3 Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja dan Cara Membuatnya

Pada dasarnya, segala kegiatan yang melibatkan peserta dibawah 18 tahun, akan membutuhkan surat izin dari orang tua. Hal ini dikarenakan usia 18 tahun ke bawah masih membutuhkan pengawasan orang dewasa, terutama dalam hal bekerja. 

Contohnya ketika anak SMK berusia dibawah 18 tahun, mungkin membutuhkan surat izin orang tua untuk bekerja magang. Surat izin orang tua untuk kerja merupakan sebuah persetujuan wali untuk menyerahkan tanggung jawab kepada pihak penanggung jawab, dalam hal ini merupakan tempat bekerja.

Surat izin bekerja dari orang tua menjadi salah satu bukti tertulis, terkait beberapa perusahaan atau toko yang membutuhkan pelamar usia muda. Kamu bisa simak beberapa contoh surat izin orang tua untuk bekerja, serta cara membuatnya dalam penjelasan berikut ini.

Apa itu Surat Izin Orang Tua untuk Kerja?

Surat izin kerja dari orang tua atau bisa juga disebut sebagai surat persetujuan orang tua untuk kerja, merupakan surat yang diberikan kepada seseorang yang belum genap berusia 18 tahun dan masih membutuhkan pendamping legal. Surat izin ini biasanya mencakup informasi tentang nama penerima izin, tanggal, dan juga tanda tangan orang tua yang menunjukkan persetujuan.

Tujuan membuat surat izin bekerja dari orang tua adalah untuk memberikan pernyataan bahwa orang tua telah memberikan izin kepada anaknya untuk bekerja. Biasanya surat izin ini dibutuhkan saat akan melamar pekerjaan. 

Surat izin orang tua untuk melamar kerja biasanya dibutuhkan beberapa perusahaan, terutama jika calon pekerja merupakan pelajar sekolah atau mahasiswa. Dan surat izin kerja dari orang tua ini bersifat resmi karena akan mempengaruhi keputusan perusahaan ketika merekrut. 

3 Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja

Cara membuat surat pernyataan orang tua untuk bekerja tidaklah sulit. Hal yang perlu diperhatikan adalah informasi dalam surat, apakah sudah mencakup keseluruhan informasi yang dibutuhkan. 

Berikut ini adalah contoh surat izin orang tua untuk bekerja:

1. Template Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja PDF

surat-izin-orang-tua-untuk-bekerja
Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja PDF

📥 Download Template Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja PDF

2. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

surat-izin-orang-tua-untuk-bekerja
Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

3. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja 

surat-izin-orang-tua-untuk-bekerja
Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Kerja

Cara Membuat Surat Izin Bekerja dari Orang Tua

Surat izin orang tua untuk bekerja seperti membuat surat pernyataan resmi untuk perusahaan. Jadi kamu harus benar-benar memperhatikan isi dari surat izin kerja dari orang tua.

Membuat surat izin orang tua untuk kerja bisa jadi menyulitkan, terlebih kamu yang jarang menggunakan perangkat lunak di komputer untuk mengetik dokumen. Tapi, kamu juga bisa membuat surat izin orang tua untuk bekerja tulis tangan, lho! Baik diketik maupun tulis tangan, yang terpenting adalah isi suratnya. 

Simak beberapa cara membuat surat izin orang tua untuk melamar kerja:

1. Data Diri Orang Tua

Hal yang paling utama adalah data diri orang tua. Karena surat persetujuan orang tua untuk kerja harus berisikan data dari pihak yang memberikan persetujuan, yaitu orang tua. Kamu bisa menyertakan nama ayah atau ibu, ataupun keduanya jika diperlukan. Kemudian sertakan juga tempat dan tanggal lahir, pekerjaan orang tua, dan juga alamat. 

Jadi sewaktu-waktu jika perusahaan membutuhkan data orang tua yang memberi pertanggung jawaban anak untuk bekerja, perusahaan bisa dengan mudah menemukannya. Selain itu, data orang tua juga menjadi jaminan bahwa anak benar-benar telah diberikan izin untuk bekerja. 

2. Data Diri Anak

Tujuan utama dari surat izin bekerja dari orang tua adalah memberi persetujuan kepada anak, maka biodata anak juga diperlukan. Data diri anak yang dibutuhkan berupa nama lengkap anak, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat. 

Meskipun pada umumnya anak di bawah usia 18 tahun masih tinggal bersama orang tua, namun ada beberapa alasan yang membuat anak tidak tinggal bersama orang tua. Oleh karena itu dibutuhkan juga mengisi alamat anak pada data diri anak. 

3. Perihal

Perihal merupakan bagian utama dalam isi surat izin bekerja dari orang tua. Bisa tuliskan dengan jelas tentang perizinan, contohnya untuk “melamar pekerjaan sebagai part-time/freelance di toko susu” atau “mengikuti study tour ke Istana Bogor”.

📚 Baca juga:  8 Rekomendasi Kerja Part Time untuk Menambah Penghasilan

4. Tempat, Tanggal, dan TTD 

Pada bagian terakhir, ialah informasi surat tentang dimana dan kapan surat diterbitkan, disertakan tanda tangan orang tua. Untuk tempat, tidak perlu menuliskan alamat lengkap seperti yang tertera di atas, cukup menuliskan nama kota saja. 

Kemudian diikuti dengan tanggal hari itu, dimana surat dibuat. Lalu pada bagian bawah tempat dan tanggal, disertai dengan tanda tangan orang tua yang memberi izin, lengkap dengan nama orang tua yang bertanda tangan di atas materai.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas mengenai surat persetujuan orang tua untuk kerja, ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari:

  • Surat izin orang tua untuk kerja bukan sekedar formalitas, namun sungguh-sungguh surat resmi dan formal yang ditujukan untuk instansi tempat kamu melamar kerja.
  • Surat izin kerja dari orang tua menandakan bahwa kamu berusia dibawah 18 tahun dan masih memerlukan wali legal untuk bekerja.
  • Surat izin orang tua untuk kerja terdengar sangat sederhana dan mudah, namun surat ini menjadi salah satu syarat bagi instansi ketika merekrut kandidat untuk magang atau part-time.
  • Selain memberi pernyataan, surat pernyataan orang tua untuk bekerja juga menandakan bahwa orang tua secara sadar mengetahui bahwa anaknya melamar kerja di instansi tertentu.

Cake adalah website untuk membuat CV terbaik yang bisa menunjukan professional branding kamu di mata HRD. Kamu bisa langsung menggunakan template CV ATS-friendly dari Cake dan download dalam bentuk PDF, 100% gratis! Selain bikin CV gratis, kamu juga bisa buat portofolio dan cari kerja dengan job portal atau aplikasi cari kerja Cake.

--- Ditulis Oleh Rachel Vanadya ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.