10 Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate dan Contoh Jawabannya

Pertanyaan Interview Fresh Graduate
Pertanyaan interview untuk fresh graduate

Salah satu momen paling menegangkan adalah berada di depan interviewer yang dapat menentukan karir kamu beberapa bulan atau tahun ke depan. Interview adalah saat yang sangat penting untuk menyatakan bahwa kamu siap dan pantas untuk bekerja di tempat yang kamu incar tersebut.

Terkadang pertanyaan saat interview membuat kamu tegang dan merasa kurang mantap, apalagi untuk fresh graduate yang belum pernah mencicipi rasanya diwawancara. 

Namun, hal ini bisa diatasi dengan persiapan interview yang baik sehingga kamu dapat mempersiapkan contoh jawaban wawancara kerja yang biasa ditanyakan untuk fresh graduate terlebih dahulu.

Jangan khawatir, fresh graduate! Kali ini, CakeResume memberikan pertanyaan interview kerja fresh graduate dan jawabannya yang bisa dijadikan referensi saat kalian mempersiapkan interview kerja fresh graduate.

Yuk, siapkan pertanyaan interview kerja kamu yang pertama kali dan jawabannya.

📚 Baca juga: Ketahui 10 Tips Interview Kerja ini Sebelum Bertemu HRD

10 Pertanyaan Terpopuler Interview Kerja Fresh Graduate serta Jawabannya

Setiap perusahaan memiliki format yang berbeda-beda dalam pertanyaan interview kerja fresh graduate mereka, namun ada pertanyaan-pertanyaan interview untuk fresh graduate yang umum dan memiliki kemungkinan besar untuk muncul dalam interview fresh graduate kamu esok hari.

1. Ceritakan Tentang Diri Anda sebagai Fresh Graduate

Pertanyaan perkenalkan diri anda sangat umum, bahkan menjadi salah satu pertanyaan interview kerja yang pertama kali diberikan di hampir semua proses interview kerja fresh graduate.

Sebelum masuk ke contoh jawaban ceritakan tentang diri Anda, ada baiknya untuk mengetahui alasan interviewer menanyakan pertanyaan ini. Interviewer ingin mengetahui respons yang Anda berikan dan mengetahui arah pertanyaan mereka selanjutnya.

💡 Beberapa tips interview kerja fresh graduate untuk pertanyaan ini:

  • Pastikan jawaban kamu adalah fakta yang dapat diverifikasi, 
  • Gunakan waktu sebaik mungkin, kalau bisa kurang dari 3 menit,
  • Ceritakan bagian diri kamu yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar,
  • Persiapkan contoh kalimat cara memperkenalkan diri saat interview fresh graduate sebelum interview.

Contoh perkenalan diri saat interview untuk fresh graduate:

“Nama saya Siska Kurnia dari Pekalongan. Tahun ini saya merupakan salah satu lulusan terbaik Masters in Economy dari Universitas Pelita Harapan. Sebelum melanjutkan pendidikan S2, saya telah bekerja sebagai konsultan ekonomi di Bank BCA di mana saya bertugas untuk memberikan laporan analisis kondisi ekonomi. Saya adalah seseorang yang bertanggung jawab dan mempunyai time management yang baik.”

Contoh jawaban interview pertama kali dan jawabanya

📚 Baca juga: Efektif! 5 Cara Perkenalan Diri Saat Interview dan Contohnya

2. Contoh Jawaban Alasan Melamar Pekerjaan Untuk fresh Graduate: (Mengapa kamu mau melamar pekerjaan ini?)

Alasan melamar pekerjaan bagi fresh graduate bisa menjadi salah satu pertanyaan yang tricky. Interviewer biasanya ingin mengetahui arah karir dan tujuan kamu, serta apakah kamu siap pada saat interview tersebut terlebih lagi pekerjaan yang mereka berikan.

Saat berhadapan dengan pertanyaan ini, kamu harus menunjukkan kalau kamu siap dan yakin terhadap karirmu. Jelaskan juga alasan kamu memilih perusahaan tersebut. Tentunya,sebelum interview dilaksanakan, kamu harus mencari tahu tentang perusahaan tersebut dahulu.

Contoh jawaban alasan melamar pekerjaan untuk fresh graduate:

“Saya merasa visi misi perusahaan Bapak/Ibu sesuai dengan visi misi saya sendiri yang ingin menyediakan bantuan edukasi bagi masyarakat yang kurang mampu. Hal tersebut sesuai dengan tujuan saya yang ingin memajukan pendidikan di Indonesia secara langsung sehingga saya mengambil pendidikan guru sebagai jurusan saya.”

Contoh jawaban interview pertama kali dan jawabanya

3. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?

Pastikan bahwa poin-poin kelebihan yang kamu sebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Tips wawancara kerja bagi fresh graduate adalah meneliti kembali iklan lowongan kerja yang diberikan perusahaan. 

Untuk kekurangan yang kamu sebutkan, akan sangat baik jika kamu juga sudah menyiapkan bagaimana cara untuk mengubah kekurangan diri tersebut.

Kelebihan:

  • Kemampuan komunikasi dengan rekan kerja
  • Dapat diandalkan dan merupakan pemimpin yang baik
  • Memiliki inisiatif yang tinggi
  • Berpikiran kreatif dan inovatif
  • Rasa ingin belajar yang kuat

Kekurangan:

  • Kurang pengalaman
  • Berekspektasi terlalu tinggi terhadap diri sendiri
  • Sulit mengambil keputusan
  • Mudah gugup
  • Terlalu perfeksionis

📚 Baca juga: 14 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

4. Apa prestasi terbesarmu?/Apa pencapaian terbesar yang pernah kamu raih?

Contoh pertanyaan untuk fresh graduate ini dapat membuat peserta interview gugup karena luasnya bidang yang bisa dibahas, apalagi untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman pekerjaan sebelumnya.

Dari pertanyaan ini interviewer ingin tahu lebih lanjut mengenai:

  • pengalaman kamu seperti bidang kerja yang kamu dalami, 
  • bagaimana kamu memandang usaha dan prestasi yang telah kamu capai dalam pengalaman kamu sebelumnya,
  • kepribadian kamu.

Contoh jawaban saat interview fresh graduate dapat berupa:

“Sebagai Seksi Acara OSIS SMA Harapan Baru, saya bertanggung jawab dalam acara penggalangan dana untuk Harapan Baru Cup tahun 2019 lalu. Saya menjadi ketua pimpinan sementara dan mendapatkan kesempatan untuk memimpin tim sejumlah 30 orang. Dalam menjadi pemimpin, saya aktif menanyakan pendapat rekan tim saya dan membuat acara kami sukses dengan anggota organisasi yang juga menjadi semakin dekat. Sebagai hasil, setelah bekerja untuk acara ini selama 3 bulan kami berhasil menggalang dana 130% dari target yang diberikan sebelumnya.”

Contoh jawaban saat interview untuk pertanyaan apa prestasi terbesarmu

5. Apa tantangan terbesar kamu selama ini dan bagaimana kamu menghadapinya?

Dari pertanyaan ini interviewer ingin tahu lebih lanjut mengenai:

  • pengalaman kamu seperti bidang kerja yang kamu dalami,
  • bagaimana kamu memandang usaha dan prestasi yang telah kamu capai dalam pengalaman kamu sebelumnya,
  • kepribadian kamu.

💡 Tips: Jangan lupa untuk menjawab dengan spesifik dan sesuai dengan posisi yang dilamar ya, pilih pencapaian terbesar yang relevan dan mempunyai nilai yang konkrit. Kalau bisa, usahakan agar jawaban kamu bersifat positif karena dalam pertanyaan interview kerja fresh graduate biasanya ada dua pertanyaan berbeda tentang prestasi dan tantangan yang kamu alami sebelumnya.

Contoh jawaban saat interview fresh graduate dapat berupa:

“Sebagai Seksi Acara OSIS SMA Harapan Baru, saya bertanggung jawab dalam acara penggalangan dana untuk Harapan Baru Cup tahun 2019 lalu. Saya menjadi ketua pimpinan sementara dan mendapatkan kesempatan untuk memimpin tim sejumlah 30 orang. Dalam menjadi pemimpin, saya aktif menanyakan pendapat rekan tim saya dan membuat acara kami sukses dengan anggota organisasi yang juga menjadi semakin dekat. Sebagai hasil, setelah bekerja untuk acara ini selama 3 bulan kami berhasil menggalang dana 130% dari target yang diberikan sebelumnya.”

Contoh jawaban saat interview untuk pertanyaan apa prestasi terbesarmu

Pertanyaan interview untuk fresh graduate ini bertujuan untuk melihat solusi yang kamu berikan selama menghadapi masa sulit. Sehingga jangan membahas terlalu banyak masalah yang kamu hadapi, melainkan fokuslah terhadap proses menyelesaikan masalah dan hasil yang diterima. Kamu boleh menceritakan pengalaman kamu ketika kamu terlibat dalam keorganisasian ataupun ketika magang.

💡 Tips: Walaupun pertanyaannya berbau negatif, coba jawab dengan kata-kata yang positif dan menunjukkan kalau kamu siap menghadapi tantangan. Coba masukkan hal unik tentang dirimu dalam hal ini, dan titik yang emosional dalam perjalanan kamu.

Pertanyaan ini memang bertujuan untuk melihat kondisi dan perspektif dirimu terhadap situasi sulit, tapi jangan mengeluh ataupun menyalahkan orang lain saat menjawab pertanyaan ini ya.

Contoh jawaban wawancara kerja untuk fresh graduate dapat berupa:

“Saat menjadi ketua bidang untuk acara camp AIESEC, saya ditunjuk untuk mengkoordinasi tim saya dalam bidang public relation. Semuanya berjalan baik sampai salah satu anggota tim saya harus terpaksa mundur dari jabatan karena masalah pribadi. Pekerjaan yang tiba-tiba menumpuk membuat saya dan tim saya kewalahan. Sebelum acara tersebut, saya selalu merasa dapat menjalankan tanggung jawab yang diberikan dengan baik namun saat itu adalah saat dimana saya belajar untuk meningkatkan kemampuan saya bekerja dalam kelompok dan saya belajar bahwa dengan komunikasi yang baik, tantangan terbesar dapat terselesaikan. Acara tersebut akhirnya berjalan dengan lancar dengan beberapa sponsor besar yang berhasil didapatkan.”

Contoh jawaban tantangan terbesar saat interview untuk fresh graduate

6. Di mana kamu melihat diri kamu 5 tahun dari sekarang?

  • Pikirkan bagaimana tujuan karir kamu sesuai dengan deskripsi pekerjaan
  • Bayangkan pengalaman yang berhubungan dengan posisi pekerjaan tersebut di CV kamu 5 tahun ke depan
  • Apakah ada skill yang ingin kamu kembangkan dari posisi pekerjaan tersebut?

Jawaban pertanyaan interview tentang diri Anda sebagai fresh graduate ini bertujuan untuk melihat apakah kamu dapat mencapai tujuan kamu jika bekerja di kantor tersebut dan ambisi yang kamu punya. 

Banyak perusahaan mencari karyawan yang mau bekerja untuk minimal 5 tahun dan pertanyaan tersebut mempunyai proyeksi terhadap pertanyaan apakah kamu melihat diri kamu menjadi bagian dari kantor tersebut dalam 5 tahun ke depan.

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan interview ini?

Contoh cara menjawab pertanyaan interview untuk fresh graduate tentang prospek karir:

“Dalam 5 tahun, saya ingin menjadi senior dalam industri ini dan dapat membimbing generasi berikutnya untuk mengembangkan inovasi dan strategi untuk maju lebih lanjut. Selama beberapa tahun terakhir, saya telah merasa berkembang banyak di bawah bimbingan mentor hebat dan berharap dapat memimpin tim saya sendiri dalam 5 tahun ke depan dengan topik yang menurut saya menarik. Saya ingin membantu perusahaan dalam meraih masa depan green energy di Indonesia.”

Contoh jawaban dimana Anda melihat diri Anda 5 tahun mendatang untuk fresh graduate

📚 Baca juga: Ditanya “Apa Rencana 5 Tahun Kedepan?” Jawab Seperti Ini!

7. Apakah kamu pernah mengikuti magang sebelumnya? Jelaskan pengalaman kamu

Satu saran untuk menjawab pertanyaan interview fresh graduate ini adalah: jawab sesuai fakta dan sesuai dengan CV kamu.

Ada baiknya untuk menjelaskan secara singkat pengalaman yang kamu punya seperti durasi dan posisi. Jelaskan lebih lanjut jika interviewer memberi pertanyaan lanjutan tentang mengapa memilih perusahaan tersebut ataupun apa yang kamu pelajari dari pengalaman tersebut.

Contoh jawaban tentang magang saat interview untuk fresh graduate:

“Saya adalah fresh graduate yang menyelesaikan pendidikan terakhir saya tahun 2021. Pengalaman saya masih terbatas dalam organisasi dan intern singkat selama 2 bulan dalam perusahaan PT Gramedia, dalam bagian marketing. Keseharian saya dalam program magang ini adalah merencanakan dan mengeksekusikan kampanye marketing bersama tim besar marketing Gramedia. 2 bulan setelah kampanye ini dilaksanakan, kami dapat menaikan penjualan sebesar 12%.”

Cara menjawab interview fresh graduate tentang magang

8. Bagaimana kamu menangani stress dan tekanan?

Apa yang akan kamu lakukan ketika hal-hal tidak berjalan lancar di tempat kerja? Bagaimana cara kamu menghadapi situasi sulit? Dengan memberikan pertanyaan ini, interviewer ingin tahu bagaimana kamu menangani stres di tempat kerjamu nanti.

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan memberikan contoh pengalaman tentang bagaimana kamu telah berhasil menangani stress dan tekanan sebelumnya, baik dalam beroganisasi ataupun keseharianmu dalam perkuliahan.

Hindari menyatakan bahwa kamu tidak pernah, ataupun jarang mengalami stres. Sebaliknya, susun jawaban kamu dengan mengakui akan adanya stress dan tekanan di tempat kerja dan jelaskan bagaimana kamu mengatasinya.

Contoh jawaban pertanyaan “bagaimana kamu menangani stress dan tekanan” saat interview kerja fresh graduate:

“Adanya tekanan membantu saya untuk tetap termotivasi dan produktif. Namun terkadang, tekanan yang terlalu berat dapat menyebabkan stress. Jadi saya belajar untuk menyeimbangkan dan mengelola proyek dengan cara yang baik. Misalnya, saat kuliah dulu, saya pernah memiliki tiga proyek besar yang harus diselesaikan pada minggu yang sama.

Untuk mengatasi masalah ini, saya membuat jadwal yang merinci, membaginya menjadi tugas-tugas kecil, dan mempriositaskannya berdasarkan:

  • Seberapa cepat saya bisa menyelesaikan setiap tugas,
  • Mencari tahu tugas mana yang membutuhkan waktu paling lama,
  • Proyek mana yang memiliki deadline paling awal.

Dengan cara ini, proyek saya dapat diselesaikan dengan lebih baik dan efisien.“

Pertanyaan interview fresh graduate tentang menangani stress

9. Bagaimana style kerja kamu?

Saat interviewer bertanya tentang gaya kerja kamu, mereka sedang mencoba membayangkan kamu dalam peran tersebut.

Bagaimana kamu akan mengerjakan pekerjaan kamu? Bagaimana rasanya bekerja dengan kamu? Apakah kamu akan cocok dengan tim yang ada?

Karena pertanyaan ini merupakan open question yang luas, jadi kamu memiliki banyak fleksibilitas dalam menjawab pertanyaan ini. Kamu dapat menceritakan tentang bagaimana kamu berkomunikasi dan berkolaborasi dalam sebuah proyek, atau bagaimana kamu memimpin sebuah tim dan mengelola laporan.

Contoh jawaban pertanyaan wawancara fresh graduate bagaimana style kerjamu:

“Saya senang bekerja dalam kelompok, terutama ketika kami harus bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pada masa kuliah, saya aktif mengikuti oganisasi dan ketika menjabat sebagai ketua organinsasi, saya sering mengajak orang dari berbagai departemen untuk bergabung dalam sesi brainstorming. Beberapa proyek kami yang paling sukses berawal dari ide-ide yang kami hasilkan bersama.

