5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko beserta Contohnya

Ketika kamu melamar kerja sebagai karyawan toko, ada dua hal yang perlu kamu persiapkan, yaitu surat lamaran kerja toko dan CV karyawan toko.

Kedua hal tersebut penting untuk membuktikan kelayakan kamu dalam memperoleh posisi pekerjaan. Surat lamaran kerja toko merupakan media komunikasi pertama untuk memperlihatkan antusiasme dan kepribadian yang kamu miliki kepada pihak toko. Sedangkan CV petugas toko memberi tahu kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki.

Dalam artikel ini, CakeResume ingin memberi tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja toko yang baik dan benar. Di bawah ini juga telah disediakan berbagai contoh surat lamaran kerja toko. Yuk, tunggu apa lagi!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Toko (Struktur)

1. Tempat dan Tanggal Surat Lamaran Kerja Karyawan Toko

Saat membuat surat lamaran pekerjaan di toko, jangan lupa untuk menulis tanggal surat di buat. Hal ini sama seperti surat resmi lainnya, di mana penulisan didahulukan dengan nama kota di mana surat tersebut ditulis.

2. Nama dan Alamat Penerima Surat Lamaran Kerja di Toko

Untuk menunjukkan bahwa kamu menghormati pihak penerima surat, di mana pihak tersebut adalah instansi/ toko rekruter, penulisan nama dan alamat harus sangat diperhatikan. Gunakan “Yth.” atau “Kepada” di awal penulisan nama. Jika nama penerima surat tidak memungkinkan untuk ditemukan, kamu juga bisa menggunakan jabatan penerima surat lamaran pekerjaan di toko. 

Yth. Bapak Susanto Kristanto
Pimpinan Toko Susanto
Jl. Jend. Sudirman No. 13
Banyumas

3. Salam Pembuka

Seperti surat resmi lainnya, salam membuat surat lamaran kerja di toko ada beberapa salam pembuka yang dapat digunakan, seperti “Dengan hormat,” atau “Salam hormat,”.

4. Isi Surat

Pastinya surat lamaran kerja toko harus diisi dengan maksud dan tujuan yang jelas.. Apa saja sih yang harus ditulis di bagian isi surat lamaran kerja untuk toko?

Hal terpenting yang harus dimasukkan adalah maksud dan tujuan kamu, data diri, dan tentunya beberapa keahlian yang kamu miliki. Yuk, lihat contoh di bawah ini!

Menurut informasi lowongan pekerjaan sebagai karyawan toko yang diumumkan oleh Toko Bersatu Indonesia yang diumumkan pada website official. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Alesandro Ferdi
Tempat Tanggal Lahir : Pekanbaru, 2 November 1997
Alamat : Jl. Kota Pekanbaru III no. 17, Pekanbaru
No. Telp / email : 086524152423 / [email protected]
Pendidikan Terakhir : SMAN 2 Pekanbaru

Bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk mengisi kekosongan posisi tersebut. Dengan kepribadian yang telaten, cekatan, dan manajemen waktu yang baik, saya yakin dapat menjalankan tanggung jawab yang diberikan.

5. Lampirkan Dokumen yang Berhubungan 

Selengkap apapun surat lamaran ke toko yang kamu berikan. Banyak dokumen lain yang pastinya diminta oleh pihak rekruter. Dokumen-dokumen tersebut dapat kamu lampirkan dalam lamaran pekerjaan toko kamu dan jangan lupa untuk menyebutkan hal tersebut dalam surat lamaran kerja karyawan toko-mu!

Lampiran surat lamaran kerja di toko bisa menyerupai contoh di bawah ini:

  1. Fotocopy KTP berwarna
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Transkrip Nilai
  4. CV Karyawan Toko
  5. Pas Foto 3x4 Berwarna Terbaru
  6. Fotocopy Sertifikat yang Berhubungan

6. Penutup Surat Lamaran kerja untuk Toko 

Sebagai paragraf terakhir dalam surat lamaran pekerjaan di toko, kamu dapat menulis intensi kamu untuk melanjutkan tahap lamaran pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih dengan sungguh-sungguh.

