Setelah lulus kuliah dan mendapatkan gelar “fresh graduates”, kebanyakan orang ingin memasuki dunia pekerjaan, cari pengalaman dulu lah, begitu alasannya. Pastinya akan banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mencari pekerjaan pertama. Selain mempersiapkan CV lamaran kerja untuk fresh graduates, surat lamaran kerja juga dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. 

Mungkin surat lamaran pekerjaan terdengar asing bagi fresh graduates dan kalian belum tau apa gunanya.

Apa sih surat lamaran kerja dan kegunaannya untuk fresh graduates?

Surat lamaran kerja adalah dokumen yang diperlukan seorang pelamar kerja, baik fresh graduates maupun yang sudah berpengalaman untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja yang baik dan benar biasanya terdiri dari 1 halaman yang berisi tentang data diri, motivasi melamar pekerjaan, keterampilan yang dimiliki dan dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja dapat diartikan sebagai dokumen pengantar yang dibaca rekruter untuk melanjutkan proses lamaran. Untuk itu, surat lamaran kerja yang menarik dibutuhkan untuk membedakan kandidat satu dengan lainnya.

Perbedaan surat lamaran pekerjaan untuk fresh graduates dan senior terletak di keterampilan dan lampiran yang ditulis. Pastinya, orang yang sudah memiliki lamaran pekerjaan akan memiliki lebih banyak keterampilan dan bukti surat keterangan kerja, namun meskipun tidak ada pengalaman, kalian tetap bisa membuat surat lamaran kerja fresh graduates yang baik dan benar. 

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja untuk fresh graduates?

Jawabannya dapat kalian temukan di artikel ini! Kami akan mengajarkan cara membuat surat lamaran kerja untuk fresh graduates secara detail dan memberikan contoh surat lamaran kerja fresh graduates yang lengkap.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Setelah mengetahui pentingnya surat lamaran pekerjaan untuk melamar kerja, para fresh graduates harus tau bagaimana membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

📝 Dibawah adalah beberapa bagian penting yang harus ditulis dalam surat lamaran pekerjaan untuk mahasiswa baru lulus:

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Tujuan surat: nama penerima, nama perusahaan dan alamat
  3. Salam pembuka
  4. Isi surat (motivasi, data diri, keterampilan)
  5. Dokumen yang dilampirkan
  6. Penutup
  7. Salam penutup
  8. Nama dan tanda tangan

Setelah mengetahui bagian yang harus ada pada format surat lamaran kerja untuk fresh graduates, yuk perhatikan apa yang harus pada setiap bagian surat lamaran kerja. 

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

Hal pertama yang dibuat saat menuliskan surat pada umumnya adalah menuliskan tempat dan tanggal surat tersebut ditulis pada pojok kanan atas. Begitu juga saat membuat surat lamaran kerja untuk fresh graduates, tuliskan tanggal dan tempat penulisan surat.

Contoh penulisan tanggal pada surat lamaran pekerjaan:

Jakarta, 13 Agustus 2021

2. Tujuan Surat

Selanjutnya, cantumkan nama dan alamat penerima surat lamaran kerja fresh graduate yang kamu buat. Tuliskan nama penerima surat, nama perusahaan dan alamat perusahaan.

Contoh penulisan tujuan surat pada surat lamaran kerja:

Yth.Ibu Mariana Situmorang
HRD Manager PT. Sidomuncul 
Jl. Ketapang Barat 32
Tanggerang

💡 Tips: Jika tidak mengetahui nama orang yang dituju, bisa langsung menuliskan nama perusahaan. Penulisan “Yth” bisa digantikan dengan “Kepada” ditambah nama perusahaan.

Jika mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, dapat mengirimkan dengan format berikut:

To: Alamat email perusahaan yang tertera di lowongan pekerjaan
Subject: Posisi Lowongan - Nama 

Contoh penulisan tujuan surat pada surat lamaran kerja via email:
To: [email protected]
Subject: Human Resources - Mutiara Adinda

3. Salam Pembuka

Sama dengan surat lamaran kerja pada umumnya, saat menulis lamaran kerja untuk fresh graduates, awali isi surat dengan memberikan salam untuk pembaca surat. Jika menuliskan dalam bahasa Indonesia bisa menggunakan “Dengan hormat”, jika menuliskan dalam bahasa inggris, ada beberapa opsi yang dapat dipilih seperti “Dear” dan “To whom it may concern”.

4. Isi Surat

Bagian selanjutnya adalah bagian yang menjelaskan diri kamu lebih dalam. Bagian ini sangat penting dan personal, bisa dibilang highlight  dari surat lamaran kerja yang harus dibuat semenarik mungkin. Pada bagian isi surat lamaran kerja untuk fresh graduates kalian bisa menuliskan:

  • Motivasi melamar kerja: jelaskan maksud penulisan surat ini dan darimana mengetahui lowongan kerja
  • Data diri: menuliskan biodata diri yang sesungguhnya seperti nama lengkap, tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat, nomor HP dan juga alamat email. Beberapa orang juga menambahkan informasi seperti agama, status pernikahan dan jenis kelamin pada bagian data diri. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  • Keterampilan: Tak lupa akhiri dengan satu sampai dua kalimat yang menjelaskan tentang kemampuan dan pengalaman yang kalian miliki. Jelaskan mengapa kalian adalah orang yang cocok untuk mengisi lowongan tersebut.

💡 Tips untuk fresh graduates:

Meskipun belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kalian bisa menuliskan soft skill ataupun hard skill kalian yang cocok dengan lowongan pekerjaan. Tuliskan hanya beberapa yang paling relevan secara singkat pada surat lamaran kerja.

Contoh isi surat lamaran kerja fresh graduates:

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan di jobstreet mengenai PT Astra International yang membuka lowongan Sekretaris, melalui surat ini saya ingin melamar untuk mengisi kekosongan posisi tersebut. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama 
Agama
Tanggal Lahir
Pendidikan Terakhir
No.Telp
E-mail 

: Adinda Kanawi
: Islam
: 19 November 1999
: S1 Administrasi
: 097584849192
: [email protected]

Saya adalah orang yang teliti, dapat berkomunikasi dengan baik dan multi-tasking. Saya juga pernah menjadi sekretaris selama 2 tahun di organisasi kampus. 

5. Daftar dokumen yang dilampirkan

Setelah menuliskan motivasi dan segala keterampilan yang dimiliki, lampirkan juga dokumen persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti dokumen administrasi.

Contoh lampiran pada surat lamaran pekerjaan fresh graduates:

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan dokumen administrasi:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Fotokopi Sertifikat Bahasa Inggris
  5. Fotokopi Sertifikat Pelatihan Microsoft Office
  6. Pas Foto

📝  Catatan:

Setiap perusahaan membutuhkan persyaratan yang berbeda-beda. Pastikan kamu sudah membaca persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan lampirkan dokumen yang diminta. Contohnya barista membutuhkan sertifikat dari LSP dan desk collection membutuhkan sertifikat dari AFPI.

6. Penutup

Setelah selesai menulis isi surat dan menuliskan kelengkapan dokumen, jangan lupa untuk menuliskan penutup surat. Tutup surat lamaran kerja untuk fresh graduate dengan menyebutkan harapan untuk bisa melanjutkan proses perekrutan dan ucapan terima kasih kepada rekruter untuk waktu yang diluangkan. 

Contoh penutup surat lamaran kerja fresh graduates:

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Besar harapan saya untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Atas perhatian dan waktu yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

7. Salam penutup

Bagian terakhir dari surat lamaran kerja untuk fresh graduates adalah salam penutup. Biasanya dalam bahasa Indonesia ditutup dengan “Hormat saya”, jika dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris bisa menuliskan “Best regards” atau “Yours sincerely”. 

Contoh salam penutup lamaran kerja untuk fresh graduates:

Hormat saya,

Adinda Kanawi

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

✅  Tonjolkan skill yang relevan

Sebelum membuat surat lamaran kerja, baca dulu lowongan kerja dengan teliti. Lihat apa saja keterampilan apa yang dibutuhkan. Jika kamu memiliki keterampilan yang dicari oleh posisi tersebut, jangan lupa tuliskan pada lamaran pekerjaan.

