Apa itu Profesi Konsultan? Kenali Jenis, Tugas, dan Gajinya!

jenis-jenis konsultan, konsultan adalah

Pernah konsultasi dengan seorang konsultan? Atau kamu pernah berpikir tentang apa saja tugas konsultan? Konsultan adalah profesi yang cukup populer karena hampir ada di setiap bidang pekerjaan. 

Konsultan yang paling sering ditemui adalah konsultan marketing atau bisnis. Ternyata, pekerjaan konsultan atau consultant ini cukup luas sesuai dengan bidang karir yang didalami. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa pekerjaan konsultan marketing, IT, bahkan kesehatan. 

Kamu berminat menjadi konsultan? Bidang apa saja yang ada dalam pekerjaan consultant? Serta keterampilan apa yang harus dimiliki seorang konsultan? Simak penjelasan CakeResume berikut ini!

Apa itu Konsultan?

Jika ada perusahaan menghadapi sebuah masalah, namun tidak ada staf atau pegawai yang bisa memberikan solusi, maka konsultan adalah jawabannya.

Jadi, apa itu konsultan? 

Singkatnya konsultan adalah seseorang atau sebuah institusi yang ahli dalam bidang tertentu dan memberikan nasihat profesional kepada individu maupun bisnis. Biasanya pekerjaan konsultan bisa berdasarkan kontrak hingga menemukan kebutuhan yang diinginkan.

Consulting adalah profesi yang cukup menjanjikan, karena banyak peluang bisnis dimana banyak perusahaan yang akan membutuhkan jasa tugas konsultan. Meski demikian, profesi ini membutuhkan keahlian yang mumpuni di dunia profesional.

Jenis-jenis Konsultan, Tugas, dan Gajinya

1. Konsultan IT

Nama lain konsultan IT adalah technology consultant atau konsultan teknologi. Tugas dari konsultan IT adalah sebagai berikut:

  • Melakukan analisis kebutuhan klien seputar software, hardware, atau network
  • Memberi solusi atau rekomendasi manfaat IT untuk mencapai tujuan bisnis
  • Menyusun, mengetes, menginstal, dan memantau sistem IT untuk klien 
  • Memberi pelatihan seputar sistem IT kepada klien

💰 Gaji seorang konsultan IT: Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 untuk level pemula. Untuk level senior atau berdasarkan pengalaman kerja, gajinya berkisar Rp 10.000.000 hingga Rp 15.000.000.

2. Konsultan Bisnis dan Marketing

Konsultan ini paling banyak diminati. Kamu juga salah satunya yang tertarik dengan dunia bisnis? Coba mulai karirmu sebagai konsultan bisnis atau business consultant. Tugas utama konsultan bisnis adalah menganalisis bisnis model milik klien dan menyesuaikan dengan keadaan terkini. 

Tugas konsultan bisnis adalah untuk mencapai tujuan bisnis klien. Biasanya tujuan bisnis paling utama yang ingin dicapai adalah:

  • Meningkatkan penjualan dan revenue
  • Memaksimalkan performa karyawan
  • Memperbaiki struktur perusahaan 
  • Melakukan atau menyiapkan audit perusahaan

💰 Gaji seorang konsultan bisnis: Rp 6.000.000 - Rp 20.000.000 tergantung level pengalaman kerja dan banyaknya tanggung jawab yang dimiliki.

3. Konsultan Media Sosial

Konsultan satu ini cukup menarik karena baru-baru ini, media sosial banyak digunakan para pelaku bisnis. Kamu juga bisa memulai bisnis konsultan media sosial. Hal yang diperlukan bisnis konsultan adalah memperbarui skil yang berhubungan dengan media sosial.

Berikut tanggung jawab yang harus dimiliki konsultan media sosial:

  • Menganalisis komunitas konsumen di media sosial 
  • Meningkatkan engagement dan berkomunikasi dua arah dengan konsumen melalui media sosial 
  • Memberi ide konten yang berhubungan dengan bisnis klien di media sosial 

💰 Gaji bisnis konsultan adalah: Rp 5.000.000 - Rp 6.000.000 atau bisa lebih sesuai dengan banyaknya klien yang dimiliki. 

4. Konsultan Sales

Selain bisnis, ada pula konsultan sales yang lebih fokus lagi pada bidang penjualan. Secara umum, tugas konsultan sales adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan penjualan dan profit tahunan perusahaan 
  • Melatih sales representative untuk menggunakan sales software (jika diperlukan)
  • Memberi pelatihan product knowledge untuk sales marketing
  • Melakukan analisa pasar agar klien memahami pasar 

💰 Kisaran gaji konsultan sales: Rp 4.500.000 - Rp 6.000.000.

