Apa itu Content Creator? Kenali Tugas, Gaji, Kunci Suksesnya!

Sudah berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk sosial media pada hari ini? 

Tanpa disadari, kita menghabiskan waktu yang sangat banyak untuk mengakses internet dan menggunakan media sosial.

sosial media, content creator
Konsumsi Konten di Indonesia

Berdasarkan data We Are Social dan Hootsuite di tahun 2022, dari 277,7 juta penduduk Indonesia, 191,4 juta penduduknya merupakan pengguna aktif media sosial. Ini artinya lebih dari setengah penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial. Dalam sehari, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 8 jam, 36 menit mengakses internet, dan 3 jam, 17 menitnya digunakan untuk media sosial.

Oleh karena itu, perusahaan dan brand menggunakan kesempatan ini untuk memasarkan brand atau produk mereka melalui media sosial atau bahkan bekerja sama dengan para konten kreator. Pekerjaan content creator pun semakin diperlukan perusahaan dan semakin diminati oleh orang-orang jaman sekarang. 

Apa kamu tertarik menjadi content creator?  Yuk, kenali apa saja kerjaan content creator, berbagai contoh content creator, tips menjadi content creator, dll.

Apa itu Content Creator?

“Sebenarnya, apa arti dari konten kreator, sih?”

Content Creator Adalah..

Pencipta konten (content creator) adalah seseorang yang menghasilkan dan membagikan informasi, inspirasi, pengalaman, humor, atau saran melalui konten dalam bentuk tulisan, audio, atau visual.

✏️ Konten-konten tersebut dapat dibagikan melalui platform digital seperti: 

  • Instagram
  • YouTube
  • TikTok
  • Twitter
  • Facebook
  • Spotify
  • Email
  • Blog, dll.

Seorang content creator dapat bekerja di perusahaan, agensi, atau pun bekerja sendiri (self-employed). Pada umumnya, content creator bertugas dalam pembuatan konten untuk target audiens tertentu. Tujuannya adalah untuk membangkitnya respons seperti pengikut baru, peningkatan kunjungan situs, atau penjualan. Oleh karena itu, pembuatan konten harus sesuai dengan strategi pemasaran digital yang telah ditentukan.

Macam-macam Content Creator

Setiap orang tentunya memiliki kekuatan alami. Sebagai konten kreator, kamu perlu mengetahui kemampuan itu agar kamu memberdayakan kekuatan kamu dalam pembuatan konten. Ini merupakan salah satu cara dan kunci untuk menjadi content creator yang sukses.

✏️ Berikut adalah jenis-jenis konten kreator yang perlu kamu ketahui:

  1. Penggiat Jaringan (The Networker): tipe pembuat konten ini sangat menghargai setiap informasi baru yang mereka pelajari dari sebuah percakapan. Mereka sadar akan pentingnya memperluas jangkauan profesional dan berbagi pelajaran berharga kepada orang lain.
  2. Pembicara (The Speaker): pandai berbicara dan memiliki kemampuan komunikasi verbal yang kuat. Mereka suka membuat konten edukatif untuk membagikan pengetahuan mereka kepada orang lain. 
  3. Penulis (The Writer): pandai menulis dan mengkomunikasikan idenya melalui tulisan. Mereka mampu membuat konten dalam bentuk lisan secara mudah.
  4. Visualisator (The Visualizer): mampu menyampaikan pesan secara jelas melalui gambar. 

Jadi, kamu tipe content creator yang mana? Temukan kekuatan kamu, kemudian kembangkan, dan buat konten sesuai dengan kekuatan kamu itu!

Jenis-jenis Konten Digital

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konten digital dapat dibuat dalam bentuk audio, visual, atau tulisan. 

Berikut adalah 3 jenis konten digital yang dapat dihasilkan content creator:

Jenis-Jenis Konten Digital
Jenis-Jenis Konten Digital

Kisaran Gaji Content Creator

Pendapatan atau gaji seorang kreator digital (digital content creator) itu sangat beragam. Pendapatan para influencer populer bisa mencapai ratusan juta atau bahkan miliayar rupiah. 

Tapi, bagaimana dengan pendapatan para kreator digital pada umumnya? 

💰 Kisaran gaji content creator: Rp 3.500.000 - 5.000.000/bulan

Sebenarnya gaji/pendapatan konten kreator itu tidak terbatas, ini semua tergantung berapa banyak proyek yang sedang dikerjakan, traffic pada kontennya, dan masih banyak lagi.

Cara Content Creator Menghasilkan Uang

  • Konten bersponsor: perusahaan akan membayar content creator untuk mempromosikan produk mereka di artikel, postingan media sosial, atau video.
  • Kemitraan merek (partnership): menjalani kemitraan merek itu mirip dengan perjanjian konten bersponsor, perbedaannya adalah menjalani partnership dengan brand itu berjangka lebih panjang.
  • Pemasaran afiliasi (affiliate marketing): konten kreator mempromosikan produk menggunakan tautan khusus. Ketika seseorang melakukan pembelian melalui tautan tersebut, konten kreator akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.
  • Produk digital: kreator digital dapat membuat dan menjual produk digital seperti kursus online, template, ebook, printables, dan masih banyak lagi.
  • Periklanan: jika konten kreator menjalankan periklanan di video atau situs web, maka konten kreator akan dibayar berdasarkan tayangan, tampilan, atau banyaknya klik yang didapatkan dari iklan tersebut.
  • Keanggotaan atau langganan premium (memberships/subscriptions): anggota dapat membayar lebih untuk konten eksklusif di keanggotaan premium seorang content creator.
  • Donasi: content creator dapat meminta audiens untuk memberikan tip atau donasi jika mereka menyukai konten-kontennya.
  • Tur atau acara: content creator dapat menyelenggarakan acara yang dapat dihadiri audiens secara langsung atau virtual.

Tugas dan Tanggung Jawab Content Creator

Konten kreator dapat membuat konten dalam berbagai bentuk untuk berbagai media. Oleh karena itu, tugas content creator dapat bervariasi tergantung keahlian, tempat kerja, dan target audiens kamu.

✏️ Beberapa tugas dan tanggung jawab content creator dapat mencakup:

  • Menganalisa merek
  • Membuat ide konten
  • Manajemen proyek
  • Copywriting dan riset
  • Membuat desain dan visual
  • Videografi
  • Mengedit konten (foto, video, artikel, dll.)
  • Menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO)
  • Pemasaran konten

📚 Baca juga:  Ingin Jadi Content Creator? 5 Langkah Wajib untuk Pemula!

Mengapa Konten Kreator itu Penting untuk Perusahaan/Brand?

1. Content creator membantu membuat konten yang menarik 

Pembuatan konten yang berkualitas itu tidak mudah, ada banyak aspek yang perlu dipenuhi untuk membuat konten berkualitas, menarik, dan tetap menyampaikan citra perusahaan/brand. 

Dengan adanya content creator, pembuatan konten yang menarik, berkualitas, dan sesuai dengan strategi pemasaran digital akan menjadi lebih mudah.

2. Content creator membantu membuat strategi konten

Sebelum bisa mewujudkan tujuan strategi konten suatu perusahaan, diperlukan dulu perencanaan untuk membuat konten yang menarik. 

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaanya seperti target audiens, konsistensi branding, dan masih banyak lagi. Seorang content creator dapat mempermudah sebuah perusahaan dalam proses pembuatan strategi konten dan mewujudkannya.

3. Content creator membantu konten perusahaan lebih mudah ditemukan

Selain membuat konten yang menarik, ada juga aspek teknis dalam menjalankan pemasaran digital. Salah satunya adalah strategi SEO dimana dengan optimasi kata kunci, konten perusahaan lebih mudah ditemukan.

Itulah beberapa manfaat seorang content creator. Sekarang mari kita simak berapa sih pendapatan kreator digital di paragraf berikutnya!

Skill Content Creator

1. Kreativitas

Kreativitas sangat diperlukan untuk seorang konten kreator untuk membuat konten yang menarik target audiens. Content creator harus kreatif dalam membuat strategi pemasaran konten, penulisan konten, desain konten, ataupun alur video.

2. Riset

Content creator perlu melakukan riset sebelum membuat sebuah konten. Riset ini akan memberikan wawasan tentang kebutuhan audiens dan jenis konten yang akan memprovokasi target audiens mereka untuk mengambil tindakan seperti mengunjungi situs web, mengklik tautan, membeli produk/jasa, dll.

3. Keterampilan Teknis

Di era teknologi ini, pembuatan konten itu tidak terpisah dari penggunaan software atau tools. Contohnya adalah software pengedit video, software pengedit gambar, google analytics, dll.

4. Keterampilan Perencanaan

Pemasaran konten memerlukan waktu yang lebih lama dan konsistensi sebelum mendapatkan hasil yang nyata. Nah, agar sukses dalam memasarkan konten digital, diperlukan juga perencanaan strategi konten yang matang. Selain itu, menggunakan kalender editorial akan sangat membantu dalam mempublikasikan konten secara konsisten.

Tips Menjadi Content Creator

1. Pahami tren terkini, Banyak Membaca, dan Lakukan Riset

Konten kreator yang sukses akan menyadari tentang tren terkini dengan membaca dan melakukan riset. Ini dilakukan untuk memahami apa yang diperlukan, diinginkan, dan masalah yang sedang dialami target audiensnya.

2. Pahami Tujuan Konten

Sebelum membuat sebuah konten, penting untuk mengetahui apa yang ingin kamu capai dari membagi konten tersebut. Tanyakan kepada diri sendiri,

“Apakah aku ingin membuat konten ini untuk meningkatkan lalu lintas situs web, penjualan, interaksi dengan audiens, atau ketiganya?”

3. Ukur Keberhasilan

Setelah mempublikasikan konten digital kamu, coba ukur dan analisa keberhasilan konten tersebut berdasarkan tujuan yang telah kamu tentukan sebelumnya. Hal ini akan membantu kamu untuk memahami hal apa saja yang berhasil, apa saja yang tidak berhasil, dan hal apa yang bisa dilakukan secara berbeda di waktu yang akan datang.

4. Kembangkan Strategi Pemasaran Diri (Personal Branding)

Pemasaran diri (personal branding) adalah cara kamu mempromosikan diri sendiri untuk meningkatkan kredibilitas, membedakan diri dari yang lainnya, dan untuk mengembangkan karir. Sebagai content creator, penting untuk memiliki strategi pemasaran diri agar kamu bisa memperlihatkan keunggulan kamu kepada target audiens.

Jika kamu sedang mencari sebuah proyek atau pekerjaan pembuatan konten, kamu pun bisa menunjukkan keunggulan atau personal brand kamu melalui Curriculum Vitae (CV), lho! 

Kamu bisa memperlihatkan proyek apa saja yang pernah kamu tangani, software/tools untuk pembuatan konten apa saja yang bisa kamu gunakan, konten digital apa saja yang pernah kamu buat, dan masih banyak lagi. Inilah salah satu cara untuk menunjukkan kredibilitas dan keunikan kamu sebagai konten kreator.

CakeResume CV builder ini sangat unik dan cocok untuk kamu yang ingin menunjukkan beragam proyek yang telah kamu tangani. Dengan CakeResume CV builder, kamu bisa mencantumkan gambar, video, bahkan powerpoint untuk menampilkan dan menyorot karya-karya kamu sebagai content creator!

Yuk, langsung buat CV gratis di CakeResume, tampilkan karya-karya terbaik kamu, dan tunjukkan keunikan kamu!🎉

--- Ditulis oleh Cindy Graciella ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.