Pada surat lamaran kerja fresh graduate, kamu bisa menjelaskan skill dan prestasi yang dimiliki dalam 1 paragraf. Secara singkat, ceritakan keterampilan dan pencapaian saat berkuliah dulu yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

✏️ Contoh skill yang bisa ditulis pada surat lamaran kerja fresh graduates bahasa Inggris:

  • Soft skills: communication, time-management, problem-solving, team work, critical thinking, leadership, detailed-oriented
  • Hard skills: SQL, Microsoft Excel, Python, Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Data Analysis, Language Skills

Pilih soft skill dan hard skill yang sesuai dan dibutuhkan oleh lowongan pekerjaan tersebut.

Contohnya:

Saya merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan Matematika Terapan dengan IPK 3.22. Saya terbiasa menggunakan bahasa program seperti SQL, Phyton ataupun R untuk mengolah data. Saat berkuliah saya juga tergabung menjadi senat kampus untuk meningkatkan kemampuan leadership saya.

✅   Jelaskan mengapa kamu adalah kandidat yang cocok untuk posisi tersebut

Pastinya saat melamar pekerjaan, kamu memiliki alasan tersendiri mengapa kamu mau melamar pekerjaan tersebut. Begitu juga dengan rekruter yang akan menerima lamaran yang masuk, pasti ada suatu hal di diri kandidat tersebut yang membuat manajer tersebut menerimanya.

✏️ Bagaimana cara agar surat lamaran fresh graduates bisa menarik hati rekruter?

  • Pahami visi misi perusahaan

Kenali visi misi dan nilai atau budaya yang dianut perusahaan. Tuliskan juga nilai-nilai yang kamu anut secara pribadi yang cocok dengan nilai perusahaan

  • Observasi perkembangan perusahaan

Baca berita baru tentang perusahaan. Apakah perusahaan akhir-akhir ini sedang mengalami pertumbuhan, mendapatkan pendanaan dari perusahaan lain atau berita lainnya.

  • Jelaskan motivasi kamu melamar pekerjaan tersebut

Setelah mengetahui visi-misi dan juga arah perkembangan perusahaan, jelaskan mengapa kamu ingin melamar di perusahaan dan posisi tersebut. Tuliskan apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan secara singkat dan jelas.

✅  Lampirkan CV bersamaan dengan surat lamaran kerja

Saat melamar suatu pekerjaan, CV dan surat lamaran pekerjaan itu dikirimkan bersamaan. Tidak lengkap jika hanya mengirimkan CV ataupun surat lamaran saja. Di bawah adalah contoh CV lamaran kerja untuk fresh graduates yang bisa dijadikan sebagai referensi:

CV fresh graduate
CV Fresh Graduate + Dibuat di CakeResume

Mau buat CV fresh graduates yang keren seperti di atas? Jangan bingung, klik saja tombol disamping dan buat CV sekarang, GRATIS! 🎉

✅  JUJUR

Memang kebanyakan recruiter atau hiring manager menilai seseorang dari pengalaman kerjanya. Namun, bukan berarti kamu harus berbohong untuk memikat hati rekruter. Tuliskan semua hal di surat lamaran kerja dan CV fresh graduates secara jujur. Kalau bohong, toh semua akan ketahuan saat interview atau masa awal probation.

Mencari pekerjaan itu seperti mencari jodoh, tidak semua pekerjaan akan cocok denganmu. Namun, pastinya ada pekerjaan yang akan menerima kamu apa adanya asalkan kamu memberikan yang terbaik dan mau terus berubah menjadi lebih baik.

✅  Periksa semua kelengkapan dokumen

Sangat penting sekali untuk memeriksa surat lamaran kerja ataupun CV yang dibuat. Tips ini bukan hanya untuk fresh graduates, namun juga untuk semua orang yang ingin melamar kerja. Mengapa?

Surat lamaran kerja adalah pertemuan pertama dengan rekruter ataupun hiring manager. Jika di awal sudah membuat kesalahan, bagaimana meyakinkan rekruter bahwa kamu adalah orang yang bisa diandalkan?

❗ Untuk itu periksa beberapa kali sebelum mengirimkan lamaran kerja. Jangan buru-buru dan cek terlebih dahulu.

5+ Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Jakarta, 13 Mei 2021

Kepada
Pimpinan HRD Bank BRI
Jl. Kusumonegoro 3 No 4
Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan lowongan pekerjaan dari dari Bank Mandiri yang dipasang di glints.com. Saya mengajukan diri untuk bergabung dalam tim Anti Fraud di Bank BRI. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama Lengkap
Tanggal lahir
Pendidikan terakhir
Agama
Alamat
No. telp
Alamat email

: Lisda Pratiwi
: 6 Mei 1998
: S1 Keuangan i
: Islam  
: Jl. Bogor Raya 13 No 49
: 081818189200
: [email protected]

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Saya adalah seorang yang berorientasi pada detail, memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik.  Saya juga memiliki pengalaman bekerja di salah satu finansial teknologi sebagai Anti Fraud Intern. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen administrasi sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Ijazah S1 dan Transkip Nilai
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotokopi Surat Keterangan Magang
  5. Pas Foto

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan keadaan yang sesungguhnya. Besar harapan saya untuk bisa membahas kualifikasi yang saya miliki lebih lanjut. Atas perhatian dan waktu yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lisda Pratiwi

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate S1 Akuntansi

Makassar, 20 Maret 2020

Yth.
Bapak Fajar Alvin
Manager Operasional PT. Indah Bintang
Jl. Imam Bonjol 30
Makassar
Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap
Tanggal lahir
Pendidikan terakhir
Alamat
No. HP
No. telp
Alamat email

:  M. Abdullah
: 30 Oktober 1998
: Belum menikah
: SMK
: Jl. Gedong Gincu No 30, Makassar
:  0987 8383 7777
: [email protected]

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pekerjaan di PT. Indah Bintang sebagai staff akuntan. Saya lulusan Universitas Brawijaya dengan IPK 3.4 dan memiliki pengalaman sebagai bendahara organisasi kampus. Saya adalah orang yang teliti, bertanggung jawab dan dapat bekerja dibawah tekanan. Kondisi saya saat ini sehat secara jasmani dan rohani. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen persyaratan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Sertifikat Ijazah S1
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Pas Foto Berwarna 3x4
  5. Fotokopi Sertifikat Microsoft Excel

Demikian surat permohonan lamaran pekerjaan yang saya ajukan. Saya harap dapat melanjutkan proses lamaran kerja ke tahap selanjutnya. Atas perhatian dan waktunya saya ucapkan terima kasih.

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate untuk Perawat

Jakarta, 12 September 2021

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 9 lembar

Kepada
Kepala HRD RS Bethsaida Serpong
Jl. Boulevard Gading Serpong No 29
Tangerang

Dengan hormat, 

Sehubungan dengan adanya lowongan kerja di RS Bethsaida Serpong sebagai Perawat Jaga, dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja. Berikut data diri saya:

Berikut ini data pribadi mengenai saya yang bertanda tangan dibawah ini: 

Nama Lengkap
Tempat/Tanggal lahir
Jenis Kelamin
Agama
Pendidikan Terakhir
Status
No.Telp

: Desi Amiliya
: 13 Maret 1995
: Perempuan
: Kristen
: DIII Keperawatan
: Belum menikah
: 08123452341

Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan dokumen sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi surat keterangan sehat 
  3. Fotokopi Ijazah DIII Keperawatan
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Daftar Riwayat Hidup
  6. Fotokopi Kartu Kuning
  7. Fotokopi SKCK
  8. Pas Foto terbaru
  9. Fotokopi sertifikat pelatihan khusus

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Besar harapan saya agar Bapak/ Ibu bisa memberikan kesempatan wawancara agar saya bisa menjelaskan kualifikasi yang saya miliki lebih detail. Atas perhatian dan waktu yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Desi Amiliya

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate

September 27, 2021

Andri Jatmiko
Director of Human Resources
Ruang Guru
Jl. Karet Tengsin No 21, Sudirman
Jakarta

Dear Mr. Andri,

I would like to apply for the role of Social Media Marketing Specialist at RuangGuru. When reviewing the job post, I was excited to find out how well your requirements match what I offer as a professional. Therefore, I submitted my application as I believe that I could bring great contributions to your team and company.