Biasanya konsultan sales ini bekerja pada perusahaan konsultan. Perusahaan konsultan adalah perusahaan yang menyediakan jasa konsultasi dan bekerja sama dengan perusahaan lain sebagai klien mereka.

5. Konsultan Keuangan

Istilah lain konsultan keuangan adalah financial consultant. Pilihan karir ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan manajemen keuangan. Berbeda dari konsultan lainnya, profesi ini merupakan pekerjaan individu. 

Tugas utama yang harus dimiliki konsultan keuangan adalah:

  • Menganalisis keadaan keuangan klien saat ini
  • Membuat rencana keuangan untuk jangka panjang
  • Memberi solusi keuangan agar tercapai tujuan keuangan klien

💰 Gaji konsultan keuangan adalah: Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000. 

6. Konsultan HR

Konsultan HR atau konsultan human resources ini membantu perusahaan dalam segala hal yang berkaitan dengan karyawannya. Konsultan HR juga bisa membantu perusahaan dalam menemukan kandidat sebagai calon karyawan.

Tugas seorang konsultan HR adalah:

  • Memberi konsultasi pelatihan dan pengembangan skil karyawan
  • Meningkatkan kepuasan karyawan terhadap perusahaan
  • Memberi rekomendasi kandidat untuk proses rekrutmen perusahaan

💰 Gaji untuk konsultan HR: Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 tergantung pengalaman dan banyaknya klien yang pernah ditangani.

7. Konsultan PR

Konsultan PR atau public relations membantu perusahaan untuk membentuk reputasi dan citra yang baik. Konsultan PR juga membentuk opini publik tentang produk, layanan, karyawan, dan kepemilikan perusahaan. Beberapa tugas utama konsultan PR adalah:

  • Meningkatkan brand awareness perusahaan di mata publik
  • Meningkatkan engagement perusahaan dengan target audience
  • Membantu perusahaan dengan kegiatan media maupun partnership
  • Membuat strategi branding untuk perusahaan 

💰 Kisaran gaji untuk konsultan PR: Rp 5.500.000 hingga Rp 8.000.000 berdasarkan tingkat pengalaman yang dimiliki.

8. Konsultan Kesehatan

Konsultan kesehatan lebih dari sekedar personal trainer. Biasanya berasal dari latar belakang nutritionist atau profesional olahraga tertentu. Perusahaan yang membutuhkan konsultan kesehatan biasanya perusahaan yang bergerak di bidang food and beverages, pabrik makanan, maupun pekerja fisik yang membutuhkan catatan yang baik.

Beberapa tugas yang harus dimiliki konsultan kesehatan adalah:

  • Memastikan perusahaan memiliki karyawan yang sehat jasmani maupun rohani
  • Menerapkan gaya hidup sehat di lingkungan perusahaan 
  • Memberikan pelatihan menjaga kesehatan secara umum di perusahaan

💰 Kisaran gaji konsultan kesehatan: Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000.

Skill yang Dibutuhkan Konsultan

Keahlian yang dibutuhkan jika kamu mau bekerja di bidang bisnis consultant adalah mendalami salah satu bidang tertentu dan mampu memberikan solusi atas masalah yang dihadapi klien. Karena tugas utama konsultan adalah memecahkan masalah dan memberi solusi yang dapat direalisasikan.

Beberapa skil yang dibutuhkan konsultan adalah sebagai berikut:

1. Objektif dan Dapat Diandalkan

Klien membutuhkan konsultan yang tidak hanya memiliki kemampuan dan pengalaman. Tapi juga seseorang yang dapat memberi penilaian objektif dari situasi yang dihadapi. Hal terpenting ketika memberi penilaian dari sudut pandang seorang staff konsultan adalah menghindari ambiguitas dan kesalahpahaman. Kuncinya adalah katakan secara jujur apa yang menjadi pertimbangan kamu sebagai konsultan dan berikan jalan keluar yang dapat diandalkan.

2. Pengetahuan Sesuai Industri

Pengetahuan merupakan keahlian dasar yang harus dimiliki konsultan. Karena tugas seorang konsultan adalah memberikan konsultasi yang objektif dan sesuai fakta, maka konsultan harus memahami industrinya masing-masing. Misalkan seorang konsultan bisnis harus memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang bisnis yang mumpuni untuk bisa memberi nasihat profesional.

