3 Contoh CV Social Media Specialist untuk Melamar Kerja

Seiring dengan berkembangnya media sosial, profesi Social Media Specialist pun menjadi naik daun. Seorang social media specialist bertugas untuk merancang konten dan bertanggung jawab untuk pertumbuhan dari media sosial yang dipegangnya. Tak hanya itu, social media specialist juga perlu menyesuaikan cara penyampaian, isi, dan cara komunikasi yang tepat untuk setiap brand, serta melakukan analisa target pasar secara berkala.

Dengan kebutuhan dan persaingan yang tinggi, maka kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat CV social media specialist yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan tersebut. Jangan sampai ketika ingin melamar pekerjaan ini, justru CV social media officer yang sudah dipersiapkan berbeda dengan kebutuhan yang sebenarnya dicari. Lihat, yuk, di bawah bagaimana cara membuat contoh CV social media specialist!

Contoh CV Social Media Marketing Bahasa Inggris
Contoh CV Social Media Marketing Bahasa Inggris - Dibuat di CakeResume

Mau CV Social Media Specialist kamu menarik seperti contoh diatas? CakeResume menyediakan CV builder GRATIS dengan template menarik. Bisa download sebagai PDF. 🎉

Cara Membuat Contoh CV Social Media Specialist yang Menarik

1. Memberikan Informasi Kontak Profesionalmu

Ketika membuat CV social media specialist, masukanlah data diri yang diperlukan secara profesional, seperti: 

  • Nama
  • No handphone yang terhubung ke Whatsapp (karena saat ini banyak rekruter yang menghubungi lewat Whatsapp)
  • Domisili (cukup daerah saja, tidak perlu alamat lengkap)
  • Email (pakailah email profesional yang biasanya terdiri dari nama lengkap dan tidak disertai dengan tambahan hal-hal lain. 
  • Link profil Linkedin
  • Portfolio (sifatnya opsional, dan baiknya berhubungan dengan social media marketing itu sendiri)

Hindari memasukkan informasi yang dianggap tidak terlalu penting kecuali diminta/ditanyakan, seperti: agama, ras, tinggi/berat badan, gender, dan lain-lain.

2. Buat Satu Paragraf Deskripsi Diri

Di bagian ini, perkenalkanlah diri kamu dengan menyebutkan status/jabatan profesionalmu sekarang. Cantumkan kemampuanmu dan tuliskan bagaimana hal tersebut relevan ke pekerjaan yang sekarang kamu lamar. Tambahkan 1-3 skill yang ingin di-highlight disertai 2-3 kalimat penjelasan singkat tentang hard skill juga soft skill yang dimiliki.

Contoh:

Lulusan S1 Bisnis Manajemen UNTAR dengan IPK 3,9. Saya adalah seseorang yang kreatif, bermotivasi tinggi, dan suka bersosialisasi. Memiliki ketertarikan yang besar dalam social media marketing, content creation, dan SEO writing. Bisa bekerja dalam tim dan seseorang yang suka berada dalam lingkungan dinamis.

📚 Baca juga:  18 Contoh Deskripsi Diri dalam CV yang Disukai Rekruter!

3. Sertakan Riwayat Pendidikan

Dalam membuat CV sebagai social media specialist, kamu dapat menuliskan riwayat pendidikan dari yang terbaru di paling atas diikuti dengan yang berikutnya. Biasanya, untuk CV kamu dapat menuliskan 2-3 riwayat pendidikan terakhir saja. Sertakan juga tahun belajar, jurusan, dan IPK-mu jika bagus.

Contoh:

Universitas Tarumanegara
2016-2020
Gelar Sarjana, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurnalistik (GPA: 3.62/4.00)

Aktivitas: Wakil Ketua English Debate Club 2019

4. Tulis Pengalaman Kerja

Sama dengan riwayat pendidikan, bagian pengalaman kerja dalam CV social media specialistmu juga diisi dengan urutan yang terbalik (yang terbaru ditaruh di atas). 

Tuliskan jabatan dan nama peruahaan tempat kamu bekerja, lama periode kerjamu, serta tugas dan pencapaian apa yang dilakukan selama bekerja di perusahaan tersebut. 

