Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit Lengkap untuk Berbagai Posisi

Contoh Surat Lamaran Kerja Rumah Sakit
Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit - Dibuat oleh CakeResume

Bagi para pelamar pekerjaan, cover letter atau yang sering disebut juga sebagai surat lamaran kerja merupakan hal yang tidak asing lagi. Dokumen ini berisikan tulisan yang bergaya resmi yang menjelaskan maksud dan tujuan melamar sebuah pekerjaan yang sedang ditawarkan.

Idealnya, surat lamaran kerja ini ditulis dalam satu halaman saja agar rekruter dapat memahami isinya dengan mudah. Nah, sepertinya halnya pekerjaan lain, jenis pekerjaan di rumah sakit juga memerlukan surat lamaran kerja, yakni surat lamaran kerja rumah sakit. 

Karena ada banyaknya jenis pekerjaan di rumah sakit, seperti bidan, perawat, administrasi, cleaning service, apoteker, dan lain-lain, pada surat lamaran kerja di rumah sakit perlu ditulis secara spesifik jenis pekerjaan apa yang mau dilamar. Tujuannya adalah agar rekruter tidak bingung ketika membaca surat lamaran kamu.

Oleh sebab itu, di dalam surat lamaran kerja rumah sakit, informasi spesifik tentang jenis pekerjaan yang hendak kamu lamar sangat menentukan apakah lamaranmu layak untuk dipertimbangkan atau tidak. Penasaran bagaimana cara membuat surat lamaran ke rumah sakit dengan baik dan benar? Yuk, simak penjelasan berikut ini ya. Ulasan di bawah ini bakalan memandu kamu mulai dari:

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Bagi kamu yang sedang membuat surat lamaran kerja rumah sakit, struktur penulisannya perlu memperhatikan kaidah-kaidah yang ditulis secara berurutan agar surat lamaran pekerjaan ke rumah sakit yang sedang kamu tulis bisa berkesan kepada rekruter. Yuk, langsung saja simak bagian-bagian kerangka isi surat lamaran kerja ke rumah sakit di bawah ini:

1. Tempat, Tanggal, dan Waktu

Sebelum kamu menulis bagian-bagian penting di dalam surat lamaran kerjamu, bagian atas surat lamaran kerja rumah sakit sebaiknya diawali dengan menuliskan kapan surat tersebut dibuat.

Contoh:

Jakarta, 01 Oktober 2021

Posisi tempat, tanggal, dan waktu ini dapat ditaruh di sisi sebelah kiri atau kanan dari surat permohonan kerja di rumah sakitmu.

2. Nama dan Alamat Penerima

Setelah kamu menuliskan bagian tempat, tanggal, dan waktu pada surat lamaran untuk rumah sakit, selanjutnya kamu menuliskan kepada siapa surat lamaran kerja tersebut dituju beserta alamat instansi rumah sakitnya. 

Contoh:

Yth.:
Bapak/Ibu Pimpinan Rumah Sakit Kasih Ibu, Jakarta,
Jl. Jend. Sudirman, No. 25, DKI Jakarta, 12930
di tempat

3. Salam Pembuka

Untuk bagian salam pembuka, kalimat yang baik dan secara umum dipakai adalah ‘dengan hormat’. Jadi, ketika kamu mau menulis isi surat lamaran kerja ke rumah sakit, jangan lupa menuliskan kalimat ini ya sebagai salam pembuka, agar surat lamaran kerja untuk rumah sakitmu memberikan kesan sopan kepada penerima surat.

4. Isi Surat

Nah, bagian ini merupakan inti dari surat lamaran kerja di rumah sakit yang sedang kamu tulis.

📝 Idealnya, isi surat berisikan tiga komponen yakni:

  • Maksud dan Tujuan
  • Biodata Diri
  • Pengalaman dan Keterampilan

🔗 Maksud dan Tujuan

Di dalam isi surat lamaran ke rumah sakit, informasi tentang maksud dan tujuan sangatlah penting untuk dicantumkan. Bagian ini berisikan tentang dari mana kamu memperoleh informasi tentang lowongan kerja serta apa tujuan kamu ingin melamar pekerjaan tersebut. 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya ketahui dari Jakarta Post pada tanggal 6 Oktober 2021, bahwa Rumah Sakit Family, DKI Jakarta sedang membuka lowongan pekerjaan kebidanan dengan penempatan di ruang persalinan. Maka melalui surat ini saya bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu sedang tawarkan.

