Apa itu Profil Perusahaan? Ini Contoh dan Cara Membuatnya!

Company profile atau profil perusahaan adalah suatu hal yang harus dimiliki setiap perusahaan. Sama halnya dengan profil pribadi atau perorangan, perusahaan juga membutuhkan “identitas” agar semakin dikenal oleh publik, termasuk stakeholder.

Tanpa adanya company profile, pengguna mungkin tidak mengetahui informasi secara detail mengenai perusahaan tersebut seperti industrinya, produk yang ditawarkan, hingga budaya perusahaan.

Secara tidak langsung, membuat company profile perusahaan juga membantu meningkatkan ketertarikan pelanggan dan stakeholder terhadap perusahaan. Lalu bagaimana cara membuat company profile yang benar? Simak penjelasan berikut ya.

profil perusahaan adalah
Definisi Profil Perusahaan

Apa itu Profil Perusahaan (Company Profile)?

Company profile adalah gambaran umum mengenai profil company dan biasanya bertujuan untuk memberi informasi terkait produk atau layanan yang ditawarkan.

Company profile artinya profil bisnis dari perusahaan terkait. Hal yang ada dalam profil usaha adalah mengenai perjalanan bisnis perusahaan dari awal hingga saat ini, visi-misi perusahaan, dan alasan menyediakan produk atau jasa tersebut.

Mengapa membuat company profile sangat penting? Karena profile perusahaan untuk memberitahu kepada seluruh pelanggan, calon pelanggan, dan publik tentang keberadaan perusahaan ini dan informasi yang terperinci — alias meningkatkan brand awareness.

Umumnya, semua perusahaan, besar maupun kecil harus memiliki deskripsi perusahaan ini. Usaha kecil seperti toko kelontong juga bisa memiliki profil usaha. Tidak perlu terlalu rumit, company profile sederhana juga sudah cukup memberi gambaran tentang profil perusahaan. Kamu hanya perlu membuatnya secara rinci dan terstruktur. Dengan demikian, profil usaha kamu bisa menjadi alat untuk pemasaran dan branding yang baik.

Isi Company Profile

Seperti dijelaskan sebelumnya, tujuan adanya profile perusahaan adalah untuk memberi informasi rinci. Oleh karena itu, profil perusahaan harus ditulis secara jelas, ringkas, akurat, dan memuat informasi terkini. Cara membuat profil perusahaan yang baik harus memuat informasi sebagai berikut:

Detail Perusahaan

Profil perusahaan disebut sebagai “profil perusahaan” karena suatu alasan, yaitu berisi deskripsi perusahaan yang berfungsi ganda sebagai laporan yang mudah dibaca, juga sebagai informasi valid dari perusahaan.

Contoh profil perusahaan yang benar harus mencakup informasi mendasar, seperti informasi kontak. Berikut hal sederhana yang harus dicantumkan dalam profil bisnis:

  • Nama perusahaan
  • Tanggal didirikannya perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Nomor telepon atau FAX
  • URL website perusahaan
  • Alamat email

Informasi Dasar Perusahaan

Informasi ini berperan seperti biodata perusahaan. Informasi dasar perusahaan berisi:

  • Sejarah atau Timeline Perusahaan: Ketika kamu menulis sejarah dari awal hingga saat ini dan menunjukan progres, audiens bisa memiliki ketertarikan untuk terhubung dengan bisnis perusahaan. Entah menjadi konsumen atau menjadi bagian dari tim perusahaan karena dianggap memiliki value tertentu.
  • Visi dan Misi Perusahaan: Jika perusahaan kamu masih baru merintis dan belum banyak sejarah yang bisa diceritakan, kamu bisa membuat visi misi yang menarik dan berhubungan dengan bisnis. 
  • Orang-orang yang Berpengaruh di Dalam Perusahaan: Dengan menampilkan orang yang berpengaruh dalam profil perusahaan, berarti kamu telah menghargai kerja keras mereka selama membangun bisnis. Kamu dapat mencantumkan profil orang-orang tersebut lengkap dengan perjuangan dan pencapaian yang telah dilakukan.
  • Kinerja Perusahaan: Pastikan mencantumkan kinerja perusahaan, progres pekerjaan, bagaimana respon ketika menghadapi krisis, pencapaian, dan penghargaan yang diraih. Hal ini bisa menarik perhatian investor untuk menginvestasikan dana ke perusahaan.
  • Budaya Perusahaan: Budaya perusahaan bukan hanya ditujukan untuk pelanggan, atau calon kandidat yang ingin bergabung dengan perusahaan. Tapi juga untuk para investor. Karena dengan mengetahui budaya perusahaan, dapat meningkatkan keterlibatan antara perusahaan dengan para stakeholder.
  • Produk Unggulan Perusahaan: Profil company tidak hanya mencakup mengenai identitas perusahaan saja, tapi juga produk yang ditawarkan. Kamu bisa mencantumkan produk unggulan yang dilengkapi dengan sejarah produk, komposisi, rekor penjualan, atau penghargaan yang diraih produk tersebut.

Pencapaian

Jika perusahaan memiliki berbagai pencapaian, hal ini sangat penting untuk dimasukkan ke dalam profil bisnis. Pencapaian yang bisa dituliskan di profil usaha adalah:

  • Rewards atau penghargaan 
  • Sertifikasi 
  • Program atau proyek khusus
  • Testimoni pelanggan
  • Pengakuan dari media atau berita

Informasi Tambahan

Bagian ini bersifat opsional, jadi tidak harus dimasukkan. Tetapi jika kamu ingin menambahkannya, ini akan menambah nilai company profile:

  • Penjualan tahunan: bisa juga mencantumkan peningkatan penjualan setiap tahun
  • Target keuangan: persentase keuangan yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu
  • Jumlah karyawan: untuk memberitahu secara eksplisit seberapa besar perusahaan
  • Mitra: semakin banyak mitra, maka perusahaan memiliki nilai kredibilitas yang tinggi
  • Foto-foto: untuk menunjukkan budaya perusahaan secara konkret

5 Bentuk Profil Perusahaan

Profil perusahaan dapat berbentuk apa saja, media digital maupun media cetak. Berikut beberapa contoh profil usaha yang bisa kamu coba:

company profile
Jenis Jenis Company Profile

1. Situs Web Perusahaan

Saat ini kebanyakan perusahaan sudah memiliki situs website sendiri. Selain hemat biaya percetakan, situs web juga mudah diakses siapa saja. Kamu bisa membuat company profile sederhana di situs web pada halaman “about us” atau “tentang kami”.

2. Video Perusahaan

Profil company tidak harus selalu dalam bentuk tulisan atau dicetak. Video perusahaan merupakan salah satu contoh profil bisnis yang dapat menggambarkan perusahaan secara lebih nyata.

3. Aplikasi Perusahaan

Biasanya aplikasi perusahaan hanya berisi tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Aplikasi juga dilengkapi dengan halaman “about us” yang bisa diisi dengan profil bisnis.

4. Brosur Perusahaan

Meskipun perusahaan sudah memiliki website, terkadang juga masih membutuhkan brosur cetak. Biasanya digunakan ketika sedang mengikuti pameran, agar lebih efisien dibagikan pada pengunjung pameran.

5. Booklet Perusahaan

Booklet ini merupakan profil perusahaan yang paling sering digunakan, biasanya perusahaan besar menggunakan booklet. Media ini berbentuk buku yang terbagi menjadi beberapa bagian, yang menjelaskan tentang keseluruhan perusahaan.

6. Halaman Perusahaan di Situs Lowongan Kerja

Ketika sebuah perusahaan merekrut kandidat melalui situs lowongan kerja, perusahaan tersebut akan memiliki halaman perusahaan yang berisi pengenalan terhadap perusahaan termasuk visi dan misi perusahaan hingga budaya kerja perusahaan. 

