8 Tips Ikut Job Fair agar Sukses Melamar Kerja!

Mengikuti job fair adalah salah satu solusi untuk kamu yang sedang mencari kerja.

Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dari job fair bisa jadi lebih besar jika dibandingkan dengan melamar kerja secara online karena jobseeker akan langsung menyerahkan CV lamaran kerja dan bertemu langsung dengan rekruter perusahaan yang sedang aktif merekrut kandidat. Pada beberapa job fair, walk-in interview juga diselenggarakan langsung di tempat.

Cari tahu lebih lanjut tentang apa itu job fair, manfaat job fair baik bagi pencari kerja atau bagi perusahaan, dan tips ikut job fair di artikel CakeResume ini!

virtual job fair
Virtual Career Fest CakeResume 2023

Sedang cari kerja? Ikuti Virtual Career Fest CakeResume 2023. Akses lowongan kerja dari berbagi Top Companies Indonesia dan dapatkan pekerjaan sekarang juga! 🎉

Apa itu Job Fair?

Belum pernah ke job fair? Untuk kamu yang belum tahu, job fair ini juga sering disebut sebagai career expo atau career fair. Job fair adalah salah satu pameran yang dinantikan oleh para pencari kerja karena ini menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang singkat.

Secara umum, job fair artinya pameran dimana perusahaan dari berbagai industri berkumpul di satu tempat dan menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Para pencari kerja bisa secara langsung berbicara dengan pihak perusahaan, menyerahkan CV, mengajukan berbagai pertanyaan, dan mengikuti walk-interview.

Bagi perusahaan, mengikuti job fair dapat menghemat waktu dan biaya ketika mencari kandidat yang tepat. Sedangkan bagi pencari kerja, datang ke job fair bisa dibilang efektif karena bisa bertatapan langsung dan menyerakhkan CV langsung ke rekruter perusahaan.

Jenis-Jenis Job Fair

Di Indonesia, dua jenis job fair yang umum yaitu in-person dan online job fair. Kenali lebih lanjut tentang perbedaanya berdasarkan kondisi fisiknya.

  • In-person Job Fair: In-person job fair adalah pameran lowongan pekerjaan yang dihadiri oleh dua pihak yaitu perusahaan yang mencari kandidat dan para pencari kerja. Biasanya, job fair diselenggarakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau universitas. Tujuan utama dari job fair adalah untuk calon lulusan belajar tentang lingkungan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang ingin dikejar. 
  • Online Job Fair: Online job fair artinya sama dengan in-person job fair, tetapi yang satu ini digelarkan secara online tanpa tatap muka secara fisik. Ini cocok untuk kamu yang introvert, karena online job fair akan mengurangi rasa gugup ketika berbincang dengan pewawancara kerja.

Namun, sebaiknya pencari kerja mengikuti kedua jenis job fair ini karena bisa menambah koneksi serta memperbanyak informasi tentang pekerjaan yang paling cocok dan juga mudah diakses. Ingat, jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang cocok sebaiknya jangan terus mengikuti job fair. Hal ini akan membuat kamu dicap buruk oleh perusahaan-perusahaan. 

Manfaat Job Fair untuk Pencari Kerja dan Perusahaan

Tujuan utama job fair adalah untuk memfasilitasi pencari kerja menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. Sebaliknya, bagi perusahaan pun, mengikuti job fair juga membantu dalam menemukan calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

🧑‍💼 Manfaat Job Fair Bagi Pencari Kerja

  • Adanya banyak pilihan perusahaan mulai dari swasta hingga BUMN.
  • Peluang untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar.
  • Memperluas wawasan karena ada kesempatan untuk berinteraksi dengan HRD dari perusahaan.
  • Lebih cepat untuk mengetahui hasil wawancara.
  • Memperluas networking dengan banyak HRD dari perusahaan-perusahaan.

🏢 Manfaat Job Fair Bagi Perusahaan

  • Mempersingkat proses rekrutmen.
  • Mendapatkan banyak pilihan kandidat dengan kualifikasi yang dibutuhkan.
  • Memperluas networking dengan perusahaan dan para pencari kerja lainnya.
  • Mengumpulkan kandidat yang berpotensi dan berkualitas secara efisien.
  • Biaya promosi yang dikeluarkan lebih murah.

8 Tips Sukses Ikut Job Fair

1. Tentukan Perusahaan yang Diincar

Tips job fair yang pertama adalah menentukan perusahaan yang ingin kamu daftar. Karena job fair adalah tempat dengan banyak pilihan perusahaan yang sedang membuka lowongan, kamu perlu mengetahui perusahaan apa saja yang akan hadir di job fair tersebut. Pastikan kamu sudah mencari tahu perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan yang cocok dengan kemampuan kamu. 

2. Melatih Elevator Pitch

Job fair adalah tempat dimana kamu bisa secara langsung memperkenalkan diri kepada HRD perusahaan. Jadi, gunakan kesempatan ini dengan baik. Bagaimana caranya? Salah satu cara melamar di job fair yaitu dengan memberikan elevator pitch

Apa itu elevator pitch? Elevator pitch adalah ringkasan dari latar belakang dan minat karier kamu yang disampaikan dengan cepat dan mudah diingat. Siapkan pitch yang singkat (sekitar 30 detik), persuasif, dan menunjukkan kepercayaan dirimu tetapi jangan terdengar sombong. 

Oleh karena itu, persiapan job fair yang harus kamu lakukan terlebih dahulu yaitu menghafalkan pitch tersebut dengan eye contact dan body language yang baik. Ini akan meningkatkan peluang kamu untuk lolos wawancara dengan HRD perusahaan. 

