9 Prospek Kerja Ilmu Politik yang Menjanjikan dan Gajinya!

jurusan ilmu politik

Dunia politik kini semakin berkembang dan memiliki banyak peminat. Bagi kamu yang tertarik bekerja di dunia politik dan pemerintahan, jurusan ilmu politik bisa menjadi pilihan yang tepat, loh. 

Kuliah jurusan ilmu politik merupakan bidang ilmu yang mengkaji fenomena sosial politik sehingga nantinya mampu menerapkan teori politik ke dalam kajian masalah. Jurusan ilmu politik tidak hanya mempelajari politik di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara.

Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki daya analisis yang kuat dan mampu berpikir kritis. Mata kuliah yang dipelajari ilmu politik ini terdiri dari ilmu politik, pengantar ilmu sosiologi, pengantar ilmu antropologi, sistem politik Indonesia, Hak Asasi Manusia (HAM), dan lain sebagainya. Fakultas ilmu politik dapat memperluas wawasan kamu dan memperdalam logika berpikir.

Lalu bagaimana dengan peluang kerja lulusan ilmu politik? Apakah harus menjadi anggota pemerintahan? Sebelumnya, CakeResume akan menjelaskan lebih rinci tentang apa itu jurusan ilmu politik.

Jurusan Ilmu Politik

Apa itu jurusan ilmu politik? Apa prospek kerja dari kuliah ilmu politik? 

Apa itu Ilmu Politik?

Pada dasarnya, program kuliah ilmu politik membekali para mahasiswa teori dan praktik politik. Karena jurusan ilmu politik ini mengajarkan banyak teori tentang politik yang ada di seluruh dunia. 

Kuliah jurusan politik juga memungkinkan kamu untuk memiliki daya analisa yang kuat dalam memahami fenomena sejarah yang mempengaruhi struktur politik suatu negara. Karena mahasiswa akan dilatih untuk melakukan penelitian dan belajar bersikap kritis.

Kuliah Ilmu Politik

Untuk kamu memiliki sikap kritis dan ketertarikan terhadap struktur aspek sosial masyarakat, jurusan ilmu politik bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Lulusan ilmu politik harus mampu menerapkan ilmunya untuk kepentingan masyarakat.

Dan banyak orang mengira bahwa kuliah jurusan politik pasti akan jadi politisi, anggota partai politik, atau anggota legislatif. Padahal prospek kerja jurusan ilmu politik memiliki banyak sekali potensi karir yang cemerlang. Kamu cukup mengembangkan berbagai peluang kerja ilmu politik yang bisa kamu dapatkan.

Selama kuliah di jurusan ilmu politik, kajian yang akan sering dibahas dalam mata kuliah ilmu politik adalah demokrasi, sistem politik, birokrasi, HAM, etika sosial politik, komunikasi dan opini publik, dan ideologi politik.

✏️  Mata kuliah yang akan dipelajari:

  • Sistem Politik Indonesia
  • Sistem Perwakilan Politik
  • Pengantar Ilmu Sosiologi
  • Pemikiran Politik Indonesia
  • Pemikiran Politik Kontemporer
  • Pemikiran Politik Barat
  • Politik Kebijakan Publik
  • Perbandingan Politik
  • Ekonomi Politik
  • Pembangunan Politik dan Studi Demokratisasi
  • Metodologi Ilmu Politik
  • Perilaku Pemilih dan Lembaga Perwakilan di Indonesia
  • Globalisasi dan Politik di Indonesia
  • Hukum dan Pembangunan
  • dan lainnya.

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Politik

Mengapa jurusan ilmu politik menjadi pilihan untuk dipertimbangkan? Berikut alasannya:

  • Lulusan ilmu politik memiliki wawasan yang luas dan peka terhadap isu politik di Indonesia maupun negara lain. 
  • Jika kamu menginginkan karir linear dengan ilmu yang kamu pelajari di kamus. Karena lulusan ilmu politik sudah pasti memiliki peluang bekerja di ilmu politik.
  • Dapat berkesempatan bekerja sebagai Diplomat, dalam upaya menjalin dan merawat hubungan politik antarnegara.
  • Kamu juga bisa menjelajahi beberapa prospek kerja ilmu politik yang membutuhkan tenaga dari berbagai disiplin ilmu.
  • Mengasah kemampuan analisa dan komunikasi kamu, karena lulusan ilmu politik harus memiliki karakter tersebut.
  • Memiliki peluang kerja yang beragam, karena prospek kerja jurusan ilmu politik sangat luas dan menjanjikan.

Prospek Kerja Ilmu Politik

Kelak ketika kamu lulus dari jurusan ilmu politik, kamu akan menyandang gelar Sarjana Ilmu Politik atau S.I.P dan bisa mendapatkan jabatan atau pekerjaan yang keren. Gaji ilmu politik juga tergolong cukup tinggi, loh! Ilmu politik bisa kerja jadi apa, sih?

Jika kamu penasaran dengan prospek kerja ilmu politik, yuk simak penjelasan berikut mengenai prospek kerja ilmu politik yang bisa kamu tekuni kelak:

1. Anggota Legislatif

Menjadi anggota legislatif memang tidak dibatasi oleh ilmu dan jurusan tertentu, tetapi jika kamu memiliki latar belakang lulusan ilmu politik, kamu memiliki poin lebih di mata masyarakat. Profesi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berkontribusi untuk negara.

💰 Gaji lulusan ilmu politik sebagai anggota legislatif tergolong cukup besar. Kamu bisa mendapatkan penghasilan Rp 4.000.000 hingga Rp 7.000.000.

2. Aparat Pemerintahan

Menjadi pegawai di pemerintahan memang merupakan pekerjaan yang paling menjanjikan dari seorang lulusan ilmu politik. Kamu bisa menjadi pegawai di tingkat daerah hingga pusat. Jika kamu fokus mempelajari kuliah ilmu politik, tentu kamu akan jadi kandidat kompeten yang dapat mengurus segala hal mengenai pemerintahan.

💰 Gaji yang didapat dari ilmu politik yang menjabat sebagai aparat pemerintahan adalah Rp 4.000.000 hingga Rp 6.400.000. Gaji akan terus meningkat sesuai jabatan. Kamu juga berkesempatan mendapat tunjangan.

3. Anggota Partai Politik

Jurusan politik memang identik dengan hal yang berkaitan dengan pemerintahan, salah satunya ialah partai politik. Lulusan ilmu politik sangat jelas memiliki prospek kerja sebagai anggota politik. 

💰 Dengan bergabung sebagai anggota partai politik, kamu berpeluang memperoleh gaji mulai dari Rp 5.300.000 tergantung posisi yang kamu miliki. Sebagai anggota partai, kamu juga dapat memberikan ide dan opini untuk mendukung keberhasilan partai.

4. Pengamat Politik (Peneliti)

Peneliti atau pengamat politik memiliki peran yang cukup penting di era saat ini. Pekerjaan lulusan ilmu politik satu ini sangat dibutuhkan terutama bagi pemangku kepentingan atau stakeholders di dunia politik. Apa yang kamu amati, akan menjadi bahan referensi anggota partai politik tertentu.

💰 Gaji pengamat ilmu politik ini adalah Rp 4.000.000 hingga 9.000.000. Kamu harus memiliki daya analisa yang kuat, karena hasil penelitian kamu akan dijadikan acuan untuk mengambil keputusan di dunia politik.

5. Hubungan Masyarakat/PR

Biasa dikenal dengan sebutan Humas, merupakan salah satu profesi yang memiliki peran besar dalam menyampaikan informasi ke masyarakat. Meskipun profesi ini dapat dilakukan oleh jurusan komunikasi, lulusan ilmu politik juga bisa jadi seorang Humas. 

💰 Gaji yang bisa kamu dapatkan berkisar dari Rp 4.000.000 hingga Rp 9.000.000. Semakin banyak tanggung jawab kamu, gaji juga akan disesuaikan.

6. NGO Activists

Berbekal ilmu yang kamu miliki dari kuliah jurusan ilmu politik, bisa memberimu peluang kerja ilmu politik sebagai aktivis LSM. Jika kamu tidak ingin berada dalam partai politik atau pemerintahan, prospek kerja ilmu politik ini bisa jadi pilihan kamu.

Pekerjaan ini memiliki tujuan pelayanan terhadap masyarakat tanpa mengharapkan keuntungan. Kamu bisa memperjuangkan isu lingkungan hidup, hak asasi manusia, dan isu politik lainnya.

💰 Gaji yang kamu dapat berkisar dari Rp 3.000.000 hingga Rp 6.000.000.

7. Jurnalis bidang Politik

Profesi jurnalis juga memiliki beberapa bidang fokus tertentu, salah satunya jurnalis politik. Dengan kemampuan menulis yang baik, memiliki pemikiran kritis, prospek kerja ilmu politik ini bisa jadi pertimbangan kamu ketika kamu lulus sebagai lulusan ilmu politik.Pekerjaan ini memang tidak mudah, kamu harus betul-betul memahami masalah politik yang sedang terjadi.

💰 Gaji dari profesi ilmu politik ini berkisar dari Rp 3.500.00 hingga Rp 6.500.000 sesuai dengan tingkat kemampuan kamu menulis berita politik.

8. Dosen

Selain pekerjaan lulusan ilmu politik diatas, kamu juga bisa bekerja sebagai tenaga pengajar atau dosen. Sebagai dosen fakultas ilmu politik, tentu saja diwajibkan minimal lulusan S2 jurusan ilmu politik. Peluang kerja ilmu politik ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berkontribusi di dunia pendidikan, khususnya jurusan ilmu politik.

💰 Gaji dosen tergolong cukup menjanjikan, terlebih ketika kamu aktif membuat jurnal penelitian ilmiah. Gaji dari ilmu politik satu ini berkisar dari Rp 4.000.000 hingga Rp 15.000.000.

9. Wiraswasta

Meski sebagai lulusan ilmu politik, tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin membuka usaha sendiri dengan pendapat yang lebih besar. Selama kuliah ilmu politik, kamu tidak hanya mempelajari tentang pemerintahan dan ilmu politik saja, tapi kamu juga akan belajar mengelola sumber daya manusia. Jadi prospek kerja ilmu politik tidak terbatas dengan pekerjaan yang berhubungan dengan politik saja.


Itulah beragam prospek kerja jurusan ilmu politik yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu sedang memilih jurusan kuliah atau jika kamu merupakan lulusan ilmu politik. Ternyata, cukup luas dan menjanjikan.

Setelah kamu memahami apa itu jurusan ilmu politik dan berbagai peluang kerja ilmu politik, kamu tidak perlu khawatir mengenai peluang kerja ilmu politik di masa mendatang.

--- Ditulis oleh Rachel Vanadya ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!