10 Situs Pasang Lowongan Kerja Gratis 2022

Dilansir dari bps.go.id, jumlah angkatan kerja pada Februari 2021 melonjak naik 1,59 juta orang dibanding pada Agustus 2020, yaitu sebanyak 139,81 juta jiwa. 

Perkembangan teknologi digital yang kian pesat rupanya menjadi salah satu cara efektif mencari pekerja bagi perusahaan.

Yang mana dulu perusahaan pasang lowongan kerja di media cetak, kini banyak perusahaan memasang loker secara online.

Pasang iklan lowongan kerja pada situs loker online mempermudah HR (Human Resource) dalam mencari pekerja untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen.

Saat ini sudah cukup banyak situs lowongan kerja di Indonesia yang memfasilitasi perusahaan untuk pasang iklan lowongan kerja gratis yang banyak peminatnya. 

Yuk kenal lebih dalam job portal atau situs lowongan kerja untuk posting lowongan kerja gratis maupun berbayar yang tepat bagi kebutuhan rekrutmen perusahaan Anda.

📚 Baca juga: 5 Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Profesional dan Cara Membuatnya!

Top Situs Posting Lowongan Kerja Terbaik

Berikut ini beberapa situs atau aplikasi pasang lowongan kerja gratis maupun berbayar yang kredibel:

1. CakeResume

pasang lowongan kerja
Pasang Lowongan Kerja Gratis di CakeResume

CakeResume adalah salah satu situs pasang lowongan kerja gratis terbaik asal Taiwan yang kini mulai melebarkan sayapnya ke Indonesia. 

CakeResume menyediakan lowongan berkualitas dari startup maupun perusahaan besar, baik magang, freelance, pekerjaan part time, maupun pekerjaan full time.

Ribuan listing baru di posting setiap minggu, mencakup berbagai sektor seperti software engineers, desainer, marketing talents, human resources, pendidikan, hukum, biomedical, dll.

Layanan yang disediakan CakeResume seperti:

  • Job Posting Service: Pasang loker gratis (untuk 3 lowongan pertama) dan kelola lamaran kerja kandidat dengan sistem Applicant Tracking System yang efisien.
  • Talent Search: Akses ribuan profil CV untuk merekrut kandidat terbaik. Bisa filter kandidat berdasarkan posisi, industri, level senioritas, gaji, dll.

Untuk fasilitas yang lebih lengkap dalam posting loker, CakeResume juga menyediakan paket pasang iklan lowongan kerja yang berbayar.

🏢 Perusahaan yang memposting lowongan kerja di CakeResume: Google, IBM, NVIDIA, L’oreal, 7-11, TSMC, AWS, IKEA, Shopee, Garmin, Gogoro, dll.

Pasang GRATIS 3 lowongan kerja pertama untuk perusahaan Anda. Sortir CV & rekrut kandidat berkualitas dengan mudah sekarang juga! 

2. LinkedIn

iklan loker
Rekrut lewat LinkedIn

LinkedIn sebenarnya bukan termasuk golongan job portal, namun merupakan SNS (Social Networking Service) atau platform media sosial bagi para profesional yang berfokus pada bisnis, dan berasal dari Amerika.

Meskipun bukan situs/website pencari pekerjaan, namun hampir kebanyakan job seeker mencari pekerjaan full time atau part time, magang, freelance, bahkan saling terhubung dengan kolega atau rekan bisnis.

Ada pun beberapa cara pasang iklan lowongan kerja di LinkedIn :

  • Melalu fitur “Talent Solution” perusahaan bisa pasang iklan loker yang dibutuhkan.
  • Mencantumkan info terkait “buka lowongan” di profile LinkedIn. 
  • Memperbanyak koneksi di LinkedIn.
  • Mengirim pesan secara langsung pada calon pelamar kerja.

Sedangkan, cara posting lowongan kerja di LinkedIn, relatif cukup mudah yaitu dengan membuka profil dan mengklik ikon “pekerjaan”, kemudian memilih opsi “posting pekerjaan gratis”.

Biaya pasang iklan loker LinkedIn ditentukan oleh sistem lelang, yang mana memungkinkan para rektuter untuk mengajukan tawaran kompetitif agar posting lowongan kerja perusahaan tersebut dapat memenangkan penempatan yang paling strategis dan menjangkau banyak audiens job seeker.

Fitur lainnya yang ditawarkan oleh LinkedIn adalah “Marketing”, yang mana perusahaan dapat mengoptimalkan employer branding dan memperluas jaringan bisnis untuk menangkap pasar bisnis yang lebih luas lagi.

Selain itu, adanya fitur “Real Time Sales Management”, yaitu sebuah kecerdasan navigasi untuk mempermudah perusahaan dalam mengelola penjualan.

🏢 Perusahaan yang memposting iklan loker di LinkedIn: PT Ajinomoto, PT Kimia Farma Trading & Distribution, PT Asian Paints Indonesia, PT Suzuki Indomobil, dll.

3. Jobstreet

Pasang Iklan Lowongan Kerja di Jobstreet
Pasang Iklan Lowongan Kerja di Jobstreet

Jobstreet merupakan situs posting iklan loker asal Malaysia yang sudah didirikan sejak 1997 dan berekspansi ke beberapa negara seperti Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

JobStreet tidak hanya sekedar memberikan banyak pilihan lowongan kerja bagi para job seeker, mempermudah perusahan untuk pasang iklan lowongan kerja, bahkan situs ini juga dilengkapi dengan berbagai artikel tentang tips karir.

Cara pasang iklan di Jobstreet cukup mudah, yaitu dengan membuat akun di Jobstreet, kemudian pada dasbor SiVa Recruitment Centre, klik button "Job Ads" atau dapat juga mengklik pada  bagian atas halaman untuk akses halaman daftar iklan lowongan dan klik “Create Job Ad” di bagian kanan atas.

Bagi pemula, Jobstreet menyediakan layanan pasang satu iklan loker gratis. Namun, ada juga paket berbayar pasang iklan jika ingin memperoleh kandidat dengan lebih cepat dengan fitur ekslusif. 

Jobstreet juga menawarkan fitur lain, seperti Big Database, layanan konsultasi untuk mengoptimalkan iklan lowongan kerja hingga Employer Branding, dan Laws of Attraction yang mana laman yang berisi data informatif tentang apa yang diminati para jobseeker di Indonesia.

🏢 Perushaan yang memasang iklan loker di Jobstreet: OCBC NISP, OTO group, Lippo group, Bank Danamon, Danone Aqua, Coca-Cola Amatil Indonesia, TNT, Metrodata, dll.

4. Jobs.id

pasang iklan loker
Pasang Iklan Loker di Jobs.Id

Jobs.id merupakan situs pencari kerja yang cukup terpercaya karena menjalin kerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Jobs.id menyediakan info lowongan kerja dan opsi karir dari berbagai ranah industri yang mencakup bidang finansial dan perbankan, informasi teknologi (IT) dan telekomunikasi, hingga bidang media dan periklanan, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Jobs.id memiliki tiga jenis pricing dan satu pilihan penyesuaian dengan biaya penggunaan layanan tidak melebihi 10 juta rupiah dan masa penggunaan 12 bulan.

Jobs.id juga menawarkan fitur untuk memposting iklan loker yang tidak terbatas, memiliki sistem dengan UI yang mudah dimengerti dan dioperasikan, serta pilihan harga yang cukup kompetitif.

Akan tetapi, umumnya Jobs.id berisi lowongan magang dan fresh graduate (entry level).

🏢 Perusahaan besar yang memasang iklan lowongan kerja: Porsche, Maybank, Lottemart, Sucofindo, RTV, dan Indomobil Finance Indonesia.

5. Karir.com

pasang iklan lowongan kerja
Posting Iklan Lowongan Kerja di Karir.com

Karir.com merupakan portal loker yang menawarkan fasilitas posting loker, akan tetapi dapat mengoptimalkan perekrutan dengan menggunakan teknologi cloud system dan AI.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Karir.com yaitu:

  1.  Job Posting: Pasang iklan lowongan kerja yang juga menyediakan modul online test.
  2. Customized Recruitment Project (CRP): Mempermudah perusahaan berfokus pada rekrutmen satu proyek tertentu.
  3. Erika (e-recruitment): Teknologi digital yang mendukung proses rekrutmen yang lebih efisien dan efektif.

Beberapa lowongan pekerjaan yang tersedia di Karir.com datang dari berbagai industri, seperti ritel, farmasi, kesehatan, properti, manufaktur, teknologi, keamanan, telekomunikasi, dan otomotif.

Menariknya, Karir.com juga menyediakan fitur gratis untuk tes dan fitur pengembangan diri langsung oleh para ahli psikolog, sehingga mempermudah para jobseeker  mencari pekerjaan sesuai dengan skill yang dimiliki.

🏢 Top perusahaan yang memposting loker di Karir.com: PT Home Credit Indonesia, ASABA group, PT ODG Indonesia, PT Rekso Nasional Food (McDonald’s Indonesia), The Tempo Group, dll.

6. Kalibrr

pasang iklan lowongan kerja
Posting Iklan Lowongan Pekerjaan di Kalibrr

Kalibrr adalah situs lowongan kerja terbesar di Asia Tenggara yang berasal dari Filipina dan didirikan pada tahun 2013.

Kalibrr tidak hanya memiliki layanan pasang iklan lowongan kerja untuk perusahaan, tapi juga menawarkan layanan tes online bagi para kandidat dengan berkolaborasi dengan Asian Development Bank (ADB) meliputi tes perilaku, IT, dan bahasa Inggris.

Selain itu, Kalibrr memiliki sistem yang terintegrasi dengan media sosial perusahaan, serta bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dan organisasi pelajar Indonesia, dalam memberikan akses informasi lowongan pekerjaan.

Ada berbagai jenis pekerjaan dan jabatan yang ditawarkan di Kalibrr, mulai dari fresh graduate, junior, hingga senior.

🏢 Top perusahaan yang bekerja sama dengan Kalibrr: Bank BCA, Shopee, Gojek, Kompas Gramedia, Telkomsel, Bank Mandiri, dan Tokopedia.

7. Loker.id

Posting Iklan Loker di Loker.id
Posting Iklan Loker di Loker.id

Loker.id merupakan layanan berbasis software as a service (SaaS) yang didirikan sejak tahun 2007 dan berfokus mempermudah para jobseeker untuk mencari pekerjaan, serta perusahaan dapat melakukan proses rekrutmen dengan posting loker di sini.

Loker.id menyediakan fitur yang berisikan kategori industri pekerjaan, fitur lokasi yang memudahkan pencari kerja menentukan sesuai lokasinya, fitur edukasi yang menentukan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan.

Fitur khusus yang dimiliki oleh Loker.id adalah dapat menentukan berapa besaran gaji yang diinginkan oleh pencari kerja, serta fitur untuk membuat resume secara online.

Biaya untuk posting lowongan kerja di Loker.id cukup bervariasi, ada yang gratis bagi pemula, dan berbayar dengan kisaran 149.000 rupiah/bulan hingga 999.000 rupiah/12 bulan.

Ada berbagai macam kategori lowongan pekerjaan yang disediakan oleh Loker.id, dari administrasi, kecantikan, kesehatan, IT, asuransi, konstruksi, automotif, retail, manufaktur, hingga pendidikan dan pertambangan.

🏢 Perusahan yang telah bekerjasama dengan Loker.id: PT Satu Fokus Optima, PT Wismatata Eltrajaya, Aurefiber Indonesia, PT Farrindo Nusantara Industri, TML Psychological Services, AFL Corporation, dan masih banyak lagi.

8. Glints

Glints merupakan situs portal kerja asal Singapura dan kini menjadi salah satu platform pasang iklan lowongan kerja gratis yang banyak peminatnya di Indonesia. 

Glints memiliki gaya yang cukup unik yang mana fokus kepada pengembangan karir workforce pada Generasi Milenial dan generasi berikutnya.

Glints menyediakan beberapa fitur yang sangat membantu para rekruter seperti:

  • Job Search: Posting lowongan pekerjaan gratis
  • Glints Recruitment: Membantu perusahaan untuk mencari kandidat sesuai kebutuhan dan keinginan
  • Glints Managed Talent: Kembangkan tim perusahaan Anda, rekrut talenta dari berbagai negara

Selain itu, Glints juga memiliki beberapa fitur yang menunjang para jobseeker dalam mencari lowongan pekerjaan, seperti fitur komunitas yang memberikan pengunjung kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, berdiskusi persoalan dunia pekerjaan dalam berbagai bidang.

Glints juga menyediakan fitur expert class yang memungkinkan para jobseeker untuk memilih kelas-kelas yang akan mendukung pengembangan diri dan profesionalisme kerjanya, seperti marketing, data & analisis, human resource, design dan berbagai pelajaran lainnya.

