Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing
Contoh Surat Lamaran Kerja Marketin - Dibuat oleh CakeResume

Sudah lulus dan sedang mencari pekerjaan? Atau mungkin ingin mencari tantangan di tempat yang baru? Prospek di bidang marketing sangatlah menjanjikan. Mulai dari marketing tradisional hingga karir di bidang digital marketing yang belakangan sedang melesat. 

Terlepas di bidang marketing manapun, Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran pekerjaan marketing yang berkualitas adalah sebuah keharusan. Sebelum memasarkan produk apapun, kandidat harus dapat memasarkan dirinya sendiri kepada perusahaan. Dan surat lamaran marketing adalah pintu pertama bagi perusahaan untuk mengenal kandidat. 

Surat lamaran kerja sales marketing seperti apakah yang menarik bagi HRD perusahaan? Berikut Cake Resume merangkumkan cara menulis lamaran kerja marketing yang baik, beserta 3 contoh surat lamaran pekerjaan marketing yang baik dan benar bagi job seekers!

📚 Bacaan lanjutan:  20+ Pertanyaan Interview Kerja Paling Sering Muncul [+Jawaban]

8 Hal Wajib dalam Surat Lamaran Kerja Bagian Marketing

Kedelapan unsur ini harus ada dalam surat lamaran kerja marketing. Kehilangan salah satu dari hal ini akan membuat surat lamaran marketing Anda terasa kurang lengkap. Sebelum mengirimkan, pastikan semua unsur ini sudah ada dalam surat lamaran kerja marketing Anda.

1. Hari, Tanggal, dan Tempat

Bukalah lamaran kerja marketing dengan mencantumkan  hari, tanggal, dan kota penulisan surat pada di bagian dari surat lamaran pekerjaan marketing tersebut. 

Contoh Hari, Tanggal, dan Tempat Surat Lamaran Kerja Marketing:

Palembang, 23 Agustus 2021.

2. Nama dan Alamat Penerima Surat 

Selanjutnya, tuliskan dengan jelas kepada siapa lamaran kerja marketing tersebut dialamatkan. Bila pada pengumuman lowongan ada nama penanggung jawab, tujukan surat lamaran pekerjaan marketing kepada orang tersebut. 

Contoh:

YTH. Kepala Tim Marketing Sido Muncul Ibu Martha Kristina Tiahahu

Jalan Sam Ratulangi no. 35, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

3. Pembuka 

Tambahkan salam untuk memulai lamaran pekerjaan marketing. Setelah itu, lanjutkan dengan menuliskan maksud surat untuk melamar.

Contoh: 

Salam Hormat,

Dengan surat ini saya ingin melamar untuk posisi Assistant Brand Manager PT. Unilever Indonesia. 

4. Data Diri

Pada bagian data diri dalam surat lamaran kerja marketing, tuliskan informasi pribadi yang terkait dengan posisi yang dilamar. Data pribadi lamaran kerja marketing dapat ditulis dalam bentuk tabel biodata maupun dalam bentuk paragraf. 

Contoh:

Berikut saya sertakan data pribadi. 

Nama                          : Purnama Nawastu
Tempat, tanggal lahir : Banjarmasin, 14 April 1999
Jenis Kelamin             : Pria
No. HP                        : 08131907038

5. Kualifikasi

Setelah menyebutkan beberapa info data diri di bagian sebelumnya, pada bagian kualifikasi lamaran pekerjaan marketing ini kandidat bisa menjelaskan lebih jauh pengalaman dan kemampuan yang didapat pada pekerjaan sebelumnya.

Ingat, surat lamaran pekerjaan marketing bukan untuk memberitahu perusahaan tentang identitas kandidat. Pencari kerja mengirimkan lamaran kerja marketing untuk meyakinkan perusahaan bahwa dialah kandidat terbaik untuk posisi yang dilamar.

Karena itu, jangan hanya menceritakan tentang pengalaman. Sebaliknya, cobalah untuk menunjukkan pencapaian dengan menambahkan data kuantitatif sebagai bukti. Hal ini akan memperkuat surat lamaran kerja marketing milik kandidat.

Contoh:

Sebagai seorang alumni Eksekutif Marketing di Nestle yang bertanggung jawab untuk merek Dancow, saya terlibat dalam proyek-proyek untuk membangun brand image Dancow sebagai susu terbaik bagi anak-anak Indonesia. Pengembangan brand ini dikerjakan dengan melibatkan baik media tradisional seperti TV dan majalah, maupun saluran-saluran modern seperti media sosial. Hasilnya, brand recognition Dancow di kalangan orang tua muda meningkat sebanyak 45%.

Pengalaman dan kemampuan inilah yang ingin saya terapkan dalam skala yang lebih besar di PT. Unilever Indonesia. 

📚 Bingung tulis skill apa di CV?:  100+ Contoh Soft Skill & Hard Skill dalam CV (untuk 15 Pekerjaan)

6.  Daftar Dokumen Lampiran

Sebagai dokumen pendukung lamaran pekerjaan marketing, lampirkan pula dokumen-dokumen terkait. Bagi Fresh Graduate, wajib disertakan. Sebaliknya bagi pelamar yang sudah berpengalaman, dapat melampirkan sertifikat-sertifikat sebagai pelengkap lamaran kerja marketing.

Untuk lamaran pekerjaan marketing Bahasa Indonesia, umumnya semua nama dokumen yang dilampirkan akan dicantumkan. Namun, untuk surat lamaran marketing Bahasa Inggris, tidak perlu menuliskan dokumen yang dilampirkan.

Contoh:

Berikut ini saya lampirkan dokumen terkait sebagai berikut.

  1. CV
  2. Fotokopi ijazah Fakultas Bisnis Universitas Pelita Harapan
  3. Insead University Masterclass: How to Market a Product

7. Penutup

Setelah menulis detail lampiran, akhirlah surat lamaran kerja marketing dengan mengucapkan terima kasih. 

Contoh:

Demikianlah surat lamaran kerja marketing saya. Terima kasih atas waktu Ibu Martha untuk mempertimbangkan lamaran kerja marketing saya. Besar harapan saya untuk dapat diwawancara untuk posisi Brand Manager ini.

8. Nama dan Tanda Tangan

Lamaran kerja marketing adalah sebuah surat formal. Karena itu, pada bagian akhir surat lamaran marketing cantumkanlah nama dan bubuhkanlah tanda tangan. 

Tips Surat Lamaran Pekerjaan Marketing

Setelah memastikan surat lamaran kerja marketing sudah memiliki semua unsur tadi, tambahkanlah beberapa hal ini untuk membuat lamaran kerja marketing Anda menjadi lebih menonjol.

✅ Tips #1: Menuliskan Marketing Skills

Serupa dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya, pekerjaan di bagian marketing juga menuntut banyak keahlian. Pastikan untuk menuliskan keahlian-keahlian terkait di surat lamaran marketing Anda. 

Selain karena lebih menarik bagi HRD perusahaan, menuliskan kemampuan terkait marketing juga membantu agar cover letter lolos seleksi software. Banyak perusahaan besar yang menggunakan software ATS untuk melakukan seleksi pertama surat lamaran marketing. Menggunakan kata kunci terkait marketing bisa menambah nilai lamaran kerja marketing kandidat di “mata” software ATS.

📚 Bacaan lanjutan:  Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Screening

Contoh kemampuan untuk dituliskan dalam lamaran kerja  Marketing:

✏️ Hard Skills

  • Riset Keyword
  • Analisis Data
  • WordPress
  • Google Ads
  • SEO Blogging
  • Instagram/Facebook Ads

✏️ Soft Skills

  • Kreativitas
  • Kuriositas
  • Komunikasi
  • Perhatian terhadap detail
  • Bekerja dalam tim
  • Problem solving

✅ Tips #2: Memberikan Bukti dalam Bentuk Angka

Saat menyebutkan pengalaman kerja sebelumnya dalam surat lamaran kerja marketing, usahakan untuk memberi bukti dalam bentuk angka. Hal ini dapat menjadi bukti konkret bahwa kandidat memiliki performa yang baik di pekerjaan sebelumnya.

Contoh Bukti Angka dalam Lamaran Kerja Marketing:

Pada saat saya bekerja di Perusahaan Arwana Citramulia, saya dipercaya untuk membangun citra bagi lini produk keramik yang baru. Dalam 8 bulan, brand recognition meningkat 75% yang dibuktikan dengan banyaknya permintaan untuk produk tersebut pada toko-toko mitra Arwana Citramulia.

✅ Tips #3: Menyertakan Curriculum Vitae (CV) Bersama Surat Lamaran Kerja Marketing

Tak ada lamaran kerja marketing yang akan lengkap tanpa disertai CV Marketing. Malah dapat dikatakan bahwa surat lamaran kerja marketing adalah pelengkap bagi CV Marketing.

Berikut contoh CV lamaran kerja marketing dari CakeResume:

Contoh CV Marketing
Contoh CV Marketing + Dibuat di CakeResume

Mau membuat CV Marketing menarik seperti contoh CV diatas? CakeResume menyediakan 50+ template yang bisa di download sebagai PDF, 100% Gratis 🎉

📚 Baca juga 5 Contoh CV Marketing Menarik Perhatian Rekruter untuk contoh CV marketing Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Atau buat CV-mu GRATIS di Cake Resume.

Sudah paham cara membuat surat lamaran kerja marketing? Simak 3 contoh lamaran kerja marketing berikut ini sebelum menuliskan surat lamaran kerja Marketing Anda.

3 Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Marketing

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Staff Marketing

Ketika melamar pekerjaan marketing, kandidat yang baru menamatkan kuliah umumnya akan masuk sebagai staf terlebih dahulu. Surat lamaran kerja marketing bagi kandidat tanpa pengalaman kerja dapat menitikberatkan pada pencapaian akademis dan organisasi. Dapat juga menambahkan kemampuan yang terkait marketing dalam lamaran kerja marketing.

Simak contoh surat lamaran kerja untuk marketing bagi staf Fresh Graduate ini

Palembang, 22 Desember 2021

Kepada Tim HRD Pupuk Sriwijaya
Di Jalan Raya Mutiara Boulevard no. 23
Palembang, Sumatera Selatan

Salam Sejahtera, 

Bersamaan dengan surat ini, saya ingin melamar untuk posisi staf marketing. Saya melihat lowongan ini di Rubrik Kerja Harian Seputar Indonesia dan saya tertarik untuk membangun karir saya di Pupuk Sriwijaya.

Berikut saya sertakan data pribadi. 

Nama
Tempat, tanggal lahir
Pendidikan Terakhir 
No. HP
Jenis Kelamin
Status

: Ponaryo Rusdianto
: Palembang, 14 Juli 1994
: S1 (Strata satu)
: 081343270134
: Laki-laki
: Belum Menikah

Sebagai mahasiswa jurusan Bisnis, saya mengambil banyak mata pelajaran terkait pemasaran. Pada pelajaran Digital Marketing saya mendapat tugas untuk membuat sebuah akun media sosial dan mengkampanyekan gerakan hidup sehat. Akun Instagram yang saya buat berhasil mendapatkan 10,000 followers secara organik dalam waktu 6 bulan. 

Selama berkuliah, saya mengikuti himpunan mahasiswa Fakultas Bisnis dan sempat menjadi kepala Divisi Pengembangan. Proyek terbesar yang saya tangani ialah membuat usaha kecil berbasis online untuk menambah dana operasi himpunan. Pada puncaknya, bisnis ini mencatatkan pendapatan sebesar 30 juta Rupiah per bulan. 

Pupuk Sriwijaya adalah salah satu pabrikan pupuk terbesar di Indonesia sekaligus salah satu perusahaan terbesar di daerah Palembang. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dalam tim Pupuk Sriwijaya. 

Lampiran surat lamaran magang saya sebagai berikut.

1.  Curriculum Vitae (CV).
2. Fotokopi Ijazah Universitas Sriwijaya Jurusan Bisnis
3. Sertifikat Google Ads

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. 

Hormat Saya,

Ponaryo Rusdianto

Template surat lamaran kerja marketing

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing Executive Digital

Digital Marketing adalah bidang yang tumbuh pesat belakangan. Pemasaran dengan cara ini menekankan penggunaan alat-alat yang modern seperti media sosial. Karena itu, surat lamaran kerja digital marketing harus menunjukkan kemampuan kandidat dalam menggunakan teknologi marketing terbaru. 

Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing Executive Digital

Surabaya, 22 Januari 2022

Kepada Tim Royal Canin
Di Jalan Sultan Iskandar Muda Kav. 5, 
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Salam Sejahtera, 

Melalui surat ini, saya ingin melamar untuk posisi Digital Marketing Executive. 

Berikut saya sertakan data pribadi. 

Nama
Tempat, tanggal lahir
Pendidikan Terakhir 
No. HP
Jenis Kelamin
Status

: Marissa Nasution
: Jakarta, 18 Mei 1995
: S1 (Strata satu)
: 0813419023
: Wanita
: Belum Menikah

Selagi berkuliah di jurusan Universitas Trisakti, saya bekerja paruh waktu untuk mempromosikan produk toko baju keluarga melalui media Facebook dan Instagram. Di mulai dari nol, akun Facebook dan Instagram toko baju keluarga tersebut memiliki 5,000 dan 7,500 followers dalam 1 tahun. 

Selepas tamat saya terjun sebagai Digital Marketing Executive penuh waktu di Sociolla. Dalam peran ini saya banyak bekerja dengan influencer mulai dari skala mikro hingga selebgram papan atas. Melalui pengalaman ini saya belajar bagaimana memulai kontak, melakukan negosiasi, hingga mengeksekusi kampanye media sosial. Dalam satu kesempatan, saya bekerja sama dengan 100 influencer sekaligus untuk mempromosikan Sociolla ke kalangan mahasiswa. Proyek tersebut berhasil menggalang total 1 juta like di Instagram dan 10,000 subscribers baru di Youtube. 

Dengan semakin meningkatnya permintaan masyarakat akan binatang peliharaan, saya melihat adanya potensi yang besar di bisnis makanan anjing dan kucing. Untuk itu, saya sangat tertarik untuk bergabung dengan Royal Canin yang adalah market leader untuk lini produk ini. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan Tim Royal Canin.  

Sebagai tambahan, saya lampirkan juga beberapa dokumen terkait.

1. Curriculum Vitae (CV)
2. Fotokopi Ijazah Universitas Trisakti Jurusan Bisnis
3. Sertifikasi Lightroom Pro Editor (Skillshare)
4. Google Ads Analytics

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. 

Hormat Saya,

Marissa Nasution

Contoh surat lamaran kerja marketing executive digital

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing Bahasa Inggris bidang Brand 

Dengan semakin banyaknya perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia, kesempatan bekerja di perusahaan Internasional pun semakin bertambah. Mengingat manajemen perusahaan ini banyak yang merupakan orang asing, penting sekali untuk mengirimkan surat lamaran dalam Bahasa Inggris. 

Berikut Contoh lamaran pekerjaan marketing Brand Executive

October 9th, 2021

Ms. Muriel Sanchez
Jalan Panjang no. 53, Kebon Jeruk
Jakarta Barat, Jakarta
[email protected]

With this letter, I seek to express my greatest delight to apply for the position of Brand Executive in Shell Indonesia. My greatest motivation is no other than to build my career and skills by working in one of the most famous petroleum companies in the world. 

Prior to applying I’ve been working in the marketing department of various petroleum companies. I started working in Total in the role of marketing executive. At that time, me and my team were working to increase the brand recognition of Total gas station. I organized the use of 200 billboards around Jakarta major roads to increase public recognition of the brand. By the end of the campaign, our team successfully increased the recognition by 200%. 

After 7 years in Total, I moved to Pertamina. As a brand executive, I worked with the team to launch Pertamina Lubricants campaigns for motorcycle riders. I organized in-situ events on 500 gas stations and ensured all the campaigns promoted a consistent image of the lubricants. By the end of the campaign, sales were up by 40% for stations with the events compared to an increase of 20% in stations without the events. 

Given my experience and credentials, I hope to be considered for this position. 

Hope to hear from you.

Sincerely,

Santi Wardhani

Contoh surat lamaran ke marketing brand

Sudah paham surat lamaran kerja marketing seperti apa yang berkualitas baik? Ayo buat surat lamaran kerja Anda dan kirimkan dengan CV marketing dari CakeResume, 100% GRATIS! 🎉

--- Ditulis Oleh Stephen Antonius ---


CakeResume
contributor

CakeResume

With the intention of helping job seekers to fully display their value, CakeResume creates an accessible free resume/CV/biodata builder, for users to build highly-customized resumes. Having a compelling resume is just like a piece of cake!

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume