13 Kerja Online untuk Pelajar dan Websitenya yang Bisa Kamu Coba!

Memangnya ada peluang kerja online untuk pelajar? Bukannya membutuhkan banyak modal dan seleksi yang ketat?

Tentunya pertanyaan-pertanyaan ini akan menjadi keraguan bagi para pelajar yang hendak mencari penghasilan tambahan. Ada juga yang karena overthinking sampai-sampai tidak berani mencari tahu lebih lanjut.

Nah, tenang saja! Karena di artikel ini, CakeResume akan membahas secara detail berbagai ide pekerjaan online untuk pelajar SMA/SMK dan anak kuliah yang mayoritasnya bersifat tanpa modal dan mudah untuk dilakukan. Akan ada juga website atau aplikasi kerja online yang relevan untuk pelajar.

Inilah beberapa ide kerja online yang cocok untuk pelajar.

kerja online untuk pelajar/ contoh kerja online
Telusuri Lebih Lanjut Pekerjaan-Pekerjaan Online Untuk Pelajar

1. Jual catatan sekolah/kuliah

Menjual catatan sekolah/kuliah melalui platform-platform online merupakan salah satu pekerjaan yang menghasilkan penghasilan tambahan untuk pelajar. Biasanya, catatan yang kamu jual harus diunggal dalam format yang ditentukan oleh website, contohnya pdf atau document .  

Ada beberapa website yang dapat dipakai sebagai wadah kerja online untuk pelajar, diantaranya adalah:

➡️ Studypool

Website ini berisi catatan, study tips, study guide, exam material dan dokumen lainnya. Rata-rata harga setiap notes adalah USD $10, dan kamu akan dibayar untuk setiap download yang dilakukan pada notes kamu. Selain mengupload catatan, kamu juga berkesempatan untuk menjadi tutor di website ini.

➡️ Stuvia.id

Stuvia.id adalah platform jual beli catatan nomor satu di Indonesia. Selain berisi catatan, Stuvia merupakan website yang berisikan esai, paper, ringkasan materi, dan juga study guide. Kamu Pun bisa menentukan harga jual dari setiap dokumen yang diupload. Seperti Studypool, Stuvia juga akan membayar pemilik dokumen untuk setiap download. Rata-rata harga setiap download adalah $8.90.

➡️ Nexus notes

Mirip seperti dua website sebelumnya, di Nexus notes kamu juga bisa mengupload tips belajar, ringkasan materi, catatan, dan lainnya. Namun sistem pembayaran di nexue notes agak berbeda, yaitu melalui sistem subscription. Jadi, penghasilan yang didapat berdasarkan berapa banyak orang yang melihat catatan mu setiap bulannya. Keuntungan dari website nexus notes adalah kamu bisa mengakses catatan atau dokumen milik orang lain juga. 

➡️ Docmerit

Seperti Stuvia, di website Docmerit kamu juga bisa mengatur harga jual setiap dokumen, dan biasanya kamu akan mendapatkan sebesar 85% dari harga jual tersebut. Salah satu fitur unik dari website ini adalah rekomendasi yang diberikan akan waktu yang tepat untuk mengupload catatan, yaitu biasanya pada saat musim ujian.

2. Jual digital planner/notebook/journal

Di era digital seperti ini, tentu kebutuhan akan barang-barang digital juga akan semakin bertambah. Bagi kamu yang suka mengorganisir barang, menjual digital planner, notebook, atau journal bisa menjadi salah satu ide kerja online untuk pelajar. 

Konsep digital planner/journal/notebook mirip dengan barang aslinya, perbedaannya adalah barang-barang ini berbentuk digital bukan paper-based. Produk-produk ini tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki jadwal padat dan ingin mengorganisir tugasnya dengan baik. 

Ada banyak kategori digital planner, misalnya seperti planner yang setiap halamannya tertulis waktu dan tahun, atau yang hanya menyediakan space kosong sehingga dapat dengan mudah diisi oleh pengguna. 

Dimana tempat menjual produk-produk digital ini?

Tentunya kamu dapat mencoba untuk menjualnya di: 

  • Shopee
  • Tokopedia

Ada banyak contoh produk yang dapat kamu lihat dan bandingkan juga.

3. Jual buku paket bekas

Sebagai pelajar, setiap tahunnya pasti akan ada buku baru saat kenaikan kelas. Nah, itulah kesempatan bagus untuk kamu menjual buku paket bekas. Ada banyak platform sebagai wadah kerja online untuk pelajar SMA, misalnya seperti Shopee, Tokopedia, sosial media (Facebook, Twitter, Instagram), atau langsung datang ke toko offline nya, misalnya seperti kios buku terban, pasar buku palasari, dan lainnya.

4. Jual foto

Apakah kamu suka dengan bidang fotografi? Jika ya, maka keterampilanmu itu juga bisa menjadi ide kerja sampingan online untuk pelajar. Saat ini ada banyak website untuk jual-beli foto, misalnya seperti: 

  • Dreamstime
  • iStockphoto.com
  • Shutterstock, dan lainnya. 

Sebelum mengunggah foto ke pasar, pastikan dulu bahwa foto tersebut berkualitas bagus dan memiliki resolusi yang tinggi. 

5. Jual desain

Mirip dengan ide sebelumnya, menjadi freelance online graphic designer juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan untuk pelajar. Jika kamu jago desain dan sudah punya banyak portofolio, maka pekerjaan ini cocok untuk kamu kerjakan. 

Untuk menarik hati klien, mulailah dengan membagikan portofolio mu, kemudian pasarkanlah jasamu melalui media sosial agar lebih diketahui orang banyak. Bisa juga kamu mendaftarkan diri ke Canva dan menjual desain stiker atau template lainnya. 

Selain itu, kamu pun dapat mendaftar sebagai freelance online graphic designer melalui berbagai situs online freelancer.

6. Jual preloved items 

Ide kerja sampingan lainnya untuk pelajar yang gratis alias tanpa modal adalah menjual barang-barang bekas atau preloved items di media sosial atau platform e-commerce lainnya. Contoh barang bekas yang dapat dijual adalah: 

  • Pakaian
  • Peralatan elektronik
  • Buku 
  • Games
  • Makeup
  • Skincare, dan lainnya. 

Sebelum menjual, pastikan terlebih dahulu bahwa barang tersebut sudah bersih, rapi, dan masih layak digunakan.

7. Guru les online

Setelah era pandemi, ada banyak kegiatan yang dilakukan secara online dan salah satunya adalah belajar secara online. Kamu pun bisa menggarap kesempatan ini dan menjadi guru les private online atau bekerja part-time di tempat kursus yang membutuhkan tenaga kerja pengajar online. Ide ini cocok sebagai salah satu cara kerja online untuk pelajar.

Hanya dengan modal bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan kemampuan mengajar, kamu juga bisa mendaftar ke banyak situs internasional untuk mengajar bahasa Indonesia ke orang asing, lho. Beberapa contoh websitenya adalah:

  • Italki
  • Preply
  • Amazing Talker, dll.

8. Menjadi pengisi suara

Voice Over Talent adalah pekerjaan pengisi suara yang dibutuhkan pada iklan, video, live event, dan lainnya. Skill utama dalam pengisian suara adalah dengan memiliki intonasi dan penekanan suara yang tepat saat menyampaikan pesan. Kemampuan mengedit video dasar juga dibutuhkan dalam mengurangi background suara yang bising. 

Pekerjaan online yang satu ini cocok untuk dilakukan oleh pelajar SMA/SMK. Pekerjaan ini dapat dikerjakan dari rumah dan hasilnya dikirimkan melalui cloud/email. Salah satu contoh website pengisi suara online indonesia adalah pengisisuara.com

9. Freelance writer

Jika kamu suka dan memiliki bakat di bidang menulis, maka pekerjaan freelance writer bisa menjadi salah satu ide kerja online tambahan yang minim modal untuk pelajar. Banyak membaca dan berlatih membuat tulisan adalah kunci dasar untuk menjadi seorang freelance writer

Kamu bisa mendaftar melalui berbagai website yang ada, seperti:

  • Remotivi
  • Get Craft
  • IDN Times, dan lainnya. 

Jika kamu mahir dalam menulis artikel berbahasa inggris, kamu juga berkesempatan untuk bekerja menjadi freelancer melalui situs freelance lainnya, misalnya seperti menjadi freelance writer di CakeResume.

CakeResume adalah perusahaan asal Taiwan yang bergerak di marketplace Indonesia, produk perusahaan ini mencakup layanan di bidang CV builder dan situs lowongan kerja. Sehingga menjadi jembatan antara para rekruter dan pekerja.

👉 Ini dia 12 Situs Freelance Terbaik untuk Cuan di 2023!

10. Penerjemah

Ide pekerjaan ini membutuhkan modal yang mirip dengan freelance writer, yaitu laptop dan internet. Menjadi penerjemah merupakan pekerjaan yang patut kamu coba jika kamu jago berbahasa asing. Kamu bisa mulai dengan mencoba menerjemahkan cerita, artikel, jurnal, dan bahasa tulisan lainnya. 

Selain berlatih, ada juga cara lain untuk meningkatkan skill bahasa asing mu, yaitu dengan ikut dalam komunitas berbahasa asing atau mengambil test kemampuan bahasa asing seperti TOEFL/IELTS untuk membuktikan kredibilitas kemampuanmu.

11. Isi survei berbayar

Saat ini ada banyak program survei berbayar yang dibagikan oleh lembaga atau perorangan, dengan kebutuhan tujuan yang berbeda-beda. Umumnya, mereka menawarkan sejumlah bayaran untuk menarik lebih banyak orang mengisi survei tersebut. 

Ada banyak contoh platform survei berbayar terpercaya yang dapat kamu coba, misalnya seperti: 

  • Clixsense Indonesia
  • Survey Junkie
  • YouGov, dan lainnya. 

Atau cara yang paling mudah jika kamu adalah anak kuliahan adalah mengisi survei skripsi/proyek teman-teman kamu yang memberikan lucky draw!

12. Affiliate marketing

Affiliate Marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan oleh e-commerce saat ini. Pekerjaan online ini bebas modal, dan dapat dilakukan dari rumah sehingga sangat cocok untuk pelajar. 

Untuk mengerjakan ini, kamu perlu memahami produk yang dijual, kemudian join ke dalam grup produk tersebut (tanpa modal), dan memasarkannya dengan cara membagikan link yang ada. Hal yang mungkin menjadi tantangan adalah menjangkau orang untuk dapat mengklik dan membeli produk tesebut.

📚 Bacaan lanjutan: Apa Itu Affiliate Marketing? | Cara Sukses Menjadi Affiliate Marketer!

13. Dropshipper

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai pelajar adalah dengan menjadi Dropshipper. Pekerjaan online ini cocok untuk pelajar karena bersifat tanpa modal. Pekerjaan ini mudah, yaitu dengan menentukan produk dan harga yang sesuai, kemudian pasang di sosial media atau marketplace

Di era digital saat ini, tentu ada banyak sekali jenis pekerjaan online tanpa modal dan cocok untuk pelajar. Tentunya selain menambah penghasilan, kamu juga menambah pengalaman kerja serta mengasah skill mu secara lebih mendalam lagi. 

Lakukanlah riset sebanyak-banyaknya dan cobalah untuk memulainya selagi bisa. 

Selamat mencoba!

Mau raih pekerjaan impianmu?  Yuk, buat CV lamaran kerja dan portofolio online kamu, lalu lamar kerja di website lowongan kerja CakeResume. Semuanya 100% gratis. Ikuti blog kami untuk tips dan tutorial buat CV dan career development!

--- Ditulis Oleh Lydia Gavrila ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.