5 Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik Lengkap & Tips Diterima HRD Perusahaan

Seperti perusahaan pada umumnya, industri pabrik juga memiliki struktur manajemen yang terdiri dari karyawan pabrik, HRD, manajer, direktur, dan yang lainnya. Nah, Secara umum, pabrik memiliki berbagai bidang untuk para pekerja pabrik (karyawan) untuk menyelesaikan proses-proses yang memproduksi suatu produk atau barang. 

Contoh bidang-bidang yang ada di pabrik untuk profesi operator pabrik adalah bidang pengoprasian mesin, operator produksi, pemeliharaan, perbaikan, pengangkutan bahan dan peralatan, pembelian persediaan, dan juga bidang standar keselamatan. 

Itulah salah satu persyaratan lamaran kerja pabrik yang harus kamu buktikan di surat lamaran pekerjaan pabrik. Tentunya, masih ada syarat lamaran kerja pabrik lainnya yang harus kamu penuhi sesuai dengan peran yang kamu lamar.

Oleh karena itu, membuat surat lamaran kerja ke pabrik itu penting jika kamu ingin melamar sebagai pekerja pabrik, baik sebagai karyawan maupun manajer pabrik. Melalui surat ini, pihak HRD akan menilai keterampilan kamu.

Simak sampai akhir ya!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Ketika menulis surat lamaran kerja pabrik, ada poin-poin dasar yang penting dan yang harus kamu cantumkan untuk menarik perhatian pihak HRD pabrik. Tidak hanya itu saja, poin-poin ini juga bisa menunjukan kepada mereka bahwa kamu telah memenuhi persyaratan lamaran kerja di pabrik. 

Gimana cara buat surat lamaran kerja pabrik, ya?

Untuk membuat surat lamaran kerja pabrik yang baik dan benar, ikuti format penulisan di bawah ini:

1. Tempat, tanggal, dan waktu

Tuliskan lokasi (nama kota), tanggal, dan waktu penulisan surat lamaran kerja pabrik. Umumnya ditulis di sebelah kanan atas.

Contoh:

  • Jakarta, 20 September 2021
  • Jambi, 5 Januari 2020

2. Nama dan Alamat Penerima

Setelah menulis salam pembuka, sertakan juga alamat di bawahnya. Penulisan alamat disini bukan untuk menulis alamat kamu, melainkan alamat pabrik yang kamu lamar.

Contoh penulisan tujuan surat pada surat lamaran kerja:

Yth. Bpk. Handoyo
Jl. Makaliwe Raya No.26,
RT.6/RW.6, Grogol,
Kec. Grogol petamburan,
Kota Jakarta Barat

3. Salam Pembuka

Tentunya, salam hormat kepada pimpinan perusahaan atau penyedia lapangan kerja harus ditulis terlebih dahulu sebelum memasuki isi surat lamaran kerja di pabrik.

Salam pembuka pada contoh surat lamaran kerja di pabrik :

Salam hormat,

4. Isi Surat

Pada bagian isi surat lamaran kerja pabrik, kamu bisa tuliskan hal-hal berikut:

  • Maksud dan tujuan dari surat lamaran kerja pabrik.
  • Data diri: nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, serta pendidikan terakhir. 
  • Pengalaman, keterampilan, atau informasi lainnya yang mendukung dan relevan dengan posisi pekerjaan pabrik. 

Menuliskan informasi tambahan yang berhubungan dengan posisi pekerjaan akan membantu pertimbangan pihak perusahaan. Tapi, ingat untuk mencantumkan hal-hal yang relevan saja, ya. 

Jika perusahaan pabrik memerlukan karyawan di bagian packing, kamu tidak perlu mencantumkan keterampilan menggambar karena hal ini tidak relevan dengan pekerjaan pabrik tersebut.


Kamu bisa ikuti cara penulisannya di contoh lamaran pekerjaan di pabrik berikut ini:

Saya memiliki sikap perhatian terhadap detail. Saya berfokus pada kualitas produk akhir sambil memastikan bahwa setiap proses dilakukan secara efisien. Selain itu, saya juga dapat diandalkan dan memiliki catatan kerja yang bagus. Kemampuan saya untuk bekerja secara efektif dalam tim dengan dinamika yang beragam akan sangat membantu PT. Sumber Alam yang Bapak/Ibu pimpin untuk mencapai target produksi triplek.

5. Lampiran Dokumen

Untuk cara membuat lamaran kerja di pabrik selanjutnya adalah lengkapi lampiran dokumen yang diperlukan perusahaan pabrik. 

Setelah menuliskan bagian isi surat, tuliskan juga bahwa kamu telah melampirkan dokumen penting yang mendukung surat lamaran kerja pabrik. Dengan mencantumkan lampiran dokumen, kamu juga telah memenuhi salah satu persyaratan lamaran kerja pabrik.

Pada umumnya, berikut adalah dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan bersama surat lamaran kerja di pabrik:

6. Penutup

Di bagian penutup surat lamaran kerja di pabrik yang baik, penting untuk menuliskan hal-hal berikut ini:

  • Pernyataan bahwa informasi yang ditulis serta lampiran yang dicantum adalah benar.
  • Ucapan terima kasih serta harapan kamu.

