Intip 9 Prospek Kerja Lulusan Agribisnis yang Menjanjikan di Indonesia! [+Info Kuliah]

Setiap makhluk hidup, khususnya manusia membutuhkan makanan untuk hidup. Kebutuhan manusia akan bahan pangan menandakan butuhnya manusia terhadap hasil pertanian. Dengan kata lain, manusia akan selalu membutuhkan hasil pertanian yang pada akhirnya dikelola menjadi makanan siap konsumsi.

Kebergantungan manusia akan bahan pangan menyebabkan terus dibutuhkannya lulusan jurusan agribisnis. Lho, kok jadi agribisnis? Betul sekali, jurusan agribisnis adalah jurusan yang berkaitan erat dengan pertanian. Simak artikel sampai selesai untuk mengetahui apa itu agribisnis dan prospek kerjanya.

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, agribisnis kerja apa
Prospek Kerja Jurusan Agribisnis

📚 Baca juga:  10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Menarik dan Gajinya!

Mengenal Kuliah Jurusan Agribisnis

Sebelum mengetahui secara lengkap tentang jurusan atau prodi agribisnis, kamu perlu tahu dulu apa arti dari agribisnis itu sendiri.

Apa itu Jurusan Agribisnis?

Agribisnis yang diartikan dari kata bahasa inggrisnya, yaitu “agribusiness” merupakan gabungan dari kata “agriculture” yang berarti agrikultur atau pertanian dan “business” yang berarti bisnis. Dengan demikian, jurusan agribisnis adalah jurusan yang mempelajari bisnis yang berkaitan dengan segala hal tentang pertanian.

Secara garis besar, di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana cara mengelola pertanian dari berbagai aspek seperti budidaya, pemasaran, dan sebagainya, sehingga dari hasil pertanian tersebut, bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Setelah lulus kuliah dari jurusan agribisnis, kamu akan menyandang gelar Sarjana Pertanian atau S.P.

📚 Baca juga:  Jurusan Teknologi Pangan, 10 Prospek Kerja Hingga Gajinya!

Mata Kuliah Jurusan Agribisnis

Bagi kamu yang kuliah di jurusan agribisnis atau mengambil prodi agribisnis, kamu akan menemukan berbagai jenis mata kuliah, seperti:

  • Ilmu pertanian
  • Ilmu teknologi pertanian
  • Dasar budidaya pertanian
  • Agribisnis tanaman pangan dan hortikultura (ATPH)
  • Ilmu ekonomi, contoh: makroekonomi
  • Ilmu agribisnis dan sistemnya
  • Kewirausahaan
  • Pemasaran
  • Komunikasi
  • Koperasi, dan masih banyak lagi.

Mengapa Harus Memilih Jurusan Pertanian Agribisnis?

Mungkin kamu penasaran akan alasan memilih fakultas atau jurusan agribisnis dari sekian banyak pilihan jurusan yang ada. Sebenarnya ada berbagai macam-macam alasan mengapa prodi agribisnis adalah salah satu jurusan yang layak kamu jadikan opsi.

  • Dikenalnya Indonesia sebagai negara agraris menandakan bahwa Indonesia memiliki kemampuan dalam menghasilkan berbagai jenis hasil pertanian, sehingga itu artinya lapangan kerja yang tersedia untuk lulusan agribisnis tidak akan pernah habis.
  • Keunggulan jurusan agribisnis adalah mempelajari pertanian sekaligus dari sisi bisnisnya. Artinya, kamu tidak hanya diajarkan bagaimana cara menghasilkan produk pertanian dengan cara efektif, tetapi juga tahu produk apa yang dibutuhkan serta bagaimana membuat hasil pertanian tersebut sampai ke tangan masyarakat.
  • Jurusan ini cocok bagi kamu yang lulus dari jurusan IPA dan menyukai biologi, sehingga di jurusan ini kamu bisa mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki.
  • Bagi kamu yang menyukai dunia riset bisa bergabung di lembaga penelitian dan mengembangkan varietas tanaman baru.
  • Lulusan agribisnis memiliki peluang menjadi pengusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi para petani.

Prospek Kerja Lulusan Agribisnis

Seperti yang telah disampaikan di atas, lapangan kerja untuk lulusan agribisnis sangat banyak dan bisa dibilang selalu ada. Bagi kamu yang ingin tahu kuliah jurusan pertanian agribisnis bisa kerja apa saja, serta berapa sih gaji untuk lulusan agribisnis, yuk langsung disimak berbagai macam peluang kerja lulusan jurusan agribisnis berikut beserta kisaran gajinya.


1. Konsultan Pertanian

💻 Job Desk: Melalui ilmu yang dimilikinya, sangat memungkinkan bagi seorang lulusan agribisnis untuk menjadi konsultan, di mana ia bertanggung jawab untuk memberikan saran, pengajaran, ataupun solusi mengenai segala hal yang berhubungan dengan pertanian. 

Contohnya cara meningkatkan hasil produk pertanian, diversifikasi usaha hasil tani, memperkecil kemungkinan terjadinya gagal panen, meningkatkan harga jual hasil pertanian dengan memperhitungkan modal dan untung yang ingin diperoleh, mengelola keuangan, dan lain-lain.

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Ilmu pertanian dan bisnis, memahami kebutuhan klien dan menjaga kerahasiaannya, kemampuan komunikasi, analisa (ex: menganalisa harga jual hasil produk di pasaran serta unsur hara di lahan pertanian), memecahkan masalah, mengerti cara menggunakan teknologi.

💰 Kisaran Gaji: Rp 2.500.000 - 4.000.000 per bulan.

2. Bekerja di Instansi Pemerintahan

💻 Job Desk: Peluang bagi lulusan jurusan agribisnis untuk kerja di instansi pemerintahan cukup banyak, contohnya di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian, Kementerian Pertanian, dan lain-lain. 

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di instansi tersebut bertugas memberikan sosialisasi kepada para petani untuk memberikan nilai tambah terhadap hasil pertanian, melakukan penelitian, mendata hasil survei terhadap hasil panen suatu daerah, melakukan monitoring kepada tanaman para petani, serta mendistribusikan subsidi pemerintah bagi para petani.

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Ilmu agribisnis, pemasaran, komunikasi, manajemen, lulus seleksi tes CPNS.

💰 Kisaran Gaji: Rp 2.000.000 - 5.000.000 per bulan untuk lulusan S1.

3. Peneliti

💻 Job Desk: Bagi kamu yang menyukai segala hal berbau penelitian, peluang kerja jurusan agribisnis ini sangat cocok untuk kamu. Tugas utama seorang peneliti pertanian adalah melakukan penelitian terhadap segala hal yang berhubungan dengan pertanian dan mengembangkan apa yang sudah ada, seperti menemukan varietas tanaman atau produk pertanian baru dan melakukan eksperimen untuk menemukan metode penumbuhan tanaman yang paling efektif sehingga mempercepat waktu panen. 

Selain itu, dengan menjadi peneliti, kamu bertugas untuk meneliti penyebab masalah yang terjadi sekaligus menemukan akar permasalahan tersebut. Dengan adanya hasil riset yang kamu temukan, bisa menjadi data penting bagi lembaga penelitian maupun sektor perekonomian.

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Kemampuan menulis karya ilmiah, mengumpulkan serta mengolah data, riset, observasi, analisa, memecahkan masalah, inovatif, dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Oleh karena itu, untuk menjadi peneliti, minimal kamu sudah lulus pendidikan S1 ya.

💰 Kisaran Gaji: Rp 4.000.000 atau lebih per bulannya.

4. Pemasok Hasil Panen

💻 Job Desk: Sebagai orang yang lulus dari fakultas agribisnis, kamu memiliki pengertian mendalam mengenai pertanian, sehingga kamu bisa bertani dan memanen hasilnya, atau bekerjasama dengan para petani lokal. Setelah itu, kamu bisa menyuplai hasil panenmu ke pemilik usaha yang membutuhkan, misal restoran, warung, supermarket, atau hotel sekalipun. 

Perlu diingat apapun yang kamu suplai, pastikan kamu memiliki konsistensi untuk menjadi pemasok tetap (bukan hanya sekali suplai saja) dan memastikan kualitas dari produk tersebut baik dan juga aman untuk dikonsumsi.

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Ilmu pertanian, ilmu bisnis, pemasaran, peka terhadap peluang, gigih, konsisten.

💰 Kisaran Gaji: Rp 2.000.000 - 5.000.000 per bulan.

5. Sales Pertanian

💻 Job Desk: Sama halnya sales untuk bidang lain, sales pertanian pun bertanggung jawab untuk menawarkan dan menjual produk, hanya saja produk yang dijual adalah segala macam produk yang berhubungan dengan pertanian, contohnya biji tanaman, pupuk, media tanaman, sampai ke mesin atau peralatan yang digunakan dalam pertanian. 

Biasanya jika kamu memiliki ilmu di satu bidang tertentu, perusahaan akan dengan senang hati mempekerjakan kamu sebagai sales di perusahaannya karena kamu memiliki latar belakang dan konsep di bidang tersebut, sehingga kamu bisa dengan mudah beradaptasi dan menjelaskan detail produk pada konsumen.

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Ilmu pertanian, ilmu agribisnis, pemasaran, komunikasi, dan negosiasi.

💰 Kisaran Gaji: Rp 3.500.000 per bulan (belum termasuk komisi yang didapatkan).

6. Pakar Ekonomi atau Ekonom

💻 Job Desk: Bagi kamu yang lebih tertarik untuk bekerja dari sisi bisnis tapi masih berhubungan dengan pertanian, menjadi pakar ekonomi atau ekonom adalah salah satu prospek kerja lulusan fakultas agribisnis, khususnya di luar negeri. Seorang ekonom dalam bidang agrikultur bertanggung jawab untuk menerapkan konsep ekonomi di bidang agrikultur dan juga mengembangkan teori ekonomi melalui penelitian yang dilakukan. 

