10 Contoh Games Ice Breaking Anti Garing!

Di dalam acara seminar atau training, biasanya kamu akan diminta untuk bermain games, atau sering disebut dengan ice breaking. Tentunya kamu sudah tidak asing dong ya dengan berbagai permainan ice breaking. Mengutip dari Mindtools, games ice breaking merupakan cara yang efektif untuk memulai acara pelatihan atau acara keakraban.

Tapi tahukah kamu kalau game ice breaking juga bisa dilakukan di kantor atau di sela-sela bekerja? Pernahkah kamu melakukannya? Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan sering membuat setiap karyawan merasa jenuh dan penat. Ice breaking games bisa menjadi salah satu cara untuk kembali menyegarkan pikiran dan tenaga, lho.

Cake akan memberikan kamu berbagai insight mengenai apa itu ice breaking, pentingnya ice breaker, beserta contoh-contoh ice breaking seru yang bisa kamu coba baik di kantor ataupun acara lainnya!

Yuk, kita simak artikel Cake ini!

Contoh Ice Breaking Seru
Contoh Ice Breaking Seru

Apa itu Ice Breaking?

Ice breaking berasal dari dua suku kata dalam Bahasa Inggris, yang berarti pemecah es. Maka, ice breaking artinya suatu kegiatan yang bisa dilakukan dengan tujuan mencairkan suasana.

Ice breaking games sendiri biasa digunakan untuk pemanasan kelompok untuk membantu para anggota dapat saling mengenal satu sama lain, serta untuk menghilangkan perasaan jenuh dan capek. Biasanya berbagai macam game ice breaking dilakukan di saat kegiatan seminar, training, ataupun kegiatan organisasi lainnya.

Tapi tahukah kamu sebenarnya ice breaker ini bisa dilakukan kapan saja, terlebih di sela-sela pekerjaan?. Jika jam kantor kamu adalah 08.00 sampai 17.00, maka permainan ice breaking bisa dilakukan di sela-sela jam makan siang, misalnya pukul 12.00. Dalam hal ini, games ice breaker cukup dilakukan dalam waktu 5 hingga 10 menit. 

💡Berbagai manfaat ice breaking adalah:

  • Meningkatkan keakraban antara karyawan atau peserta. Ice breaking dapat menjadi jembatan interaksi antar para karyawan. Karyawan bisa lebih mengenal lebih banyak orang, hingga memiliki interaksi yang lebih dekat.
  • Memaksimalkan performa kerja. Salah satu keunggulan ice breaking adalah menyegarkan pikiran karyawan, menghilangkan rasa kantuk, membuat lebih rileks. Yang selanjutnya, akan membuat karyawan lebih semangat dan fokus kembali untuk bekerja.
  • Meningkatkan daya konsentrasi. Konsentrasi karyawan/peserta yang meningkat tentunya akan membuat mereka melakukan kegiatan lebih baik dan lebih produktif.
  • Melatih kerja sama tim. Tidak hanya mendekatkan interaksi, namun permainan ice breaking juga dapat membantu karyawan/peserta membangun kerja sama yang kuat.
  • Mengembangkan dan mengoptimalkan otak. Game ice breaking dapat melatih kemampuan strategi kerja, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta berpikir kreatif. 
  • Membuat suasana lebih rileks. Pekerjaan/kegiatan yang menumpuk biasanya akan membuat tekanan menjadi tinggi. Games ice breaking pun dipercaya mampu mencairkan suasana, membuat situasi lebih nyaman dan santai.

📚Baca juga:  11 Ide Game Teamwork Sederhana yang Seru! [Indoor, Outdoor, Online]

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Ice Breaking

Dalam mendesain ice breaker, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Waktu 

Penentuan permainan ice breaking tentunya perlu menyesuaikan jadwal kamu. Ice breaking sederhana biasanya akan membutuhkan waktu 5 hingga 10 menit. Selain itu, ada juga contoh ice breaking seru yang membutuhkan waktu hingga 30 menit. Maka, kamu perlu memastikan terlebih dahulu seberapa banyak waktu yang kamu miliki sebelum mendesain ice breaker.

2. Peralatan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa game ice breaking yang kamu pilih membutuhkan peralatan yang sederhana dan mudah ditemukan. Akan lebih baik, jika kamu menggunakan peralatan yang sudah ada.

3. Edukasi

Games ice breaking tentunya tidak hanya untuk bersenang-senang. Berbagai contoh ice breaking pun juga memiliki sisi edukasi atau pembelajaran terhadap peserta. Nilai-nilai edukatif yang biasa diperoleh dari ice breaking adalah, kekompakan, kerjasama, kreativitas, konsentrasi, dll.

4. Keselamatan

Faktor keselamatan tentunya menjadi faktor utama dalam pemilihan ice breaking games. Pastikan bahwa semua peserta tidak ada yang terjatuh ataupun terluka hanya untuk sebuah ice breaker.  

Contoh Ice Breaking Seru yang Mencairkan Suasana

Nah, berikutnya Cake akan memberikan berbagai contoh ice breaking lucu yang bisa digunakan untuk kegiatan kamu. 

1. Company Q&A

Contoh ice breaking ini cocok digunakan untuk pelatihan karyawan baru. Games ice breaking ini melibatkan peserta untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai perusahaan. Pertanyaan bisa berupa: 

  • Sejarah berdirinya perusahaan
  • Motto perusahaan
  • Klien terbesar perusahaan
  • Budaya perusahaan, dll.

Ice breaking perkenalan ini dianggap sangat efisien bagi karyawan baru untuk mengenal perusahaan, dibandingkan dengan memberikan buku atau printout mengenai sejarah perusahaan. Selain itu, pengenalan akan perusahaan juga bisa dilakukan dengan lebih santai dan menyenangkan. 

2. Trading Cards

Ice breaking Trading Cards merupakan salah satu ice breaking sederhana untuk membantu setiap orang dalam tim lebih mengenal satu sama lain. Ice breaking games ini terbilang mudah untuk dilakukan dan membuat setiap peserta harus memulai pembicaraan dan lebih memahami keahlian, sifat, ketertarikan, hingga latar belakang peserta lainnya. 

Dalam permainan ini, setiap peserta akan diberikan waktu 5 menit untuk menuliskan hal-hal mengenai dirinya. Informasi yang dapat ditulis diantaranya:

  • Nama 
  • Hobi
  • Minat 
  • Tujuan yang ingin dicapai
  • Keahlian
  • Fakta unik
  • Hal lucu lainnya yang ingin dibagikan

Setelah itu, pemandu ice breaking akan mengumpulkan semua kartu peserta dan membagikannya secara random. Perlu diingat bahwa peserta tidak boleh memegang kartunya sendiri.

Berikutnya, secara bergantian masing-masing peserta akan membacakan kartu yang didapatkan dan memberikan pertanyaan kepada peserta yang menuliskan kartu.

Contoh ice breaking lucu ini akan membantu setiap peserta untuk lebih mengenal peserta lain, terlebih mengenai keahlian, cerita lucu, latar belakang, dll. Games ini juga meningkatkan komunikasi serta kolaborasi tim.

3. Human Bingo

Sama seperti permainan Bingo, dimana kamu mencoret angka sampai membuat pola secara vertikal, horisontal, dan diagonal. Jika kamu mendapatkan pola tersebut, maka kamu akan dianggap menang. 

Ice breaking games ini sama seperti permainan Bingo, kamu hanya mengganti angka dengan sifat-sifat, karakteristik, fakta, ataupun hobi. Yuk, simak bagaimana memainkannya.

  1. Pertama, kamu bisa membuat kartu Bingo dengan membaginya menjadi kotak 5x5. Setelah itu kamu bisa mengisi masing-masing kotak dengan berbagai fakta, karakteristik, hobi, dll. Kotak Bingo ini bisa dibuat oleh peserta atau pemandu games.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh kartu Bingo di bawah ini:

Contoh Ice Breaking Seru
Contoh Ice Breaking Seru

2. Setelah kartu Bingo kamu selesai, selanjutnya kamu harus mengobrol dengan peserta lainnya untuk mencari apakah ada peserta yang memiliki fakta sesuai dengan kartu Bingo yang ditulis. Jika ada, maka mintalah peserta tersebut untuk membuat tanda tangan di kotak Bingo kamu. Satu peserta hanya bisa membuat tanda tangan pada 1 kotak saja.

3. Peserta yang berhasil membuat pola vertikal, horisontal, atau diagonal, bisa segera meneriakkan “Bingo”. Peserta yang terlebih dahulu berteriak “Bingo” yang menjadi pemenangnya.

Permainan ice breaking ini bertujuan untuk membuat suasana lebih rileks, membuat peserta saling berkenalan dan mengobrol satu sama lain, meningkatkan keakraban, hingga kreativitas.

4. Passion Tic Tac Toe

Ice breaker berikutnya yang mirip dengan Human Bingo adalah Passion Tic Tac Toe. Untuk games ice breaking ini, kamu cukup membuat kotak 3x3 dan mengisinya dengan hal-hal yang kamu sukai. Selanjutnya, kamu harus menemukan orang lain yang memiliki hal favorit sama dengan kamu.

Berikut merupakan contoh kotak yang bisa jadi referensi kamu:

Contoh Games Ice Breaking
Contoh Games Ice Breaking

5. Social Scavenger Hunt

Game ice breaking satu ini bisa dilakukan di dalam atau di luar ruangan, hingga dapat dilakukan secara online. Peserta ice breaker akan dibagi ke dalam kelompok. Ini menjadi kesempatan yang baik untuk bisa menempatkan peserta yang biasanya tidak bekerja bersama, dalam 1 kelompok games. 

Masing-masing kelompok biasanya akan diberikan waktu selama 10-30 menit untuk menyelesaikan misi yang diberikan. Misi bisa berupa melakukan suatu kegiatan, mencari barang atau mencari informasi tertentu. 

💡Beberapa contoh misi Scavenger Hunt yang bisa digunakan untuk ice breaking indoor dan outdoor:

  • Mencari seseorang yang sedang berulang tahun pada hari atau bulan tertentu. Selanjutnya, buat video dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun kepada orang yang bersangkutan
  • Mencari 10 informasi mengenai CEO (siapa nama panjangnya, kemana beliau suka pergi membeli makan siang, apa makanan favoritnya, apa kebiasaannya yang paling berkesan, dll)
  • Mengumpulkan 20 foto alam di sekitar perusahaan
  • Membuat video yel-yel yang berkaitan dengan slogan perusahaan

📝 Selain itu, ada juga beberapa contoh misi Scavenger Hunt untuk ice breaking online:

  • Mencari satu barang di rumahmu yang paling mahal dan deskripsikan
  • Berfoto dengan barang-barang di rumah yang dimulai dengan huruf P
  • Membuat kreasi makan siang

Tim yang berhasil menyelesaikan misi terlebih dahulu akan menjadi pemenangnya. Jenis ice breaking indoor atau ice breaking online ini dapat membantu meningkatkan relasi antara peserta, meningkatkan komunikasi dan kerjasama dalam tim.

6. Jenga Icebreaker Questions

Ice breaking sederhana berikutnya adalah Jenga Questions. Pertama, kamu harus membeli permainan Jenga. Selanjutnya, menuliskan berbagai pertanyaan untuk ice breaking. 

Setiap peserta akan diberikan waktu 1 menit untuk menarik 1 blok Jenga, dan menjawab pertanyaan yang diberikan pada waktu yang bersamaan. Permainan ice breaking akan berakhir saat salah satu peserta menjatuhkan blok Jenga.

💡 Berbagai pertanyaan yang bisa diberikan diantaranya:

  • Hari apa dalam 1 minggu yang kamu suka/ tidak suka?
  • Bagaimana kamu mengatasi stres pekerjaan?
  • Bagikan pengalaman berlibur yang paling berkesan!
  • Apa hal yang ingin kamu capai dalam tahun ini?
  • Hal apa yang ingin kamu coba dalam hidup namun belum bisa mencobanya?
  • Makanan aneh apa yang pernah kamu coba?

Jenis ice breaking seru ini akan membantu setiap peserta merasa rileks, melatih konsentrasi, dan meningkatkan relasi satu sama lain.

7. Who The Shoe

Who The Shoe merupakan salah satu ice breaking perkenalan yang bisa kamu coba. Ice breaking games ini bisa dibuat menjadi 2 versi.

Versi pertama, adalah meminta setiap peserta melepas salah satu sepatunya dan menempatkannya di tengah kelas. Selanjutnya, masing-masing peserta akan mengambil sepatu peserta lain secara acak dan mencari siapa pemilik sepatu tersebut. Setelah bertemu dengan pemilik sepatu, maka kedua peserta wajib memperkenalkan dirinya satu sama lain.

Versi kedua, adalah setiap peserta akan melepaskan 2 sepatunya / 1 pasang dan menempatkannya di tengah kelas. Selanjutnya pemandu acara akan mengambil 1 pasang sepatu secara acak dan menanyakan pendapat peserta lain. Peserta lain bisa memberikan opini mereka dan menebak pemilik sepatu tersebut. Opini yang diberikan bisa berupa:

  • Pemilik sepatu suka bermain basket
  • Pemilik sepatu suka warna cerah
  • Pemilik sepatu menggunakannya setiap hari

Game ice breaking ini bisa digunakan untuk berkenalan ataupun meningkatkan komunikasi antar peserta satu dengan yang lainnya. Namun, games ini juga akan menimbulkan bau yang kurang sedap dari sepatu. 

8. Back to Back Drawing

Back to back drawing akan dimainkan oleh 1 pasang peserta. 

  1. Peserta A akan mendapatkan kartu yang bertuliskan benda / aktivitas. 
  2. Kemudian, peserta A wajib mendeskripsikannya melalui sebuah gambar. Peserta A tidak boleh berbicara selama menggambar. 
  3. Selanjutnya, peserta B akan menebak benda / aktivitas yang dimaksudkan. 
  4. Pasangan yang dapat menjawab lebih banyak yang akan jadi pemenangnya.

Contoh ice breaking ini akan melatih komunikasi verbal, meningkatkan kreatifitas, serta menyegarkan pikiran.

9. The Four Quadrant Activity

Ice breaking sederhana berikutnya adalah The Four Quadrant Acitivity. Masing-masing peserta akan diberikan 1 lembar kertas dan 1 pulpen. Kemudian peserta akan diminta membagi kertas menjadi 4 bagian. Di masing-masing bagian kertas, peserta diwajibkan menjawab pertanyaan yang akan diberikan pemandu games dengan gambar.

Masing-masing peserta akan diberikan waktu 10 menit untuk menyelesaikan 4 gambar. Setelah itu, peserta akan dibagi ke dalam kelompok. Di dalam kelompok, masing-masing peserta diminta untuk menceritakan gambar yang mereka miliki. 

Kamu tentunya bisa memodifikasi 4 pertanyaan sesuai dengan tujuan games ice breaking. Pertanyaan bisa berupa perasaan yang dirasakan dalam lingkungan bekerja, atau pengalaman personal. Salah satu ice breaking indoor ini akan membantu karyawan bisa memahami satu sama lain.

4 pertanyaan yang bisa digunakan untuk ice breaking kantor:

  1. Apa yang kamu butuhkan dalam grup ini?
  2. Apa yang akan kamu berikan untuk grup ini?
  3. Apa hobi kamu?
  4. Kegiatan apa yang membuat kamu bisa berkembang?

Selain itu, pertanyaan bisa dimodifikasi mengenai bagaimana karyawan mengatasi stres pekerjaan. Pertanyaan ini diharapkan dapat membuat antar karyawan saling memahami satu sama lain, dan dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif.

  1. Saat ini, tantangan apa yang kamu hadapi dalam pekerjaan?
  2. Hal apa yang paling membuat kamu merasa stres?
  3. Hal apa yang orang lain harus pahami di saat kamu sedang stres?
  4. Hal apa yang kamu harapkan orang lain lakukan saat kamu sedang stres?

10. Sambung Kata

Contoh ice breaking lucu lainnya yang bisa dicoba dimana saja adalah sambung kata. Seluruh peserta duduk secara melingkar. Selanjutnya, salah satu peserta atau pemandu ice breaker akan menyebutkan satu kata. Peserta berikutnya wajib mengulang kata tersebut dan menambahkan 1 kata baru hingga terbentuk 1 kalimat padu. Peserta yang salah menyebutkan kata sebelumnya, akan diberikan hukuman.

Game sambung kata merupakan ice breaking seru dan salah satu permainan ice breaking melatih konsentrasi. Tidak hanya itu, games ice breaking ini menguji kecepatan berpikir peserta, dan melatih kerjasama.

Ingin pasang lowongan kerja gratis? Yuk, pasang lowongan kerja di Cake! Platform terpercaya dan transparan, gratis untuk 3 loker pertamamu! 🎉

Kesimpulan

Dari artikel ini, kita bisa menyimpulkan bahwa ice breaking artinya suatu kegiatan yang dilakukan untuk memecah suasana di dalam kegiatan seminar, training, ataupun di sela-sela jam kantor. 

Permainan ice breaking dianggap penting karena bisa menghilangkan rasa jenuh, kantuk, mengembalikan fokus, hingga meningkatkan performansi kerja. Tidak hanya itu, ice breaking games juga bisa meningkatkan keakraban, komunikasi, kreativitas, dan kerja sama dalam tim. Maka dari itu, kamu bisa mempertimbangkan ice breaking sederhana di sela-sela jam kantor. 

Semoga contoh-contoh ice breaking di atas juga bisa menjadi referensi buat kamu ya.

Ingin merekrut karyawan yang berkualitas? Selain pasang loker, ikuti juga blog Cake untuk membaca lebih lanjut tentang tips perekrutan, sumber daya, dan tutorial.

--- Ditulis oleh Fiorency Santoso ---

Kami ingin menjawab pertanyaan Anda. Dapatkan demo online yang dipersonalisasi untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen Anda:
  1. Temukan dan tarik kandidat terbaik
  2. Rekrut dalam waktu singkat
  3. Kelola proses rekrutmen Anda dalam satu sistem

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.