cv ats friendly

Bekerja di perusahaan besar tentunya merupakan impian hampir semua orang. Selain karena gaji dan tunjangan yang ditawarkan relatif lebih menggiurkan, bekerja di perusahaan besar juga merupakan kebanggaan tersendiri karena proses masuknya yang lebih sulit lantaran banyaknya pesaing dan standard perusahaan itu sendiri. 

Karena banyaknya peserta yang melamar kerja di perusahaan besar, dan kuota karyawan baru yang akan diterima mungkin saja hanya dalam hitungan jari tangan. Perusahaan besar umumnya menggunakan ATS (Applicant Tracking System) untuk mempercepat proses lamaran kerja. 

🔎 Tahukah kamu, tercatat lebih dari 95% perusahaan Fortune 500 menggunakan mesin rekrutment yang dikenal dengan nama Applicants Tracking System (ATS)?

Terus? Hubungannya sama CV apa dong? 

Karena yang pertama kali melihat dan menentukan kamu lolos pada tahap screening bukanlah HRD yang bertugas, melainkan mesin ATS. Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui cara membuat CV ATS friendly agar CV kamu lolos ATS dan kamu dapat masuk ke tahap berikutnya.

Bagi kamu yang belum paham mengenai CV ATS atau cara kerja mesin ATS, Jangan khawatir! Kali ini CakeResume akan membahas tuntas CV standard ATS yang tentunya dapat membantu kamu membuat CV yang lolos ATS.

Apa itu ATS? (Bagaimana Cara ATS Bekerja)

Sebelum mengetahui cara ATS bekerja, sebenarnya ATS itu apa sih? 

ATS (Applicant Tracking System) adalah software atau sistem yang membantu HRD dalam proses lamaran kerja tahap screening. ATS akan mencatat, memilah, merekap, serta memberi nilai setiap CV pelamar kerja yang masuk.

Semakin tinggi skornya, tandanya CV tersebut lebih direkomendasikan oleh sistem dan merupakan CV ramah ATS. Jika skornya tidak memenuhi standar, maka CV tersebut secara otomatis akan tertolak oleh sistem.

Nah, CV ATS adalah CV yang dibuat khusus dengan format standar ATS agar dapat mudah dibaca oleh software ATS dan dapat diterima oleh sistem. 

Cara Membuat CV ATS Friendly 

✅ Hindari desain CV ATS yang mencolok 

Applicant Tracking System (ATS) adalah sebuah sistem yang hanya peduli dengan data yang diterima. Desain CV ATS yang mencolok hanya akan menjadi penghalang bagi sistem untuk membaca dan memproses isi penting dari CV kamu. Desain CV yang cantik memang memanjakan mata, namun sayangnya sistem ATS hanya menyukai desain CV yang polos dan rapi. Semakin CV ATS kamu terlihat membosankan dan kaku, akan semakin mempermudah sistem untuk memuat isi penting dari CV ATS kamu.

✅ Pertahankan layout CV ATS sesederhana mungkin

Agar CV lolos standard ATS, usahakan layout CV yang kamu gunakan rapi dan sistematis dengan desain seminimal mungkin.

🚫 Beberapa hal yang perlu kamu hindari saat membuat atau menulis CV yang ATS friendly :

  • Gambar/Grafik/Tabel 
  • Text box 
  • Tulisan miring (Italic) / Garis bawah (Underline)
  • Garis vertikal 
  • Font yang tidak umum dan terlalu kecil (<11pt)

✅ Hanya melamar satu posisi untuk satu perusahaan.

Sistem ATS bertugas mencatat dan merangkum semua data yang kamu berikan. Meskipun CV kamu lolos standard ATS, petugas HRD pada akhirnya akan dapat melihat rangkuman yang diberikan sistem bahwa kamu mendaftar di berbagai posisi pekerjaan. Hal ini akan membuat rekruter merasa bahwa kamu kurang minat dan tidak fokus pada satu posisi pekerjaan. 

✅ Gunakan kata kunci pada CV ATS

Sistem ATS akan menyaring kumpulan pelamar dengan cara mencari kata kunci tertentu. Sehingga, menggunakan kata kunci yang relevan pada CV ATS kamu akan menarik perhatian sistem dan kamu akan memperoleh skor yang lebih tinggi.

Contohnya, untuk posisi staff administrasi, mesin ATS akan mencari kata kunci seperti “pembukuan”, “teliti”, “microsoft word” pada CV kamu. Jadi, kalau kamu masukkan kata kunci berikut di CV kamu, mesin ATS akan memberi CV kamu skor yang lebih tinggi. 

💡 Tips kata kunci pada CV ATS:

  1. Masukkan kata kunci yang tertera pada deskripsi lowongan kerja.
  2. Jangan hanya memasukkan singkatan sebuah kata, tetapi masukkan juga kepanjangan dari kata tersebut. Contohnya, Ms. Word dan Microsoft Word.

✅ Gunakan simbol poin atau angka pada CV ATS

Tampilan yang sederhana, rapi, dan sistematis adalah tampilan yang terbaik untuk CV ramah ATS. Dengan menggunakan simbol poin (bullet points) dan angka (numberings), CV ATS kamu akan lebih mudah dibaca oleh sistem dibandingkan menjabarkan dengan paragraf. 

✅ Simpan CV ATS kamu dengan tipe file yang tepat

Hindari tipe file seperti JPG, JPEG, atau PNG karena sistem tidak dapat membaca data berbentuk foto. Simpan, dan kirimkan CV ATS kamu dengan tipe file Microsoft Word atau PDF agar sistem dapat dengan jelas membaca isi dari CV ATS lamaran kerja kamu. 

✅ Pakai format CV ATS yang benar

Bedakan format CV biasa dengan format CV yang ATS friendly. CV ATS yang kamu buat harus mudah dibaca oleh sistem dan manusia. Caranya bagaimana? 

Sama seperti manusia, sistem juga membaca data dari kiri ke kanan lalu atas ke bawah. Maka dari itu, usahakan tata letak penulisan profil pribadi kamu dimulai dari kiri atas dan diikuti oleh bagian lain (deskripsi diri, pengalaman kerja, riwayat pendidikan) kebawah. Hindari hiasan hiasan yang berlebihan dan ingat untuk tetap menjaga kerapian serta kesederhanaan tampilan CV ATS. 

Aplikasi Membuat CV ATS Friendly

CakeResume adalah website pembuat CV online gratis yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan berbagai template yang unik, kreatif, dan menarik yang ramah ATS. Hasil CV yang kamu buat juga dapat disimpan secara otomatis dan diunduh sebagai PDF serta dibagikan secara online melalui link. Yuk simak cara membuat CV ATS friendly di CakeResume!

1. Memilih Template CV yang ATS Friendly

Template CV ATS Friendly CakeResume

2. Drag and Drop Layout dan Modifikasi CV

Jika kamu tidak puas dengan template yang tersedia, kamu juga bisa mengkustom CV kamu dengan tarik dan taruh layout dari pilihan yang tersedia di kanan layarmu. 

Fitur Drag and Drop untuk CV ATS Friendly pada CakeResume

3. Download CV PDF ATS friendly

Download CV ATS

📚 Baca selengkapnya: Cara Membuat CV Online yang Menarik di CakeResume, 100% Gratis!

5 Contoh CV ATS Friendly

1. Contoh CV Profesional Ramah ATS

Contoh CV ATS Friendly
Contoh CVATS Friendly

2. Contoh CV ATS Friendly Fresh Graduate

Contoh CV ATS
Contoh CV ATS Friendly - Dibuat di CakeResume

3. Contoh CV Analis Finansial Ramah ATS

Contoh CV ATS Friendly
Contoh CV ATS Friendly - Dibuat di CakeResume

4. Contoh CV Mahasiswa yang Lolos ATS

Contoh CV ATS
Contoh CV ATS Friendly - Dibuat di CakeResume

5. Contoh CV Format ATS Bahasa Inggris

CV ATS Friendly
Contoh CV ATS Friendly - Dibuat di CakeResume

Mau tampilan CV yang menarik namun juga ATS Friendly seperti diatas? CakeResume memiliki kumpulan template CV ATS friendly yang bisa kamu download secara gratis loh! Yuk buat CV ATS kamu sekarang juga 🎉

--- Ditulis Oleh Devi Intan Gunawan ---


CakeResume
contributor

CakeResume

With the intention of helping job seekers to fully display their value, CakeResume creates an accessible free resume/CV/biodata builder, for users to build highly-customized resumes. Having a compelling resume is just like a piece of cake!

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume