6 Pertanyaan Interview Finance Staff dan Jawabannya agar Lolos!

Apakah kamu tertarik untuk bekerja di bidang finance atau keuangan? Posisi ini bertanggung jawab atas seluruh aspek keuangan suatu perusahaan mulai dari pencarian, pengelolaan, pengalokasian, hingga transaksi keuangan. Untuk dapat berhasil bekerja dalam bidang finance, kamu perlu mempersiapkan diri baik dari penulisan CV, tes, hingga interview staff keuangan dengan HR. 

Pada interview finance staff, biasanya dimulai dari pertanyaan umum seputar posisi pekerjaan hingga pertanyaan teknis, wawancara kasus, dan penilaian psikologis. Berlatih untuk sesi interview dapat membantumu meningkatkan skill berpikir kritis dan merespons dengan jelas dan ringkas di bawah tekanan. Untuk lebih lanjut, simak pertanyaan interview finance staff dan tips-nya dibawah ini. 

6 Pertanyaan Interview Finance Staff

1. Perkenalkan Diri Anda

Pertanyaan ini menjadi pertanyaan pembuka standar pada pertanyaan interview staff finance. Pertanyaan ini membantu manajer mendapatkan gambaran singkat tentang siapa kandidat, latar belakang mereka, dan perjalanan karir mereka hingga saat ini. Pertanyaan ini menjadi merupakan momentum sekaligus peluang bagus untuk kandidat dapat tampil menonjol dibanding dengan yang lainnya dan meninggalkan kesan pertama yang positif.

Contoh jawaban perkenalan diri:

2 tahun terakhir saya bekerja sebagai eksekutif keuangan di perusahaan X. Sebelumnya, saya adalah akuntan junior di tim besar di perusahaan X.

Selama saya bekerja di X, jenis pekerjaan yang paling saya nikmati adalah mendatangkan klien melalui anggaran pemasaran yang saya buat bersama tim. Saya juga mendapatkan banyak penghargaan melalui upaya saya dalam berkontribusi pada pertumbuhan keuangan perusahaan. 

Pada titik ini, saya merasa siap untuk pekerjaan yang lebih menantang. Saya tertarik untuk mengembangkan keterampilan penganggaran dan penilaian risiko, itulah sebabnya saya tertarik untuk bekerja di perusahaan ini sebagai Head of Finance.

2. Mengapa Anda Ingin Bekerja di Bidang Finance?

Untuk menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu memiliki pemahaman yang tepat mengenai peran dalam posisi finance. Perusahaan akan lebih tertarik terhadap kandidat yang bersemangat atau memiliki “passion” dalam posisi pekerjaan ini. Jelaskan apa yang paling kamu sukai dalam bidang finance serta apa yang ingin kamu kembangkan dalam bidang ini. Hal ini untuk menampilkan motivasi kamu untuk bekerja dalam bidang finance

Selanjutnya, meskipun sudah ditulis dalam deskripsi persyaratan posisi pekerjaan, namun coba periksa apa yang dicari perusahaan dalam hal soft skill, pengetahuan, dan kemampuan. Hal ini akan membantumu memposisikan diri saat interview dan menjadi nilai tambah.

Contoh jawaban:

Saya memilih bekerja di bidang keuangan karena saya menikmati bagaimana persamaan keuangan mempunyai satu jawaban, namun ada banyak cara untuk mendekatinya. Saya juga menyukai pendekatan solusi untuk meningkatkan dana di saat situasi kritis terjadi. Saya merasa sangat puas ketika saya dapat menemukan pendekatan itu. Selain itu, bidang keuangan adalah pekerjaan yang dinamis, dimana saya bisa menerapkan pemikiran yang logis dan strategis untuk mengatasi berbagai masalah.

Saya memiliki minat tinggi dan nilai tambah dalam pengetahuan investasi. Hal ini sesuai dengan spesifikasi pada persyaratan kerja dari perusahaan X. Saya yakin, kelebihan saya ini akan berkontribusi untuk kemajuan keuangan perusahaan.

3. Apakah Anda Memiliki Pengalaman Kerja di Bidang Finance? Mohon Ceritakan Pengalaman Anda

Pertanyaan interview ini berlaku untuk posisi admin finance hingga eksekutif finance. Untuk menjawab pertanyaan ini, kandidat diharapkan menjabarkan posisi dan tanggung jawab dari pengalaman kerja sebelumnya yang relevan dengan posisi yang dilamar. Penting untuk kandidat menyebutkan pencapaian terbesar mereka pada bidang tersebut agar semakin menonjol di hadapan rekruter. Hal ini menjadi indikator keterampilan dan keahlian finansial serta kredibilitas kandidat di bidang tersebut. 

Contoh jawaban:

"Saya sudah bekerja selama 2 tahun sebagai perencana keuangan di perusahaan X. Saya bertanggung jawab atas penyusunan, perencanaan anggaran perusahaan, hingga evaluasi laporan kas untuk memajukan kondisi finansial perusahaan. Pencapaian terbesar saya sebagai perencana keuangan adalah membantu perusahaan saya menghilangkan hutang sebesar Rp.1.000.000.000 dalam 2 bulan, sehingga memampukan perusahaan mengalokasikan dana untuk program-program berkelanjutannya untuk masa depan yang lebih baik.” 

Apabila kandidat tidak memiliki pengalaman bekerja atau fresh graduate, kandidat dapat menonjolkan pengalaman organisasi atau pencapaian di masa kuliah yang relevan dengan posisi pekerjaan finance staff. 

Contoh jawaban:

Meskipun saya belum memiliki pengalaman bekerja yang formal, namun saya pernah menjuarai posisi pertama pada lomba financial planning tingkat nasional yang diselenggarakan oleh universitas X. Saya juga menjabat sebagai bendahara BEM Universitas X selama 1 tahun yang mengasah kemampuan serta profesionalitas saya untuk bekerja dalam bidang finance di perusahaan X.

4. Apa yang Anda Ketahui Tentang Laporan Keuangan?

Pertanyaan interview finance staff ini merupakan pertanyaan teknis untuk perusahaan mengukur pengetahuan kandidat di bidangnya. Jawabannya harus berisi pengenalan singkat, pengetahuan akan ketiga laporan keuangan dasar, dan pengalaman sebelumnya dalam ketiga laporan keuangan tersebut. Namun perlu diingat, pertanyaan ini bisa lebih spesifik tergantung pada perusahaan dan peran yang dilamar, jadi pastikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri ini dan posisinya. 

Contoh jawaban:

Dalam bidang finance, terdapat tiga laporan keuangan dasar, yaitu neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Neraca menunjukkan aset perusahaan, kewajibannya, dan ekuitas pemegang sahamnya. Lembar pendapatan menyajikan pendapatan, pengeluaran, dan laba bersih perusahaan. Dan terakhir, laporan arus kas merinci arus kas masuk dan keluar perusahaan dalam bidang aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan. Selama berada di perusahaan  X, saya telah mengerjakan ketiga laporan keuangan ini bersama tim saya untuk menganalisis kesehatan keuangan perusahaan dan dampak untuk kedepannya.” 

5. Bagaimana Cara Anda Mengelola Keuangan Perusahaan?

Pertanyaan interview bagian keuangan ini menjadi kesempatan untuk kandidat dapat menunjukkan pemahaman dan pengetahuan praktis akan bidang finance dan mendeskripsikan model pengelolaan keuangan atau budgeting yang ideal untuk sebuah perusahaan. 

Contoh jawaban:

Saat membuat model keuangan, hal pertama yang akan saya lakukan adalah melakukan penelitian menyeluruh terhadap sejarah keuangan perusahaan, melihat kinerja masa lalu, dan membuat proyeksi masa depan. Model ini akan fleksibel untuk memperhitungkan proyeksi arus kas, tingkat persediaan, tingkat inflasi, dan lainnya. Saya akan mempertimbangkan semua kebutuhan departemen untuk membuat anggaran menjadi inklusif dan komprehensif.

Terakhir, saya akan memastikan bahwa model ini dirancang dan diatur dengan efisien untuk memberikan pemahaman yang jelas kepada pembacanya.

6. Adakah Pertanyaaan untuk Kami?

Ketika pertanyaan ini dilontarkan, jangan abaikan kesempatan tersebut, kandidat diperbolehkan untuk mempertanyakan segala hal yang belum diketahui soal posisi dan deskripsi pekerjaan. 

Contohnya adalah pertanyaan soal upah bekerja atau gaji. Kandidat bisa menggunakan tata bahasa yang sopan namun tetap jelas untuk menanyakan hal ini. 

Contoh jawaban:

Apabila nanti saya diizinkan untuk bergabung, boleh saya tahu seperti apa imbalan kerja yang akan diterima?” 

pertanyaan-interview-finance-staff
Pertanyaan Interview Finance Staff

📚 Baca juga: 30 Pertanyaan yang Harus Diajukan Kepada HRD Saat Interview Kerja!

Tips Persiapan Interview Kerja Finance Staff

1. Pelajari Tentang Perusahaan yang Dilamar

Agar peluang kamu diterima kerja semakin naik, penting untuk memahami visi dan misi perusahaan yang dilamar. Pastikan kamu memahami perusahaan tersebut bergerak di bidang apa dan kegiatan apa saja yang dijalankan. Cari tahu mengenai budaya kerja dan nilai-nilai dalam perusahaan itu. Mengenali perusahaan yang ingin kamu lamar tidak hanya membantumu menonjol di hadapan rekruter, tetapi juga membantu memutuskan apakah perusahaan tersebut sesuai untukmu.

2. Latih Menjawab Pertanyaan Interview untuk Staff Keuangan

Setelah mempelajari perusahaan lebih dalam, sangat disarankan untuk kamu melakukan simulasi interview staff keuangan. Melalui hal ini, kamu dapat mengevaluasi berbagai hal penting yang kamu lakukan saat wawancara. Contohnya intonasi saat menjawab pertanyaan, bahasa tubuh, dan lain-lain. Saat latihan, kamu juga dapat melatih kemampuan perkenalan diri, agar tidak gugup ketika berhadapan dengan rekruter. Untuk membantu latihan wawancara kerja, kamu perlu membuat contoh daftar pertanyaan untuk kamu jawab.

3. Perdalam Pengetahuan Industri Finance

Saat interview finance staff, rekruter akan memberikan pertanyaan mengenai posisi yang kamu lamar. Apabila kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan akurat. Tentu menjadi nilai tambah untuk rekruter. Kamu juga bisa bertanya lebih dalam mengenai posisi yang kamu lamar kepada perekrut untuk menunjukan ketelitian dan kemampuan berpikir kritis-mu.

4. Siapkan Pakaian Interview Kerja

Saat melakukan interview finance staff, sangat disarankan untuk kamu berpakaian rapi dan formal di hadapan rekruter, Hal ini akan memberikan kesan profesional dan menunjukkan keseriusanmu pada posisi pekerjaan ini. 

📚 Baca juga: 14 Tips Memilih Pakaian Interview Kerja yang Baik dan Benar [+Ide Contoh Outfit]

Kesimpulan

Demikianlah pertanyaan interview finance staff beserta dengan tipsnya. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu kamu ingat:

  • Berlatih untuk sesi interview dapat membantu kandidat meningkatkan skill berpikir kritis dan merespons dengan jelas dan ringkas di bawah tekanan saat sesi wawancara.
  • Sebelum melaksanakan interview, kandidat disarankan mempelajari perusahaan, berlatih wawancara, perdalam pengetahuan finance, dan menyiapkan pakaian interview kerja. 

📚 Baca juga: 23 Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Ditanya HRD dan Cara Menjawabnya!

Ingin buat CV ATS-friendly yang profesional biar dilirik HRD? Cobain CakeResume untuk membuat CV Online, portofolio lamaran kerja, dan juga cari lowongan kerja di job portal atau aplikasi cari kerja kami. 100% GRATIS!

--- Ditulis Oleh Christy Angestu ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.