Melalui data-data yang ditemukan, seorang pakar ekonomi bisa menganalisa tren dan memprediksi perekonomian di masa yang akan datang, seperti permintaan pasar terhadap kebutuhan produk X. Kemudian, hasil tersebut akan dipublikasikan atau dikomunikasikan di berbagai forum ataupun ke pemerintah langsung.

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Untuk menjadi seorang pakar ekonomi di Indonesia, kamu perlu menyelesaikan studi minimal S1, akan tetapi diusahakan untuk sampai ke jenjang magister (S2) seperti halnya persyaratan di luar negeri. Kamu perlu mengerti konsep ilmu ekonomi, memiliki kemampuan untuk kerja sama dalam tim, riset, pengoperasian komputer (minimal Microsoft), dan juga komunikasi.

💰 Kisaran Gaji: Rp 4.000.000 - 6.000.000 per bulan untuk lulusan S1.

7. Pionir Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

💻 Job Desk: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah lembaga non-profit yang memiliki tujuan untuk memajukan pertanian Indonesia tanpa berfokus sepenuhnya pada uang, sehingga cocok bagi kamu yang memiliki niat hati untuk membantu dengan ilmu yang kamu miliki. 

Sebagai pionir LSM, kamu bertugas untuk membantu para petani mengembangkan hasil panen dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan memberikan penyuluhan tentang semua hal berbau pertanian. Melalui interaksi intens antara kamu dengan para petani, membuatmu bisa lebih memahami proses serta kesulitan yang dialami. 

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Ilmu pertanian, kemampuan mengajar, komunikasi, mendengarkan.

💰 Kisaran Gaji: Karena LSM adalah lembaga non-profit, biasanya gaji yang didapat berasal dari donatur, baik dalam maupun luar negeri, sehingga bisa dikatakan bahwa tidak ada pendapatan tetap tiap bulannya, tidak seperti ketika kamu bekerja di perusahaan.

8. Pengusaha

💻 Job Desk: Kuliah jurusan agribisnis bukan berarti setelah lulus kamu harus jadi petani, justru dengan ilmu yang kamu dapatkan semasa studi, kamu bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi para petani. Mungkin saja di pedesaan banyak hasil panen yang kurang tersalurkan, sebagai pengusaha, kamu berperan untuk memanfaatkan kondisi tersebut sebagai mediator antara petani dan pembeli yang membutuhkan produk pertaniannya. 

Oleh karena itu, kamu perlu melihat produk apa yang dibutuhkan konsumen dan berprospek untuk kamu jual. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ilmumu untuk menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya dengan mengembangkan produk yang sudah ada sambil melihat tren yang berlaku di masyarakat.

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Peka terhadap peluang, manajemen keuangan, fleksibel, ilmu agribisnis, kewirausahaan, melek teknologi, kemampuan observasi, analisa, memecahkan masalah, mengambil keputusan, negosiasi, inovatif.

💰 Kisaran Gaji: Rp 3.000.000 atau lebih per bulannya.

9. Tenaga Pengajar (Guru atau Dosen)

💻 Job Desk: Lulusan agribisnis bisa menjadi tenaga pengajar, baik sebagai guru di SMK pertanian maupun dosen di universitas untuk prodi agribisnis. Sesuai namanya, tenaga pengajar bertanggung jawab untuk menyebarluaskan ilmu yang sudah didapat ketika berkuliah, dengan harapan supaya menciptakan anak didik yang berkualitas, tidak hanya mengerti teori tapi bisa mengaplikasikannya. Khusus dosen diperlukan adanya publikasi hasil riset, misal dengan mengikuti konferensi. Selain itu, dosen juga bertugas untuk menjadi dosen pembimbing bagi mahasiswa.

✍️ Spesifikasi/Skill yang Dibutuhkan: Minimal lulus S1 jika menjadi guru dan minimal S2 jika menjadi dosen, kemampuan mengajar, riset, menulis, komunikasi.

💰 Kisaran Gaji: Rp 5.000.000 per bulan (belum termasuk tunjangan).

📚 Baca juga:  12 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Beserta Gajinya!

Kesimpulan

Sesudah membaca artikel ini tentunya kamu sudah mengenal lebih dalam tentang jurusan agribisnis. Sekarang, kamu bisa melihat poin berikut sebagai kesimpulan dari artikel ini.

  • Jurusan agribisnis yang adalah jurusan terkait bisnis mengenai pertanian merupakan salah satu jurusan yang digandrungi para pelajar karena makhluk hidup, khususnya manusia akan terus memerlukan hasil pertanian semasa hidupnya, sehingga tidak perlu takut menganggur.
  • Prospek kerja agribisnis sangat melimpah, layaknya pertanian Indonesia yang sangat kaya dan melimpah.
  • Apapun pekerjaan yang kamu lakukan, ilmu yang kamu pelajari semasa kuliah di prodi agribisnis akan terpakai. Oleh karena itu, belajarlah dengan rajin dan manfaatkan pembelajaran itu sebagai bekal saat kamu bekerja nanti.

CakeResume menyediakan 12+ template CV menarik untuk melamar magang, kerja, ataupun beasiswa. Download Gratis Sekarang! 🎉

--- Ditulis Oleh Meitty Mulyadi ---


Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Mar 6th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...