9 Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia Beserta Gajinya!

Kamu calon mahasiswa dan sedang bingung menentukan jurusan perkuliahan? Atau kamu memiliki ketertarikan dalam bidang rekayasa produk di dunia industri. Atau kamu adalah mahasiswa S1 teknik kimia yang sedang berkuliah atau akan lulus, namun bingung nanti prospek kerja lulusan teknik kimia akan bekerja dimana?

Semakin berkembangnya dunia industri saat ini, peluang kerja teknik kimia pun semakin luas, lho! Sehingga lulusan jurusan teknik kimia semakin dicari oleh para rekruter. 

Selain itu, sudah banyak universitas di Indonesia yang membuka jurusan teknik kimia, bahkan di fakultas teknik jurusan teknik kimia merupakan jurusan yang paling diminati dan bergengsi.

Di artikel CakeResume ini akan dibahas mengenai bagaimana kuliah di jurusan teknik kimia dan apa saja matkul yang dipelajari di teknik kimia?

Bagaimana prospek kerja jurusan teknik kimia dan seberapa besar peluang kerja teknik kimia? Mari kita simak!

Teknik Kimia 
Kuliah Teknik Kimia 

Jurusan Teknik Kimia

Apa itu Teknik Kimia?

Jurusan teknik kimia mempelajari mengenai produksi dan pembuatan produk melalui proses kimia.

Yang dipelajari di teknik kimia termasuk merancang peralatan, sistem, dan proses untuk pemurnian bahan mentah dan untuk pencampuran, peracikan, dan pemrosesan bahan kimia.

Selain itu, kuliah di teknik kimia juga mempelajari bagaimana menerjemahkan proses yang dikembangkan di lab ke dalam aplikasi praktis untuk produksi produk komersial, dan kemudian bekerja untuk memelihara dan meningkatkan proses tersebut. 

Mahasiswa jurusan teknik kimia mengandalkan dasar-dasar utama teknik, yaitu matematika, fisika, dan kimia, serta biologi.

Kuliah jurusan Teknik Kimia?

Mahasiswa jurusan teknik kimia dituntut memiliki pemahaman dalam merancang, membuat dan mengoperasikan sistematika kerja mesin dan pabrik untuk melakukan proses kimia, biologi, atau proses terkait industri skala besar. 

Mahasiswa jurusan teknik kimia juga perlu memahami cara mengembangkan zat baru atau yang diadaptasi untuk berbagai produk dengan mempertimbangkan kelayakan ekonomi, pengelolaan sumber daya, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan dan dampak lingkungan.

Mahasiswa jurusan teknik kimia tidak hanya mempelajari teori namun juga melakukan eksperimen, sehingga perlu ketelitian dan kecermatan yang baik.

Selain mempelajari dasar-dasar ilmu seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi, adapun beberapa mata kuliah teknik kimia yang wajib dipelajari mahasiswa jurusan teknik kimia, yaitu:

  • Kimia Dasar
  • Mikrobiologi
  • Fisika Dasar
  • Kimia Analisa
  • Kimia Organik
  • Kalkulus
  • Analisa & Pengolahan Data
  • Kimia Fisika
  • Azas Teknik Kimia
  • Pengantar Ilmu Lingkungan
  • Matematika Rekayasa
  • Transfer Momentum
  • Komputasi Numerik Terapan
  • Tekno Ekonomi
  • Transfer Panas
  • Operasi Teknik Kimia
  • Ekonomi Teknik
  • Teknologi Energi dan Petrokimia
  • Sistem Utilitas Pabrik
  • Teknik Reaksi Kimia
  • Bioteknologi
  • Matematika Teknik Kimia
  • Pengendalian Proses
  • Aplikasi Teknik Kimia
  • Desain Pabrik Kimia
  • Desain Alat Industri Kimia
  • Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
  • Sintesa dan Simulasi Proses
  • Teknologi Material
  • Teknologi Pemisahan dan Pemurnian
  • Termodinamika Teknik Kimia
  • Manajemen Pabrik Kimia

Kenapa pilih jurusan Teknik Kimia?

Salah satu alasan masuk teknik kimia karena seorang yang belajar di jurusan teknik kimia dapat membantu beberapa industri dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, makanan dan energi. 

Lulusan jurusan teknik kimia dapat merancang proses produksi ini sambil tetap memperhatikan pengelolaan sumber daya, memastikan standar kesehatan dan keselamatan dipatuhi, dan melindungi lingkungan dunia.

Selain itu, alasan lainnya untuk belajar dan masuk teknik kimia adalah prospek prospek kerja jurusan teknik kimia yang menarik dan beragam, mengembangkan keahlian yang luas dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan dunia industri menjadi lebih baik lagi.

