Bikin Cover Letter Pakai AI? Ini Cara dan Contohnya!

Keberadaan teknologi AI telah memudahkan orang-orang dalam menjalankan tugas-tugasnya, termasuk bagi jobseeker dalam membuat cover letter atau surat lamaran kerja.

Buat kamu yang kesulitan membuat cover letter, kamu bisa membuat Cover Letter AI di ChatGPT atau menggunakan fitur AI Cover Letter di CakeResume. Kamu bisa membuatnya hanya dalam hitungan menit saja, asalkan telah mengisi informasi dengan jelas.  

Nantinya, Cover Letter tersebut akan memudah kamu menjelaskan dengan detail siapa diri kamu, apa kelebihan yang kamu tawarkan pada perusahaan dan apa tujuan kamu melamar pada perusahaan tersebut.

Apakah AI Bisa Buat Cover Letter Saya?

Keberadaan AI sangat memudahkan berbagai macam keperluan, salah satunya adalah membuatkan Cover Letter. Tak cuma itu, AI juga bisa dipakai untuk pembuatan copywriting, desain, short video, menganalisa data dan masih banyak lagi.

Namun, perlu kamu catat bawa AI merupakan alat bantu sehingga kamu tidak bisa menyerahkan 100% semuanya pada tools ini. Misalkan saja, ketika kamu meminta AI membuatkan sebuah cover letter untuk melamar kerja, kamu perlu terlebih dahulu menuliskan beberapa poin soal diri kamu seperti background pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain.

Meski begitu, jelas saja AI dapat memangkas waktu kita untuk mengerjakan sesuatu. Ini akan sangat membantu jika biasanya kamu memerlukan 3 jam untuk membuat satu surat lamaran kerja, dengan AI kamu cukup memerlukan beberapa menit saja.

📚 Baca juga:  Apakah Cover Letter dan Surat Lamaran Kerja sama? Cek Perbedaannya di Sini!

Kelebihan Menggunakan AI Cover Letter Generator

Ada banyak sekali kelebihan yang dapat kamu peroleh dengan menggunakan AI Cover Letter Generator. Berikut ini adalah beberapa poin plus menggunakan AI untuk membuat Cover Letter.

  • Hemat waktu: Tentu saja, kamu hanya memerlukan beberapa menit saja untuk membuat Cover Letter dengan AI Generator. Cukup tulis detail yang diperlukan, lalu AI akan memproses permintaan sesuai bahasa yang kamu tulis. 
  • Mudah diubah: Ada kesalahan tulisan dan informasi saat membuat Cover Letter dengan AI? Tenang, AI bersifat customizable sehingga file mudah diubah untuk berbagai keperluan.
  • Memberikan ide baru: Faktanya, AI Cover Letter Generator dapat membantu kamu memperoleh ide-ide baru yang selama ini mungkin belum kamu sadari. 
  • Membuat kamu lebih standout: AI di masa sekarang semakin berkembang, membantu kamu membuat Cover Letter beserta beberapa saran isian yang mungkin perlu ditambahkan. Dalam hal ini, AI menjadi ‘penasehat’ bagi kamu dalam pembuatan Cover Letter.

Cara Membuat Cover Letter Dengan AI

Untuk membuat cover letter dengan AI, ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

➡️ Pakai CakeResume AI Cover Letter Generator

Ketika melamar kerja di website lowongan kerja seperti CakeResume atau job portal lainnya, biasanya akan ada bagian dimana kamu akan disuruh menyertakan cover letter. 

Di CakeResume sendiri, kamu bisa menggunakan fitur AI cover letter yang ada ketika kamu melamar kerja. Berikut langkah-langkahnya.

1. Klik "Lamar Sekarang" pada lowongan kerja yang kamu minati

cover-letter-ai-cakeresume

2. Pilih CV yang dibuat di CakeResume

cover-letter-ai-cakeresume-1.jpg

3. Klik "Hasilkan dengan AI" untuk membuat cover letter

cover-letter-ai-cakeresume

4. Cover Letter Berhasil Dihasilkan

cover-letter-ai-cakeresume

Tertarik menggunakan fitur AI Cover Letter CakeResume untuk melamar kerja? Yuk, cari lowongan kerja dan kirim cover letter dengan bantuan AI untuk mempermudah lamaran kerja kamu. 🎉

➡️ Pakai AI ChatBot

Ketika kamu melamar kerja di platform lain selain CakeResume, kemungkinan kamu harus menggunakan AI Chatbot seperti ChatGPT atau Gemini untuk menghasilkan cover letter.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

1. Kumpulkan informasi yang relevan: Biar pembuatan Cover Letter semakin mudah, kamu perlu mengumpulkan beberapa informasi penting tentang diri kamu. Diantaranya adalah Informasi kontak, riwayat pekerjaan, prestasi, data diri dan riwayat pendidikan.

2. Tulis Prompt untuk Cover Letter AI Generator: Langkah selanjutnya setelah mengumpulkan informasi adalah membuat prompt untuk Cover Letter AI. Ingat untuk selalu menuliskan kalimat perkenalan diri, job desk, informasi singkat perusahaan dan seluruh data yang ada pada CV. Contohnya sebagai berikut:

"I want you to act as a writer for my cover letter. Please write me a cover letter consisting of three paragraphs. Please mention some details below:

[Insert data from CV]"

Lebih banyak contoh prompt akan dibahas di bagian berikutnya.

3. Ketahui Apa yang Diperlukan AI Cover Letter Generator: Supaya pembuatan Cover Letter AI lebih maksimal, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa saja yang diperlukan AI Cover Letter Generator. Dengan mengetahuinya, kamu pun bisa menyesuaikan bahasa prompt jadi semakin spesifik.

"Also, please mention in the paragraphs about my excitement for the role, then thank the recruiter for assessing my resume. While writing the cover letter, please use a professional language."

4. Sempurnakan draft pertama: Jika sudah mendapatkan jawaban dari AI, langkah selanjutnya adalah menyalin jawaban tersebut pada lembar baru. Akan tetapi, pastikan untuk merevisi draft tersebut dan menyempurnakannya kembali agar hasilnya tidak terlihat terlalu kaku. 

Perhatikan beberapa hal berikut untuk menyempurnakan draft tersebut: 

  • Panjang paragraph
  • Gaya bicara
  • Panjang Introduction
  • Ejaan
  • Tanda baca

Contoh Prompt Cover Letter AI

Jika kamu menggunakan Chatbot seperti ChatGPT atau Gemini untuk menghasilkan cover letter kamu, berikut adalah beberapa contoh Prompt Cover Letter AI. Kamu bisa mengikuti beberapa format di bawah ini saat menulis cover letter dengan bantuan AI.

Contoh Prompt Cover Letter AI #1

Contoh prompt cover letter AI di bawah ini cocok untuk kamu yang tidak mengerti sama sekali soal cover letter. Prompt berikut membantu kamu membuat cover letter dari nol.

Bahasa Indonesia:

“Buatkan saya Cover Letter dengan menggunakan data-data berikut ini:

[Masukkan data dari CV]

Cover Letter ini ditunjukkan untuk perusahaan [nama perusahaan], pada tanggal [tanggal pembuatan], untuk posisi [posisi perusahaan], dengan syarat pekerjaan sebagaimana berikut:

[Masukkan syarat pekerjaan]

Bahasa Inggris:

"I want you to act as a writer for my cover letter. Please write me a cover letter consisting of three paragraphs. Please mention some details below:

[Insert data from CV]

This cover letter is written for [company name], on [date], for [job position], with requirements such as:

[Insert job requirements]

Also, please mention in the paragraphs about my excitement for the role, then thank the recruiter for assessing my resume. While writing the cover letter, please use a professional language."

Contoh Prompt Cover Letter AI #2

Prompt cover letter di bawah ini membantu kamu yang sebelumnya sudah memiliki cover letter, tapi ingin memperbaikinya agar semakin menarik.

Bahasa Indonesia:

“Bantu saya update cover letter berikut supaya lebih menarik di mata HRD. 

[Masukkan cover letter yang kamu miliki sebelumnya]

Tolong koreksi dan revisi apabila ada kesalahan struktur bahasa, ejaan dan tanda baca pada cover letter di atas.”

Bahasa Inggris:

“Help me update the following cover letter so that it is more attractive for HRs.

[Insert your current cover letter]

Please correct and revise if there are errors in language structure, spelling and punctuation in the cover letter above."

Contoh Prompt Cover Letter AI #3

Ini adalah contoh prompt cover letter AI bagi kamu fresh graduates yang ingin memikat minat HRD.

Bahasa Indonesia:

"Saya adalah seorang fresh graduates yang akan melamar posisi [nama posisi] di perusahaan [nama perusahaan]. Tolong buatkan saya cover letter dengan menggunakan data-data berikut ini:

[Masukkan data dalam bullet point]

Tolong dibuat dalam 3 paragraf dengan bahasa yang terdengar profesional tapi tidak terlalu kaku."

Bahasa Inggris:

Let’s create a cover letter for me. I’m a fresh graduate and am trying to apply for [position] in [name of company]. Please use the data below for references:

[Insert data in bullet points]

Consider the following rules:

  • Avoid using casual tone
  • Show excitement
  • Keep it brief"
cover-letter-ai

Tips Membuat AI Cover Letter

Nah, agar AI Cover Letter yang kamu buat bisa selesai dengan cepat dan akurat, beberapa tips berikut ini dapat kamu coba.

1. Tulis Prompt yang Spesifik

Agar lebih efektif, sebaiknya tulis prompt secara spesifik agar AI mengerti kemauan kamu. Kemudian, kamu juga bisa menuliskan job desk dari lowongan kerja yang akan kamu lamar agar AI bisa menentukan pengalaman kamu yang mana yang relevan dengan pekerjaan tersebut.

Tuliskan juga sedikit mengenai diri kamu, lengkap dengan nomor ponsel dan alamat email. Juga latar belakang pekerjaan dan pendidikan yang ditempuh.

2. Tentukan Panjang Cover Letter

Tips kedua adalah menuliskan panjang Cover Letter pada prompt AI. Idealnya, panjang Cover Letter 3-6 paragraf, sekitar 400 kata, atau sekitar satu halaman penuh atau setengah halaman. Nah, kamu bisa memerintahkan AI untuk membuatkan Cover Letter dengan panjang tersebut. 

3. Review dan Edit Cover Letter

Kemudian, tips terakhir adalah me-review Cover Letter terlebih dahulu sebelum kamu menggunakannya. Periksa ejaan dan tanda baca pada Cover Letter, apakah sudah tampak natural atau machine created. 

Pastikan juga ‘keywords’ penting pada Cover Letter sudah masuk semuanya. Ini supaya aplikasi lamaran kerja kamu bisa terdeteksi dengan mudah oleh robot aplikasi penyeleksi lamaran kerja, atau dikenal juga sebagai mesin ATS

Tertarik menggunakan fitur AI Cover Letter CakeResume untuk melamar kerja? Yuk, cari lowongan kerja dan kirim cover letter dengan bantuan AI untuk mempermudah lamaran kerja kamu. 🎉

Kesimpulan

Sudah tahu apa itu Cover Letter AI Generator, kan? Jika iya, kamu bisa praktik membuatnya sekarang juga! Sebelumnya, pastikan untuk memperhatikan beberapa poin kesimpulan di bawah ini:

  • Ketika melamar pekerjaan, kamu bisa menggunakan bantuan AI untuk menghasilkan cover letter.
  • Jika melamar kerja di CakeResume, kamu bisa langsung menggunakan fitur AI yang tersedia untuk menghasilkan cover letter. Cover letter yang dihasilkan akan dipersonalisasi berdasarkan CV lamaran kerja kamu dan lowongan kerja yang kamu lamar.
  • Selain fitur AI CakeResume, kamu bisa menggunakan AI Cover Letter Generator tool lainnya untuk membantu kamu membuat surat lamaran kerja dalam waktu cepat. Akan tetapi, kamu harus menyiapkan prompt dan menyempurnakan penulisannya.
  • Dalam menulis prompt untuk Cover Letter AI, kamu harus menentukannya secara spesifik agar hasilnya mendekati keinginanmu.

CakeResume adalah website untuk membuat CV terbaik yang bisa menunjukan professional branding kamu di mata HRD. Kamu bisa langsung menggunakan template CV ATS-friendly dari CakeResume dan download dalam bentuk PDF, 100% gratis! Selain bikin CV gratis, kamu juga bisa buat portofolio dan cari kerja dengan job portal atau aplikasi cari kerja CakeResume.

--- Ditulis Oleh Izzul Millati ---

Resume Builder

Build your resume only in minutes!

More Articles you might be interested in

Latest relevant articles
Interview Skills
May 7th 2024

5 Cara Menjawab Berapa Gaji yang Anda Inginkan dalam Interview!

Pernah ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?" saat interview? Ini tips dan contoh jawabannya.