3. Persiapkan Jawaban Interview Sebelum Ikut Job Fair

Persiapan job fair selanjutnya yaitu latihan interview. Tips sukses ikut job fair ketika mendapat kesempatan wawancara yaitu, lakukan kontak mata, jabat tangan yang benar, dan tunjukkan antusiasme. 

Selain itu kamu perlu menyiapkan jawaban interview untuk wawancara kerja. Wawancara kerja di job fair sama saja seperti wawancara kerja lainnya, jadi tidak perlu gugup, ya! Sesuaikan jawaban wawancara dengan minat kamu dan kepentingan perusahaan. Siapkan juga beberapa pertanyaan yang akan kamu ajukan kepada pewawancara atau HRD perusahaan. Tutuplah wawancara kerja tersebut dengan sikap yang baik, hindari kebiasaan komunikasi yang buruk, seperti gelisah, bergoyang, mengunyah permen karet, dll. 

📚 Baca juga: 20+ Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya!

4. Datang Lebih Pagi dan Perluas Koneksi

Tips ikut job fair berikutnya yaitu datang lebih pagi dan memperluas koneksi. Dengan datang lebih pagi, kamu bisa melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan dengan kondisi yang masih segar. Selain itu, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas koneksi. Pastikan kamu mendapatkan kartu nama atau berteman melalui Linkedin. Koneksi yang luas akan sangat bermanfaat di kemudian hari.

5. Gunakan Pakaian yang Tepat untuk Job Fair

Job fair adalah tempat untuk memberikan first impression yang baik kepada perusahaan, kamu perlu memakai pakaian job fair yang sesuai. Pastikan kamu berpenampilan profesional ketika mengikuti job fair. Gunakan business attire yang membuat kamu terlihat bersih, rapih, dan sopan. Ingat, jangan sampai underdressed, ya!

📚 Baca juga: Pakaian untuk Interview Kerja yang Baik dan Benar [+Ide Contoh Outfit]

6. Siapkan Berkas-Berkas yang Dibutuhkan Saat Job Fair

Dokumen untuk persiapan job fair tidak hanya CV, tetapi ada berkas lainnya yang umumnya diminta oleh perusahaan ketika proses perekrutan.

📝 Beberapa berkas-berkas yang dibutuhkan saat job fair adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir
  • Fotokopi transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  • Surat lamaran kerja
  • Portfolio

Catatan: Setiap perusahaan akan memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Sebaiknya sesuaikan kembali berkas-berkas yang dibutuhkan saat mengikuti job fair.

7. Bawa CV dan Surat Lamaran Kerja

Cara melamar di job fair yaitu dengan cara menyerahkan CV dan surat lamaran kerja. Maka, persiapan job fair berikutnya yaitu menentukan berapa jumlah CV dan surat lamaran kerja yang harus dibawa saat job fair. 

Ketahuilah dulu perusahaan-perusahaan yang ingin kamu datangi, sehingga kamu dapat menyiapkan surat lamaran kerja yang kreatif dan unik sesuai dengan lowongan yang kamu lamar. Kamu juga boleh melampirkan beberapa sertifikat atau piagam sebagai dokumen pendukung. Simpanlah dokumen-dokumen yang kamu bawa di sebuah map folder untuk menghindari dokumen terlipat dan basah. 

Kunjungi CakeResume CV builder dan buat CV ATS-friendly sekarang juga! Ada 50+ template dan 100% Gratis!🎉

8. Melamar Pekerjaan dan Follow-Up

Tips ikut job fair yang terakhir yaitu melamar pekerjaan dan follow-up. Biasanya HRD perusahaan akan memberi tahu jangka waktu tertentu mereka akan menghubungi kamu jika kamu lolos wawancara. Namun, salah satu cara sukses melamar di job fair adalah melakukan follow-up

Pastikan kamu memberikan salam dan memperkenalkan diri secara singkat ketika menghubungi perusahaan tersebut. Sampaikan bahwa kamu telah mengikuti seleksi di job fair dan ingin tahu perkembangan seleksi kamu. Follow-up ini akan membantu kamu untuk menunjukkan ketertarikan kamu akan posisi yang dilamar. 

tips job fair
8 Tips Ikut Job Fair

Key Takeaways

  • Job fair adalah pameran dimana banyak perusahaan sedang menawarkan berbagai informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia. Pameran ini dihadiri oleh para pencari kerja yang sedang mencari info loker terbaru. 
  • Ada 2 jenis job fair yaitu in-person job fair dan online job fair.
  • Manfaat utama job fair bagi pencari kerja adalah peluang mendapatkan pekerjaan lebih besar. Sedangkan bagi perusahaan, menghadiri job fair akan membantu mereka menemukan kandidat yang tepat dengan biaya yang lebih murah. 
  • 8 tips ikut job fair meliputi menentukan perusahaan yang diincar, melatih elevator pitch, menyiapkan jawaban interview kerja, datang lebih pagi dan memperluas koneksi, menggunakan pakaian job fair yang sesuai, menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan saat job fair, membawa CV dan surat lamaran kerja, serta melamar pekerjaan dan melakukan follow-up

Tidak hanya website pembuat CV gratis, CakeResume adalah situs lowongan kerja terpercaya dan transparan. Kamu bisa cari kerjaan impian kamu dengan filter yang tersedia, mulai dari jenis pekerjaan, lokasi, pengalaman kerja, hingga bahasa yang digunakan. Yuk, buat CV online, portofolio kerja, dan lamar kerja di website pencari kerja CakeResume.

Selain job fair, kamu bisa cari kerjaan impian kamu di CakeResume, lho. 100% gratis, terpercaya, dan transparan!🎉

--- Ditulis oleh Aileen Gabriella ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.