Ingin Menjadi PHP Developer? Ketahui Skill yang Harus Dikuasai [+Gaji]!

Seiring berkembangnya teknologi, kebutuhan pembuatan website dan aplikasi bagi sebuah bisnis menengah atau perusahaan semakin meningkat. Tak heran bila skill PHP developer semakin dibutuhkan. Terlebih lagi 78% website di seluruh dunia menggunakan bahasa pemrograman PHP. 


Seperti pekerjaan bidang IT lainnya, PHP developer merupakan salah satu profesi yang diprediksi masih banyak dibutuhkan hingga lima tahun kedepan. Bagimu yang tertarik menjadi PHP developer sebagai jenjang karir selanjutnya atau ingin switch karir, artikel CakeResume ini bisa menjadi referensi untukmu.

Apa itu PHP developer?

PHP developer adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam pengembangan server website, aplikasi, atau program. Skill PHP utama yang dibutuhkan adalah penguasaan bahasa pemrograman PHP.

PHP developer juga dikenal dengan backend developer PHP karena berfokus pada alur kinerja server dan pengelolaan database website. Mulai dari perancangan hingga mengatasi error yang muncul. Tak jarang bila backend developer PHP bekerja sama dengan front end developer untuk memastikan alur website berjalan dnegan optimal. 

Job Desk PHP Developer

Dengan mengetahui tugas PHP developer akan membantumu untuk memahami bagaimana seorang PHP developer bekerja dalam kesehariannya. 

1. Membuat dan Melakukan Tes Website/Aplikasi/Program

Seorang PHP programmer bertugas untuk membuat dan mengembangkan website, aplikasi, atau software. Biasanya PHP programmer bisa bekerja secara independen atau bersama tim developer. Disisi lain tugas PHP developer juga melakukan tes pada website, aplikasi, dan program untuk memastikan berjalan dengan optimal. 

2. Menyelesaikan Error

Dalam pengembangan website, aplikasi, dan program sudah barang pasti akan menemui error dalam penggunaannya. Untuk itu seorang PHP developer harus menyelesaikan error yang tidak kompatibel dengan memperbaiki skrip dan kode PHP dan HTML. 

3. Menjaga Performa Website yang Ada

Selain membangun website baru, PHP programmer juga bertanggung jawab dalam menjaga performa website yang sudah dibangun sebelummnya. Beberapa langkahnya antara lain memperbarui informasi terkini, konten, serta desain di dalam website. Sehingga website tersebut semakin kredibel dan terlihat professional. 

4. Mengelola Database

Pengelolaan database sangatlah penting agar data-data dalam website terkelola dengan baik sehingga bisa digunakan secara optimal. Tentunya semakin banyak data yang dimiliki website, akan semakin besar risiko error yang mungkin terjadi. Untuk itu seorang PHP developer perlu mengelola arsitektur database yang efektik dalam mengurangi beban server. 

Skill PHP Developer yang Harus Dikuasai

Ada beberapa skill PHP developer yang harus dikuasai sebelum terjun ke proyek atau pekerjaan yang nyata. Apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi PHP developer? 

1. Bahasa Pemrograman

Bila ingin meniti karir sebagai PHP programmer sudah wajib hukumnya untuk mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman. Selain bahasa pemrograman PHP, sangat dianjurkan untuk menguasai bahasa pemrogaman lainnya seperti JavaScript, HTML, jQuery, MySQL, dan Ajax. Semakin banyak bahasa pemrograman yang dipahami, semakin bervariasi penyelesaian error dalam website serta berkreasi dalam membuat website yang interaktif. 

2. Memahami Konsep yang Berhubungan dengan PHP

Untuk membuat website yang menarik, tidak jarang PHP developer menggunakan layanan pihak ketiga. Oleh karena itu, perlu pemahaman konsep dalam penggunaaan XML, JSON, HTTP, serta installer lain seperti komposer dan PECL. 

Seperti contoh installer komposer yang membantu PHP developer dalam memanajemen berbagai fungsi, dan libraries yang memudahkan saat bekerja dengan PHP yang berbeda berdasarkan proyek yang ada. Kemudian ada PSR yang membantu untuk menstandarisasi programming PHP untuk mengoptimasi website.  

3. Pemahaman Sistem Database

Bekerja yang berkutat dengan PHP masih tetap membutuhkan pemahaman konsep sistem database seperti MySQL, Oracle Database dan PostgreSQL. 

4. Mengerti Data Structure dan Algorithm (DSA)

Skill PHP developer yang tak kalah penting adalah menstrukturisasi data dan algoritma. Mengapa penting? PHP developer perlu memahami struktur algorithma agar lebih cepat dan efisien, dan juga memilih struktur data yang tepat untuk menyelesaikan promblem pada website. 

5. Membuat Framework Architecture

Dalam pekerjaan yang berhubungan dengan PHP sudah pasti membuat framework untuk programming. PHP developer bekerja dengan berbagai jenis programming untuk aplikasi atau API, sehingga perlu membangun framework yang tepat untuk mengoptimisasi kode-kode dalam membuat website. 

Cara Menjadi PHP Developer yang Handal

Menjadi PHP developer yang handal perlu melalui beberapa langkah yang harus dilalui. Akan tetapi terkadang kita bingung mau memulai darimana karena banyak langkah-langkahnya. Agar mudah untuk dipahami,  CakeResume merangkum langkah-langkahnya dibawah ini!

1. Mempelajari PHP

Pastinya skill PHP adalah skill yang paling utama bagi PHP developer. Sehingga, ada baiknya untuk memulai memperlajari bahasa pemrograman PHP.

Mempelajari PHP dimulai dari programming dasar, struktur data, dan algoritma. Kamu bisa mempelajarinya dari buku, kelas daring, kursus offline, webinar, bootcamp, atau membaca artikel di website. Pastikan untuk memahami konsep dasar PHP, kemudian melanjutkan skill PHP yang lebih advance seperti framework PHP, AJAX, dan JavaScript. 

Selain itu, perlu mempelajari pula beberapa tools lain untuk membangun website seperi PHPStorm, Zend Sudio, CodeLobster, Eclipse, NetBeans, dan Microsoft Visual Studio. 

2. Mengikuti Proyek PHP

Agar kemampuan skill PHP semakin terlatih dan meningkat, ada baiknya untuk memulai mencari proyek open source dan berkontribusi didalamnya. Dengan mengikuti proyek akan menambah experience dan portfolio kinerja agar bisa dilirik oleh perusahaan. 

Proyek PHP ini cukup bertingkat mulai dari tingkat dasar, menengah, dan tingkat lanjut. Sehingga kamu bisa memulainya sesuai dengan kemampuan. Nah, kamu bisa memulai dari tingkat dasar terlebih dahulu, kemudian bertahap ke tingkat lanjutan. 

3. Sertifikasi

Mendapatkan sertifikasi PHP programmer cukuplah penting sebagai tolak ukur kemampuan skill PHP serta mengingkatkan value kamu di mata perusahaan. Bisa dikatakan, sertfikasi yang berhubungan dengan bahasa pemrograman php menjadi senjata ampuh untuk meyakinkan perusahaan akan kemampuanmu. Kini mendapatkan sertifikasi PHP developer cukup mudah didapatkan secara online, seperti Udemy dan Coursera. 

4. Menyiapkan Portofolio Coding

Ada baiknya bila kamu menyiapkan portofolio coding yang dibuat saat membuat proyek yang berhubungan dengan skill PHP. Adanya portofolio ini bisa membantu rekruter untuk mengukur kemampuan skill PHP atau coding yang kamu miliki. 

📚 Baca juga: 5 Contoh Portofolio Programmer Menarik! [+Cara, Isi, Pengertian]

5. Menyiapkan CV PHP developer yang menarik

Last but not least, menyiapkan CV PHP developer yang menarik saat melamar pekerjaan. Pastikan CV PHP developer ini lengkap, singkat, dan jelas informasinya agar rekruter dari perusahaan bisa memahami kualfikasi kamu untuk menempati posisi PHP developer. 

Jangan lupa untuk menuliskan value kamu agar perusahaan bisa memilihmu sebagai kandidat yang cocok. Lantas bagaimana membuat CV PHP developer yang menarik? Berikut contoh yang bisa dijadikan referensi. 

📚 Baca juga: 6 Contoh CV Programmer Terbaik dan Cara Membuatnya!

Contoh CV PHP Developer

cv php developer, cv programmer
Contoh CV PHP Developer - Dibuat di CakeResume

Agar membuat CV PHP developer semakin mudah, kini CakeResume menyedikan 50+ template CV yang bisa didownload secara PDF gratis! Kamu bisa tampil percaya diri dengan desain CV yang menarik dari CakeResume.

Prospek Karier Developer PHP

Berbicara mengenai prospek karir PHP developer di Indonesia cukuplah menjanjikan hingga 5 tahun kedepan. Mengapa demikian? Berbagai perusahaan di Indonesia kini sudah cukup melek dalam penggunaan promosi digital, termasuk maintain website perusahaan serta pembuatan aplikasi atau sistem. Terlebih lagi persaingan dengan kompetitor semakin ketat, sehingga perlu melakukan improvisasi dari sisi digital. 

📚 Baca juga: 15 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia!

Berapa gaji programmer PHP? Gaji PHP developer cukup beragam berdasarkan posisinya. Pastinya gaji PHP developer junior akan berbeda dengan PHP developer senior. Untuk range gaji PHP developer di Indonesia berkisar Rp 5.000.000 hingga Rp 9.000.000 per bulannya. 

Jenjang karir PHP developer sendiri cukup menjanjikan. Biasanya akan dimulai sebagai PHP developer junior, setelah bekerja dalam proyek PHP atau memiliki pengalaman dalam beberapa tahun biasanya posisi akan naik sebagai ketua proyek. Bahkan PHP developer bisa melanjutkan karirnya sebagai Front-End Developer, Backend developer, Software Engineer, and Technical Architect. 

Belum memiliki CV untuk melamar kerja? CakeResume menyediakan 50+ template CV yang bisa kamu download secara gratis! 🎉

Kesimpulan

Apakah kamu sudah siap meniti karir sebagai PHP developer? Jika sudah siap maka perlu menguasai skill-skill yang berkaitan dengan bahasa pemrograman PHP yang sudah dijelaskan sebelumnya. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak singkat, dengan konsistensi dan semangat belajar yang tinggi akan membawamu sebagai PHP developer yang handal. Tetap semangat dan selalu kembangkan diri sendiri. 

--- Ditulis Oleh Talitha Edrea ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Mar 6th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...