Pekerjaan Frontliner: Jenis dan Cara Mendapatkan Pekerjaannya [+CV]

Pekerjaan frontliner merupakan salah satu pekerjaan yang penting di berbagai sektor industri, termasuk di sektor perbankan, retail, kesehatan, perguruan tinggi, transportasi, perhotelan dan lainnya. Mengutip dari HR Cloud, pekerjaan frontliner dalam bidang kesehatan bahkan menjadi sorotan utama pada saat Pandemi di tahun 2020. 

Frontliner seringkali menjadi representasi perusahaan atau organisasi di mata masyarakat. Oleh karena itu, tentunya perusahaan akan menyeleksi pelamar kerja dengan ketat.  Jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan frontliner, maka penting bagi kamu untuk benar-benar memahami pekerjaan frontliner dan cara mendapatkan pekerjaan frontliner.

Dalam artikel ini, CakeResume akan membahas apa itu pekerjaan frontliner, job desk, skill yang dibutuhkan, jenis-jenis frontliner, dan cara mendapatkan pekerjaan sebagai frontliner.

Apa itu Pekerjaan Frontliner?

Frontliner adalah, pekerjaan frontliner

Pekerjaan frontliner merupakan pekerjaan yang langsung berinteraksi dengan pelanggan atau masyarakat. Pekerjaan ini memerlukan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, melayani pelanggan dengan ramah, dan menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat. Frontliner seringkali berada di posisi yang strategis dalam perusahaan karena mereka merupakan representasi perusahaan di mata masyarakat.

Tugas Utama Frontliner

Jobdesk dari seorang frontliner meliputi:

  • Menyambut dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
  • Menangani pertanyaan, keluhan, dan masalah pelanggan dengan cara yang profesional dan efektif
  • Memastikan transaksi keuangan dilakukan dengan benar dan tepat waktu, terutama bagi frontliner yang bekerja di bank atau lembaga keuangan
  • Memastikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan disampaikan dengan jelas dan akurat
  • Mempromosikan produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan dan meningkatkan penjualan
  • Menjaga kebersihan dan keteraturan tempat kerja serta produk yang ditawarkan kepada pelanggan
  • Menjalankan tugas administrasi, seperti mengisi formulir, membuat laporan, atau mengevaluasi kinerja

Tugas utama frontliner bervariasi tergantung dari sektor dan jenis pekerjaan yang dijalankan. Namun, dalam keseluruhan pekerjaan frontliner, pelayanan terbaik dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan aspek yang sangat penting dan harus ditekankan.

Kemampuan yang Diperlukan Pekerjaan Posisi Frontliner

Skill yang diperlukan untuk menjadi frontliner tergantung pada jenis pekerjaan dan industri yang bersangkutan. Namun, beberapa skill umum yang dibutuhkan oleh frontliner antara lain:

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Frontliner harus dapat berkomunikasi dengan jelas, ramah, dan efektif dengan klien atau pelanggan, serta memahami kebutuhan mereka. Cara komunikasi yang ramah dan hangat dengan klien akan membuat mereka merasa puas, sehingga ini akan memberikan efek yang baik kepada perusahaan dan juga identitas merek.

2. Berpenampilan Baik dan Rapi

Walaupun poin ini tidak berhubungan dengan keterampilan, tetapi poin ini merupakan syarat yang penting. Frontliner adalah orang pertama yang bertemu langsung dengan pelanggan. Untuk memberikan kesan pertama yang baik, maka frontliner harus memiliki penampilan yang menarik dengan senyuman ramah, pakaian yang rapi dan bersih.

3. Pengetahuan Produk atau Layanan 

Selain itu, skill yang tidak kalah pentingnya adalah pengetahuan produk/layanan. Frontliner harus memiliki pengetahuan yang baik tentang produk atau layanan perusahaan mereka untuk dapat memberikan jawaban yang tepat dan memuaskan bagi pelanggan.

4. Kemampuan Penggunaan Teknologi

Frontliner juga harus mampu menggunakan teknologi yang terkait dengan pekerjaan mereka seperti Ms Word, Excel, dan software CRM.

Jenis-Jenis Frontliner

Beberapa jenis frontliner yang umumnya ada di berbagai sektor industri meliputi:

1. Frontliner di Bank

Frontliner bank adalah orang yang bertanggung jawab untuk memberikan layanan kepada nasabah bank. Mereka biasanya terdiri dari teller, customer service, dan sales officer. Tugas utama frontliner di bank adalah menerima dan mengeluarkan uang dari rekening nasabah, menjawab pertanyaan nasabah, dan menjual produk bank seperti kartu kredit atau asuransi.

2. Frontliner di Toko Retail

Frontliner toko adalah orang yang bertugas memberikan pelayanan kepada pelanggan di toko retail. Mereka harus ramah, dapat mengenali produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan membantu pelanggan dalam menemukan barang yang diinginkan. Frontliner di toko retail juga biasanya bertanggung jawab untuk mengecek persediaan barang dan menghitung uang kas. Frontliner hp adalah salah satu contoh dari frontliner toko retail.

3. Frontliner di Perguruan Tinggi

Frontliner di perguruan tinggi bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan calon mahasiswa. Mereka biasanya terdiri dari petugas penerimaan mahasiswa baru, petugas administrasi, petugas keuangan, dan petugas perpustakaan. Tugas utama frontliner di perguruan tinggi adalah memberikan informasi mengenai persyaratan pendaftaran, menjawab pertanyaan mahasiswa dan calon mahasiswa, membantu proses administrasi, dll.

Jenjang Karir Frontliner dan Gajinya di Indonesia

Jenjang karir frontliner dimulai dari posisi entry-level hingga senior-level. Sedangkan gaji frontliner bervariasi tergantung pada sektor industri, posisi, dan pengalaman kerja. Berikut ini adalah contoh gaji frontliner di Indonesia:

  • Staff frontliner: Rp 2.700.00 jt - 3.600.000 jt / bulan
  • Frontliner (supervisor): Rp 6.000.000 - 12.000.000 jt / bulan
  • Frontliner (manajer): Rp 8.000.000 - 19.000.000 jt / bulan

Cara Mendapatkan Pekerjaan Frontliner

1. Pertimbangkan untuk Menempuh Pendidikan

Walaupun tidak semua perusahaan mewajibkan kamu untuk memiliki S1, tetapi memiliki gelar tersebut akan membuat kamu lebih unggul dari pelamar kerja lainnya. Jika kamu memutuskan untuk menempuh pendidikan S1, berikut adalah jurusan yang cocok untuk mendapatkan pekerjaan frontliner:

  • Manajemen
  • Ekonomi
  • Perbankan

2. Cari Informasi Lowongan Pekerjaan

Cari informasi lowongan pekerjaan frontliner di situs web perusahaan atau melalui media sosial. Kamu juga dapat memeriksa informasi lowongan pekerjaan di situs web yang terpercaya.

Sedang cari pekerjaan frontliner? Yuk, cari lowongan kerja di CakeResume, job portal terpercaya dan 100% gratis! 🎉

3. Siapkan Diri untuk Wawancara Kerja

Setelah melamar pekerjaan frontliner, pihak perusahaan akan menghubungi kamu untuk melakukan wawancara kerja. Untuk menghadapi wawancara kerja, persiapkan diri dengan baik. Pelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan dan industri, serta tugas dan tanggung jawab seorang frontliner di perusahaan tersebut. Siapkan juga jawaban yang baik dan tepat untuk pertanyaan wawancara kerja.

4. Tingkatkan Kemampuan dan Ambil Pelatihan

Untuk menjadi seorang frontliner yang kompeten, tingkatkan kemampuan kamu di bidang pelayanan pelanggan, komunikasi, dan kerja tim. Kamu dapat mengambil kursus online atau offline yang dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam hal ini. Selain itu, praktikkan kemampuan kamu dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika berinteraksi dengan orang lain di toko atau di kantor.

5. Jalin Relasi

Jalin relasi dengan orang-orang di industri dan perusahaan yang kamu minati. Kamu dapat mengikuti acara networking atau seminar industri yang diadakan untuk mengenal orang-orang baru. 

6. Buat CV Frontliner dan Persiapkan Diri dengan Baik

Untuk mendapatkan pekerjaan frontliner, persiapkan diri dengan baik. Pastikan CV dan surat lamaran kerja kamu menarik perhatian perekrut dan menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menjadi seorang frontliner. Jangan lupa untuk mengecek dan memperbaharui profil media sosial kamu, karena perekrut dapat melihat profil media sosial kamu untuk mengetahui lebih lanjut tentang diri kamu.

Di bawah ini adalah contoh CV frontliner (sales officer) yang baik dan benar:

contoh cv frontliner, contoh cv sales officer
Contoh CV Frontliner — Dibuat di CakeResume

Yuk, buat CV frontliner kamu di CakeResume! Ada banyak template ATS-friendly yang menarik dan dapat di download dalam bentuk PDF, 100% gratis 🎉

Dengan persiapan yang baik, informasi yang tepat, serta kemampuan dan relasi yang memadai, kamu dapat mendapatkan pekerjaan frontliner yang kamu impikan.

Key Takeaways

  • Pekerjaan frontliner adalah pekerjaan yang sangat penting karena mereka berada di garis depan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  • Tugas utama frontliner meliputi menyambut dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, menangani keluhan dan masalah pelanggan, menjalankan transaksi keuangan, mempromosikan produk atau jasa perusahaan, menjaga kebersihan dan keteraturan tempat kerja, serta menjalankan tugas administrasi.
  • Penting untuk kamu memperoleh keterampilan frontliner melalui pendidikan atau pelatihan, dan mencari pengalaman yang relevan dengan industri dan pekerjaan yang kamu minati. Pelatihan ini dapat diperoleh melalui kursus, sertifikasi, atau magang.
  • Pastikan untuk buat CV kamu dan menyesuaikannya dengan pekerjaan frontliner yang kamu minati, serta mengirimkan lamaran pekerjaan yang relevan untuk posisi frontliner.

Ingin buat CV ATS-friendly yang profesional biar dilirik HRD? Cobain CakeResume untuk membuat CV Online, portofolio lamaran kerja, dan juga cari lowongan kerja di job portal kami. 100% GRATIS!

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.