🔗 Biodata Diri

Untuk bagian ini, identitas diri yang bisa kamu tulis adalah seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, status, pendidikan terakhir, dan kontak yang bisa dihubungi.

Berikut contoh cara menulis biodata diri di dalam surat lamaran lamaran kerja di rumah sakit khususnya untuk surat lamaran kerja bidan di rumah sakit:

Nama Lengkap
Jenis Kelamin
Tempat/ Tanggal Lahir
Alamat
Status
Pendidikan Terakhir

No. HP

: Indrawati Widodo
: Perempuan
: Jakarta, 12 Agustus 1997
: Jl. Bunga Mawar No. 2, Jakarta 
: Belum menikah
: S1 Kebidanan
: 08131123212

🔗 Pengalaman dan Keterampilan

Selanjutnya adalah bagian yang tak kalah penting kamu perlu tulis di dalam isi surat lamaran di rumah sakit, yakni bagian pengalaman dan keterampilan yang berkaitan dengan lowongan kerja di rumah sakit. Nah, langsung saja simak contoh berikut ini bagaimana cara membuat surat lamaran kerja di rumah sakit untuk konteks penulisan pengalaman dan keterampilan sebagai seorang bidan:

Saya memiliki pengalaman menjadi seorang bidan klinik di sebuah rumah sakit swasta di Bandung selama 2 tahun serta menguasai praktik persalinan dan mahir dalam memberi asuhan kebidanan. Oleh sebab itu, saya meyakini dapat memberikan kontribusi yang baik di rumah sakit yang Bapak/ Ibu pimpin.

5. Daftar Lampiran Surat

Setelah kamu tahu cara menulis bagian pengalaman dan keterampilan di isi surat permohonan kerja di rumah sakit, langkah selanjutnya adalah membuat susunan daftar lampiran.

Di dalam surat lamaran kerja untuk rumah sakit, biasanya dokumen yang perlu dilampirkan terdiri dari:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi KTP
  • Pas Foto
  • Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Fotokopi Sertifikat Profesi

Untuk bagian sertifikat profesi di surat lamaran ke rumah sakit, kamu bisa menyesuaikan dengan posisi lowongan kerja yang sedang kamu lamar. Misalnya, untuk bidan bisa melampirkan Sertifikat Kompetensi Bidan dan untuk perawat bisa juga melampirkan Sertifikat Penanggulangan Penderita Gawat Darudat (PPGD).

Contoh cara menulis daftar lampiran surat lamaran kerja di rumah sakit:

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan:

  • Daftar Riwayat Hidup (1 lembar)
  • Fotokopi KTP (1 lembar)
  • Pas Foto 3 x 5 (2 lembar)
  • Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir (1 lembar)
  • Fotokopi Transkrip Nilai (1 lembar)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat (1 lembar)
  • Fotokopi Sertifikat Kompetensi Kebidanan (1 lembar)

6. Penutup

Langkah berikutnya yang dibuat di dalam surat lamaran kerja ke rumah sakit adalah menuliskan bagian kata penutup. Secara garis besar, bagian penutup ini berisikan harapan terbesar kamu sebagai pelamar pekerjaan kepada rumah sakit yang dituju serta ucapan terima kasih. 

Contoh:

Demikian surat lamaran ini saya buat, dengan harapan agar dapat bergabung dan berkontribusi bersama dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak, Jakarta. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih

6. Nama dan Tanda Tangan

Di bagian terakhir surat lamaran pekerjaan ke rumah sakit, jangan lupa menuliskan nama kamu serta mencantumkan tanda tangan resmi di bagian paling bawah ya.

Contoh:

Hormat saya,

Indrawati Widodo

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran di rumah sakit yang baik dan benar, berikut yang perlu kamu ketahui adalah apa saja tips-tips membuat surat permohonan kerja di rumah sakit. Yuk langsung saja disimak 5 tips cara membuat surat lamaran kerja di rumah sakit.

Tuliskan daftar skill atau keterampilan yang berhubungan 

Skill atau keterampilan menjadi salah satu persyaratan yang diperlukan oleh rekruter ketika mencari kandidat yang pas sesuai dengan kriteria mereka. Misalnya, sebagai perawat, kamu perlu memiliki hard skill seperti pemasangan infus, kateter, pemeriksaan tanda-tanda vital, dsb. Untuk soft skill kamu bisa menulis sabar, teliti, dan ramah.

Kalau kamu ingin melamar di posisi apoteker, kamu disarankan memiliki hard skill seperti: Manajemen Farmasi, menguasai Farmakoterapi, dll. Sedangkan untuk soft skill, seorang apoteker memiliki jiwa yang sabar, teliti, dan pemberi solusi kesehatan. 

Nah, bagi kamu fresh graduate, kamu tidak perlu kuatir menuliskan bagian hard skill dan soft skillmu. Kamu bisa menggunakan pengalaman ketika melakukan praktek kerja lapangan semasa kamu kuliah.

Cantumkan nilai tambah kamu sebagai pelamar yang profesional.

Sebagai seorang pelamar kerja, kamu perlu memikirkan apa yang membuat kamu menjadi kandidat yang pantas dipertimbangkan sesuai standar yang mereka tentukan. Atau dengan kata lain apa yang menjadi nilai plus kamu dibandingkan dengan kandidat lain. 

Misalnya sebagai seorang pelamar posisi apoteker, kemampuan bisa menunjukan kemampuan bahasa asing yang kamu miliki. Selain itu, jika kamu ingin melamar di bagian administrasi, kamu bisa menunjukan kemampuan dalam bidang teknologi untuk pengarsipan data-data di rumah sakit.

Lampirkan CV bersamaan dengan surat lamaran kerja di rumah sakitmu.

Ketika kamu sedang mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung surat lamaran kerja rumah sakitmu, Curriculum Vitae (CV) adalah bagian yang tak terpisahkan sebagai salah dokumen utama di dalam surat lamaran kerjamu. Jadi, pastikan kamu sudah mempersiapkan CV terlebih dahulu ya. 

Contoh CV lamaran kerja di rumah sakit sebagai staff administrasi:

Contoh CV Rumah Sakit
CV Rumah Sakit - Dibuat di CakeResume

📚 Baca juga:  

Contoh CV Perawat Lengkap beserta Cara Membuatnya

Contoh CV Dokter Lengkap: Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi

Contoh CV Apoteker Lengkap dengan Tips & Cara Membuatnya

Contoh CV Bidan yang Menarik Beserta Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan

Bingung di mana bisa mendapatkan template CV dan bisa langsung download secara gratis? Langsung aja buat CV rumah sakit kamu di CakeResume. 🎉

Lakukan cross and check terhadap kesalahan/ typo.

Lakukan pengecekan ulang terhadap setiap penulisan kata-kata atau kalimat di dalam surat permohonan kerja di rumah sakit kamu. Satu hal lagi, jangan lupa memperhatikan susunan tata bahasa yang kamu gunakan ya karena surat lamaran untuk rumah sakit ditulis didalam bahasa yang formal. Jadi, pastikan semua hal-hal sepele ini tidak ada kesalahan.

Konsultasi dengan orang-orang berpengalaman.

Terkadang banyak pelamar bisa bingung ketika sedang mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan surat lamaran kerja ke rumah sakit. Bertanya atau berkonsultasi dengan orang-orang yang berpengalaman di bidang yang kamu lamar bisa menambah wawasan kamu, apalagi jika kamu adalah seorang fresh graduate.

---

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara dan tips membuat surat lamaran untuk rumah sakit, di bagian terakhir ulasan artikel ini, kamu bakalan diberikan beberapa contoh surat lamaran kerja rumah sakit agar kamu bisa memiliki referensi lengkap bagaimana mendesain sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit PDF (Bidan)

Medan, 08 Oktober 2021

Kepada Yth.:
Bapak/Ibu Kepala
Rumah Sakit Murni Teguh Memorial, Medan
Jl. Jawa No. 02, Gg. Buntu, Kec. Medan Timur, Kota Medan 20231
di tempat

Dengan hormat,


Sehubungan dengan informasi lowongan kerja dari Rumah Sakit Murni Teguh Memorial, Medan untuk posisi bidan berpengalaman, maka saya bermaksud untuk melamar di posisi yang ditawarkan dan siap berkontribusi di rumah sakit yang Bapak/Ibu pimpin. Oleh sebab itu, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Jenis Kelamin
Tempat, tanggal lahir
Status
Pendidikan terakhir
No. HP

: Sukmawati Tampubolon
: Perempuan
: Deli Serdang, 04 Oktober 1995
: Belum Menikah
: D3
: 081211112222

memiliki pengalaman menjadi seorang bidan klinik di salah satu rumah sakit swasta di kota Medan selama 3 tahun. Disamping itu, saya sudah mempunyai sertifikat kompetensi kebidanan sebagai bidan profesional. Maka dari itu, dengan berbekal pengalaman ini, saya meyakini bisa memberikan kontribusi baik di rumah sakit yang Bapak/ Ibu pimpin. Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan:

  • Daftar riwayat hidup bidan (1 lembar)
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir (1 lembar)
  • Fotokopi transkrip nilai (1 lembar)
  • Fotokopi KTP (1 lembar)
  • Pas foto terbaru ukuran 3x4 (2 lembar)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat (1 lembar)
  • Fotokopi sertifikat kompetensi Kebidanan (1 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan besar harapan dapat diberikan kesempatan untuk bekerja di rumah sakit yang Bapak/ Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sukmawati Tampubolon

Format Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit sebagai Bidan

Contoh Surat Lamaran Kerja RS sebagai Perawat

Manado, 01 Oktober 2021
Lampiran: 6 lembar

Kepada Yth.:
Bapak/Ibu Pimpinan
Rumah Sakit XXXX, Manado
Jl. Kairagi II, No. MM, Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
di tempat,

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari WhatsApp group tertanggal 02 Oktober 2021, bahwa Rumah Sakit XXXX, Manado sedang membuka lowongan kerja untuk posisi perawat di ruang bedah. Maka melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu sedang tawarkan. Berikut data diri saya:

Nama
Jenis Kelamin
Tempat, tanggal lahir
Status
Pendidikan terakhir
Alamat
No. HP

: Sarah Bokau
: Perempuan
: Tomohon, 12 Juli 1996
: Belum Menikah
: S1 Keperawatan
: Jl. Bunga Mawar No. 1, Kota Manado
: 081211112222

Berbekal pengalaman sebagai asisten dokter di ruang bedah dari salah satu rumah sakit di Surabaya serta sudah mempunyai sertifikasi Keperawatan Medis-Bedah. Selain itu, dengan memiliki karakter yang mampu bekerja dalam tim dan inisiatif, saya meyakini bisa memberikan kontribusi di instansi yang Bapak/ Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan beberapa berkas pendukung sebagai berikut:

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto terbaru ukuran 3x4
  • Fotokopi sertifikasi Keperawatan Medis-Bedah

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, saya memiliki harapan besar agar bergabung dan berkontribusi dengan Rumah Sakit XXXX, Manado. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sarah Bokau

contoh surat lamaran kerja perawat di rumah sakit

📚 Baca juga: Contoh CV Perawat Lengkap beserta Cara Membuatnya

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit bagian Administrasi

Pontianak, 5 Oktober 2021
Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.:
Bapak/Ibu Kepala
Rumah Sakit Mitra Media
Jl. Slt. Abdurrahman, No. 25
Sungai Bangkong, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pembukaan lowongan pekerjaan sebagai tenaga administrasi di Rumah Sakit Mitra Media, Pontianak yang termuat di harian Pontianak Post (30 September 2021), dengan ini saya berminat mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di Rumah Sakit yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang bertandatangan dibawah ini:

Nama
Jenis Kelamin
Tempat, tanggal lahir
Status
Pendidikan terakhir
Alamat
No. HP

: Rini Jaan
: Perempuan
: Ketapang, 23 April 1999
: Belum Menikah
: S1
: Jl. KH. Wahid Hasyim No. 12, Pontianak
: 08123456345222

Saya sebagai lulusan fresh graduate yang memiliki pengalaman berorganisasi dibidang kesekretariatan dan inventaris serta mahir dalam pengoperasian Ms. office (Word, Excel, dan Power Point), dengan ini mau mengajukan diri untuk bergabung bersama Rumah Sakit yang Bapak/Ibu pimpin sebagai tenaga administrasi kesehatan. Berikut ini terlampir beberapa dokumen pendukung lamaran saya untuk jadikan sebagai bahan pertimbangan:

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir 
  • Fotokopi transkrip nilai 
  • Fotokopi KTP 
  • Pas foto terbaru ukuran 3x4 
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya dengan harapan dapat diterima dan bergabung di Rumah Sakit Mitra Media, Pontianak sebagai tenaga administrasi. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rini Jaan

contoh surat lamaran kerja di rumah sakit bagian administrasi

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit Lulusan SMA untuk Posisi Cleaning Service

Bali, 29 September 2021

Kepada Yth.:
Bapak/Ibu Pimpinan
RS Bali Mandara, Denpasar
Jl. Bypass Ngurah Rai No.548, Kota Denpasar, Bali
di tempat,

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama
Jenis Kelamin
Tempat, tanggal lahir
Status
Pendidikan terakhir
Alamat
No. HP

: Made Joseph Widodo
: Laki-Laki
: Denpasar, 02 Januari 1994
: Belum Menikah
: SMA
: Jl. Danau Beratan, No. 25, Jakarta
: 081345552222

Sehubungan dengan dibukanya lowongan pekerjaan sebagai tenaga cleaning service RS Bali Mandara, Denpasar-Bali, maka dengan ini saya bermaksud untuk melamar di posisi yang sedang ditawarkan oleh Bapak/Ibu Pimpinan. Berbekal pengalaman kerja selama 3 tahun sebagai office boy di perusahaan swasta kota Denpasar, Bali, saya dengan yakin dan siap ingin mengajukan surat lamaran ini. Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan:

  • Daftar riwayat hidup (1 lembar)
  • Fotokopi KTP (1 lembar)
  • Fotokopi Ijazah SMA (1 lembar)
  • Pas foto terbaru ukuran 3x4 (1 lembar)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat (1 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya tuliskan dengan harapan agar dapat bergabung dan bekerja sama dengan RS Bali Mandara, Denpasar. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Made Joseph Widodo

contoh surat lamaran kerja ke rumah sakit sebagai cleaning service

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan di Rumah Sakit sebagai Apoteker di Siloam

Jakarta, 6 Oktober 2021

Hal: Lamaran Kerja

Kepada Yth.:
Bapak/Ibu Pimpinan
Rumah Sakit Siloam, Lippo Village, Tangerang
Jl. Boulevard Jend. Sudirman No. 15, Lippo Village, Tangerang 15810
di tempat,

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai tenaga apoteker di Rumah Sakit Siloam, Lippo Village, Tangerang, yang termuat di harian Jakarta Post (01 Oktober 2021), dengan ini saya berminat mengajukan diri untuk melamar di posisi tersebut. Berikut ini adalah data diri singkat tentang saya:

Nama
Jenis Kelamin
Tempat, tanggal lahir
Status
Pendidikan terakhir
Alamat
No. HP

: Valentine Rahardjo
: Perempuan
: Bandung, 17 Juni 1995
: Belum Menikah
: S1-Apoteker
: Jakarta, Indonesia
: 0812345586010

Saya memiliki pengalaman menjadi seorang apoteker selama 3 tahun dari dua Rumah Sakit swasta berbeda di kota Bandung dengan memegang sebuah sertifikat Kompetensi Apoteker (Serkom Apoteker) saat ini. Selanjutnya, dengan keterampilan manajerial obat-obatan di klinik, saya mampu beradaptasi dengan bentuk pekerjaan di ruang lingkup sebagai apoteker. Maka dari itu, saya meyakini bisa memberikan kontribusi yang baik di Rumah Sakit yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya melampirkan beberapa dokumen pendukung surat lamaran ini:

  • Curriculum Vitae Apoteker (1 lembar)
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir (1 lembar)
  • Fotokopi transkrip nilai (1 lembar)
  • Fotokopi KTP (1 lembar)
  • Pas foto terbaru ukuran 3x4 (1 lembar)
  • Fotokopi Sertifikat Kompetensi Apoteker (1 lembar)
  • Fotokopi Surat Tanda Registrasi Apoteker (1 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, dengan harapan agar dapat bergabung dan berkontribusi bersama Rumah Sakit Siloam, Lippo Village, Tangerang. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Valentine Rahardjo

contoh surat lamaran ke rumah sakit sebagai apoteker

--- Ditulis Oleh Desman Perdamaian Gulo ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Resume & CV
May 7th 2024

5 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan dan Cara Membuatnya!

Daftar riwayat hidup adalah dokumen wajib untuk melamar kerja. Baca artikel ini untuk melihat contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang menarik!