Kemeriahan Lomba Bikin CV Cake Menarik Jutaan Talenta Indonesia Meraih Karier Impian

Cake telah mengadakan acara virtual CV Making Competition untuk pertama kalinya pada tanggal 1 - 27 Maret 2023 lalu. Meskipun demikian, acara perdana ini telah menarik minat 3.5 juta talenta digital Indonesia. 

Selain lomba membuat CV, acara CV Making Competition pun dimeriahkan dengan adanya webinar oleh pakar karier sekaligus influencer, yakni Eza Hazami dan Yova Beltz sebagai narasumber. Hadiah yang dibagikan Cake juga tidak kalah menarik. 

Pemenang lomba bikin CV akan mendapatkan program pelatihan wawancara kerja bahasa Inggris dari Cakap, subscription aplikasi MentorGue, dan juga hadiah uang tunai jutaan rupiah. Ditambah lagi, peserta webinar juga berkesempatan untuk memenangkan doorprize job interview English course dari Cakap dan juga subscription aplikasi MentorGue.

Mengusung tema “The First Step to Your Dream Career”, acara ini menjadi wadah untuk para talenta Indonesia menunjukan potensi mereka di era digital melalui proses pembuatan CV hingga interview kerja. Sehingga nantinya, para peserta telah berbekal dan terlatih dalam membuat CV lamaran kerja yang menunjukkan professional branding mereka ketika melamar kerja.

Penasaran bagaimana kemeriahan rangkaian acara CV Making Competition 2023? Yuk, simak rangkuman dari Cake!

1. Pengumpulan CV dibuka

Acara CV Making Competition dimulai dengan dibukanya pengumpulan CV secara virtual pada Rabu, 1 Maret 2023.

Sementara itu peserta antusias mengajukan berbagai pertanyaan melalui Instagram dan TikTok Cake untuk mempersiapkan CV mereka.

2. Career expert membagikan kiat sukses menggapai karier impian

Pada kesempatan ini, Cake menghadirkan Eza Hazami dan Yova Beltz untuk membagikan pengalaman dan ilmu mereka selaku career expert di acara webinar pada Sabtu, 4 Maret 2023.

Yova Beltz

Webinar "Karier Impianmu Mulai dari CV" dengan Yova Beltz - CV Making Competition 2023

Dalam sesi pertama webinar The First Step to Your Dream Career, Yova Beltz membawa webinar dengan sub-topik “Karier Impianmu Mulai dari CV”.

Yova Beltz yang dikenal sebagai career content creator dan founder of Chrishera Consulting Group menjelaskan tentang tips membuat CV yang dilirik HRD.

Menurutnya, CV adalah dokumen yang memperkenalkan diri kita ke HR. Oleh karena itu, isinya harus “real” dari diri kita sendiri dan ditulis dengan penjelasan yang rinci.

Tips menulis CV dari Yova Beltz:

  • Gunakan spasi, ukuran, tata letak, dan warna yang jelas dan rapi agar mudah dibaca HRD.
  • Jelaskan dengan detail tanggung jawab dan skill yang diterapkan di bagian “Pengalaman”.
  • Hindari penggunaan singkatan/akronim

Eza Hazami

Webinar "Jadi Kandidat yang Berkesan di Mata HRD" dengan Eza Hazami - CV Making Competition 2023

Eza Hazami selaku recruitment & EB specialist content creator mengisi sesi kedua webinar dengan sub-topik “Jadi Kandidat yang Berkesan di Mata HRD”.

Eza Hazami membagikan rahasia sukses interview kerja dan juga faktor-faktor yang mempengaruhinya.

“Di era job market yang kompetitif, punya CV yang mencolok gak lagi cukup. Untuk jadi kandidat yang berkesan, kita harus prepare untuk memberi kesan yang dalam ke HR saat interview dan selama proses rekrutmen berlangsung’”, ujar Eza. 

“‘Professional branding’ atau image profesional ini dapat kita bangun gak cuma melalui CV dan Portofolio, tapi juga dengan menjunjung etika yang baik saat proses rekrutmen”, lanjutnya.

➡️ Tonton ulang webinar CV Making Competition di YouTube Cake Indonesia

3. Bekerja sama dengan organisasi sektor pendidikan

Lucky Draw saat Webinar CV Making Competition Cake

Usai acara webinar, Cake juga bagi-bagi lucky draw untuk orang-orang yang beruntung. Tujuh peserta webinar mendapatkan Job interview English Course dari Cakap dan dua puluh lima peserta lain yang beruntung juga mendapatkan subscription aplikasi MentorGue.

Cake mendukung talenta Indonesia untuk terus mengupgrade diri di era digital ini. Oleh karena itulah Cake bekerja sama dengan organisasi yang bergerak di sektor pendidikan untuk membagikan hadiah untuk peserta yang beruntung.

Hadiah-hadiah ini sangatlah bermanfaat untuk para pencari kerja yang ingin upgrade diri. MentorGue adalah aplikasi belajar mandiri melalui audiobook dari buku-buku terbaik di dunia. 

Sedangkan dalam program pelatihan interview kerja bahasa Inggris, Cakap akan menyediakan materi perkenalan diri dan menjawab pertanyaan-pertanyaan interview kerja dalam bahasa Inggris. Pencari kerja juga akan mendapatkan bimbingan dari tutor profesional secara live, ujian/evaluasi, dan juga sertifikat.

4. Berapa banyak talenta Indonesia yang berkembang dari acara CV Making Competition 2023?

Cake telah merangkum hasil acara perdana CV Making Competition dalam angka, dan hasilnya sangat mengesankan!

cv making competition, cv making competition cakeresume, lomba bikin cv, lomba cv
CV Making Competition Cake 2023

5. Pemenang lomba CV Making Competition 2023

Tibalah di puncak acara yang paling dinanti peserta, yaitu pengumuman pemenang CV Making Competition pada Senin, 27 Maret 2023.

Terkumpul sekitar 300 CV dari berbagai latar belakang seperti mahasiswa, fresh graduates, dan pekerja profesional. Selain itu, CV tersebut juga dari berbagai industri yang berbeda, termasuk IT/tech, bisnis, teknik, sains, desain dan lainnya.

Dari CV lamaran kerja yang terkumpul, terpilih 3 CV terbaik yang memenangkan hadiah utama, yakni:

  • Juara 1: Nani Putri Ramadhanti
    Hadiah uang tunai Rp 2.000.000,- + program pelatihan wawancara kerja bahasa Inggris (6 bulan) + Subscription aplikasi MentorGue.
  • Juara 2: Erika Elaine
    Hadiah uang tunai Rp 1.000.000,- + program pelatihan wawancara kerja bahasa Inggris (6 bulan) + Subscription aplikasi MentorGue
  • Juara 3: Jonathan Yohanes
    Hadiah uang tunai Rp 500.000,- + program pelatihan wawancara kerja bahasa Inggris (6 bulan) + Subscription aplikasi MentorGue

Tak hanya itu, ada pula 10 pemenang favorit yang mendapatkan voucher GrabFood senilai Rp 50.000,- serta Job Interview English Course dari Cakap, yakni: Salsabila Dectylana Fajari, Shabrina Yasmin, Putri Pratiwi Maysitha, Priscilia Octaviani, Armansyah Hakim, Aushaf Cintya Wanda, Reno Riadi, Irenia Jastisia, I Kadek Dwi Superbawa, Fikri Asy'ari.

CV para pemenang utama dan pemenang favorit berhasil mencerminkan professional branding mereka masing-masing melalui kombinasi warna, tautan pada CV, gambar, penulisan, video, desain, dan elemen multimedia lainnya yang tersedia di CV Builder Cake.

Demikianlah kemeriahan acara CV Making Competition Cake yang berlangsung selama satu bulan. Acara ini merupakan upaya dari Cake untuk meningkatkan kualitas talenta digital Indonesia dan membantu para pencari kerja dalam perjalanan kariernya.

Melalui lomba ini, Cake melihat bahwa perkembangan teknologi yang begitu pesat menuntut pencari kerja untuk terus mengupgrade diri agar bisa bersaing dalam dunia kerja. Cake pun merasakan antusiasme generasi muda untuk menonjolkan professional branding mereka melalui CV online. Oleh karena itu, Cake menyadari kebutuhan talenta digital Indonesia akan sebuah tool untuk mendukung mereka tampil unggul dalam proses pencarian kerja.

Terima kasih atas partisipasinya dan nantikan acara selanjutnya bersama Cake!

Ingin buat CV online seperti para pemenang? Yuk, buat dengan CV builder Cake, tersedia banyak template menarik yang ATS-friendly dan 100% gratis! 🎉

Media Partners:

--- Ditulis Oleh Cindy Graciella ---

Kami ingin menjawab pertanyaan Anda. Dapatkan demo online yang dipersonalisasi untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen Anda:
  1. Temukan dan tarik kandidat terbaik
  2. Rekrut dalam waktu singkat
  3. Kelola proses rekrutmen Anda dalam satu sistem

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.