Jurusan teknik kimia menawarkan sejumlah karir yang menarik, karena keragaman pekerjaan dan keterampilan lulusan jurusan teknik kimia, sehingga dapat dipekerjakan di banyak sektor yang berbeda.

📚 Baca juga: 15 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia!

Prospek Kerja Teknik Kimia

Faktanya, peluang pekerjaan jurusan teknik kimia cukup banyak dengan gaji lulusan teknik kimia yang cukup menggiurkan, sehingga peminat jurusan teknik kimia sangat tinggi setiap tahunnya.

Jadi, teknik kimia dapat kerja apa saja? Berikut ini prospek kerja bagi lulusan teknik kimia:

1. Research and Development

Research and development atau dikenal sebagai R&D bertanggung jawab untuk melakukan penelitian dan pengujian terhadap ide dari menciptakan dan pengambangan suatu produk. 

Selain itu R&D juga bertugas dalam mendesain ulang sebuah produk, serta memiliki keterampilan analitis harus baik dan ahli dalam memecahkan masalah teknik yang kompleks.

Lulusan jurusan teknik kimia dapat berkarir sebagai R&D di bidang manufaktur, makanan dan minuman, kelistrikan, pertambangan, kosmetik dan masih banyak lagi.

💻 Spesifikasi: Sebagai mahasiswa jurusan teknik kimia yang ingin membuka peluang karir sebagai R&D, sebaiknya memiliki keterampilan komunikasi baik secara lisan maupun tertulis kepada tim, manajer, dan klien serta mampu mendokumentasikan

💰 Kisaran gaji: Rata-rata gaji R&D lulusan jurusan teknik kimia berkisar 4-9 juta rupiah per bulan, tergantung pengalaman kerja dan keterampilan.

2. Quality Control

Quality control bertanggung jawab untuk memastikan semua produk yang memenuhi standar dan kualitas perusahaan.

Tidak hanya itu, quality control juga berperan dalam menentukan standar dan kriteria yang harus dipenuhi ketika pengujian produk, serta merancang pengujian kualitas. Apabila terjadi masalah pada produk, maka bagian quality control yang akan berperan memperbaikinya sesuai SOP yang berlaku.

💻 Spesifikasi: Sehingga sebagai lulusan jurusan teknik kimia yang tertarik bekerja sebagai quality control sebaiknya memiliki ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Selain itu, memiliki kemampuan untuk mendokumentasikan data serta menganalisisnya.

💰 Kisaran gaji: Gaji rata-rata quality control per bulan berkisar 7 juta rupiah di Indonesia.

3. Industri Pangan

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan di dunia pangan, makan kuliah di jurusan teknik kimia adalah pilihan yang tepat.

Karena, industri pangan erat hubungannya dengan teknik kimia dan lulusan teknik kimia memiliki dasar pengetahuan terkait sifat fisis, mikrobiologi, dan kimia dari pangan maupun proses pengolahannya.

Bekerja di bagian industri pangan bertanggung jawab terhadap rekayasa proses pengolahan pangan yang memenuhi SOP serta pemilihan bahan baku.

Selain itu, lulusan jurusan teknik kimia di bidang ini juga bertugas memastikan proses pengolahan limbah berjalan dengan baik agar tidak mencemari lingkungan.

💻 Spesifikasi: Kemampuan menganalisis dan berinovasi sangatlah dibutuhkan untuk bidang pekerjaan ini.

💰 Kisaran gaji: Rata-rata gaji bagi lulusan jurusan teknik kimia di Indonesia sekitar 3 sampai dengan 9 juta rupiah tergantung keahlian dan pengalaman kerja.

4. Pertambangan dan Perminyakan

Lulusan jurusan teknik kimia rupanya memiliki prospek bekerja di industri pertambangan dan perminyakan karena beberapa ilmu yang dipelajari selama kuliah dapat diaplikasikan di bidang ini seperti termodinamika dan mekanika fluida.

Selain bertanggung jawab pada proses berlangsungnya pengeboran minyak, sebagai lulusan jurusan teknik kimia di bidang ini, kamu juga mempelajari bagaimana mengkalkulasi dan menganalis proses pengeboran dan pertambangan tidak menghasilkan banyak emisi yang dapat mencemarkan lingkungan.

💻 Spesifikasi: Bagi kamu lulusan jurusan teknik kimia yang ingin bekerja di pertambangan dan perminyakan, selain memiliki kemampuan fisik dan mental yang kuat, kemampuan analisis yang tepat dan akurat juga dibutuhkan.