I am a Prasetya Mulya Graduate with a Bachelor’s degree in Business. Marketing became my favorite subject back then because I feel more connected to it and experience it every day. At the university, I also participated in many activities such as winning the Business Competitions, becoming one of the committees for TEDxCampus, and winning the Dean’s award for achieving exceptional academic awards.

Furthermore, I had my internship experience at Shopee for over three months. My responsibilities in this role include creating an effective campaign for 9.9 shopping day, observing the latest trends in the market, producing daily content for social media, and analyzing social media data. Throughout the years, I have demonstrated numerous times that I can work in teams as well as individually, am a creative and analytical person, and can cope with stress and pressure working on tight deadlines.

As I look to dive into a full-time career in Social Media Marketing, there is no better way for me to build on my skills than with RuangGuru, one of the leading ed-tech in Indonesia. I appreciate the time you are taking to read my application. Don’t hesitate to reach me by Whatsapp 0872 3838 3000 or email me at [email protected] to discuss more about my qualifications. Looking forward to hearing from you!

Sincerely,

Ria Yustika

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate via email

To :   [email protected]
Subject : Copywriter - Laraswati

Dear Hiring Manager,

I’m Laraswati. I am so excited to see the advertisement for the Copywriter position at Ajaib Investment. I have been a freelance writer for the past 3 years and I am interested in investing. I look forward to bringing my talent for creating compelling stories to educate more Indonesians about investing and increasing their financial literacy. 

My interest in investing began last year when the stock price plummeted due to COVID. Many people think that this is the right time to start investing and I began to follow the news and try investing myself. Due to the lack of high-quality Indonesian investing-related content, I always search for the English version. I feel like there’s a need for a high-skilled copywriter to step into the market and educate many curious Gen Z and Millenials just like I am.

Other than that, while pursuing my Bachelor's Degree in Universitas Multimedia Nusantara, I have developed strong analytical and story-telling skills, as well as an eye for detail. I served as chief editor for UMN’s monthly magazine and have been involved in producing the campus monthly activities on the website. 

Here are some of my key achievements that may help you in your decisions:

  • I hold online certificates in Copywriting 101, SEO Experts, and Story-telling techniques
  • I have written more than 50 articles in Bahasa and English on various topics such as education, technology, and startup.
  • I have been nominated as “Most Favorite Writer 2020” by Universitas Media Nusantara

I’ve enclosed my resume. I appreciate the time that you are taking to consider me as a Copywriter for Ajaib Investment. I look forward to learning more about the company and I am excited to grow with the company.

Yours sincerely,

Laraswati

Setelah membaca lebih dari 5 contoh surat lamaran kerja bagi fresh graduates, apa lagi yang kalian tunggu? Ayo buruan buat surat lamaran kerja beserta dengan CV untuk melamar ke perusahaan yang kalian inginkan sekarang! Jika ingin tahu bagaimana cara membuat CV untuk fresh graduates yang baik dan benar, bisa membaca artikel ini.

Selamat melamar kerja fresh graduates, good luck!

Setelah surat lamaran kerja fresh graduate selesai, yuk bikin CV Lamaran Kerja fresh graduate dengan CakeResume, tersedia berbagai macam template menarik, 100% Gratis! 🎉

--- Ditulis Oleh Jane Setiady ---


CakeResume
contributor

CakeResume

With the intention of helping job seekers to fully display their value, CakeResume creates an accessible free resume/CV/biodata builder, for users to build highly-customized resumes. Having a compelling resume is just like a piece of cake!

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume