3 Contoh Cover Letter Fresh Graduate [+ Tips Non-Pengalaman]

Saat melamar kerja, pernahkah kamu menemukan bahwa kamu harus mengunggah bukan hanya CV, namun juga cover letter ke situs perusahaan atau job portal tempat kamu ingin melamar pekerjaan tersebut? Apalagi ketika pertama kali mencari kerja, jangankan untuk membuat cover letter fresh graduate yang menarik, untuk mengerti fungsi dan peranan cover letter saat melamar kerja saja merupakan hal baru yang harus dipelajari. 

Agar kamu tidak salah dan dapat memaksimalkan fungsi dari cover letter, simak yuk cara membuat cover letter untuk fresh graduate sehingga skillmu dapat dilirik oleh rekruter.

cover letter fresh graduate
Contoh Cover Letter Fresh Graduate Bahasa Inggris 

Cover Letter Fresh Graduate

Pertama-tama kita perlu membahas pengertian dari cover letter itu sendiri. 

Apa itu Cover Letter?

Cover letter adalah sebuah surat pengantar yang ditujukan kepada rekruter ketika kamu mengirim CV untuk melamar kerja. Selain berisi maksud kamu melamar kerja, cover letter juga memuat keahlian atau informasi tambahan terkait pekerjaan yang dilamar. Cover letter terutama untuk fresh graduate dapat menjadi nilai tambah ketika melamar kerja karena menurut sebuah survei, 53% HRD lebih memilih kandidat yang memberikan cover letter

Biasanya, para rekruter akan melihat cover letter terlebih dahulu baru membaca CV-mu, sehingga, jika cover letter yang diajukan kurang menarik, kesempatan CV-mu untuk dilirik oleh rekruter juga lebih rendah. Maka itu, penting untuk mengetahui cara membuat cover letter / application letter yang baik untuk fresh graduate.

💡 Catatan: Cover letter juga memiliki istilah lain, yaitu application letter. 

Apa Tujuan dari Cover Letter?

Berikut adalah beberapa tujuan dari application letter fresh graduate: 

  1. Kesempatan untuk menunjukkan kualifikasi yang dimiliki
    
    Tunjukkan bagaimana kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki sesuai dengan kriteria kandidat yang dibutuhkan. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang belum punya pengalaman kerja sama sekali. Kemampuan dan pengalaman yang ditunjukkan bisa merupakan pengalaman volunteer, berorganisasi, kursus, dan lain-lain.
  1. Kesempatan untuk menyampaikan motivasimu ingin bergabung dalam perusahaan tersebut
    Sebagai perekrut, tentunya kamu akan tertarik dengan pelamar yang menunjukkan motivasinya untuk bergabung di perusahaan tempatmu bekerja. Sehingga, penting untuk menyebutkan mengapa kamu ingin bergabung di perusahaan tersebut dan kontribusi apa yang akan kamu berikan ketika berhasil diterima.
  1. Kesempatan untuk memberi tahu cara komunikasi dan gaya menulismu
    Dengan mengajukan cover letter, kamu sedang menunjukkan rekruter personality-mu dalam cara berkomunikasi dan bagaimana merangkainya lewat tulisan. Jadi, saat pembuatan cover letter fresh graduate, perlu benar-benar diperhatikan kalimat penyampaian dan susunan alur untuk mendeskripsikan kualifikasimu.

Seperti Apa Cover Letter Fresh Graduate yang Baik?

Jika sudah mengetahui pengertian dan tujuan dari cover letter, berikutnya kamu juga perlu tahu seperti apa cover letter fresh graduate yang baik. Ini 3 hal yang dapat membantu meningkatkan kualitas application letter fresh graduate-mu:

  1. Tidak mengulang isi CV
    Karena cover letter fresh graduate berisi informasi pelengkap CV, maka sebaiknya tidak persis mengulang apa yang sudah dituliskan di CV, melainkan memberikan tambahan penjelasan tentang suatu kemampuan/keahlian/keterampilan tertentu.
  1. Unik, mewakili karakteristik diri
    Application letter fresh graduate juga harus bersifat otentik, artinya setiap individu pasti memiliki kemampuan dan pengalamannya masing-masing, sehingga isi dari setiap cover letter akan berbeda. Apa yang dituliskan tersebut akan mewakilkan karakteristik dirimu dan bagaimana kamu memandang pekerjaan yang kamu lamar tersebut.
  1. Tujukan cover letter ke orang yang tepat
    Kamu perlu menuliskan nama serta jabatan dari orang yang akan menerima cover letter fresh graduate-mu. Namun jika kamu tidak mengetahui informasi ini, kamu dapat menuliskan saja kepada hiring manager atau recruitment team dari perusahaan tersebut.
  1. Unggah menggunakan file PDF
    Kamu dapat mengunggah cover letter fresh graduate yang telah dibuat dengan format PDF agar isi cover letter tidak berganti ketika di buka di perangkat apapun. Namun jika tidak diberikan petunjuk untuk mengunggah cover letter, kamu dapat mengetik cover letter-mu di badan email lamaran kerja atau kolom keterangan yang telah disiapkan.

Cara Membuat Cover Letter untuk Fresh Graduate

Di bawah ini merupakan kerangka cover letter untuk fresh graduate:

1. Buat Paragraf Pembuka yang Memikat Atensi

Kesuksesan paragraf pembuka menentukan apakah cover letter mu akan dibaca dan CV mu akan diproses lebih lanjut. Jika isi dari paragraf pembuka saja sudah tidak menarik, maka tentunya informasi yang lain juga tidak akan dibaca sampai habis. 

Pada paragraf pembuka, kamu dapat menuliskan dari mana kamu tahu lowongan kerja tersebut, dilengkapi dengan posisi yang diinginkan. Jangan lupa tunjukkan bahwa kamu menantikan untuk bergabung dan berkontribusi untuk perusahaan.

Contoh paragraf pembuka job application letter fresh graduate:

Setelah melihat lowongan pekerjaan di CakeResume terkait posisi Accounting Staff di perusahaan Anda, saya menulis surat lamaran ini untuk menyampaikan ketertarikan saya terhadap posisi tersebut. Saya merupakan mahasiswi lulusan Universitas Indonesia yang memiliki konsentrasi serupa di bidang akunting. Saya merasa posisi Accounting Staff sesuai dengan keahlian, pengalaman, dan latar belakang pendidikan saya.

2. Beritahu Alasan Mengapa Ingin Melamar di Perusahaan Tersebut

Selanjutnya, kamu dapat menuliskan alasan kamu ingin masuk ke perusahaan tersebut, bisa karena perusahaan tersebut merupakan brand yang kamu sukai, bisa karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan impianmu, dan lain-lain. 

Contoh paragraf kedua untuk cover letter fresh graduate tanpa pengalaman:

Sejak kuliah saya telah memiliki minat yang besar untuk dapat bekerja di perusahaan Anda, karena saya melihat perusahaan Anda memiliki sepak terjang yang mengagumkan di dunia akunting. Selain itu, lingkungan kerja yang nyaman dan dinamis membuat saya tambah termotivasi untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan Anda. Hal tersebut juga membuat saya semangat untuk menyelesaikan kuliah dan lulus dengan nilai yang baik.

3. Sampaikan Mengapa Kamu Merupakan Kandidat Terbaik 

Kamu perlu meyakinkan mengapa perusahaan harus memilihmu dibanding kandidat lain. Kamu dapat mencari tahu lebih dahulu mengenai visi misi perusahaan dan kandidat seperti apa yang perusahaan tersebut cari, sehingga, kamu dapat menuliskan kebutuhan yang dicari perusahaan atau bagaimana kamu dapat membantu menyelesaikan masalah yang dimiliki perusahaan.

Contoh bagian selanjutnya dalam application letter fresh graduate:

Saya aktif mengikuti accounting club di kampus dan beberapa kali mewakilkan Universitas Indonesia dalam kompetisi akuntansi level national. Dengan sikap disiplin, berorientasi pada detail, dan terampil dalam mengolah angka, saya yakin dapat memberi nilai tambah untuk perusahaan. Selain itu, pengalaman saya dalam organisasi juga membantu saya mengerti bagaimana bekerja dalam tim dan bersosialisasi dengan orang lain.

4. Tambahkan Angka dan Contoh yang Terukur untuk Mendukung Pernyataanmu

Ketika kamu menuliskan bahwa kamu memiliki minat besar pada suatu bidang, maka apa bukti yang bisa mendukung pernyataanmu tersebut? Tuliskanlah bukti atau kalimat pendukung sehingga pernyataanmu lebih kredibel saat dibaca oleh rekuter.

Contoh bagian berikutnya dalam cover letter lamaran kerja fresh graduate:

Saya mendapat 98% dari 100% survei kepuasan klien terhadap proyek akuntansi yang saya kerjakan sewaktu magang di Deloitte Indonesia pada Agustus - Oktober 2022. Selama 4 bulan, saya diberi kesempatan untuk menjalankan beberapa proyek dari klien di berbagai bidang industri seperti Unilever, Indofood, dan Logitec.  

5. Tutup dengan kesimpulan yang berkesan

Akhiri cover letter-mu dengan kesimpulan yang dapat meninggalkan kesan untuk rekruter. Kamu dapat menambahkan kalimat lain selain untuk berdiskusi lebih lanjut sehingga membuat cover letter fresh graduate yang ditulis semakin menarik dan berbeda.

Contoh paragraf penutup dalam cover letter bahasa indonesia untuk fresh graduate:

Saya percaya kemampuan dan keahlian yang saya miliki dari pengalaman organisasi, lomba, maupun magang dapat memenuhi kriteria Accounting Staff yang dicari oleh perusahaan Anda. Saya harap dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai posisi tersebut dan membahas apa kontribusi yang bisa saya berikan untuk perusahaan. Terima kasih untuk waktu yang diberikan dalam membaca cover letter ini, dan semoga kita dapat bertemu secepatnya.

Contoh Cover Letter Fresh Graduate

Berikut 3 contoh cover letter bahasa inggris dan bahasa indonesia untuk fresh graduate:

1. Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman 

Berikut merupakan contoh cover letter bahasa indonesia untuk fresh graduate tanpa pengalaman yang ingin melamar ke posisi Digital Marketing:

25 Mei 2023

Yth. Bapak Putra Simorangkir
Human Resource
Next Digital Indonesia
Ruko Business park blok i 7
Jl Meruya Ilir Raya No. 88, RT 1/RW 5
Meruya Utara, Kec. Kembangan
Jakarta Barat 11620

Saya menulis surat lamaran ini untuk menyatakan ketertarikan saya terhadap posisi Digital Marketer yang ada di perusahaan Anda. Saya melihat lowongan pekerjaan ini dari situs web perusahaan. Sebagai seorang yang telah lulus dari jurusan Advertising Binus University dan memiliki minat yang besar terhadap digital marketing, saya merasa kemampuan saya cocok untuk memenuhi posisi yang dicari oleh perusahaan.

Saya mulai tertarik dengan dunia digital marketing sejak diperkenalkan oleh salah satu dosen saya di kampus. Walaupun digital marketing merupakan sesuatu yang berbeda dengan konsentrasi saya di DKV, namun saya bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk mempelajari digital marketing dari kelas khusus yang diberikan dosen saya. Dari sana, mata saya terbuka tentang digital marketing. Ternyata mengerjakan proyek digital marketing merupakan sesuatu yang menyenangkan dan memotivasi saya untuk dapat terjun ke dunia profesional di bidang ini. 

Untuk itu, saya mengambil kelas tambahan seputar digital marketing di Udemy dan Coursera untuk menambah wawasan yang saya miliki. Saya juga mempelajari berbagai hal lain seputar digital marketing seperti cara mengolah media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, bagaimana cara beriklan yang benar di Meta, Tiktok, Google, dan bagaimana membuat kampanye digital yang sukses. 

Selain itu, saya juga tergabung dalam organisasi HIMDKV tepatnya sebagai wakil dari Creative Art Club Binus University. Pada 2021 kemarin, saya sempat membantu acara himpunan TEDxBinus University dengan tema Dig Deeply, dan juga membantu koordinasi pelaksanaan Art Camp serta Imagination Day di kampus. Dengan pengalaman organisasi tersebut, saya menjadi orang yang dapat bekerja dalam tim dan terbiasa untuk melakukan koordinasi dengan banyak pihak demi terwujudnya suatu tujuan bersama. 

Dengan kemampuan dan pengalaman organisasi yang saya miliki ini, saya merasa mampu untuk mengisi posisi digital marketing di perusahaan Anda. Bersama surat lamaran ini saya lampirkan CV dan digital marketing project yang dapat Anda pertimbangan lebih lanjut. Demikian surat lamaran saya. Terima kasih untuk waktunya dan saya harap kita dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai posisi ini.

