5 Contoh Kontrak Kerja Karyawan Lengkap [PKWT, PKWTT, Freelance]

Kontrak kerja karyawan merupakan hal yang harus diperhatikan sebelum mulai merekrut karyawan. Memasuki 2023, banyak perusahaan yang sedang aktif merekonstruksi strategi HR, termasuk menilik kembali struktur kontrak kerja. 

Kontrak kerja bisa terkait gaji, kompensasi, insentif, hingga pasal kerjasama yang sesuai dengan hukum atau peraturan kerja yang berlaku saat ini.  Kontrak kerja harus dituliskan dengan jelas agar bisa dimengerti kedua belah pihak. 

Ingin membuat kontrak kerja atau surat perjanjian kerjasama dengan karyawan? Perhatikan ulasan dari CakeResume berikut, disertai dengan contoh surat perjanjian kerjasama sederhana

Apa itu Kontrak Kerja Karyawan?

kontrak karyawan, kontrak kerja karyawan, pkwt, pkwtt
kontrak karyawan

Secara sederhana, kontrak kerja dapat didefinisikan sebagai perjanjian tertulis antara perusahaan dengan karyawan. Perusahaan bertindak sebagai pihak yang membuat syarat kerja, hak, serta kewajiban karyawan selama masa kontrak kerja.

Dalam prakteknya, perusahaan juga wajib memberikan surat perjanjian kerja ini kepada calon karyawan sebelum masa kerja dimulai. Dalam surat kontrak kerja karyawan ini memuat hak serta kewajiban karyawan yang dibuat sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan di Indonesia. 

Berdasarkan UU No. 13/2003 pasal 52 ayat 1 tentang Ketenagakerjaan mengatur:

  1. Kesepakatan dari kedua belah pihak
  2. Kemampuan atau kecakapan melakukan perbuatan hukum
  3. Adanya pekerjaan yang diperjanjikan
  4. Pekerjaan yang diperjanjikan tersebut tidak bertentangan dengan ketertiban umum, kesusilaan dan peraturan Undang-undang yang berlaku

Surat perjanjian kontrak kerja dibuat sebagai bukti resmi perusahaan telah merekrut karyawan secara sah. Selain itu, fungsi surat ini juga berfungsi sebagai:

  • Persetujuan antara karyawan dengan pemberi kerja
  • Catatan jelas antara hak dan kewajiban karyawan dan pemberi kerja
  • Pegangan kedua pihak menjalankan hak dan kewajiban
  • Pedoman dasar jika salah satu pihak melakukan pelanggaran 
  • Mempermudah penyelesaian masalah

Jenis-jenis Perjanjian Kerja

Terdapat dua jenis surat perjanjian kerja, dan biasanya disebut PKWT dan PKWTT. PKWT adalah Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, yang sudah ditetapkan dan diperpanjang hanya dua kali. Sedangkan PKWTT adalah Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu yang biasanya diberikan untuk karyawan tetap.

1. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)

PKWT biasanya diberikan kepada karyawan kontrak yang belum menjadi karyawan tetap. Ketentuan ini berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 100/MEN/IV.2004. PKWT berisi tentang jangka waktu kerja, hak dan kewajiban kedua pihak, jabatan, fasilitas, gaji, tunjangan, dan ketentuan lainnya. 

Umumnya PKWT berdurasi 2 tahun dan hanya boleh diperpanjang satu kali dengan jangka waktu 1 tahun. Ketentuan ini dibuat agar karyawan yang bersangkutan bisa segera diangkat menjadi karyawan tetap berdasarkan hasil evaluasi.

2. Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT)

PKWTT mengacu pada perjanjian kerja yang bersifat tetap, dapat ditulis secara tertulis maupun lisan. Karena tidak harus tertulis, PKWTT tidak wajib mendapatkan validitas dari instansi ketenagakerjaan. Berbeda dari PKWT, PKWTT tidak dibatasi durasi tertentu, namun wajib mencantumkan waktu percobaan atau masa probation maksimum 3 bulan.

Dari penjelasan diatas, kamu akan bisa memahami bedanya PKWT dan PKWTT. Perbedaan yang paling jelas adalah jangka waktu untuk surat perjanjian kontrak kerja tersebut. PKWT dibuat untuk karyawan kontrak sedangkan PKWTT dibuat untuk karyawan tetap.