Contoh penutup surat lamaran kerja di Gramedia:

Demikian surat lamaran pekerjaan saya untuk pihak Gramedia. Besar harapan dan keinginan saya untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yakin wawancara sehingga saya dapat menjelaskan intensi dan kemampuan saya dengan lengkap. Untuk perhatian yang telah diberikan Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih. Saya mengharapkan informasi lanjutan mengenai lamaran pekerjaan ini.

7. Nama dan tanda tangan

Untuk poin terakhir dari surat lamaran pekerjaan untuk toko, jangan lupa mencantumkan nama lengkap beserta tanda tangan kamu. Untuk bagian nama lengkap, kamu juga dapat mencantumkan gelar yang kamu punya, jika ada.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja di Toko

Periksa Kembali Syarat yang Diberikan Toko

Jangan lupa untuk membaca website/ media di mana kamu menerima lamaran pekerjaan itu dengan teliti. Sebelum menulis surat lamaran kerja di toko, pastikan semua kriteria atau syarat yang diberikan oleh pihak kantor terpenuhi.

📝 Contoh dari kualifikasi yang biasa diminta oleh pihak toko seperti:

  • Berpenampilan rapi
  • Berkepribadian ramah
  • Paham dengan produk
  • Kuat berdiri lama
  • Dapat berbahasa Inggris

Masukkan Keterampilan yang Relevan di Surat Lamaran Kerja Toko

Semakin banyak keterampilan relevan yang kamu punya menunjukkan bahwa kamu cocok untuk mengisi lamaran pekerjaan toko yang ditawarkan. Oleh karena itu, masukkan keterampilan yang kamu miliki dalam surat lamaran kerja di toko.

📝 Contoh keterampilan yang relevan:

  • Akurasi dalam berhitung
  • Memperhatikan detil
  • Manajemen waktu yang baik
  • Kemampuan berkomunikasi yang tinggi
  • Leadership skill
  • Mengatur inventory
  • Kemauan untuk belajar hal baru

Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja di Toko Kamu!

Pastikan detil kecil dalam surat lamaran pekerajaan toko kamu seperti indentasi, penggunaan tanda baca, huruf kapital, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk memeriksa kembali kohesi dan koherensi antar kalimat. Walau pun hal-hal tersebut terdengar kecil, namun pihak rekruter pasti suka orang-orang yang teliti, sehingga kesalahan kecil tersebut dapat berdampak pada impresi yang kamu berikan.

Cari Informasi tentang Toko yang Kamu Incar

Semua toko memiliki spesialisasinya masing-masing. Seperti toko kue yang berbeda dengan toko baju, tentunya spesifikasi yang mereka minta juga pasti berbeda. Ada baiknya jika kamu mencari tahu dahulu informasi seperti jenis produk yang di jual, tingkat keramaian toko, jam operasional, dan sejenisnya sehingga kamu memiliki alasan jelas mengapa kamu cocok berada di toko tersebut. Hal ini dapat disertakan di surat lamaran toko yang kamu tulis.

Serahkan CV Bersamaan dengan Surat Lamaran Pekerjaan Toko 

Seperti yang sudah di bilang di atas, salah satu komponen penting dari melamar pekerjaan selain surat lamaran pekerjaan toko adalah CV! CV toko tentnunya berbeda dengan CV lamaran pekerajaan pada umumnya. Yuk, langsung aja cek contoh CV lamaran kerja toko di bawah ini atau klik link berikut ini untuk lebih banyak Contoh CV Lamaran Kerja!

Contoh CV kerja di toko
Contoh CV Kerja di Toko - Dibuat oleh CakeResume

Mau membuat CV menarik seperti contoh diatas? CakeResume menyediakan 50+ template CV yang bisa digunakan secara gratis dan bisa download PDF. Tunggu apa lagi? 🎉

Berikutnya, CakeResume memberikan contoh surat lamaran kerja sebagai karyawan toko mulai dari surat lamaran kerja di swalayan, surat lamaran kerja di toko hp, surat lamaran kerja gramedia, surat lamaran kerja untuk toko baju, dan surat lamaran kerja penjaga toko roti. Tunggu apa lagi, mari lihat contoh di bawah ini!

 Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

Contoh Surat Lamaran Kerja di Swalayan


Depok, 9 Agustus 2021

Yth. Pimpinan Pujasari Swalayan
Jl. Raya Parung Ciputat no. 101
Bojongsari Baru
Kota Depok, 16517

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang diedarkan melalui media Instagram @LokerDepok pada 7 Agustus 2021 bahwa ada lowongan pekerjaan sebagai penjaga toko di Pujasari Swalayan. Maka dengan ini saya:

Nama
Jenis Kelamin
Tempat, tanggal lahir 
Status
No. HP
Email

: Syaiful Sohiman 
: Laki-laki
: Bojosari, 8 April 2000
: Belum Menikah
: 087625142512
: [email protected]

Bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai penjaga swalayan untuk mengisi kekosongan posisi tersebut. Saya telah memiliki pengalaman 2 tahun sebagai penjaga toko dan telah menunjukkan karakter yang sopan, ramah, dan bertanggung jawab selama masa kerja saya. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen di bawah ini:

  1. Fotocopy KTP berwarna
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Transkrip Nilai
  4. CV Karyawan Toko
  5. Pas Foto 3x4 Berwarna Terbaru
  6. Fotocopy Sertifikat yang Berhubungan

Besar harapan saya untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya untuk menjelaskan maksud, tujuan, dan potensi saya dengan jelas. Sekian surat lamaran pekerjaan saya, terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak/ Ibu.

Hormat Saya,

Syaiful Sohiman

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Karyawan Toko

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Baju 


Pekalongan, 18 Juni 2021

Kepada Manajer Zaula Indonesia
Jl. Taman Adenia XVI No. 26
Tambakharjo
Kota Semarang 50242

Dengan hormat,

Menurut informasi lowongan pekerjaan sebagai karyawan toko yang diumumkan oleh Zaula Indonesia yang diumumkan pada website official. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Jenis Kelamin
Tempat, tanggal lahir 
Alamat
No. HP
Pendidikan Terakhir

: Sofie Maimum
: Perempuan
: Semarang, 11 November 1997
: Jl. Simpang No. 3, Semarang
: 086524152423
: SMK 1 Semarang

Bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk mengisi kekosongan posisi tersebut. Dengan kepribadian yang telaten, cekatan, dan manajemen waktu yang baik, saya yakin dapat menjalankan tanggung jawab yang diberikan. Sebagai bahan pertimbangan tambahan, saya lampirkan dokumen pendukung yang meliputi:

  • Fotocopy KTP berwarna
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Transkrip Nilai
  • CV Karyawan Toko
  • Pas Foto 3x4 Berwarna Terbaru
  • Fotocopy Sertifikat yang Berhubungan

Besar harapan saya untuk dapat melanjutkan ke tahap interview. Demikian surat lamaran pekerjaan toko baju ini saya ajukan. Terima kasih atas perhatian yang Bapak/ Ibu telah berikan. Saya mengharapkan informasi lebih lanjut terkait lamaran pekerjaan saya.

Hormat Saya,

Sofie Maimun

Contoh Surat Lamaran Kerja Toko

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Elektronik

Tangerang, 7 Oktober 2021

Yth. Pimpinan Toko Jaya Ponsel
Jl. Irigasi Sipon 005 No. B5-25
Poris Plawad Utara
Tangerang 15141

Salam hormat,

Berdasarkan pengumuman lowongan pekerjaan yang disebarkan oleh akun Instagram Toko Jaya Ponsel atas kekosongan posisi penjaga konter. Maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Tempat, tanggal lahir
Alamat  
No. HP
Email
Pendidikan Terakhir
Jenis Kelamin

: Raffi Hamzah
: Tangerang, 9 Desember 1989
: Jl. Angke 2 no. 10, Jakarta
: 087635262233
: [email protected]
: D3 Ilmu Komunikasi
: Laki-Laki

Bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai penjaga konter HP di Toko Jaya Ponsel. Dengan pengalaman menjadi penjaga toko dalam 7 tahun terakhir, saya telah menunjukkan perilaku yang sopan dan dengan kemampuan untuk mengatur waktu dan mengetahui informasi produk yang saya jual. Saya yakin dapat menjadi penjaga toko yang bertanggung jawab dan sebagai bahan pertimbangan tambahan, saya lampirkan:

  • Fotocopy KTP berwarna
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Transkrip Nilai
  • CV Karyawan Toko
  • Pas Foto 3x4 Berwarna Terbaru
  • Fotocopy Sertifikat yang Berhubungan

Besar harapan saya untuk bisa bekerja bersama  di Toko Jaya Ponsel. Saya dapat menjelaskan potensi dan pertanggung jawaban yang akan saya berikan jika diberikan kesempatan untuk wawancara. Demikian surat lamaran pekerjaan toko ini saya tulis, terima kasih atas perhatian yang telah diberikan.


Hormat Saya,

Raffi Hamzah

Contoh Surat Lamaran Kerja di Konter HP

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Toko Roti

Lampiran: 6 Lembar

Bandung, 6 Mei 2021

Yth. Kepala Sidodadi Bread & Cake Store
Jl. Otto Iskandar Dinata No. 255
Kota Bandung 40241

Dengan hormat,

Bersama dengan surat lamaran pekerjaan toko  ini, saya Suzana Bilma ingin melamar pekerjaan sebagai penjaga toko di Sidodadi Bread & Cake Store sesuai dengan pengumuman pada website official tentang lowongan pekerjaan yang tersedia. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Tempat, tanggal lahir
Alamat  
No. HP
Email
Pendidikan Terakhir
Jenis Kelamin

: Bima Andreas
: Bandung, 10 Januari 1997
: Jl. Sawangan No. 2, Depok
: 087635262233
: [email protected]
: D3 Ilmu Komunikasi
: Laki-Laki

Yakin dapat menjalankan tanggung jawab yang diberikan dengan antusias yang tinggi. Dengan latar belakang pengalaman kerja di toko swalayan selama 3 tahun, saya yakin dapat meneruskan kinerja saya di Sidodadi Bread & Cake Store. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan juga:

  • Fotocopy KTP berwarna
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Transkrip Nilai
  • CV Karyawan Toko
  • Pas Foto 3x4 Berwarna Terbaru
  • Fotocopy Sertifikat yang Berhubungan

Besar harapan saya untuk dapat bertemu Bapak/ Ibu secara langsung dalam proses wawancara untuk memberi tahu kemampuan saya secara lebih lanjut. Saya mengharapkan informasi lebih lanjut mengenai lamaran pekerjaan saya. Atas waktu dan pertimbangan yang Bapak/ Ibu telah berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Suzana Bilma


Surat Lamaran Kerja di Toko Roti

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko Tulis Tangan Berbahasa Inggris

Dear Sir/ Madam:

I am writing this letter to announce my interest in applying for the shopkeeper position in your reputable store branch, Gramedia in Mal Ciputra. I have several experiences throughout these past 7 years that I believe will bring advantages to your store. I am a dedicated employee who has shown a strong work ethic and am likable by both my workmates and customers. 

Highlights of my experiences include: 

  • Overseeing operations and 10+ team members in Paperclip Alam Sutera Mall
  • Developing a reputation among coworkers and upper management for strong leadership skills.
  • Ensuring a clean and safe working environment for both employees and customers.
  • Identifying and resolving a variety of issues that affect the workplace and customer happiness, resulting in increased staff morale and customer retention.

I believe that I can utilize my knowledge and my work experience to adapt to your store fastly as I have a big desire to learn new things. I know I am fully capable of performing the duties of this position and would be open to further discuss my qualifications with you in person. Please feel free to contact me at your earliest convenience to set up an interview. Once again, thank you for your time and consideration.

Sincerely,

Juan Alva

Dengan contoh-contoh surat lamaran di toko diatas, pastinya kamu sudah mempunyai gambara cara membuat surat lamaran kerja ke toko mu! Ingat ya, setiap surat lamaran pekerjaan toko perlu dibedakan berdasarkan syarat-syarat yang telah diberikan. Selamat mencoba!

CakeResume merupakan CV builder dimana kamu bisa buat dan download CV PDF secara gratis. Yuk, kirim berkas lamaran kerja beserta CV kamu. 🎉

--- Ditulis Oleh Elizabeth Odelia Salim ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Feb 7th 2023

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...