Saya merasa saya cocok untuk posisi ini berhubung saya akan banyak bekerja dengan tim produk, sales, dan marketing dan menjadi jembatan antara berbagai departemen.“

Contoh pertanyaan interview fresh graduate yang sering muncul

10. Apakah kamu mempunyai pertanyaan untuk kami?

Banyak fresh graduate yang tidak tahu betapa pentingnya mengajukan pertanyaan saat interview.

Alasan mengapa mengajukan pertanyaan merupakan hal yang positif:

  • Pertanyaan interview kerja menunjukkan fresh graduate tersebut antusias untuk bekerja di perusahaan tersebut
  • Menunjukkan kalau kamu berani dan memiliki ketertarikan terhadap pekerjaan tersebut

Pertanyaan interview apa saja yang bisa kamu ajukan? Tentunya pertanyaan yang diberikan harus relevan dengan pekerjaan, namun tidak terbatas terhadap posisi yang kamu incar ataupun tanggal pengumuman keluar. Melainkan, kamu bisa menunjukkan ketertarikan kamu terhadap budaya di pekerjaan, juga masa depan perusahaan di kemudian hari.

Contoh pertanyaan interview yang bisa diajukan oleh fresh graduate kepada HRD:

  • Bagaimana potensi perusahaan dalam 5 tahun ke depan?
  • Apa tantangan yang dapat saya hadapi untuk posisi ini?
  • Apa hal yang Bapak/Ibu (interviewer) suka dalam pekerjaan ini?
  • Bagaimana jalur karir untuk posisi yang saya lamar?
  • Apa saja program pengembangan untuk karyawan perusahaan ini?
  • Bagaimana tanggung jawab sehari-hari dari peran ini?
  • Bidang lain apa yang akan sering bekerja sama dengan posisi yang saya lamar?
  • Bagaimana budaya perusahaan ini?

Pertanyaan Interview yang dapat Diajukan Saat Interview Fresh Graduate

📚 Baca juga: Apa yang Harus Ditanyakan Kepada HRD Saat Interview? Simak 30 Pertanyaan untuk HRD

Tips Interview Kerja Fresh Graduate

interview kerja fresh graduate, tips interview kerja
Tips Interview Kerja untuk Fresh Graduate

✅ Persiapkan Jawaban Setiap Pertanyaan Interview Fresh Graduate dengan Matang

Sebelum masuk ke ruang interview, ada baiknya untuk melakukan latihan interview dengan pertanyaan interview kerja dan jawabannya yang kamu persiapkan. Semakin siap dan yakin kamu terhadap jawabanmu, pastinya akan menghilangkan rasa grogi dan gugup yang biasa muncul di depan interviewer.

✅ Pahami CV kamu dalam-dalam sebelum wawancara 

Interviewer pasti penasaran dengan diri kamu, mereka ingin tahu apakah kamu cocok dengan kerja yang mereka tawarkan. Beberapa bagian dari pertanyaan interview kerja akan berhubungan dengan CV kamu, jadi pastikan kamu bisa menjelaskan isi CV kamu dengan baik.

 📚 Baca juga: Karir Fresh Graduate: 5 Contoh CV Fresh Graduate Menarik (Tanpa Pengalaman) & Cara Membuatnya

✅ Tunjukkan Kesungguhan dan Semangatmu 

Saat menceritakan tentang diri kamu, pastikan ada semangat yang membara dari setiap kata yang kamu ucapkan. Tunjukkan kalau kamu tidak takut dan siap untuk menerima tantangan yang mereka berikan.

Sudah siap mempersiapkan jawaban pertanyaan interview kerja fresh graduate kamu? Semoga berhasil!

CakeResume merupakan online CV builder yang menyediakan 50+ template gratis untuk membuat CV kamu naik level dan mendapat panggilan interview. Yuk coba sekarang! 

CakeResume merupakan online CV builder yang menyediakan 50+ template cv gratis untuk membuat CV kamu naik level. Yuk coba sekarang!

--- Ditulis Oleh Elizabeth Odelia ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.