💰 Kisaran gaji: Rata-rata gaji bulanan di bidang pertambangan dan perminyakan cukup bervariasi sesuai dengan risiko yang dijalani dan keahlian serta pengalaman, dapat berkisar 5 hingga 35 juta rupiah.

5. Process Engineering

Process engineering bertugas untuk mengolah bahan baku menjadi sebuah produk yang bermanfaat bagi kebutuhan sehari-hari atau sesuai permintaan pasar dan konsumen.

Process engineering juga bertanggung jawab dalam mendesain, mengendalikan, menerapkan, dan mengoptimalkan terkain mesin dan proses produksi dari hulu ke hilir.

💻 Spesifikasi: Sehingga, seorang lulusan jurusan teknik kimia yang ingin bekerja sebagai process engineering perlu memiliki dasar ilmu matematika dan fisika yang baik. Selain itu, memiliki ketelitian dan kecermatan yang tinggi, serta kemampuan menganalisis dan komunikasi yang baik.

💰 Kisaran gaji: Rata-rata gaji process engineering di Indonesia sekitar 15 juta rupiah perbulan.

6. Manufacturing Engineering

Manufacturing engineering bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, meneliti, dan mengirimkan hasil produksi sesuai jadwal dan SOP yang berlaku serta disesuaikan dengan anggaran yang sudah ditetapkan.

Maka, seorang lulusan jurusan teknik kimia yang tertarik bekerja sebagai manufacturing engineering setidaknya memiliki kemampuan menganalisis dan mendesain konsep dengan baik.

💻 Spesifikasi: Selain itu kemampuan dalam menyusun anggaran dan komunikasi dengan berbagai divisi juga diperlukan.

💰 Kisaran gaji: Rata-rata gaji manufacturing engineering di Indonesia per bulan sekitar 18 juta rupiah.

7. Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Bidang ini bertanggung jawab dalam merancang teknologi dan sistem yang diimplementasikan untuk mencegah, mengendalikan berbagai risiko kerusakan alam, serta pemulihan kerusakan lingkungan.

💻 Spesifikasi: Bagi kamu lulusan jurusan teknik kimia yang tertarik dengan bidang kesehatan dan keselamatan lingkungan, kemampuan menganalisis kondisi lingkungan dengan keuletan yang tinggi diperlukan. Selain itu, komunikasi sangat penting karena tidak hanya bertemu dengan divisi lain tapi juga akan berhubungan dengan masyarakat dan pemerintah.

💰 Kisaran gaji: Rata-rata gaji yang bekerja di bidang kesehatan dan keselamatan lingkungan berkisar 3 sampai dengan 12 juta per bulan.

8. Sales Engineer

Sales engineer bertugas menawarkan dan memasarkan produk dan layanan suatu industri.

💻 Spesifikasi: Bagi kamu lulusan jurusan teknik kimia yang ingin bekerja sebagai sales engineer maka kamu dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi dan wawasan terkait produk yang akan ditawarkan dengan baik. Selain itu, memiliki skill mempresentasikan produk sangat penting karena hal ini yang nantinya akan menarik minat calon konsumen.

💰 Kisaran gaji: Rata-rata gaji sales engineer berkisar 6 juta rupiah perbulan di Indonesia.

9. Dosen

Bagi kamu lulusan jurusan teknik kimia yang tertarik di bidang pendidikan, kamu dapat juga berkarir sebagai dosen di perguruan tinggi. 

Dosen tidak hanya bertanggung jawab dalam mengajar para mahasiswa/i, namun juga nantinya akan mengembangkan beberapa proyek penelitian yang kemungkinan dapat bekerjasama dengan pemerintah maupun industri.

💰 Kisaran gaji: Rata-rata gaji dosen bervariasi, tergantung mengajar di perguruan tinggi swasta maupun negeri (sebagai PNS maupun Non-PNS), namun disesuaikan dengan UMP tiap daerah.

📚 Baca juga: 10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil Beserta Gajinya!

Sebagai calon mahasiswa yang sedang memempertimbangkan untuk melanjutkan studi dimana, berkuliah di jurusan teknik kimia merupakan pilihan yang baik karena memiliki prospek pekerjaan di berbagai macam bidang dengan gaji yang cukup bervariasi.

Selain itu, bagi kamu mahasiswa S1 jurusan teknik kimia, kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik sebagai bekal mencari pekerjaan setelah lulus.

CakeResume menyediakan 50+ template CV ATS Friendly online yang mudah dan menarik untuk dibuat, GRATIS! Yuk, buat CV ATS-Friendly kamu sekarang! 🎉 

--- Ditulis oleh: Anggraeni Kumala Dewi ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!