Sales Admin: Syarat, Gaji, Prospek Kariernya [+CV]

Pekerjaan sales kerap dianggap sebagai pekerjaan yang bekerja di depan layar dan bertugas untuk berjualan atau menawarkan produk secara langsung. 

Persepsi ini tidak sepenuhnya benar, karena faktanya ada juga pekerjaan sales yang dapat dikerjakan dari balik layar, lho! Tipe pekerjaan ini dinamakan sebagai Admin Sales.

Apa saja tugas dan tanggung jawab administrasi penjualan? Skill apa saja yang perlu dikuasai? Apakah ada jenjang karier yang jelas?

Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini.

jenis-jenis pekerjaan sales admin
Jenis-jenis pekerjaan sales admin

Apa itu Admin Sales?

Sesuai dengan namanya, Admin Sales adalah profesi yang berperan penting dalam urusan administrasi penjualan. 

Sebagai orang yang bekerja di belakang layar, admin sales memiliki tugas dan tanggung jawab yang beragam, mulai dari menjawab pertanyaan pelanggan, menyiapkan dokumen, mengecek stok dan harga penjualan, memproses pemesanan, dan lainnya.

Kalau begitu apa perbedaan utama Sales dan Admin Sales?

Singkatnya, Sales adalah profesi yang berperan untuk menjangkau klien secara langsung atau melalui tatap muka, sementara admin sales bekerja di balik layar, dan mengelola administrasi untuk mendukung keberhasilan penjualan.

📚 Baca juga: 5 Perbedaan Sales dan Marketing yang Wajib Kamu Ketahui!

Apa Tugas Seorang Administrasi Penjualan?

Apa saja tugas seorang Admin Sales? Berikut adalah beberapa rinciannya:

  • Melakukan pekerjaan administrasi tim sales
  • Membantu penjualan dalam perusahaan 
  • Mengecek kelengkapan pesanan dan menjalankan proses pesanan
  • Menjawab pertanyaan dan memberi solusi atas keluhan pelanggan
  • Menyampaikan pesanan ke tim produksi dan tim gudang
  • Menyusun dan membuat laporan penjualan harian,mingguan,bulanan, atau tahunan
  • Mengatur kebutuhan tim sales
  • Mencatat data demografi konsumen
  • Membantu tim sales dalam mengejar target yang ditentukan
  • Mengecek harga dan stok persediaan

Skill yang Dibutuhkan Sales Admin

Salah satu soft skill yang dibutuhkan sales admin adalah komunikasi yang baik. Nah, apa saja hard skill lainnya yang perlu kamu kuasai untuk bisa menjalankan job desk admin sales?

1. Sales Support

Salah satu tugas sales administrasi adalah membantu tim sales untuk mencapai target penjualan, maka skill sales support sangatlah dibutuhkan oleh sales administrasi. 

Pencatatan, penerimaan telepon, dan pekerjaan administratif lainnya adalah beberapa contoh skill yang diperlukan.

Keberadaan sales support juga dapat membantu tim sales dalam melakukan penjualan dan closing, tanpa perlu pusing akan hal-hal administratif lainnya.

2.  Data Entry

Selain sebagai sales support, sales administrasi juga akan diminta untuk menginput dan menyatukan data-data pelanggan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memiliki ketelitian dalam mengoperasikan data entry.

3. Customer Service

Membangung hubungan erat dengan pelanggan merupakan tugas utama dari customer service. Sebagai sales administrasi, kamu pun berperan penting dalam hal ini. Ada berbagai cara untuk membangun hubungan yang baik dengan customer, misalnya melalui menjawab pertanyaan melalui telepon, memberi solusi praktis dan menyelesaikan masalah customer, atau memberikan layanan baik lainnya. 

Selain itu, skill customer service juga sangat dibutuhkan pada saat admin sales memproses penjualan dengan cara mengontak pelanggan.

4. CRM

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Manager, yang merupakan skill penting dalam menjaga hubungan baik dengan customer. 

Selain bertugas mencatat data pelanggan, sales admin juga perlu membangun hubungan baik dengan pelanggan dengan cara menghubungi pelanggan pada saat yang diperlukan. Inilah mengapa penting untuk memiliki skill CRM. 

5. Pelaporan Keuangan

Laporan keuangan juga merupakan skill penting lainnya yang perlu dikuasai oleh admin penjualan, karena salah satu tugasnya adalah membantu mengurusi bidang administrasi tim sales.

Prospek Karier Admin Penjualan

Dalam mendukung berjalannya sebuah bisnis, sales administrasi juga memiliki prospek dan jenjang kariernya tersendiri lho!

Berikut adalah prospek karier administrasi penjualan.

Setiap jenjang karier pastinya memiliki tugas dan tantangannya tersendiri, tidak heran jika gaji yang ditawarkan pun sangat beragam. Umumnya, pemberian gaji tergantung pada posisi dan  pengalaman kerjamu, serta lokasi kamu bekerja. 

Menurut Indeed, di Indonesia, rata-rata gaji sales admin berkisar dari Rp3,700,000 per bulannya, tentunya ketentuan di setiap perusahaan dan lokasi akan berbeda ya.

Tips untuk Menjadi Admin Sales

Nah, setelah paham akan job desk dan jenjang karir sales admin, sekarang Cake akan membagikan tips-tips penting untuk dapat bekerja sebagai sales admin.

Tips untuk menjadi administrasi sales adalah sebagai berikut:

1. Menempuh Pendidikan yang Relevan

Pendidikan adalah salah satu kunci penting untuk dapat bekerja. Jika kamu ingin menekuni bidang admin sales, bidang studi yang dapat menjadi pertimbanganmu adalah jurusan ilmu sosial, hukum, dan politik. Jurusan yang tersedia pun sangat beragam, misalnya seperti:

2. Mendapatkan Pengalaman Kerja atau Magang

Selain pendidikan formal, penting juga untuk memiliki pengalaman kerja atau pengalaman magang selama kuliah atau liburan. Selain dapat mempraktekkan langsung apa yang sudah kamu pelajari di universitas, kamu pun bisa belajar banyak hal baru lainnya secara riil. Selain itu, pengalaman kerja/magang juga dapat memperluas koneksi mu lho! 

3. Buat CV Admin Sales Menarik

Nah, tips ketiga ini juga sangat penting untuk bisa bekerja sebagai sales admin, yaitu dengan membuat CV Admin Sales yang lengkap dan menarik.

Berikut ini adalah contoh CV sales admin yang dapat menjadi referensi.

Contoh CV Sales Admin
Contoh CV Sales Admin - DIbuat di Cake

Cake merupakan platform pembuatan CV Digital yang mudah dan menarik. 100% GRATIS. Ada banyak pilihan template dan desain. Dijamin mudah dan ATS friendly! 🎉

🔑 Key Takeaways

Walaupun bekerja di belakang layar, tapi admin sales memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam perkembangan bisnis, lho!

Nah, berikut adalah beberapa poin penting dari artikel kali ini:

  • Admin sales atau admin penjualan adalah profesi yang bekerja di balik layar dan berperan penting dalam membangun hubungan baik dengan customer serta membantu tim sales mencapai target penjualan. 
  • Tugas administrasi sales sangatlah beragam, dimulai dari menjawab pertanyaan customer, menyiapkan dokumen, mengecek stok dan harga penjualan, memproses pemesanan, dan lainnya.
  • Data Entry, CMR, pembuatan laporan keuangan, ketelitian, dan kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah beberapa skill penting yang dibutuhkan untuk dapat bekerja sebagai admin sales.
  • Tips untuk bekerja sebagai sales admin antara lain adalah latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, serta CV yang baik dan menarik.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat CV, lihat berbagai contoh CV di artikel kami!

Cake adalah website untuk membuat CV terbaik yang bisa menunjukan professional branding kamu di mata HRD. Kamu bisa langsung menggunakan template CV ATS-friendly dari Cake dan download dalam bentuk PDF, 100% gratis! Selain bikin CV gratis, kamu juga bisa buat portofolio dan cari kerja dengan job portal Cake.

--- Ditulis Oleh Lydia Gavrila ---


Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.