Pastikan deskripsi tugas dan pencapaian ditulis sedetil mungkin dengan bulat poin. Ini akan menarik rekruter dalam melihat apakah kapabilitasmu cocok untuk posisi yang dilamar serta apakah yang kamu kerjakan di perusahaan sebelumnya sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan barumu.

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, bagian ini bisa digantikan dengan pengalaman organisasi, volunteer atau pengalaman magang.

Contoh:

Senior Social Media Specialist
Halodoc ID
Sep 2021 - sekarang

  • Bersama dengan tim strategist, mengembangkan strategi media sosial yang dilihat dari performa data saat ini dan evaluasi data periode sebelumnya
  • Membuat editorial plan sesuai target dan kebutuhan pasar
  • Membangun komunikasi berupa brand tone, brand voice, dan brand persona yang dimiliki perusahaan
  • Mencari trend dan konten terbaru yang relevan 
  • Memastikan metriks sosial media termasuk reach, engagement, followers dapat terpenuhi sesuai target perusahaan
  • Melakukan analisa dan membuat laporan bulanan tentang perkembangan media sosial 

Social Media Officer
YOYO Technology Indonesia
Jun 2020 - Sep 2021

  • Berinteraksi dengan konsumen dengan membalas setiap pesan yang dikirimkan melalui channel media sosial (FB, IG, Tiktok) yang dimiliki perusahaan
  • Membuat rancangan konten beserta acuan visual dan caption untuk editorial plan
  • Merencanakan jadwal tayang konten media sosial dan artikel untuk SEO
  • Memantau perkembangan media sosial dan melakukan analisa minat pasar
  • Clients: Kewpie, OCBC & Phapros

5. Tunjukkan Skill/Keterampilan yang Kamu Miliki

Jangan lupa masukkan skill yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar, dalam hal ini karena kita sedang membuat CV social media specialist, maka kemampuan yang dimasukkan juga harus sesuai. Skill dapat dikelompokkan dari hard skill, soft skill, tools, dan lain-lain.

Contoh:

Hard skill: Social media marketing, Content creation, SEO writing, Copywriting, Graphic Design, Content Planning, Microsoft Office

Soft skill: Creative, problem-solving, good communication skills, detail-oriented

Tools: Facebook Ads, Instagram Ads, Canva

📚 Baca juga:  100+ Contoh Soft Skill dan Hard Skill dalam CV yang Wajib Diketahui!

6. Cantumkan Informasi Tambahan

Saat membuat CV social media specialist, baiknya juga dicantumkan hal-hal lain seperti sertifikasi, lisensi, penghargaan, pengalaman organisasi dan portfolio, yang dapat menjadi nilai tambah dirimu di mata rekruter.

Contoh:

Lisensi & Sertifikasi 

RevoU Mini Course Digital Marketing
Diterbitkan oleh RevoU pada Mar 2021

Pengalaman Organisasi

ORANGE Magazine
2017-2018
Editor Orange Magazine Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanegara periode 2017-2018

Badan Eksekutif Mahasiswa Fikom Untar
2017-2018
Bendahara untuk BEM Fikom Untar periode 2017-2018

Tips CV Social Media Specialist yang Baik dan Benar

1. Sesuaikan CV social media specialist-mu dengan deskripsi pekerjaan

Saat membuat CV untuk melamar pekerjaan sebagai social media specialist, pastikan kamu menyesuaikan isi CV dengan deskripsi pekerjaan agar sesuai dengan kebutuhan yang dicari perusahaan. 

Contoh untuk CV social media specialist sendiri, kamu dapat menyebutkan tools media sosial yang kamu kuasai (Meta business Suite, Creator Studio, Facebook Ads Manager dan lain-lain) dan strategi penggunaannya disesuaikan dengan deskripsi pekerjaan, atau keterampilan lain yang berhubungan dengan mengolah media sosial (membuat laporan bulanan, analisa minat dan perilaku pelanggan)

2. Sebutkan pencapaian yang terukur

Rekruter akan lebih senang dengan pencapaian yang sifatnya terukur. Dalam arti, terdapat angka dan data yang bisa dipertanggungjawabkan saat kamu menuliskannya di CV social media specialistmu. Contoh: 

  • Meningkatkan engagement  dan reach di Facebook dan Instagram hingga 125% melalui kampanye “Jadi stylish tidak harus mahal”
  • Meningkatkan followers Tiktok hingga 30.000 orang dengan #FridayChallenge September 2022 bekerja sama dengan fashion KOL: @erikaboen dan @kent.hadi 

3. Sertakan cover letter dengan CV social media specialistmu

Surat pengantar atau cover letter merupakan dokumen yang dikirim saat ingin melamar suatu pekerjaan yang tujuannya untuk menyediakan informasi tambahan kepada rekruter. Contoh surat pengantar untuk cv admin sosial media adalah sebagai berikut:

Jeny Pangebuan
085173211509
[email protected] 
www.linkedin.com/in/jenypangebuan
20 Desember 202

Kepada: 
Rizki Ilham
ABX Recruitment Team
Jl. Jobang Gede no. 14A Blok C-D, Banten 42191

Yth. Saudara Rizki Ilham,

Melalui surat ini saya ingin menyatakan ketertarikan saya terhadap pekerjaan social media officer yang lowongannya saya temukan di situs web perusahaan. Saya melihat bahwa kemampuan dan keterampilan yang saya miliki cocok dengan kebutuhan perusahaan dan saya dapat memberikan kontribusi penuh terhadap pekerjaan tersebut.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai admin social media di dua tempat, yaitu @mika.clothing (2020-2021) dan PT. Abadi Bersama Sejahtera (2021 - sekarang). Setelah 2 tahun bekerja sebagai social media officer, banyak hal yang sudah saya kuasai seperti penggunaan Meta Business Suite, Creator Studio, dan Tiktok. Saya juga telah mengambil kursus social media marketing di Coursera pada Juli 2022 untuk menambah pengetahuan saya mengenai cara mengolah media sosial dan menganalisa data untuk strategi pemasaran berikutnya. 

Saya merupakan seseorang yang detail, disiplin, dan mampu bekerja dalam tim. Saya akan sangat senang jika memiliki kesempatan untuk berbicara lebih lanjut mengenai pekerjaan ini dan bagaimana kemampuan saya dapat berguna untuk perusahaan. 

Demikian yang dapat saya sampaikan, atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Dengan hormat,
Jeny Pangebuan

📚 Baca juga:  8 Contoh Cover Letter (Surat Lamaran Kerja) Bahasa Inggris Terbaik!

3 Contoh CV Social Media Specialist

1. Contoh CV Social Media Marketing Specialist Tanpa Pengalaman

CV Social Media Specialist Non Pengalaman
Contoh CV Social Media Specialist Non Pengalaman - Dibuat di CakeResume

Mau CV Social Media Specialist kamu menarik seperti contoh diatas? CakeResume menyediakan CV builder GRATIS dengan template menarik. Bisa download sebagai PDF 🎉

2. Contoh CV Social Media Specialist Bahasa Inggris

Contoh CV Social Media Marketing Bahasa Inggris
Contoh CV Social Media Marketing Bahasa Inggris - DIbuat di CakeResume

3. Contoh CV Social Media Specialist Bahasa Indonesia

Contoh CV Social Media Admin
Contoh CV Social Media Marketing - Dibuat di CakeResume

Mau CV Social Media Specialist kamu menarik seperti contoh diatas? CakeResume menyediakan CV builder GRATIS dengan template menarik. Bisa download sebagai PDF. 🎉

Kesimpulan:

  • Sebelum mengirimkan CV sebagai social media specialist, pastikan CV yang dikirim sudah berisi informasi yang lengkap dan profesional,
  • Sesuaikan isi CV social media specialistmu dengan tugas/deskripsi pekerjaan yang akan dilamar,
  • Akan lebih baik jika dapat melampirkan sertifikasi dan lisensi, pengalaman organisasi, atau proyek yang pernah dikerjakan sebagai referensi tambahan untuk rekruter.

--- Ditulis Oleh Leony Jardine ---


Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Mar 6th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...