Administrasi merupakan kegiatan yang dimulai dari proses perencanaan sampai mengorganisir segala aktivitas dalam sebuah instansi. Tugas seorang admin tidaklah mudah, dibutuhkan beberapa keahlian khusus agar segala administrasi di instansi tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Job desc administrasi

Tugas seorang admin yang paling umum termasuk mengarsip data agar data yang dimiliki perusahaan lebih mudah dikelola dan dicari saat dibutuhkan. Seorang admin juga menyiapkan agenda kantor untuk membantu pemimpin perusahaan membagi waktu untuk menghadiri rapat ataupun kegiatan lainnya.

Masih banyak tugas admin lain yang sangat dibutuhkan sebuah perusahaan agar alur kegiatan di dalamnya dapat berjalan dengan lancar. 

Nah, sebelum memikirkan lebih dalam tentang pekerjaan admin di perusahaan impian kamu nanti, ada hal penting yang harus terlebih dahulu dilakukan. Kalau kamu ingin mendaftarkan diri menjadi seorang staff admin, mempunyai Curriculum Vitae administrasi yang baik, benar, dan menarik akan sangat membantu kamu untuk dilirik oleh HRD perusahaan loh.

Artikel kali ini akan membahas cara membuat CV staff administrasi yang baik dan benar serta contoh CV administrasi untuk membantu kamu!

Do’s & Don'ts Saat Membuat CV Staff Administrasi

Sebelum mulai membuat CV staff administrasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan nih. Walaupun pada dasarnya peraturan ini hampir sama untuk segala jenis CV, ada beberapa do’s and don’ts spesifik dalam pembuatan CV staff admin.

Dos

 Pilih desain & format CV yang tepat

Dalam hal memilih desain, sebenarnya bisa dilakukan sesuai selera. Tetapi, desain yang dipilih akan lebih baik jika terlihat rapi, simpel, dan mudah dibaca. Lain dengan format, yang lebih bergantung pada status kamu saat membuat CV administrasi tersebut. Kalau kamu baru lulus kuliah, pengalaman organisasi penting dimasukkan, berbeda jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja.

 Sesuaikan CV untuk pekerjaan yang berbeda

Apabila kamu baru dalam dunia kerja, mungkin kamu berpikir bahwa kamu bisa menggunakan satu CV yang sama untuk segala jenis pekerjaan yang dilamar. Namun sebenarnya, konten CV lamaran kerja administrasi kamu harus dibedakan dengan CV pekerjaan lain. Kenapa? Supaya konten CV bisa disesuaikan dengan kriteria yang diinginkan setiap perusahaan.

✅ Menulis surat lamaran kerja staff administrasi 

Sebelum mendaftarkan diri ke sebuah perusahaan, kamu harus terlebih dahulu mengirimkan surat lamaran kerja kepada HRD agar mereka dapat menentukan apabila permohonan kerjamu dapat berlanjut ke tahap berikutnya.

Isi dari surat lamaran kerja staff administrasi tentunya akan berbeda dengan surat lamaran kerja lainnya. Poin-poin penting dalam menulis surat lamaran kerja admin termasuk:

  • Menuliskan data diri dan kontak informasi yang dapat dihubungi.
  • Menjelaskan alasan kamu melamar menjadi staff admin dan juga menunjukkan seberapa kamu memahami perusahaan tersebut hingga produk atau layanan yang mereka sediakan.
  • Menjelaskan kualitas dan kemampuan kamu yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas admin.
  • Mencantumkan pengalaman dan pencapaian kamu sebelumnya yang berhubungan dengan persyaratan menjadi seorang staff administrasi.

Contoh surat lamaran kerja staff administrasi:

Semarang, 28 Juli 2021

Kepada Yth.  
Bapak/Ibu Manager Shopee Indonesia 
Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat 11410

Dengan hormat,

Bersama ini saya mengajukan lamaran pekerjaan pada posisi Staff Administrasi di Shopee Indonesia yang dipimpin oleh bapak/ibu. Saya memiliki pengalaman di bidang administrasi seperti mengatur jadwal rapat mingguan dan mengurus pengiriman dokumen ataupun invoice, dan juga mencatat stok barang.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama
Tempat, tanggal lahir
Umur 
Jenis kelamin 
Alamat 
No. Telp
Email 

: Riana Sutanto
: Tangerang, 23 November 1995
: 26 tahun
: Perempuan
: Jl. Nove 3 No. 26, Semarang
: 081227433322
: [email protected]

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan sejumlah dokumen penting :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir
  4. 2 Lembar Pas Foto 4x6
  5. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya mendapatkan kesempatan untuk lanjut ke tahap berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Riana Sutanto

DON'TS:

❌ Berbohong

Walaupun menuliskan segala hal baik tentang diri sendiri dalam CV admin terasa menggoda, berbohong merupakan sesuatu yang harus dihindari. Jika kamu mencantumkan suatu pengalaman ataupun kemampuan yang sebenarnya tidak kamu miliki, cepat atau lambat juga akan diketahui oleh recruiter loh.

❌ Menggunakan kata-kata yang tidak sopan

Pemilihan bahasa sangat penting dalam membuat CV staff administrasi loh. Sangat penting untuk kamu menggunakan bahasa yang lebih formal dan menghindari kata-kata kasar, berbau SARA, maupun kata-kata lain yang tidak sopan.

Biodata Diri pada CV Administrasi

Seperti ketika kamu menulis surat lamaran kerja, biodata diri juga merupakan bagian yang krusial untuk kamu cantumkan ke dalam CV staff administrasi. Ada beberapa kategori informasi yang penting, opsional, dan yang sebaiknya dihindari, yaitu:

Penting

  • Nama lengkap
  • Alamat email
  • Nomor telepon

Opsional

  • Alamat tempat tinggal
  • URL LinkedIn
  • Website pribadi
  • Hobi

Dihindari

  • Tanggal lahir
  • Agama
  • Status pernikahan
  • Gaji yang diharapkan
  • Nomor rekening

“Tentang Saya” di CV Staff Administrasi

Salah satu komponen penting dalam CV staff administrasi adalah mendeskripsikan diri sendiri secara singkat pada bagian “tentang saya” di CV admin kamu. Dalam bagian ini, kamu bisa mencantumkan kepribadianmu, pengalaman, dan keterampilan yang relevan dengan tugas seorang admin. Karena bagian ini adalah rangkuman tentang diri kamu, jadi pastikan kamu menonjolkan sisi terbaikmu.

 ❎ Dalam menulis deskripsi diri untuk administrasi yang dapat menarik perhatian HRD perusahaan, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari.

  1. Memuji diri sendiri secara berlebihan / menyombongkan diri
  2. Menceritakan skill yang tidak relevan dengan pekerjaan admin
  3. Curhat / menceritakan masalah hidup
  4. Deskripsi diri terlalu pendek ataupun terlalu panjang

📚 Bacaan lanjutan:  10 Contoh Deskripsi Diri Menarik yang Disukai Rekruter

Riwayat Pendidikan untuk CV Staff Administrasi

Saat membuat CV staff administrasi, tuliskanlah riwayat pendidikan paling terakhir yang telah kamu tempuh. Ingat, kamu tidak perlu menuliskan riwayat pendidikan sejak SD ya. Jika kamu menempuh sekolah tinggi ilmu administrasi ataupun sekolah jurusan perkantoran sebelumnya, jangan lupa tuliskan, karena riwayat pendidikan itu sangat berhubungan dengan pekerjaan staff admin.

Hal-hal krusial mengenai riwayat pendidikan termasuk:

  • Nama sekolah / universitas
  • Jurusan
  • Gelar
  • Tahun menempuh pendidikan

Dalam menuliskan riwayat pendidikan, letaknya di dalam CV admin akan bergantung dengan status kamu. Untuk siswa / mahasiswa, letakkan riwayat pendidikan di awal, tepat setelah bagian deskripsi diri. Untuk kamu yang sudah bekerja, bisa diletakkan setelah bagian pengalaman kerja pada CV administrasi kamu.

Menuliskan Pengalaman Bekerja dan Organisasi yang Relevan di CV Staff Administrasi

Untuk menarik perhatian HRD, tentunya kamu juga perlu menonjolkan diri dengan menunjukkan seberapa berpengalaman kamu dalam bekerja baik di perusahaan maupun organisasi. Nah, ada 3 tips beserta contoh pengalaman kerja untuk staff administrasi yang bisa kamu gunakan nih untuk ditulis dalam CV staff administrasi:

✅ Sesuaikan dengan pekerjaan yang akan dilamar

Jika kamu ingin mendaftarkan diri menjadi seorang staff admin, pengalaman kerja yang baik untuk dicantumkan adalah pengalaman yang sejenis dengan tugas staff administrasi. Sebagai contoh, pengalaman kerja sebagai guru matematika akan tidak relevan untuk dicantumkan ke dalam CV staff administrasi.

✅ Tambahkan hasil yang dapat diukur (gunakan angka)

Jelaskan pencapaian kamu di pengalaman kerja sebelumnya dengan menggunakan angka sebagai tolak ukur sehingga terlihat lebih akurat dan meyakinkan.

✅ Gunakan kata kunci

Saat menceritakan pengalaman kerja, masukkan kata kunci yang relevan dengan hard skills maupun soft skills yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas staff administrasi.

Contoh pengalaman organisasi untuk staff administrasi:

Sekretaris | Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)                             

Universitas Indonesia 2018-2019

  • Mengatur jadwal rapat
  • Mencatat hasil berjalannya rapat
  • Membuat surat-surat penting yang berhubungan dengan organisasi
  • Mengarsip dokumen yang masuk ke organisasi

Contoh pengalaman kerja untuk staff administrasi:

Customer Service | Bank Rakyat Indonesia (BRI)                             
Cabang Jakarta Pusat 2019-2020

  • Mengurus administrasi bank
  • Memberikan informasi dan mempromosikan produk BRI kepada nasabah
  • Menangani keluhan nasabah bank secara langsung maupun melalui telepon/email
  • Meningkatkan jumlah nasabah sebanyak 10% dari tahun sebelumnya.

Menambahkan Skill Administrasi dalam CV

Untuk meningkatkan peluang kamu untuk lanjut ke tahap berikutnya, tentunya recruiter ingin melihat apabila kamu memiliki skill administrasi perkantoran yang sesuai dengan kriteria mereka. Skill tersebut bisa berupa hard skills dan juga soft skills. Kamu bisa cantumkan dengan menuliskannya satu per satu beserta penjelasan singkat yang berhubungan dengan pekerjaan staff admin. 

Contoh hard skill administrasi perkantoran: 

  • Microsoft Office Suite
  • Google Drive
  • Pengarsipan
  • Pembukuan
  • Penyusunan huruf / typesetting

Contoh soft skill administrasi perkantoran:

  • Teliti
  • Rapi
  • Mampu bekerja dalam tim
  • Time management

📚 Bacaan lanjutan:  100+ Contoh Soft Skill & Hard Skill dalam CV (untuk 15 Pekerjaan)

Cantumkan Sertifikat Keahlian Administrasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki skill-skill tertentu yang berhubungan dengan tugas seorang admin akan mempermudah kamu dalam proses lamaran kerja. Namun, apa sih yang membuat recruiter percaya bahwa kamu benar-benar memiliki skill yang kamu sebutkan? 

Salah satunya adalah dengan menambahkan sertifikat keahlian administrasi yang kamu miliki. Sertifikat administrasi perkantoran tersebut bisa berupa bukti kamu pernah mengikuti pelatihan, atau tamat dari sekolah maupun instansi yang berhubungan dengan itu.

5 Contoh CV Lamaran Kerja Staff Administrasi

Contoh CV Staff Administrasi

Contoh CV Staff Administrasi
Contoh CV Staff Admin - dibuat dengan CakeResume

Contoh CV Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Contoh CV Staff Administrasi
Contoh CV Lulusan SMK Administrasi Perkantoran - dibuat dengan CakeResume

Contoh CV untuk Admin Online Shop

Contoh CV Admin Ol Shop
Contoh CV untuk Admin Online Shop - dibuat dengan CakeResume

Contoh CV Lamaran Kerja Admin Bahasa Inggris

Contoh CV Admin
Contoh CV Lamaran Kerja Admin Bahasa Inggris - dibuat dengan CakeResume

Contoh CV Admin Sosial Media

Contoh CV Administrasi
Contoh CV Admin Sosial Media - dibuat dengan CakeResume

CakeResume adalah CV online gratis yang menyediakan template CV ATS friendly untuk membuat CV Administrasi. Ayo buat CV lamaran kerja administrasi sekarang!

--- Ditulis oleh Natasia Shanice Chanaka ---


CakeResume
contributor

CakeResume

With the intention of helping job seekers to fully display their value, CakeResume creates an accessible free resume/CV/biodata builder, for users to build highly-customized resumes. Having a compelling resume is just like a piece of cake!

Default avatar
Please login first.
Build a Resume for Free

Download Free PDF Resume

Build a Resume for Free

Real Resume Examples
Resume