Berikut adalah penulisan bagian penutup di contoh lamaran kerja pabrik:

Demikian surat lamaran kerja yang saya tulis sebenar-benarnya. Saya yakin bahwa pengalaman 3 tahun saya sebagai pekerja pabrik di bidang produksi, serta keterampilan-keterampilan saya membuat saya sebagai kandidat pekerja yang tepat dan membawa sukses bagi perusahaan. Semoga Bapak/Ibu dapat memberikan saya kesempatan untuk menjadi bagian dari PT. Sumber Alam yang Bapak/Ibu pimpin. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu.

Demikian surat lamaran kerja yang telah saya tulis dengan sebenar-benarnya. Semoga Bapak pimpinan berkenan memberikan saya kesempatan untuk menjadi bagian dari PT. Logistik Indonesia. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

7. Nama dan tanda tangan

Pada bagian akhir, berikan tanda tangan dan nama lengkap kamu sebagai penulis surat lamaran kerja pabrik dan pelamar pekerja pabrik.

Ikuti cara pencantumannya dari contoh surat lamaran kerja untuk pabrik berikut ini:

Hormat Saya,

Arief Prawira”

Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Di bagian ini terdapat kumpulan contoh surat lamaran kerja di pt yang baik dan benar:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Karyawan Pabrik Triplek 

contoh surat lamaran kerja pabrik
Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik yang Baik dan Benar

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik untuk Karyawan

Untuk cara membuat lamaran kerja pabrik tulis tangan, kamu bisa ikuti langkah-langkah yang sama. Tapi, buatlah surat lamaran kerja pabrik tulis tangan kamu di kertas double folio dengan rapih. 

Jangan gunakan tipp-ex jika kamu membuat kesalahan ketika menulis. Langsung saja gunakan kertas yang baru agar tetap terlihat profesional dan rapih.

Berikut adalah contoh lamaran kerja pabrik tulis tangan:

Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik Tulis Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik Tulis Tangan - Dibuat oleh CakeResume

3. Contoh Surat Lamaran ke Pabrik Garmen sebagai Manajer

Bandung, 23 Juni 2021

Kepada Yth.,
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Logistik Indonesia Global
Jl. Pajajaran No.42
Bandung

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs id.jooble, PT. Logistik Indonesia sedang membuka lowongan pekerjaan di beberapa posisi. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai manajer di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Dengan pengalaman kerja saya yang luas dan ilmu yang saya miliki melalui pendidikan S1 bisnis administrasi, saya yakin bahwa saya bisa menjadi salah satu anggota tim yang berharga di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Pada posisi saya sebelumnya sebagai manajer di pabrik tekstil, saya secara efektif mengelola 40 karyawan dalam tim saya. Saya bertanggung jawab untuk mengawasi proses pembuatan kain dan benang yang berasal dari bahan baku serat agar proses produksi berjalan dengan tepat dan efisien. Selain itu saya juga memastikan bahwa penggajian diproses tepat waktu dan menangani masalah secara profesional. Prioritas terbesar saya adalah untuk memastikan bahwa pabrik berjalan dengan lancar dan semua masalah ditangani tepat waktu.

Berikut adalah biodata singkat saya :

Nama Lengkap
Tempat, Tanggal Lahir
Pendidikan Terakhir
Nomor Telepon
E-mail
Alamat

: Aditya Ardiyanto
: Palembang, 19 Mei 1997
: S1 Bisnis Administrasi
: 085612228978
: [email protected]
: Jl. Babakan Ciparay no. A1

Beberapa lampiran yang diperlukan perusahaan, saya cantumkan sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae (CV)
  • KTP
  • Fotokopi Ijazah
  • Fotokopi SKCK
  • Pas Foto 3x4 2 lembar“

Demikian surat lamaran kerja ini yang saya buat sejujur-jujurnya. Saya yakin bahwa pendidikan, kedisiplinan, dan pengalaman kerja saya akan memungkinkan saya untuk menjadi manajer yang dapat membawa tim dan perusahaan pada kesuksesan. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu atas perhatian dan kesempatannya.

Hormat Saya,

Aditya Ardiyanto

4. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Karyawan Pabrik

Tangerang, 08 April 2021

Kepada Yth.:
Bapak Hendry Budiono
PT. Logistik Indonesia
Jl. Industri Raya III No. 21
Tangerang

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap
Tempat, Tanggal Lahir
Alamat Tinggal
Pendidikan
Nomor Telepon
Email

: Rahmi Swastika
: Surabaya, 30 April 1998
: Jalan Jurumudi Baru no. 1
: SMK-Multimedia
: 0865776321342
: [email protected]

Dengan surat lamaran kerja ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di PT. Logistik Indonesia sebagai customer service. Saya telah memiliki pengalaman 2 tahun sebagai customer service sebelumnya, dan memiliki etika serta sopan santun yang tepat untuk menangani pelanggan dalam situasi yang beragam.

Melalui sifat saya yang ramah, supel, dan disiplin, saya dapat meningkatkan citra perusahaan yang Bapak pimpin. Oleh karena itu, saya yakin bahwa saya adalah orang yang tepat untuk menempati posisi customer service di PT. Logistik Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu di waktu yang mendatang, berikut berkas-berkas yang telah saya lampirkan:  

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah
  • Fotokopi SKCK
  • Pas Foto 3x4 

Demikian surat lamaran kerja yang telah saya tulis dengan sebenar-benarnya. Semoga Bapak pimpinan berkenan memberikan saya kesempatan untuk menjadi bagian dari PT. Logistik Indonesia. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.  

Hormat Saya,

Rahmi Swastika

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Operator Produksi di Pabrik

surat lamaran kerja operator produksi

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Operator Produksi di Pabrik Sepatu 

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Pabrik

Agar surat lamaran kerja pabrik kamu dilirik dan diterima oleh pihak HRD perusahaan, ikuti tips-tips ini:

✅ Soroti keterampilan pekerja pabrik

Soft Skill

Soft skill adalah keterampilan umum yang menunjukan karakter dan sifat kamu. Pihak HRD akan menilai soft skill pada kandidat pekerja pabrik karena keterampilan ini sulit untuk diajarkan dan penting untuk kesuksesan jangka panjang. 

💡 Contoh-contoh soft skill untuk pabrik yang bisa kamu tulis:

  • Komunikasi interpersonal
  • Pelayanan pelanggan
  • Tepat waktu
  • Etika kerja yang baik
  • Dapat bekerja sama dengan tim
  • Kemampuan untuk memahami instruksi
  • Dapat diandalkan
  • Perhatian terhadap detail

Hard Skill

Sedangkan hard skill adalah keterampilan yang menunjukan pengetahuan kamu. Hard skill merupakan keterampilan khusus pekerjaan yang berkaitan dengan posisi pekerjaan di pabrik.

 💡 Contoh hard skill:

  • Berpengalaman dalam merakit dan menumpuk kardus dalam jumlah yang sesuai pada mesin.
  • Terampil dalam mengoperasikan peralatan produksi dan melepasnya secara efisien.
  • Mahir dalam memantau proses produksi dengan melakukan pengujian yang diperlukan dan pemeriksaan kualitas.
  • Wawasan mendalam tentang penyimpanan barang dan bahan baku dengan aman untuk memastikan pemeliharaan kualitasnya.
  • Mahir dalam membersihkan dan memelihara area kerja dan mesin untuk memastikan keselamatan tempat kerja dan penggunaan mesin secara optimal.

❗ Ingat untuk menuliskan soft skill dan hard skill yang relevan dengan pekerjaan di pabrik pada surat lamaran kerja pabrik serta CV pabrik karena keduanya sama penting.

✅ Berikan contoh pengalaman atau pencapaian 

Mengekspos pengalaman atau pencapaian yang relevan dengan pekerjaan akan membuat kamu lebih unggul dari pelamar pekerja pabrik lainnya. 

Baik kamu sedang melamar untuk menjadi karyawan pabrik maupun melamar untuk menjadi manajer pabrik, menunjukan pengalaman dan pencapaian yang telah kamu raih akan memberikan kamu kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan wawancara pabrik. Hal ini dikarenakan kamu telah menunjukan kompetensi yang membuat pihak HRD pabrik menjadi lebih yakin bahwa kamu adalah kandidat pekerja pabrik yang tepat bagi mereka.

Di akhir artikel ini kamu bisa melihat berbagai contoh lamaran kerja di pabrik dengan penulisan pengalaman yang baik dan benar.

✅ Lampirkan CV pabrik bersama dengan surat lamaran kerja pabrik

Tentunya, melakukan lamaran kerja pabrik tidak akan lengkap tanpa adanya CV pabrik, karena melampirkan CV pabrik juga merupakan cara membuat lamaran kerja pabrik yang harus kamu lakukan.

CV pabrik harus mencerminkan surat lamaran kerja pabrik yang kamu tulis. Tetapi, CV pabrik kamu akan menjelaskan secara lebih detail mengenai pendidikan, pengalaman, dan keterampilan kamu.

CV kerja pabrik
Contoh CV Kerja Pabrik + Dibuat di CakeResume

Mau CV kamu menarik seperti contoh diatas? Yuk langsung saja buat di CakeResume, 100% Gratis! 🎉

✅ Periksa kembali surat lamaran kerja pabrik

Periksa jika ada kesalahan informasi atau penulisan pada surat lamaran kerja pabrik kamu. Pastinya kamu tidak mau jika perekrut menelepon ke nomor telepon yang salah, dan membuat kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan lamaran kerja di pabrik. 

Kesalahan penulisan pada surat lamaran kerja tidak jarang ditemukan, dan hal ini akan memberikan kesan yang tidak profesional terhadap perekrut pabrik. Oleh karena itu, tetap periksa surat lamaran kerja pabrik kamu sekali lagi!

--- Ditulis Oleh Cindy Graciella ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!