Contoh Portofolio Mahasiswa yang Menarik Lengkap dengan Cara Membuatnya

Portofolio mahasiswa? Masih belajar kok perlu buat portofolio?

Tunggu dulu, membuat portofolio ketika kamu masih seorang mahasiswa ternyata penting untuk mempersiapkan perjalanan karir kamu kedepan lho. 

Portofolio Mahasiswa
Manfaat Portofolio Mahasiswa

Seperti yang tertera pada gambar di atas, selain sebagai media untuk mengekspresikan diri kamu, portofolio mahasiswa ini bisa kamu gunakan untuk mengamati perkembangan kamu selama ini. Yang tidak kalah penting, portofolio mahasiswa kamu akan sangat bermanfaat ketika kamu menempuh awal perjalanan karir kamu. Sebab, portofolio ini bisa membukakkan banyak kesempatan-kesempatan untuk masa yang mendatang.

Kalo gitu, gimana ya cara buat portofolio mahasiswa yang menarik? 

Tenang saja karena CakeResume akan membahas tuntas bagaimana cara membuat portofolio untuk mahasiswa yang menarik beserta contoh portofolio mahasiswa yang keren-keren. 

Tapi sebelum itu, yuk mengenal lebih dulu apa itu portofolio.

Apa itu Portofolio?

Pengertian Portofolio

Arti portofolio adalah sebuah dokumen yang berisi kumpulan karya yang menunjukkan kualifikasi, keterampilan, pendidikan, dan pengalaman kamu. Portofolio ini dapat memberikan gambaran tentang potensi kemampuan serta kepribadian kamu.

Fungsi portofolio pun beragam. Portofolio bisa digunakan untuk melamar perguruan tinggi, melamar kerja, magang, beasiswa atau bahkan bisa dipakai sebagai personal branding. 

Oleh karena itu, penting untuk membangun portofolio kamu ketika kamu masih seorang mahasiswa supaya dapat mempersiapkan kamu untuk karir di masa depan.

Dalam segi bentuk, portofolio hadir dalam bentuk offline maupun online. Sekarang, portofolio online merupakan pilihan yang lebih diminati karena portofolio online dapat dibagikan dimanapun dan kepada siapapun. 

Lalu bedanya cv dan portofolio apa dong?

Perbedaan CV dan Portofolio

CV adalah dokumen yang digunakan untuk melamar kerja. Dokumen ini memuat informasi mendasar tentang diri kamu. CV berisikan informasi pribadi, riwayat pendidikan yang kamu telah tempuh, pengalaman kerja, serta informasi tambahan lainnya seperti, keterampilan atau prestasi.

📚 Cara bikin CV mahasiswa menarik:  5 Contoh CV Mahasiswa: Masih Kuliah, Kreatif dan Magang

Jadi, ketika CV menjabarkan informasi tentang diri kamu, portofolio ini yang akan membuktikan segala prestasi atau pengalaman yang kamu tulis di CV kamu.

📚 Baca selengkapnya:   Wajib Kamu Ketahui: 5 Perbedaan CV dan Portofolio Lengkap dengan Contoh

Nah, sekarang kamu pasti sudah mengerti apa yang dimaksud dengan portofolio. Berikutnya, CakeResume akan menjabarkan gimana sih cara bikin portofolio mahasiswa yang baik dan benar.

Cara Membuat Portofolio Mahasiswa

1. Tentukan media portofolio kamu

Sebelum mulai membuat portofolio, tentukan terlebih dahulu apakah kamu ingin membuat portofolio online atau portofolio offline alias portofolio berbentuk buku yang bisa kamu pegang. 

Namun, di era digital sekarang, portofolio online merupakan pilihan yang lebih diminati karena portofolio online dapat dibagikan dimanapun dan kepada siapapun. Dengan fitur edit canggih di internet, kamu bisa mengubah konten, gambar, video, teks dengan mudah. Kamu juga bisa menambahkan konten baru ke dalam portofolio online kamu kapanpun.

Berikut 2 portfolio website unggulan untuk membuat portofolio online mahasiswa yang menarik:

CakeResume merupakan situs untuk membuat portofolio mahasiswa yang baik karena tampilan yang sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Portofolio online CakeResume dapat dicantumkan di CV sebagai link. Selain itu, membuat portofolio lamaran kerja di CakeResume gratis dan tidak dibatasi loh!

Behance merupakan salah satu platform yang banyak digunakan untuk membuat portfolio UX designer dan portfolio UI designer. Behance memiliki komunitas yang besar sehingga kamu bisa menemukan banyak contoh portofolio mahasiswa ataupun contoh portofolio magang disana.

2. Pilih karya atau projek yang ingin kamu tunjukkan

Kumpulkan semua karya terbaik kamu, termasuk desain yang kamu buat, artikel yang kamu tulis, foto yang kamu ambil, ataupun video yang kamu buat. 

Namun, jika pekerjaan kamu tidak berhubungan dengan visual atau sesuatu yang dapat dilihat secara langsung, jangan khawatir karena portofolio mahasiswa tidak harus selalu tentang visual.  

Kamu bisa masukkan foto ketika kamu melayani organisasi kampus, sertifikat yang kamu raih semasa kuliah ataupun surat pujian atau evaluasi dari dosen kamu. Terlebih lagi, sebagai contoh tugas portofolio mahasiswa, kamu bisa menguraikan dalam bentuk tulisan tugas ataupun projek yang kamu jalankan dalam portofolio mahasiswa kamu. 

3. Tentukan layout atau struktur portofolio kamu

Umumnya, portofolio mahasiswa memiliki struktur sebagai berikut:

  • Judul dan halaman depan
    Pastikan judul dan cover portofolio kamu dedesain semenarik mungkin supaya kamu dapat menangkap perhatian rekruter dalam waktu yang singkat.
  • Daftar isi
    Buatlah daftar isi dari portofolio kamu beserta dengan keterangan halamannya.
  • Data diri 
    Perkenalkanlah dan deskripisikanlah diri kamu dalam bagian ini. Kamu boleh tambahkan foto dirimu beserta kontak informasi. 
  • Pengalaman dan pencapaian
    Di bagian ini, tunjukkanlah pengalaman kamu sebelumnya yang berkaitan dengan karya portofolio kamu. Kamu juga boleh menunjukkan pencapaian atau prestasi yang pernah kamu raih, serta keterampilan yang kamu miliki.
  • Contoh Karya
    Bagian inilah dimana terdapat kumpulan koleksi karya yang kamu buat. Kelompokanlah karya kamu berdasarkan jenis ataupun bidangnya supaya terkesan terstruktur. Masukkan juga deskripsi pada setiap karyamu.

Namun, perlu diingat struktur portofolio mahasiswa tidak terbatas pada urutan diatas ya. Portofolio cenderung lebih bebas sehingga kamu bisa mengorganisir sesuai keinginan kamu.

💡 Tips: Kamu bisa mengunjungi situs portfolio website di internet untuk download contoh portofolio mahasiswa pdf dan melihat lebih banyak contoh portofolio untuk mahasiswa sebagai inspirasi kamu!

4. Bangun konten portofolio mahasiswa kamu

Setelah struktur, dan layout portofolio sudah kamu tentukan, sekarang waktunya membangun konten portofolio! Masukkan teks, gambar, foto, grafik dsb. yang dapat menonjolkan skill dan value kamu.

🎉 Yuk mulai buat portofolio pertama kamu dengan portofolio maker CakeResume! 100% Gratis dan kamu bisa membuat portofolio tanpa batas! 

Tips Cara Membuat Portofolio Mahasiswa

✅ Mulailah membangun portofolio kamu lebih awal

Sebagai seorang mahasiswa, tentunya kamu mengikuti beragam aktifitas atau proyek yang bisa kamu tambahkan ke dalam portofolio kamu. Mulai lah membangun portofolio kamu lebih awal agar segala informasi masih utuh dan kamu dapat mengorganisir portofolio kamu lebih baik.

✅ Bersikap jujur dan tunjukkan kreatifitas kamu

Banyak mahasiswa berpikir bahwa mereka harus tampil extra luar biasa untuk menarik perhatian rekruter. Namun, sebenarnya kejujuran dan originalitas lah yang menjadi atribut utama bagi banyak rekruter ketika melihat portofolio mahasiswa.

✅ Hanya masukkan karya terbaik

Bayangkan saja betapa banyak seorang HRD melihat portofolio lamaran kerja setiap harinya. Mereka tidak akan menghbiskan waktu terlalu banyak untuk menilai satu portofolio. Maka itu, hanya tunjukkan karya terbaik kamu saja ya.

✅ Tunjukkan keragaman dalam portofolio mahasiswa kamu

Sertakan berbagai karya atau media ke dalam portofolio mahasiswa kamu. Dengan ini, kamu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang versatile alias fleksibel. 

Dalam contoh portofolio desainer grafis, akan lebih baik jika terdapat variasi karya seperti desain poster, desain logo, ataupun desain UI. Berikutnya, dalam contoh portofolio mahasiswa bisnis, kamu bisa masukkan projek kewirausahaan, market riset ataupun strategi marketing lainnya.

✅ Terus perbarui portofolio kamu 

Tips untuk membuat portofolio mahasiswa selanjutnya adalah pastikan portofolio mahasiswa kamu singkat dan jelas. Selain itu, perbaruilah portofolio kamu seiring berjalannya waktu supaya kamu bisa selalu siap ketika kesempatan datang padamu.

Pastinya kamu sudah ada gambaran mengenai cara membuat portofolio. Sekarang, CakeResume akan memberikan contoh portofolio mahasiswa yang menarik mulai dari contoh portofolio tugas kuliah, contoh portofolio bahasa inggris, contoh portofolio mahasiswa pdf, contoh portofolio mahasiswa baru sampai contoh portofolio fresh graduate. 

5 Contoh Portofolio Mahasiswa

1. Contoh Portofolio Menarik untuk Mahasiswa

Contoh portofolio mahasiswa yang menarik dibuat oleh 何芊儀 (Dibuat di CakeResume). Untuk lebih lengkap, Lihat portofolio 何芊儀

Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa
Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa

Buat portofolio mahasiswa pertamamu sekarang dengan CakeResume. Buat portofolio tanpa batas, 100% Gratis! 🎉

2. Contoh Portofolio Mahasiswa untuk Magang

Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa
Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa

Contoh portofolio untuk melamar kerja oleh Ivonny Cyrena (Diambil dari Behance). Untuk lebih lengkap, Lihat portofolio Ivonny Cyrena 

3. Contoh Portofolio Tugas Kuliah Mahasiswa Arsitektur

Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa
Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa

Contoh portofolio tugas kuliah mahasiswa oleh Rachel Uriela Tristan (Dibuat di CakeResume). Lihat portofolio Rachel

4. Contoh Portofolio Mahasiswa Desain

Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa
Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa

Contoh desain portofolio UI/UX Design oleh 李孟真. (Dibuat di CakeResume). Untuk selengkapnya, Lihat portofolio 李孟真

5. Contoh Portofolio Mahasiswa

Contoh portofolio mahasiswa oleh Rachel Uriela Tristan (Dibuat di CakeResume). Lihat portofolio Rachel

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Portofolio tidak selalu hanya menampilkan karya visual ya. Kamu juga bisa menampilkan tugas-tugas kuliah lainnya seperti presentasi ataupun riset.

Contoh Portofolio Mahasiswa
contoh portofolio mahasiswa

Buat portofolio mahasiswa pertamamu sekarang dengan CakeResume. Buat portofolio tanpa batas, 100% Gratis! 🎉

5. Contoh Portofolio Mahasiswa

Berikut merupakan contoh portofolio proyek akhir oleh Asep Wibowo

Lihat Portofolio Social Media Management by Asep Wibowo

contoh portofolio mahasiswa
Contoh Portofolio Tugas Akhir

Sampai sini saja, sekarang giliran kamu yang buat portofolio mahasiswa!

Buat portofolio mahasiswa pertamamu sekarang dengan CakeResume. Buat portofolio tanpa batas, 100% Gratis! 🎉

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.