Hormat saya,

Hafish Galunggung
[email protected]
+6287880887567

2. Contoh Cover Letter Bahasa Inggris Fresh Graduate dengan Pengalaman Intern 

Berikut adalah contoh cover letter bahasa inggris fresh graduate dengan pengalaman intern yang ingin melamar sebagai Hotel Receptionist:

10th August 2023

Hiring Manager
Savoy Homann Hotel Bandung
Asia Afrika Street No.112, Cikawao
Lengkong, Bandung City, West Java 40261

Dear Hiring Manager,

I am writing to express my interest in the hotel receptionist position at your hotel. 

I am a recent graduate from STP Trisakti with a bachelor's degree in tourism and a GPA of 3.8/4.00. I am eager to apply my knowledge and skills to this role.

During my time at university, I gained valuable experience through my six months internship at Regent Hotel Jakarta. I develop my communication skills, customer service, problem-solving, and critical thinking. I had to learn how to handle the customers directly and how to provide excellent service day and night. Due to my diligence, I am awarded “2022 Q2 Best Intern” from Regent Hotel Jakarta. 

In addition, I really enjoy providing service to people and providing customers with the best experience during their stay. I possess magnificent organizational and time management skills, and I am confident I can handle any task that is assigned to me. I am also a team player, and I believe I can work well with others in order to achieve the best results.

I am excited to have an opportunity to discuss my qualifications and experience with you further. I believe I am a good fit to the role, as well as to the team and to the company. I look forward to hearing from you soon.

Sincerely,

Jovanka Jean
[email protected] 
+6281235123788

📚 Baca juga:  8 Contoh Cover Letter (Surat Lamaran Kerja) Bahasa Inggris Terbaik!

3. Contoh Cover Letter / Application Letter Fresh Graduate SMA

Berikut merupakan contoh cover letter yang dapat diunggah via PDF ataupun ditulis email untuk fresh graduate SMA yang ingin melamar sebagai admin operasional. Untuk contoh cover letter fresh graduate SMK, dapat merujuk ke referensi di bawah juga dengan melakukan perubahan pada bagian yang dirasa perlu.

contoh cover letter fresh graduate
Contoh Cover Letter Fresh Graduate

Setelah mengetahui pengertian cover letter untuk fresh graduate, cara membuatnya, serta tips dan contoh application letter fresh graduate, semoga kamu para lulusan baru tidak perlu merasa kecil hati atau takut untuk melamar kerja. Dengan cover letter dan CV yang menarik, kamu bisa mendapat kesempatan yang sama untuk interview kerja di perusahaan yang kamu inginkan.

📚 Bacaan lanjutan:  20+ Pertanyaan Interview Kerja Paling Sering Muncul [+Jawaban]

Kesimpulan

  • Cover letter adalah dokumen berisi informasi tambahan yang diajukan saat akan melamar kerja, jadi isinya pun harus melengkapi CV, bukan mengulang isi CV.
  • Tujuan cover letter adalah untuk menunjukkan kualifikasimu, menyebutkan motivasi mengapa kamu ingin bergabung ke perusahaan tersebut, dan memperlihatkan gaya komunikasimu.
  • Cover letter yang baik harus bisa menunjukkan karakteristik dan keunggulanmu. Pastikan kamu menyampaikan cover letter pada orang yang tepat dan sebaiknya unggah dalam file PDF.
  • Cara membuat cover letter fresh graduate adalah dengan membuat paragraf pembuka yang memikat atensi, selanjutnya beritahu alasan mengapa kamu ingin masuk ke perusahaan tersebut, mengapa kamu akan menjadi kandidat yang tepat untuk posisi tersebut, kemudian tambahkan prestasimu/pengalamanmu dengan contoh konkret yang bersangkutan dengan pekerjaan yang dilamar, dan beri kesimpulan yang berkesan sebagai penutup.

CakeResume adalah website bikin CV ATS-friendly gratis dengan tampilan menarik dan profesional. Cocok untuk para mahasiswa, fresh graduates hingga para professional. Buat juga portofolio online kamu dengan CakeResume dan cari lowongan di website cari kerja atau aplikasi cari kerja kami. Yuk, cobain CakeResume sekarang juga untuk mendapatkan pekerjaan impian kamu!

--- Ditulis Oleh Leony Jardine ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.