Apa itu Figma? Fitur, Kegunaan, dan Kelemahannya

Bercita-cita untuk menjadi seorang UI/UX designer? Untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri, kamu perlu belajar menggunakan aplikasi Figma, nih! Apa itu Figma?

Figma adalah aplikasi yang seringkali digunakan di industri desain. Aplikasi Figma adalah tools pendukung proses desain yang memudahkan kamu dalam berkolaborasi dengan tim. Tidak hanya untuk desain, aplikasi Figma juga bermanfaat untuk developer.

Dengan aplikasi Figma, kamu dapat menghasilkan desain yang kreatif sekaligus membuat proses desain menjadi lebih efisien dan efektif. Kali ini, CakeResume sudah menyiapkan berbagai informasi mulai dari pengertian Figma, Figma untuk apa, fitur Figma, fungsi Figma, hingga kelemahan Figma.

Apa itu Figma?

Figma adalah aplikasi pendukung user interface dan user experience (UI/UX) yang digunakan dalam proses desain aplikasi. Apakah hanya untuk mendesain aplikasi? Apakah Figma bisa untuk desain grafis? Tidak perlu khawatir, aplikasi Figma ini juga banyak digunakan untuk mendesain logo, produk digital (mockup dan mind map), hingga website, lho!

Aplikasi Figma adalah aplikasi berbasis cloud, yang artinya Figma bisa diakses dimana saja menggunakan desktop atau laptop yang terhubung dengan internet. Salah satu kelebihan Figma lainnya yaitu tools desain ini memiliki fitur dimana kamu dapat memberikan komentar atau feedback langsung dengan cara meninggalkan sebuah catatan di Figma. Proses desain menjadi efisien, kan?

📚 Baca juga: Mengenal Apa Itu Cloud Engineer, Tugas, Skill, dan Gajinya!

Tetapi aplikasi Figma tidak sama dengan tools editing seperti Canva. Memang, Figma design adalah aplikasi yang memiliki tools editing yang bermacam-macam, tetapi aplikasi ini lebih fokus untuk desain user interface aplikasi dan website.

Mengapa Orang Menggunakan Figma?

figma-adalah, apa-itu-figma

1. Kolaborasi

Banyak orang menggunakan aplikasi Figma karena aplikasi Figma adalah aplikasi yang memudahkan kolaborasi antar anggota tim. Aplikasi ini memungkinkan semua anggota tim mengakses Figma dan mengerjakan proyek secara bersamaan dan real-time

2. Fleksibilitas

Salah satu kelebihan Figma yaitu bersifat fleksibel. Artinya, fungsi Figma dapat dimanfaatkan oleh siapapun. Aplikasi Figma tidak hanya digunakan oleh desainer solo saja, tetapi juga banyak digunakan oleh tim dari organisasi-organisasi besar maupun kecil. 

3. Mudah Diakses di Manapun

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Figma tidak harus di-download terlebih dahulu. Kemudahan untuk mengakses Figma ini menjadi salah satu kelebihan Figma juga. Kamu dapat menggunakan Figma melalui browser, desktop, bahkan smartphone. Selebihnya, pekerjaanmu juga akan selalu tersimpan sehingga tidak perlu lagi melakukan save berkali-kali atau membuat beberapa versi.

4. File untuk Proyek Berada Dalam Satu File

Kelebihan Figma yang terakhir yaitu file untuk proyek dikelola di jendela khusus. Ini dikarenakan aplikasi Figma merupakan aplikasi yang diakses secara online. Selain itu, Figma juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi file, halaman, dan dokumen lainnya.

Beberapa Fitur yang Ditawarkan Figma

1. Prototyping

Fitur Figma yang pertama yaitu memungkinkan pengguna untuk melihat prototype dari desain yang dibuat. Prototype adalah replika sederhana dari software yang sedang dibuat. Selanjutnya, prototype yang telah dibuat dapat diuji sehingga developer dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki. 

Beberapa kelebihan fitur Figma Prototyping, antara lain:

  • Interactions: Tombol interaksi memungkinkan kamu untuk mengatur gaya baik secara halus atau kasar.
  • Mobile-viewing: Prototype dapat dicoba atau dilakukan testing menggunakan smartphone (iOS dan Android).
  • Dynamic Overlays: Dynamic overlays digunakan untuk membuat beberapa lapisan overlay pada konten interaktif.
  • Animated GIFs: Fitur ini biasanya digunakan untuk elemen video, desain yang bergerak, dan animasi.

2. Design

Fitur Figma Design adalah fitur yang memudahkan pengguna dalam proses desain tampilan aplikasi atau web. 

Beberapa fitur Figma Design, meliputi:

  • Modern Pen Tool: Untuk membuat shapes dan lines.
  • OpenType: Untuk melakukan kustomisasi penggunaan font pada aplikasi atau web.
  • Auto Layout: Untuk membuat layout secara otomatis.
  • Tambahan Plugins dan Widgets: Fitur pendukung desain seperti icons, chart, diagram, dan lain-lain.

3. Code Mode

Fitur Figma yang selanjutnya yaitu tersedianya Code Mode. Fitur ini memungkinkan developer dan desainer untuk mengedit proyek dalam mode Code Mode. Jika mode ini diaktifkan, semua informasi yang dibutuhkan akan ditampilkan dengan hanya memilih elemen tertentu. 

Buat CV ATS-friendly di CakeResume sekarang juga! Ada 50+ template dan 100% gratis!

4. Embed Project

Proyek yang telah dibuat menggunakan Figma dapat di-embed atau disematkan ke software lainnya. Misalnya, kamu dapat mempresentasikan proyek Figma pada Dropbox Paper. Dengan fitur Figma yang satu ini, orang dapat berinteraksi dengan penyematan tersebut berdasarkan pengaturan yang sudah ditentukan. 

5. Plugin Library dan Community Files

Fitur Figma yang terakhir adalah Plugin Library dan Community Files. Aplikasi Figma memiliki platform komunitas di mana seluruh penggunanya dapat membagi atau mem-posting karya yang telah dibuat. Desain-desain tersebut bisa digunakan dan dimodifikasi oleh pengguna lainnya sesuai dengan kebutuhan proyek.

Fungsi dari Aplikasi Figma

Figma itu untuk apa, ya? Kegunaan Figma pada umumnya yaitu  untuk mendesain interface dari suatu aplikasi. Namun, sebenarnya ada fungsi Figma lainnya, yaitu untuk membuat mockup design, membuat tampilan user interface dan wireframe sebuah aplikasi, melakukan edit dasar, dan juga untuk melakukan prototype website. 

Selain itu, fungsi Figma juga untuk membuat proses desain menjadi lebih efektif dan efisien karena memudahkan anggota tim melakukan edit proyek secara bersamaan, real-time, dan online. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Figma untuk membuat postingan sosial media seperti Facebook, LinkedIn, dan Instagram. 

💡 Apakah Figma itu Gratis?

Jawabannya, iya! Aplikasi Figma tidak memungut biaya dan dapat digunakan oleh siapapun. Namun, tentu saja, aplikasi Figma juga menawarkan paket berbayar dengan fitur yang lebih lengkap dan memori yang tidak terbatas untuk para pengguna yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Figma.

Sedang cari kerja? Temukan pekerjaan impian kamu di CakeResume! Job Portal terbaik dan terpercaya di Indonesia. 🎉

Kelemahan Figma

Mungkin sempat terlintas pertanyaan seperti, “Sebutkan apa saja kekurangan dari aplikasi Figma?” Tentu saja semua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk Figma, terdapat beberapa kelemahan, meliputi:

  • Hanya dapat digunakan ketika koneksi internet aktif dan mengandalkan jaringan yang stabil.
  • Tidak memiliki alat desain seperti Adobe XD dan Sketch. Selain itu, aplikasi Figma juga memiliki pilihan warna yang masih sedikit, sehingga palette warna harus dibuat secara manual. 
  • Pilihan searching tidak bisa menggunakan keyword, hanya dapat dilakukan dengan menuliskan nama layer atau tipe.
  • Pengguna gratis Figma memiliki tempat penyimpanan dan akses fitur Figma yang terbatas. Kolaborator yang dapat mengerjakan proyek secara bersamaan juga terbatas.
  • Memerlukan kapasitas RAM yang cukup besar dan graphic card serta spesifikasi yang tinggi agar dapat menjalankan aplikasi Figma dengan lancar. 

Buat CV ATS-friendly di CakeResume sekarang juga! Ada 50+ template dan 100% gratis!

Kesimpulan

  • Aplikasi Figma adalah tools berbasis website yang digunakan untuk mendesain aplikasi, website, logo, dan produk digital lainnya.
  • 4 kelebihan Figma yaitu mempermudah kolaborasi, bersifat fleksibel, mudah diakses, dan file untuk proyek dikelola menjadi satu. 
  • 5 fitur Figma meliputi prototyping, design, code mode, embed project, serta plugin library dan community files.  
  • Tidak hanya digunakan sebagai aplikasi desain, kegunaan Figma adalah membantu proses pengerjaan proyek menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan, anggota tim dapat mengerjakan proyek secara bersamaan dan real-time.
  • Kelemahan Figma adalah mengandalkan jaringan internet yang stabil, pilihan warna masih sedikit, pencarian tidak dapat menggunakan kata kunci, Figma yang gratis memiliki akses yang terbatas, dan memerlukan RAM dan spesifikasi yang tinggi

CakeResume adalah website untuk membuat CV terbaik yang bisa menunjukan professional branding kamu di mata HRD. Kamu bisa langsung menggunakan template CV ATS-friendly dari CakeResume dan download dalam bentuk PDF, 100% gratis! Selain bikin CV gratis, kamu juga bisa buat portofolio dan cari kerja dengan job portal atau aplikasi cari kerja CakeResume.

--- Ditulis Oleh Aileen Gabriella ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.