membuat strategi yang tepat dalam proses perekrutan karyawan baru
  • Memilih karyawan yang memiliki kemampuan yang diperlukan
  • Bertanggung jawab untuk meminimalkan turnover rates (pergantian staf)

➡️ Pengembangan Bakat Karyawan dan Pelatihan

HRBP juga bertanggung jawab dalam proses pengembangan bakat dan keahlian karyawan yang sudah bekerja di perusahaan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan karyawan, membuat karyawan merasa lebih nyaman saat bekerja, dan meningkatkan nilai perusahaan. Hal yang biasanya dilakukan HR business partner adalah:

  • Menyediakan pelatihan atau pengembangan bakat karyawan di semua tingkatan manajerial
  • Memfasilitasi karyawan untuk mendorong efektivitas dan produktivitas kerja

📚 Baca juga: Efektif! 10 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

➡️ Kolaborasi dengan Manajer Eksekutif

Tugas terpenting lainnya seorang human resource business partner adalah berkolaborasi dan terlibat aktif dengan pimpinan perusahaan. Dalam hal ini, job desk HRBP diantaranya:

  • Melakukan diskusi dengan pimpinan perusahaan mengenai perencanaan proses rekrutmen, dan pengelolaan SDM
  • Memberikan ide dan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi demi kemajuan perusahaan

➡️ Berkontribusi terhadap Proses Adaptasi Perusahaan

Zaman yang terus berkembang akan membuat perusahaan wajib terus beradaptasi dan melakukan perubahan demi keberlangsungan perusahaan. 

Contoh proses adaptasi diantaranya, sistem perusahaan yang beralih ke digital, situasi Covid-19 yang mewajibkan karyawan bekerja dari rumah, serta penyesuaian kebijakan dikarenakan situasi yang mendesak, dll.

Sehingga dalam hal ini, HRBP supervisor bertugas untuk melakukan kolaborasi aktif dengan pimpinan perusahaan atau manajer departemen lain untuk membuat kebijakan baru serta mengevaluasi proses implementasinya. 

➡️ Pengelolaan Reputasi Perusahaan

Pengelolaan reputasi perusahaan dapat dilakukan secara internal maupun eksternal. Pada poin ini, tugas utama HRBP adalah menciptakan strategi untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi seluruh karyawan, memfasilitasi karyawan sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. 

Lingkungan kerja yang nyaman ataupun produktivitas kerja yang baik akan membuat reputasi perusahaan menjadi baik secara internal maupun eksternal.

Skill dan Kualifikasi yang Dibutuhkan HRBP

Setelah memahami apa saja tugas HRBP, kira-kira keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan fungsi HR business partner secara baik?

1. Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik merupakan keahlian dasar yang wajib dimiliki seorang HRBP supervisor. Mengapa? HR business partner akan selalu berhubungan langsung dengan karyawan maupun pemimpin di seluruh aspek perusahaan.

Profesi HRBP memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan ide, instruksi, negosiasi, ataupun presentasi. Sehingga, tanpa kemampuan satu ini, kamu akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas sebagai HRBP.

✍️ Kemampuan komunikasi yang baik, dapat meliputi kemampuan: 

  • Mendengarkan orang lain
  • Memahami pendapat orang lain
  • Kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal (berpikir sebelum berbicara, gerakan tubuh, mimik wajah, dll)

2. Kemampuan Networking dan Membangun Relasi

Kedua keahlian ini juga tidak kalah penting bagi HRBP. Bersikap ramah dan menghargai lawan bicara dapat membantu kamu membangun relasi yang baik. 

Tidak hanya itu, pentingnya networking juga akan membantu HRBP supervisor untuk bisa menemukan talent-talent yang berkualitas bagi perusahaan, serta dapat mengembangkan strategi pengelolaan SDM dengan lebih berkualitas.

3. Kemampuan Analisa

Di dalam pekerjaannya, salah satu pekerjaan HRBP adalah mengumpulkan informasi data, menganalisa, serta membuat suatu kesimpulan atau rekomendasi yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu dalam pembuatan strategi yang bermanfaat untuk bisnis.

Selain itu, HRBP juga harus mengevaluasi suatu program perusahaan ataupun kinerja karyawan. Maka, kemampuan analisa menjadi poin sangat penting untuk bekerja sebagai human resource business partner .

4. Keahlian Perencanaan dan Strategi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu job desk HRBP adalah bertanggung jawab dalam proses adaptasi perusahaan. Maka dalam hal ini kemampuan perencanaan dan strategi sangatlah penting.

Seorang HR business partner diharapkan dapat melakukan analisa pasar, merancang strategi kebijakan baru yang tepat, menerapkannya ke dalam perusahaan, serta melakukan evaluasi. Jika suatu kebijakan tidak berhasil dengan baik, maka HRBP juga harus membuat rencana lainnya untuk memperbaiki keadaan.

5. Kemampuan Pemahaman Bisnis (Business Acumen)

Keahlian pemahaman bisnis membuat tugas HRBP sangat berbeda dibandingkan HR manager. Seorang human resource business partner harus dibekali pengetahuan yang cukup mengenai bisnis yang dijalankan perusahaan mulai dari proses manufaktur, strategi pemasaran, hingga setiap risiko rangkaian bisnis. 

HRBP supervisor diharapkan dapat bersikap proaktif untuk mengetahui detail bisnis perusahaan, sehingga nantinya HRBP dapat mempertimbangkan bisnis strategi, berdiskusi dengan pimpinan perusahaan, serta dapat menemukan ide atau solusi yang berguna bagi perbaikan dan perkembangan bisnis perusahaan. 

Prospek Karier HRBP

Setelah mengetahui pentingnya job desk HRBP, tahukah kamu bahwa belakangan ini semakin banyak perusahaan yang membutuhkan posisi HRBP? Hal ini membuat proyeksi karir HRBP di masa depan akan sangat menjanjikan. 

Peluang kerja HRBP sangatlah luas, karena kamu bisa bekerja di bidang industri manapun.

🏢 Saat ini beberapa contoh perusahaan yang sudah menerapkan fungsi HR business partner diantaranya:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Grab
  • Shopee
  • JD.ID.

Lalu, berapa gaji HRBP di Indonesia?

Berdasarkan situs pencari kerja, gaji rata-rata serang HRBP di Indonesia adalah Rp. 6.000.000 hingga Rp. 8.000.000. Namun, gaji ini juga tergantung dari besarnya perusahaan, lokasi perusahaan, ataupun pengalaman bekerja, latar belakang pendidikan, dan keterampilan. 

Sebelum memulai karir sebagai human resource business partner, tahapan yang sangat penting adalah melamar pekerjaan dengan CV yang baik dan menarik. Dalam menulis CV HRBP supervisor, akan lebih baik jika kamu dapat menonjolkan keahlian serta pengalaman kerja yang relevan.

Mari kita simak contoh CV HRBP supervisor di bawah ini:

contoh cv hrbp
contoh CV HRBP - Dibuat di Cake

Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan HRBP beserta apa saja tugas HRBP. Dapat disimpulkan bahwa pekerjaan HRBP dan HR manager sangatlah berbeda. HR manager biasanya bertugas untuk mengevaluasi pengelolaan SDM yang bersifat administratif. Sedangkan,  HR business partner lebih berfokus pada pengembangan strategi yang bertujuan untuk mengoptimalkan SDM demi mendukung bisnis perusahaan. 

Bagi kamu yang tertarik mengembangkan karir sebagai HRBP supervisor, perlu diingat bahwa kamu perlu memiliki ataupun mengembangkan beberapa keahlian, seperti komunikasi, keahlian analisa, interpersonal skill, serta kemampuan pemahaman bisnis yang mendalam. 

Semoga kamu bisa menemukan pekerjaan impian kamu! 

Cake adalah online CV builder yang ATS-friendly dan dapat di unduh dalam format PDF! Ada 50+ template dan pastinya 100% gratis! Yuk, buat CV ATS-friendly kamu sekarang 🎉

--- Ditulis Oleh Fiorency Santoso ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.