Cara Membuat CV ATS Friendly Agar Lolos Screening! [Terbaru 2022]

cv ats friendly

Bekerja di perusahaan besar merupakan impian hampir semua orang. Selain karena gaji dan tunjangan yang ditawarkan relatif lebih menggiurkan, bekerja di perusahaan besar juga merupakan kebanggaan tersendiri karena proses masuknya yang lebih sulit lantaran banyaknya pesaing yang ada. 

Karena banyaknya peserta yang melamar kerja, perusahaan besar umumnya menggunakan ATS (Applicant Tracking System) untuk mempercepat proses lamaran kerja. 

CakeResume akan membahas tuntas CV standard ATS, cara membuat CV yang lolos ATS dan terdapat contoh-contoh CV ATS yang bisa dijadikan sebagai referensi.

🔎 Tahukah kamu, tercatat lebih dari 95% perusahaan Fortune 500 menggunakan mesin rekrutment yang dikenal dengan nama Applicants Tracking System (ATS)?

Apa itu CV ATS friendly?

Sebelum mengetahui cara ATS bekerja, sebenarnya ATS itu apa sih? 

Apa itu ATS? (Bagaimana Cara ATS Bekerja)

ATS (Applicant Tracking System) adalah software atau sistem yang membantu HRD dalam proses lamaran kerja tahap screening. ATS akan mencatat, memilah, merekap, serta memberi nilai setiap CV pelamar kerja yang masuk.

Semakin tinggi skornya, tandanya CV tersebut lebih direkomendasikan oleh sistem dan merupakan CV ramah ATS. Jika skornya tidak memenuhi standar, maka CV tersebut secara otomatis akan tertolak oleh sistem.

CV ATS adalah CV yang dibuat khusus dengan format standar ATS agar dapat mudah dibaca oleh software ATS dan dapat diterima oleh sistem. 

cv ats, ats friendly cv, mesin ats
Cara Kerja ATS (Applicant Tracking System)

Mengapa CV Harus ATS Friendly?

  1. Banyak perusahaan besar menggunakan mesin ATS untuk screening CV: di banyak perusahaan besar, yang pertama kali melihat dan menentukan kamu lolos pada tahap screening bukanlah HRD yang bertugas, melainkan mesin ATS. Maka, penting bagi kamu untuk membuat CV yang ATS friendly agar CV kamu lolos ATS dan kamu dapat masuk ke tahap berikutnya.
  2. Informasi CV ATS ringkas dan jelas: Setelah CV kamu lolos screening mesin ATS, HRD tidak memiliki banyak waktu untuk membaca CV, jadi CV harus ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Informasi yang disampaikan harus tepat sasaran.

Cara Membuat CV ATS Friendly 

1. Gunakan CV Builder yang ATS Friendly

Gunakan CV builder yang ATS friendly supaya CV kamu bisa dibaca oleh mesin ATS. Template CV maker yang ramah ATS memiliki formatting yang sudah disesuaikan supaya mesin ATS dapat membaca dokumen CV kamu.

Kamu bisa mendapatkan template CV yang ATS friendly dengan menggunakan CV builder CakeResume. CV builder CakeResume sudah dedesain untuk memenuhi standar ATS. 

CakeResume adalah website dimana kamu bisa membuat CV ATS friendly dengan gratis! Terdapat 50+ template CV ramah ATS yang bisa kamu pilih. Yuk coba sekarang! 🎉

2. Hal yang Harus Dihindari ketika Membuat CV ATS Friendly

Agar CV lolos standard ATS, usahakan format layout CV yang kamu gunakan rapi dan sistematis dengan desain seminimal mungkin. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dihindari saat menulis CV yang ATS friendly:

  • Hindari menggunakan tabel atau kolum,
  • Hindari menggunakan header atau footer,
  • Hindari menggunakan terlalu banyak gambar atau grafik,
  • Hindari menulis judul bagian-bagian CV yang bertele-tele. Contohnya, cukup tuliskan Pengalaman Kerja, Pendidikan, Skill, dll.

3. Hanya Melamar Satu Posisi untuk Satu Perusahaan.

Meskipun CV kamu lolos standar ATS, sistem ATS memungkinkan HRD untuk dapat melihat semua lowongan kerja yang kamu lamar dalam perusahaan. Kesalahan fatal yang seringkali dilakukan oleh pelamar kerja adalah melamar semua posisi dalam perusahaan itu. Ini merupakan red flag dimata HRD karena dengan ini, rekruter tidak tahu apa yang sebenarnya kamu minati. Ini juga akan membuat kamu tidak memiliki spesifikasi skill untuk satu pekerjaan.

4.  Gunakan Kata Kunci untuk Membuat CV yang ATS friendly 

Sistem ATS akan membaca CV pelamar kerja seperti layaknya seorang rekruter. Sistem ATS akan menyaring kumpulan CV dengan mencari kata kunci tertentu yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan. HRD/rekruter tentunya dapat menentukan kata kunci mana yang akan dicari, biasanya mereka menginginkan CV dengan kata kunci yang menjelaskan keterampilan, kualifikasi atau pengalaman yang dibutuhkan untuk lowongan kerja tersebut. 

Misalnya, untuk lowongan kerja Digital Marketing, mesin ATS akan mencari CV dengan kata kunci seperti:

  • Google Ads,
  • Google Analytics, 
  • SEO,
  • Email Marketing,
  • Creative,
  • Data-driven, dll.

Ketika CV kamu mengandung banyak kata kunci yang relevan, CV ATS kamu akan memperoleh skor yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, pastikan kamu memasukan kata kunci pada CV kamu supaya mesin ATS tahu bahwa kamu termasuk kriteria yang dicari HRD dan CV kamu dapat lolos screening ATS. Tips penting dalam memasukan kata kunci adalah dengan membaca ulang lowongan kerja dan mencantumkan kualifikasi skill yang tertera pada postingan lowongan kerja tersebut.

5. Gunakan Simbol Poin atau Angka pada CV ATS

Tampilan yang sederhana, rapi, dan sistematis adalah tampilan yang terbaik untuk CV ramah ATS. Dengan menggunakan simbol poin (bullet points) dan angka (numberings), CV ATS kamu akan lebih mudah dibaca oleh sistem dibandingkan menjabarkan dengan paragraf yang panjang. 

6. Pakai format CV ATS yang benar

Bedakan format CV biasa dengan format CV yang ATS friendly. CV ATS yang kamu buat harus mudah dibaca oleh sistem ATS. Format CV yang paling mudah dibaca oleh mesin ATS adalah format CV reverse-chronological, yaitu format CV yang menekankan pengalaman kerja kamu dari yang terbaru. Format CV ini juga merupakan format yg paling populer di kalangan rekruter. 

7. Simpan CV dengan Tipe File yang Tepat

Hindari tipe file seperti JPG, JPEG, atau PNG karena sistem ATS tidak dapat membaca data berbentuk foto. Simpan dan kirimkan CV ATS kamu dengan tipe file docx atau PDF agar sistem dapat dengan jelas membaca isi dari CV ATS lamaran kerja kamu. 

Aplikasi Pembuat CV ATS Friendly

CakeResume adalah website pembuat CV online gratis yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan berbagai template yang unik, kreatif, dan menarik yang ramah ATS. Hasil CV yang kamu buat juga dapat disimpan secara otomatis dan diunduh sebagai PDF serta dibagikan secara online melalui link. Yuk simak cara membuat CV ATS friendly di CakeResume!

1. Memilih Template CV yang ATS Friendly

Template CV ATS Friendly CakeResume

2. Drag and Drop Layout dan Modifikasi CV

Jika kamu tidak puas dengan template yang tersedia, kamu juga bisa mengkustom CV kamu dengan tarik dan taruh layout dari pilihan yang tersedia di kanan layarmu. 

Fitur Drag and Drop untuk CV ATS Friendly pada CakeResume

3. Download CV PDF ATS friendly

Download CV ATS

Yuk bikin CV ATS Friendly di CakeResume! Terdapat 50+ template CV ATS gratis yang bisa kamu gunakan dan download sebagai PDF! 🎉

6 Contoh CV ATS Friendly

1. Contoh CV Profesional Ramah ATS

Contoh CV ATS Friendly
Contoh CVATS Friendly - Dibuat di CakeResume

2. Contoh CV ATS Friendly Fresh Graduate

contoh cv ats friendly fresh graduate
Contoh CV ramah ATS untuk Fresh Graduate - Dibuat oleh CakeResume

3. Contoh CV Analis Finansial Ramah ATS

Contoh CV ATS Friendly
Contoh CV ATS Friendly - Dibuat di CakeResume

4. Contoh CV Mahasiswa yang Lolos ATS

Contoh CV ATS friendly
Contoh CV yang Lolos Mesin ATS - Dibuat di CakeResume

5. Contoh CV Format ATS Bahasa Inggris

CV ATS Friendly
Contoh CV  yang ATS Friendly - Dibuat di CakeResume

6. Contoh CV ATS yang Baik dan Benar

cv ats
Contoh CV Ramah ATS Friendly - Dibuat di CakeResume

Kesimpulan

  • Banyak perusahaan menggunakan mesin ATS (Applicant Tracking System) untuk menyaring CV kandidat.
  • CV ATS friendly adalah CV yang dedesain untuk memenuhi standar ATS.
  • Cara membuat CV ATS:
    • Gunakan CV builder ATS Friendly (CakeResume, Microsoft Word, dll.)
    • Masukkan keyword yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar
    • Simpan CV dalam bentuk PDF atau docx.

Sudah punya CV yang ATS Friendly? Waktunya gunakan CV ATS kamu dan melamar kerja. Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume, job portal terpercaya di Indonesia 🎉

--- Ditulis Oleh Devi Intan Gunawan ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!