3. Komunikasi Verbal dan Tertulis

Mengapa komunikasi sangat penting? Karena konsultan berhubungan dengan klien dalam komunikasi verbal dan tertulis sebelum proyek, saat berlangsung proyek, dan setelah proyek. Kamu harus bisa mengungkapkan hal yang menjadi prioritas klien untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Selain itu, konsultan harus membangun komunikasi yang baik agar tercipta kepercayaan antara konsultan dengan klien.

4. Organisasi dan Manajemen Waktu 

Seorang konsultan bisa saja menangani lebih dari satu klien. Kamu akan memiliki banyak tugas dan tanggung jawab untuk diselesaikan. Di pagi hari bisa saja kamu menerima telepon klien, lalu mengerjakan proyek untuk klien, dan sekaligus mengirim invoice untuk klien. Kamu harus menjaga semuanya tetap terorganisasi dengan baik dan tetap bekerja secara produktif. Klien akan menilai seberapa terorganisir kamu dan cara kamu mengatur waktu. Dengan demikian, seluruh pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Tips untuk Menjadi Konsultan

Keinginanmu semakin kuat untuk menjadi seorang konsultan? Pekerjaan menjadi staff konsultan adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu memiliki skill yang berhubungan dengan bidang konsultan. Simak beberapa tips untuk menjadi konsultan:

💡 Identifikasi Bidang Keahlian Kamu

Pekerjaan consulting adalah pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk terbuka pada diri sendiri, mengenai kelebihanmu. Lalu kamu bisa mulai tanyakan pada diri sendiri tiga pertanyaan ini:

  • Apakah saya memiliki daya tarik yang unik?
  • Apakah saya memiliki pengalaman untuk keahlian di bidang ini?
  • Apakah ada permintaan (demand) untuk layanan di bidang ini?

Pokok kerjaan konsultan membuat kamu harus berpikir dan bekerja secara terorganisir. Sebelum membuat bisnis konsultan sendiri, hal yang harus diperhatikan dalam membangun bisnis consultant adalah mempertimbangkan tiga pertanyaan tersebut.

Untuk menemukan bidang keahlian kamu, pikirkan hal apa yang paling kamu sukai, atau proyek yang kamu kerjakan dan memperoleh banyak pencapaian. 

💡 Miliki Sertifikasi

Hal krusial dalam perusahaan konsultan adalah tetap kompetitif. Dengan adanya sertifikasi yang sah, menunjukkan bahwa kamu memiliki nilai lebih dan diakui oleh badan penyelenggara yang sah.

Contohnya, jika kamu seorang konsultan IT, maka sertifikasi yang harus dimiliki konsultan IT adalah Cisco Certified Network Professional atau CCNP. Konsultan IT yang memiliki sertifikat ini biasanya diakui dan mampu melakukan proses routing dan scalable jaringan di sebuah perusahaan. 

💡 Tentukan Dimana Akan Bekerja

Kamu mungkin tidak memikirkan kantor tempat konsultan jika kamu menjadi seorang freelancer atau baru memulai karir konsultan. Tapi jika kamu menjadi konsultan full-time, akan lebih memudahkan kamu dan klien dengan memiliki kantor tetap.

Langkah awal membangun kantor bagi perusahaan konsultan adalah menyewa co-working space untuk startup. Tempat kerja ini bisa menekan anggaran bulanan lebih rendah daripada tempat kerja tradisional. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di co-working space.

Berbeda halnya ketika kamu ingin melamar di sebuah perusahaan konsultan. Kamu harus melamar pekerjaan sebagai konsultan junior atau senior sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. 

💡 Buat CV Konsultan yang Menarik

Membuat perusahaan konsultan sendiri atau melamar kerja ke perusahaan lain, kamu harus memiliki CV yang mumpuni untuk menunjukkan kemampuan profesional kamu. Kamu bisa mendeskripsikan nilai-nilai yang kamu miliki dan mengapa kamu layak menjadi seorang konsultan.

contoh cv konsultan
Contoh CV Konsultan -- Dibuat di CakeResume

Yuk, buat CV konsultan kamu sekarang di CakeResume! Tinggal drag and drop aja, ATS friendly, dan 100% GRATIS 🎉

Pekerjaan konsultan adalah pekerjaan yang membutuhkan ketekunan dan passion di bidangnya. Jika kamu sudah yakin ingin menjadi konsultan, kamu bisa mulai dengan menentukan bidang apa yang ingin kamu tekuni. 

Buat CV yang menarik untuk menunjukkan passion kamu di bidang tersebut. CakeResume CV Builder menyediakan berbagai template profesional untuk pembuatan CV kamu.

--- Ditulis Oleh Rachel Vanadya ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.