🏢 Top perusahan yang bekerjasama dengan Glints: PT Qtera Mandiri, PT Gree Electric Appliances Indonesia, Abishar Technologies, Edenfarm, Polygon Bikes, PT Paragon Pratama Teknologi (StickEarn), PT Jasa Kelola Asia, Pt The Lorry Online Indonesia, Bina Nusantara Group, dll.

9. Indeed

Pasang Lowongan Kerja di Indeed
Pasang Lowongan Kerja di Indeed

Indeed merupakan salah satu portal kerja asal Amerika yang menyediakan berbagai lowongan kerja yang hampir selalu update setiap hari.

Indeed menyediakan berbagai macam fitur baik bagi para rektuter, seperti perusahaan dapat pasang iklan loker dan asesmen untuk menilai keterampilan kandidat.

Tidak hanya itu, fitur lainnya pun mempermudah rektuter dalam proses pencarian kandidat mulai dari merapikan CV, mengirimkan pesan ke kandidat, dan penjadwalan interview yang dapat diorganisir.

Bagi perusahaan yang ingin pasang iklan lowongan kerja, Indeed menyediakan fasilitas posting loker gratis atau mensponsori lowongan dan hanya membayar ketika pencari kerja mengklik lowongan tersebut.

Pagi para pemula job seeker , Indeed memiliki keunggulan dengan menyediakan informasi mengenai Company Review, yang berisi segala informasi mengenai sebuah perusahaan.

Dengan adanya fitur ini, bisa meminimalisir penipuan pencari kerja dari sebuah perusahaan yang tidak jelas kredibilitasnya.

🏢 Top perusahaan yang bekerjasama dengan Indeed: PT Summarecon Agung, Tbk, PT. Sinar Jernih Suksesindo, FIFGROUP, PT Surya Madistrindo, Tokopedia, PT Graha Menara Hijau, PT. Swakarya Insan Mandiri, PT Esta Dana Ventura, dll.

10. Glassdoor

pasang iklan lowongan kerja di indeed
Pasang Lowongan Kerja di Indeed 

Glassdoor adalah portal kerja asal Amerika yang didirikan sejak 2007. Dibangun di atas dasar peningkatan transparansi tempat kerja, Glassdoor menawarkan wawasan tentang pengalaman karyawan yang didukung oleh jutaan peringkat dan ulasan perusahaan, peringkat persetujuan CEO, laporan gaji, ulasan dan pertanyaan wawancara, ulasan manfaat, foto kantor, dan banyak lagi.

Glassdoor tidak hanya menyediakan fitur pasang iklan loker gratis bagi rekruter, tapi juga menyediakan fitur salary calculator untuk mengukur gaji yang sesuai dengan lokasi, industri, dan pengalaman kerja. 

Selain itu, para jobseeker juga bisa melihat kisaran gaji sebuah pekerjaan di daerah tertentu yang dituliskan oleh pekerja lain yang mana ini dapat menjadi sumber referensi untuk negosiasi dengan HRD.

🏢 Top perusahaan yang pasang lowongan kerja di Glassdoor: Gojek, Deloitte, dll.

📚 Baca juga:  Offering Letter: Pengertian, Format, dan Contohnya! [+Bedanya dengan Kontrak Kerja]

Inilah top situs posting lowongan kerja terbaik yang bisa menjadi pilihan bagi perekrut.

Bagi perusahaan yang mencari karyawan digital marketing, software engineer, business analyst, bahkan di bidang lain seperti pendidikan, kesehatan, manufaktur, pertambangan, automotif, telekomunikasi, dll, namun tidak memiliki cukup banyak waktu, maka pasang iklan lowongan kerja di portal job adalah solusi terbaik.

Selain, menawarkan paket yang gratis hingga berbayar, perusahaan yang ingin memposting loker memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan customer service atau sales person dari perusahaan penyedia (portal job).

Sehingga, perusahaan tidak perlu takut mengenai cara pengisian lowongan kerja, dan bahkan perusahaan bisa berkonsultasi tentang proses rekrutmen efektif dengan konsultan yang disediakan.

Maka situs lowongan kerja menjadi salah satu alternatif pasang iklan lowongan kerja yang mempermudah proses rekrutment.

--- Ditulis oleh Anggraeni Kumala Dewi ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!