Pasang GRATIS 3 lowongan kerja pertama untuk perusahaan Anda. Sortir CV & rekrut kandidat berkualitas dengan mudah sekarang juga! 🎉

Cara Membuat Company Profile Sederhana

Kini kamu sudah mengerti kenapa company profile sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Sekarang saatnya perusahaan kamu juga membuat profil perusahaan. Tidak perlu bertele-tele atau cerita panjang lebar, kamu bisa menulisnya dengan jelas, padat, dan to-the-point.

Berikut beberapa tahapan cara buat company profile:

1. Tentukan Tujuan dari Penulisan Profil Perusahaan

Tujuan merupakan hal paling utama yang harus kamu pikirkan ketika membuat sesuatu, termasuk profil bisnis. Kamu harus memastikan pernyataan kamu sesuai dengan apa yang ingin kamu capai. Misalkan tujuan membuat company profile adalah untuk menarik minat para investor, kamu bisa menyoroti hal berikut:

  • Performa bisnis
  • Nilai dari produk yang ditawarkan
  • Pendapatan perusahaan 

2. Lengkapi Data Profil Perusahaan

Kemudian lengkapi data profil perusahaan, termasuk semua saluran untuk menghubungi perusahaan kamu. Tidak terbatas hanya pada media sosial, website, nomor telepon, fax, email, alamat perusahaan. Tapi juga bisa berisi orang-orang yang memegang peranan penting di perusahaan.

3. Pilih Format dan Desain Profil Perusahaan

Bagaimana cara kamu mempresentasikan profil bisnis berpengaruh pada tingkat kesuksesan company profile tersebut. Format dan desain ini juga tergantung pada audiens perusahaan. Misalkan untuk perusahaan akunting, financial services, dan lainnya, lebih cocok menggunakan format tradisional yang terstruktur. Namun jika perusahaan kamu bergerak di industri kreatif atau agensi pemasaran media sosial, kamu bisa menggunakan format yang lebih modern. 

4. Ceritakan Ciri khas dan Hal yang Unik dari Perusahaan

Ada banyak perusahaan lain yang mungkin saja menjual produk yang sama dengan perusahaan kamu. Tapi mungkin belum ada yang berbagi cerita serupa dengan bisnis kamu. 

Manfaatkan momen ini untuk membagikan cerita unik, seperti bagaimana cara kamu memulai bisnis pertama kali. Tidak peduli cerita bagus atau buruk, yang penting autentik dan tidak dimiliki perusahaan lain.

5. Manfaatkan Fungsi Pemasaran Call-to-Action (CTA)

Memang tidak diharuskan, tetapi menaruh CTA bisa meninggalkan kesan yang sangat baik terhadap perusahaan. Caranya adalah, tuliskan apa yang kamu harapkan ketika pembaca selesai membaca profil perusahaan mu. Entah itu untuk menggunakan servis, membeli produk, menambah user, atau menjadi investor di perusahaan. Sertakan fungsi pemasaran ini pada akhir company profile.

Contoh Template Company Profile Perusahaan (Website)

Berikut contoh company profile sederhana yang bisa jadi referensi kamu untuk website:

1. Tentang kami / Cerita kami / Sejarah kami

Biasanya hal yang paling umum ada pada profil perusahaan adalah bagian “Tentang Kami”, yang berisikan dimana, kapan, dan oleh siapa perusahaan didirikan. Pada bagian ini, belum saatnya mencantumkan produk atau layanan. Fokus pada bagaimana awal mula kamu membangun perusahaan, dan cara bertahan dari kompetitor. Sebagai contoh, pada bagian ini kamu bisa memulai dengan kalimat:

“Lebih dari sepuluh tahun lalu, kami memiliki sebuah misi untuk mempersatukan pasar secara global.” Pada bagian ini, belum menyebutkan tentang produk sampai bagian tersendiri.

2. Visi, Misi, dan Value

Pada bagian ini, kamu harus menyebutkan apa arti perusahaan dalam skala yang lebih besar. Dalam artian kamu bisa menyatakan tujuan, dan juga harapan terhadap produk atau layanan. Visi untuk menggambarkan apa yang ingin dicapai, sedangkan misi untuk menggambarkan serangkaian hal yang dilakukan untuk mencapai visi. Contoh visi misi perusahaan dapat dituliskan sebagai berikut:

Visi : Menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di pasar internasional.

Misi : Meningkatkan layanan produk dalam skala yang besar, melakukan transformasi digital, dan memperlakukan seluruh stakeholder dengan adil.

3. Anggota Tim

Cantumkan foto atau paragraf singkat untuk mendeskripsikan anggota tim. Kamu bisa fokus pada kepemimpinan atau penjelasan singkat mengenai budaya perusahaan. Pada bagian ini, bisa membantu audiens untuk lebih mengerti bagaimana karyawan atau anggota tim bisa melayani kebutuhan pelanggan.

4. Produk / Layanan 

Deskripsikan gambaran dengan sangat jelas mengenai produk yang dijual, bagaimana produk itu dapat berdampak positif untuk pengguna. Jika diperlukan, kamu juga bisa menautkannya ke halaman produk, jadi kamu bisa mengetahui seberapa banyak pelanggan yang tertarik karena melihat penjelasan perusahaan dan produk.

Contoh Company Profile yang Efektif

Di Indonesia, banyak perusahaan berkembang maupun perusahaan yang sudah stabil. Berikut beberapa contoh profil perusahaan PT yang sedang berkembang:

1. GOJEK

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa bentuk profil perusahaan bukan hanya tulisan, tapi juga bisa berbentuk video. Contoh profil perusahaan berbentuk video adalah milik Gojek yang sangat populer. 

Dalam contoh profil perusahaan PT Karya Anak Bangsa tersebut, mereka ingin memberi solusi atas masalah yang sering dialami para pengendara mobil dan motor, yaitu kemacetan. Pada akhir video, juga diselipkan pemasaran CTA (call-to-action) yang berupa ajakan untuk mengunduh aplikasi Gojek.

Contoh Profil Perusahaan 

2. Netflix

Bentuk company profile yang paling umum adalah di situs website, salah satunya milik Netflix. Kamu bisa melihat contoh profil perusahaan PT Netflix Services Indonesia di website resmi Netflix. 

Company profile sederhana ini berisi tentang perjalanan bisnis Netflix dari awal berdiri hingga saat ini. Selain itu, Netflix juga menyisipkan berbagai berita yang berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

contoh profil perusahaan

3. Cake

Cake merupakan website lowongan kerja terpercaya. Di Cake, perusahaan-perusahaan bisa membuat Company Profile dan memasang lowongan kerja secara gratis untuk merekrut karyawan.

contoh profil perusahaan
Contoh Profil Perusahaan pada Website Lowongan Kerja

Untuk merekrut kandidat dengan cepat dan efektif, kamu juga bisa menggunakan Cake Job Posting. Posting hingga 3 lowongan secara gratis di Cake.! 🎉 


Company profile sangat penting bagi sebuah perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Apalagi jika kamu sedang merekrut kandidat yang ingin bergabung dengan perusahaan. Dengan adanya profil bisnis yang jelas, maka kandidat bisa memiliki gambaran rinci tentang perusahaan.

Cake adalah situs lowongan kerja yang banyak peminatnya dengan jutaan pengguna dari seluruh Indonesia. Pasang lowongan kerja gratis untuk 3 loker pertamamu dan temukan kandidat berkualitas di Cake! Atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

--- Ditulis Oleh Rachel Vanadya ---

Kami ingin menjawab pertanyaan Anda. Dapatkan demo online yang dipersonalisasi untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen Anda:
  1. Temukan dan tarik kandidat terbaik
  2. Rekrut dalam waktu singkat
  3. Kelola proses rekrutmen Anda dalam satu sistem

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.