20+ Contoh Skill Komputer Dalam CV dan Cara Menulisnya!

Di era digital ini, memiliki dan mencantumkan kemampuan komputer dalam CV akan sangat berguna dan bisa menjadi poin plus karena hampir setiap pekerjaan saat ini mengharuskan kamu untuk bekerja menggunakan teknologi, mulai dari menggunakan Microsoft Office, email, hingga bahasa pemrograman. 

Jadi, tidak mengherankan bahwa pelamar kerja dengan keterampilan komputer yang kuat akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan daripada mereka yang tidak.

Oleh karena itu, penting untuk mencantumkan skill komputer dalam CV dengan baik agar HRD tertarik untuk mempekerjakan kamu di perusahaannya. 

CakeResume telah merangkum daftar kemampuan komputer di CV, cara mencantumkan keahlian komputer dalam CV agar menonjol, serta contoh CV dengan keterampilan komputer yang akan sangat bermanfaat untuk kamu!

Apa itu Skill Komputer?

Apa yang dimaksud dengan skill komputer?

Skill komputer adalah kemampuan dan pengetahuan yang memungkinkan kamu untuk menggunakan komputer dan teknologi terkait lainnya secara efisien. 

Mengapa skill komputer itu penting?

Hampir semua posisi pekerjaan saat ini memerlukan kemampuan komputer, dan manajer perekrut tentunya ingin mempekerjakan orang-orang yang mempunyai keterampilan komputer yang diperlukan mereka. Dengan begitu, mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk proses pelatihan karyawan 一 ini tentunya akan menguntungkan perusahaan.  

⚠️ Catatan: Rata-rata seorang HRD hanya memerlukan enam detik untuk meninjau CV dan melihat apakah skill komputer yang diperlukan perusahaan ada dalam CV kamu. Jadi, pastikan kamu tahu skill komputer apa saja yang dicari perusahaan. Kamu juga harus menuliskan kemampuan komputer tersebut di CV dengan cara yang menonjol.

Berbagai Skill Komputer dalam CV

Seperti ketika membuat CV pada umumnya, kamu perlu membaca terlebih dahulu deskripsi pekerjaan yang ingin kamu lamar. Perhatikan kata kunci pada deskripsi lowongan pekerjaannya dan skill komputer yang dibutuhkan perusahaan.

Skill komputer yang akan dicantumkan dalam CV dapat dikategorikan menjadi empat bagian, yaitu keterampilan komputer dasar, keterampilan alat web, kemampuan perangkat lunak, dan keterampilan perangkat keras. Untuk lebih lengkapnya, simak daftar kemampuan komputer di CV berikut ini:

1. Keterampilan Komputer Dasar (Basic Computer Skills)

Keterampilan komputer dasar adalah keterampilan dan pengetahuan fundamental untuk mengoperasikan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari seperti email dan spreadsheet. Bahkan mencantumkan kemampuan komputer dasar ini dalam CV akan membuat kamu lebih menonjol di mata HRD.

💻 Beberapa contoh keterampilan komputer dasar untuk CV:

  • Mengetik
  • Pemrosesan Kata: Microsoft Word, Microsoft OneNote, SharePoint, Pages, Google Documents, PDF reader
  • Alat Presentasi: Microsoft PowerPoint, Keynote, Google Slides
  • Spreadsheet: Microsoft Excel, Numbers, Google Spreadsheet
  • Alat Komunikasi: Microsoft Outlook, Mail, Gmail, Microsoft Team, Google Hangout, Skype, Zoom, Slack, TeamViewer
  • Server Berbasis Internet (Cloud): Microsoft OneDrive, iCloud, Google Drive, Dropbox
  • Alat Penjadwalan: Outlook Calendar, Kalender online, Google Kalender
  • Browser Web: Chrome, Firefox, Safari

2. Keterampilan Alat Web (Web Tool Skills)

Keterampilan menggunakan alat web adalah skill komputer yang memerlukan pemaham perangkat lunak komputer yang lebih kompleks seperti mengelola konten situs web, menyimpan dan menganalisis data. Saat ini, cukup banyak posisi pekerjaan yang memerlukan skill ini, dan menunjukan kemampuan komputer ini dalam CV kamu pastinya akan membuat kau lebih unggul lagi.

💻 Berikut adalah keterampilan alat web untuk CV kamu:

  • Blogging: CSS, HTML, WordPress, Sistem Manajemen Konten/Content Management System (CMS)
  • Search Engine Optimization (SEO): Google Analytics, Google Search Console, Google Pagespeed Insight, Google Mobile-Friendly Test, Google Ads Keyword Planner, Google Trend, Ahrefs, Ahrefs’ Backlink Checker, Ahrefs’ SEO Toolbar, Moz, SEMrush, GTmetrix, Yoast SEO, Classy Schema Structured Data Viewer, SERP Robot, SERPsim, XML Sitemaps
  • Media Sosial: Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter, YouTube, Hootsuite
  • Pembuatan Web: Wix, Weebly, Squarespace, WordPress, Web.com, Pembuat Web HubSpot, Gator, Shopify

3. Kemampuan Perangkat Lunak (Software Skills)

Kemampuan menggunakan perangkat lunak atau skill software adalah kemampuan kamu untuk menggunakan program komputer sepenuhnya untuk menghasilkan hasil akhir yang diinginkan. Untuk banyak pekerjaan di industri kreatif, bisnis, dan teknologi, skill komputer ini sangat penting untuk dimiliki dan dituliskan dalam CV.

💻 Simak kemampuan perangkat lunak yang bagus untuk CV ini:

  • Ilmu Data (Data Science): Microsoft Access, NoSQL, BI Tools, MYSQL, SQL, MATLAB, Erwin DM, ETL Tools, Talented, Apache Spark
  • Desain & Kreativitas: Adobe Creative Suite (Photoshop, Illustrator, InDesign, Premiere Pro, After Effects, Spark, Dreamweaver, Adobe XD, Audition), GarageBand, Ableton Live, Logic Pro, Audacity
  • Manajemen Bisnis: Business continuity planning (BCP), Customer relationship management (CRM), E-Commerce, HR management tools (Kissflow HR Cloud, Zoho People, iCIMS Talent Acquisition, Breezy HR, ADP), Enterprise resource planning (ERP), etc.  
  • Pengembangan & Pemrograman Web: Ruby on rails,  XML, Swift, Python, Java, JavaScript,  Perl, PHP

4. Keterampilan Perangkat Keras (Hardware Skills)

Keterampilan perangkat keras berarti kemampuan untuk membangun dan memperbaiki komputer atau perangkat elektronik lainnya.

💻 Beberapa keterampilan perangkat lunak yang bagus untuk CV:

  • Koneksi Internet: wireless configuration, modem, router, IP address, bandwidth, koneksi ethernet 
  • Pemeliharaan Sistem Operasi: software update, pemeliharaan komponen komputer (motherboard, hard drive, central processing unit, power supply, bluetooth & wireless cards, cooling system, video, sound, & network cards, random access memory, ports)
  • Konfigurasi Driver & Komponen Komputer: perangkat eksternal (monitor, printer, scanner, hard drive)

Cara Mencantumkan Keterampilan Komputer dalam CV

Ketika membuat CV, kamu bisa mencantumkan keterampilan komputer pada 4 bagian dalam CV kamu, yaitu: bagian deskripsi diri, bagian keterampilan, bagian pengalaman kerja, dan bagian sertifikasi. Untuk setiap bagian tersebut, menuliskan keterampilan komputer akan ada pro dan kontranya masing-masing.

Simak cara mencantumkan keterampilan komputer dalam CV berikut ini:

1. Sebutkan dalam Deskripsi Diri CV

Kamu bisa menyebutkan skill komputer yang kamu miliki di bagian paling atas CV, atau bisa disebut juga pada bagian deskripsi diri. Entah itu keterampilan komputer dasar, keterampilan alat web, keterampilan perangkat lunak, ataupun keterampilan perangkat keras, kamu bisa menunjukan beberapa keahlian komputer kamu dalam 1-2 kalimat.

Pro:

  • Manajer HRD pasti akan melihat keterampilan komputer kamu dalam CV.

Kontra:

  • Jumlah kemampuan komputer yang dapat disebutkan pada bagian ini terbatas.

Contoh menuliskan kemampuan komputer dalam deskripsi diri di CV:

Seorang digital marketing yang teliti dan kreatif menemukan strategi baru. Dengan 5 tahun pengalaman saya di industri pemasaran, saya yakin bahwa keterampilan menggunakan SEO dan Design tools, serta semangat saya akan membawa kemajuan untuk perusahaan XXX. 

2. Bagian Keterampilan dalam CV

Bagian “keterampilan” di CV adalah bagian yang cocok untuk memperlihatkan keahlian komputer kamu dalam bullet points. Kategorikan keterampilan kamu jika kamu mencantumkan lebih dari 10 keterampilan.

Pro:

  • Memungkinkan untuk membuat daftar keterampilan yang relevan sebanyak yang kamu inginkan.
  • Memungkinkan untuk mengkategorikan keterampilan komputer berdasarkan jenisnya
  • Dapat menunjukan level kemahiran skill komputer

❌ Kontra:

  • Tidak dapat memberikan contoh keterampilan komputer secara rinci.

Contoh mendaftarkan kemampuan komputer untuk bagian keterampilan dalam CV:

Software Skills

  • Adobe Photoshop (Advanced)
  • Adobe Illustrator (Advanced)
  • Adobe InDesign (Basic)
  • Adobe Premiere Pro (Intermediate)

3. Bagian Pengalaman Kerja pada CV

Bagian “pengalaman kerja” di CV juga dikenal sebagai “pengalaman profesional” atau terkadang “pengalaman” saja. Pada bagian ini, mengaitkan skill komputer dengan pencapaian dari pengalaman kerja kamu akan sangat menguntungkan kamu.

Pro:

  • Menonjolkan keterkaitan skill komputer kamu dengan posisi pekerjaan tersebut
  • Dapat menunjukan secara langsung bagaimana skill komputer kamu akan bermanfaat untuk perusahaan yang sedang kamu lamar

Kontra:

  • Meningkatkan risiko untuk skill komputer dalam CV kamu diabaikan.
  • Membuat keterampilan komputer Anda sedikit tidak terorganisir karena tidak dapat dikelompokkan bersama.

Contoh bagian pengalaman kerja dalam CV:

Product Marketing Intern
GO-JEK, Juli 2017 - Juni 2018

  • Meningkatkan interaksi newsletter dengan pengguna sebanyak 30% menggunakan strategi dan alat SEO. 
  • Memanfaatkan Google Trends dan Google Analytic untuk melakukan riset tentang peluang dan trend untuk program kedepannya.
  • Menyiapkan dan mengisi semua formulir atau dokumen lain yang berkaitan dengan urusan operasional bisnis dengan Microsoft Office tools.

Volunteer bookkeeper for the Central Missouri Society for the Blind

4. Bagian Sertifikasi di CV

Bagian “sertifikasi” pada CV itu sangat cocok untuk menampilkan skill komputer kamu. Apalagi jika kamu pernah memenangkan lomba, mengikuti kursus/pelatihan, atau memiliki sertifikasi spesifik mengenai skill komputer.

✅ Pro:

  • Dapat menunjukan validasi yang objektif, terukur, dan kredibel dari keterampilan komputer kamu.
  • Membantu tim perekrut untuk cepat memahami keterampilan komputer kamu.

Kontra:

  • Keterampilan yang dapat disertifikasi dan dicantumkan terbatas pada bagian ini.

Contoh keterampilan komputer untuk bagian sertifikasi dalam CV:

Sertifikasi:

Google Ads Analytic (Februari 2022)
Adobe Creative Suite (April 2022)

Cara Menonjolkan Keahlian Komputer Dalam CV

kemampuan komputer dalam cv, kemampuan komputer
Cara Menulis Kemampuan Komputer pada CV

✅ Do’s 

  • Cantumkan sertifikat dan nilai ujian
  • Gunakan angka/statistik
  • Gunakan kata kunci dari posting pekerjaan yang kamu lamar
  • Cantumkan daftar keterampilan yang diinginkan perusahaan, dan tambahkan beberapa keterampilan lagi.

❌ Don'ts 

  • Gunakan bar keterampilan/tingkat kemajuan. Walaupun tampilannya menarik, bar tingkat kemajuan (level bar) bukanlah cara yang terbaik untuk menampilkan keterampilan komputer kamu
  • Membuat daftar keterampilan yang terlalu panjang

Tunjukkan kemampuan komputer dalam CV dengan 3 level ini:

  • Pemula (Basic): memahami sekitar 25% dari fungsi software atau web tool, serta mengetahui cara mendiagnosis dan memperbaiki 25% masalah perangkat keras.
  • Menengah (Intermediate): memahami sekitar 70% dari semua fungsi perangkat lunak, alat web, atau mengetahui cara mendiagnosis dan memperbaiki 50% masalah perangkat keras.
  • Mahir (Advanced): memahami semua fungsi perangkat lunak, alat web, atau mengetahui cara mendiagnosis dan memperbaiki masalah perangkat keras.

Contoh CV dengan Skill Komputer

Bagi kamu yang bingung bagaimana cara memperlihatkan skill komputer kamu dalam CV, tenang saja! Perhatikan contoh CV digital marketing berikut ini untuk referensi kamu.

contoh cv dengan kemampuan komputer, kemampuan komputer dalam cv
Contoh CV dengan Skill Komputer -- Dibuat di CakeResume

Sudah buat CV dengan skill komputer kamu belum? Yuk, buat sekarang juga di CakeResume, 100% gratis dan ATS-Friendly! Ada banyak template menarik serta mudah untuk digunakan🎉

--- Ditulis oleh Cindy Graciella ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
Mar 6th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan" saat interview? Kamu dapat menjawab dengan estimasi gaji dan alasanmu seperti “Di pekerjaan saya sebelumnya, saya menerima rata-rata gaji X juta sampai X juta dari fresh graduate hingga...