Isi Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Berdasarkan UU No. 13 pasal 52 ayat 1 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, setidaknya ada 9 poin yang harus tercantum dalam kontrak kerja karyawan. Berikut hal yang harus ada dalam surat perjanjian kerja:

1. Nama, alamat perusahaan, dan jenis usaha

Pertama-tama pada bagian kop surat, kamu harus mencantumkan nama dan alamat perusahaan secara lengkap. Penulisan nama perusahaan pada bagian awal juga menunjukkan bahwa perusahaan sebagai pemberi kerja memiliki kedudukan yang lebih tinggi untuk memberikan pekerjaan pada pekerja.

Contoh surat perjanjian kerjasama untuk bagian ini adalah:

PT Sumber Energi Surya Nusantara
Menara Dea Tower I, Jalan Mega Kuningan Barat Blok Kav. E4.3 No. 1-2, Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950
Tlp: 021-1234567

2. Nama, jenis kelamin, umur, dan alamat pekerja

Pada poin ini berisi informasi pribadi dari karyawan yang bersangkutan, seperti nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan email. Hal ini berguna agar perusahaan juga mengetahui informasi pribadi dari karyawan.

Contoh surat kontrak kerja yang mencantumkan bagian ini adalah:

Nama : Peri Olivia
No. KTP : 902348547582938
Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 8 Maret 1993
Alamat : Jalan Gunung Kerinci III, Blok DA9/14
Telepon : 08129384920
Email : [email protected]

3. Jabatan karyawan atau jenis pekerjaannya

Dalam surat kontrak kerja harus mencantumkan jabatan karyawan di perusahaan sebagai apa dan apa saja jenis pekerjaannya. Hal ini berfungsi sebagai pedoman dan pembatas pekerjaan karyawan agar tidak tercampur dengan pekerjaan lainnya.

Contoh kontrak kerja yang mencantumkan bagian ini adalah:

Dalam perjanjian kontrak kerja ini, PIHAK KEDUA melaksanakan pekerjaan sebagai Senior Sales & Marketing di lokasi PIHAK PERTAMA yang berlokasi di Menara Dea Tower I, Jalan Mega Kuningan Barat Blok Kav. E4.3 No. 1-2, Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950. Adapun pekerjaan yang disebutkan, PIHAK KEDUA diminta melakukan kewajiban untuk memasarkan produk dari PIHAK PERTAMA, terhitung mulai tanggal Lima, bulan Satu, tahun Dua Ribu Dua Puluh Tiga (05-01-2023).

4. Tempat pekerjaan

Meskipun sudah disebutkan alamat perusahaan pada bagian pertama tadi, namun ada beberapa perusahaan yang menggunakan alamat kantor pusat tetapi perusahaan menginginkan karyawan bekerja di kantor cabang atau bagian gudang yang berbeda dari alamat pusat. Dalam poin ini dilengkapi juga dengan waktu bekerja.

Contoh kontrak kerja:

  • Senin - Jumat, Pukul 08.00 - 17.00 WIB
  • Istirahat pukul 12.00 - 13.00 WIB
  • Lokasi : Kantor Pusat PT Sumber Energi Surya Nusantara
    Menara Dea Tower I, Jalan Mega Kuningan Barat Blok Kav. E4.3 No. 1-2, Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950

5. Besaran upah dan cara pembayarannya

Besaran gaji ini dijelaskan dalam poin yang detail agar karyawan dapat memahami isinya dengan jelas. Bagian ini juga dilengkapi dengan cara pembayaran serta waktu pembayaran setiap bulan. Selain gaji bulanan, jika perusahaan memberikan tunjangan atau THR, informasi tersebut juga dapat dicantumkan dalam bagian ini.

Contoh surat perjanjian kerja:

Dalam menjalankan pekerjaannya, PIHAK KEDUA berhak mendapatkan bayaran sebanyak Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah (Rp 5.500.000) yang dibayarkan setiap tanggal Dua Puluh Delapan (28) setiap bulannya ke rekening PIHAK KEDUA yang sudah diberikan kepada PIHAK PERTAMA.

Adapun tunjangan asuransi kesehatan didapatkan setelah PIHAK KEDUA bekerja selama minimal Tiga (3) Bulan. PIHAK KEDUA juga berhak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Hari Raya Lebaran Idul Fitri sebanyak satu kali gaji terakhir. PIHAK KEDUA baru bisa mendapatkan THR jika sekurang-kurangnya telah bekerja selama Satu (1) Tahun. Misalkan Hari Raya Lebaran tahun 2024 berada di Bulan April, sedangkan PIHAK KEDUA mulai bekerja bulan November 2023. Maka THR yang diberikan akan diakumulasi dari jumlah berapa bulan PIHAK KEDUA telah bekerja (gaji bulanan dibagi 12 bulan).

6. Hak dan kewajiban pengusaha dan pekerja/buruh

Poin ini merupakan inti terpenting dari sebuah surat perjanjian kerjasama, yaitu berisi hak dan kewajiban kedua belah pihak, perusahaan dan karyawan.

Contoh surat kontrak kerja:

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama wajib membina hubungan kerja yang harmonis agar tercipta ketenangan lingkungan kerja. 

PIHAK KEDUA berhak:

1.1 Menerima gaji dari PIHAK PERTAMA setiap bulannya sebagaimana diatur dalam Surat Perjanjian Kerja (PKWT) yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Perjanjian ini. 

1.2 Mendapatkan jaminan asuransi kesehatan dari PIHAK PERTAMA.

1.3 Mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai dengan ketentuan yang sudah disebutkan pada pasal sebelumnya.

PIHAK KEDUA wajib:

1.1 Menaati segala peraturan yang ditentukan PIHAK PERTAMA terkait waktu kerja dan peraturan lainnya.

1.2 Memenuhi dan melaksanakan tugas sebagaimana diuraikan dalam detail pekerjaan atau job description yang merupakan lampiran yang tidak terpisahkan dari Perjanjian ini.

1.3 Merahasiakan semua data informasi terkait PIHAK PERTAMA yang diterima atau hanya diketahui olehnya – baik karena jabatan atau sebab lain, baik selama bekerja pada PIHAK PERTAMA atau setelah Perjanjian Kerja Sama ini berakhir.

1.4 Menyerahkan kembali semua informasi atau data yang diterima atau diketahui olehnya, termasuk dalam bentuk hard copy, email, CD, USB maupun dalam media lainnya; kepada pihak yang terkait.

7. Jangka waktu berlakunya perjanjian kerja

Jangka waktu perjanjian kontrak kerja ini juga berarti jangka waktu bekerja karyawan kepada perusahaan. Kamu bisa menuliskan tanggal mulainya karyawan bekerja hingga hari terakhir perjanjian berlaku.

Contoh perjanjian kontrak kerja waktu tertentu:

Pekerjaan yang dilaksanakan PIHAK KEDUA terhitung mulai tanggal Lima, bulan Satu, tahun Dua Ribu Dua Puluh Tiga (05-01-2023) sampai dengan tanggal Empat, bulan Satu, Tahun Dua Ribu Dua Puluh Empat (04-01-2024).

8. Tempat dan tanggal perjanjian kerja dibuat

Tempat perjanjian ini dibuat berdasarkan lokasi tempat karyawan akan bekerja. Bagian ini terletak di akhir kontrak kerja karyawan, sebelum bagian tanda tangan.

Contohnya:

Jakarta, 5 Januari 2023

9. Tanda tangan dari pihak dalam perjanjian kerja

Perjanjian ini merupakan kesepakatan dari kedua pihak. Oleh karena itu perusahaan dan karyawan wajib menandatangani surat perjanjian kontrak kerja secara bersama-sama, dengan pihak perusahaan menandatangani di bagian kiri sedangkan pihak karyawan di bagian kanan.

5 Contoh Kontrak Kerja Karyawan

1. Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan Tetap (PKWTT)

Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan Tetap (PKWTT)
Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan Tetap (PKWTT)

2. Contoh Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) untuk Karyawan Kontrak

Contoh Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) untuk Karyawan Kontrak
Contoh Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) untuk Karyawan Kontrak

3. Contoh Surat Kontrak Kerja untuk Pekerja Lepas (Freelancer)

Contoh Surat Kontrak Kerja untuk Pekerja Lepas (Freelancer)
Contoh Surat Kontrak Kerja untuk Pekerja Lepas (Freelancer)

4. Contoh Surat Kontrak Kerja Sederhana

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Grace Handra
Alamat : Jalan Nusantara 3, Blok AB 2 No. 221
No. Tlp : 0822 3389 2290
Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama : Michelle Claudia
Alamat : Jalan Cendrawasih 13, No. 54
No. Tlp : 0856 7890 2283
Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

Untuk selanjutnya, antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua memiliki perjanjian kerja sama dengan ketentuan sebagai berikut : 

  1. Pihak Pertama menitipkan barangnya kepada Pihak Kedua dan akan mendapatkan 20% dari omzet penjualan barang titipan Pihak Pertama.
  2. Jumlah maksimal penitipan barang yang dilakukan Pihak Pertama kepada Pihak Kedua adalah 50 item untuk setiap desainnya.
  3. Pendistribusian barang untuk area Depok dan sekitarnya diatur oleh Pihak Kedua.
  4. Pihak Pertama akan membantu promosi Pihak Kedua, begitu juga sebaliknya.
  5. Pihak Kedua melaporkan hasil penjualan kepada pihak pertama setiap bulannya, di awal bulan berikutnya disertai dengan penyerahan laba sebesar 10% dari omset penjualan barang titipan Pihak Pertama kepada Pihak Kedua. 

Demikian surat perjanjian kerja sama ini dibuat untuk menjadi ikatan di antara para pihak. Segala hal yang belum dimuat dalam perjanjian ini, dapat ditambahkan kemudian. 

Perjanjian ini dibuat secara penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun. Jika terdapat perselisihan dalam pelaksanaannya, dapat diselesaikan secara kekeluargaan dan musyawarah.

Pihak Pertama                                                                                                            Pihak Kedua

(TANDA TANGAN)                                                                                                  (TANDA TANGAN)

5. Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan dalam Bahasa Inggris

Bogor, Monday, January 9, 2023 
Signed below :

Name : Richard Alexander
Address : Siliwangi District. No. 20, Bogor
Occupation : Entrepreneur
No. ID : 221348
Here in after referred as FIRST PARTY

Name : Cindy Paramitha
Address : Cendana Street, No. 3, Bogor
Job : Marketing
No. ID : 2283947
Here in after referred as SECOND PARTY

In this way, the two sides have agreed to hold the agreement:

Article 1:

  1. The FIRST PARTY provides a job for the SECOND PARTY as a Marketing at FIRST PARTY corporation. 
  2. The FIRST PARTY guarantees the salary for SECOND PARTY monthly.

Article 2 : 

  1. The SECOND PARTY received IDR 5.000.000 monthly every 30th each month.
  2. SECOND PARTY allowed to get employees benefits, health insurance, and overtime pay from FIRST PARTY.

Article 3 : 

Both parties are willing to do rights and obligations to foster a harmonious working relationship in order to create calm work and business peace.

Article 4 : 

Things that have not been provided for this Agreement shall be discussed and added based on mutual agreement between parties. 

This agreement letter has been read and understood by both parties in a state of consciousness and without coercion from any party.

FIRST PARTY                                                                                                       SECOND PARTY

(SIGNATURE)                                                                                                     (SIGNATURE)

📚 Baca juga: 7 Proses Rekrutmen Efektif di 2023 untuk HR Perusahaan!


Setelah mengetahui beberapa contoh di atas, kamu dapat mengetahui perbedaan PKWT dan PKWTT, juga beberapa surat kontrak lainnya. Hal terpenting dari surat perjanjian kerjasama ini adalah kedua belah pihak telah setuju dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. 

Surat perjanjian kerja bisa dibuat dalam bentuk hardcopy atau softcopy. Untuk perusahaan startup, ingat untuk membuat surat perjanjian kerjasama PDF agar lebih fleksibel.

Pasang lowongan kerja di CakeResume Job Posting. Gratis pasang hingga 3 lowongan.🎉

--- Ditulis Oleh Rachel Vanadya ---

Kami ingin menjawab pertanyaan Anda. Dapatkan demo online yang dipersonalisasi untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen Anda:
  1. Temukan dan tarik kandidat terbaik
  2. Rekrut dalam waktu singkat
  3. Kelola proses rekrutmen Anda dalam satu sistem

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Mar 6th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...